Daftar Merk Mobil Terpopuler di Indonesia – Paling Laku di 2020

dereta mobil terpopuler

Merk mobil seringkali dipertimbangkan sebagai salah satu penentu kualitas mobil, serta menjadi salah satu penentu harga jual mobil yang paling penting.

Selain itu, merk mobil juga mempengaruhi nilai purna jualnya.

Gak heran jika calon pembeli, terutama di Indonesia, mempertimbangkan merk mobil yang populer seperti Toyota dan Daihatsu dalam membeli mobil baru atau mobil bekas.

Pasar otomotif tanah air masih didominasi oleh merek mobil asal Jepang, karena suku cadang pabrikan mobil Negeri Sakura ini cenderung lebih terjangkau.

Nah, tertarik mau beli mobil atau ganti merk mobil? Simak dulu ulasan merk mobil terlaris dan terpopuler yang bisa jadi kiblat kamu untuk memilih.

Jangan lupa, lindungi juga mobil mu dengan asuransi mobil yang menjamin risiko berkendara.

[KUIS] Tipe Mobil Apa yang Paling Cocok Untuk Kamu?

Sebelum masuk ke ulasan daftar merk mobil terpopuler dan terlaris di Indonesia, yuk coba dulu ikuti kuis tipe mobil yang paling cocok untuk kamu.

Tipe mobil secara umum nya dibagi menjadi 3: SUV, MPV, dan Sedan/Mini.

Coba ikuti kuis berikut yang dikutip dari IDN Times, jadi kamu lebih familiar dengan jenis mobil paling cocok untuk kamu berdasarkan profil minat, tujuan, dan kebiasaan berkendara, serta profil kamu.

10 Daftar Merk Mobil Terpopuler 2020

Merk mobil ternama seperti Mercedes-Benz maupun Jeep ternyata ikut andil dalam kategori Mobil Terpopuler 2020 versi Priceprice.com

Dalam daftar ini terdapat berbagai jenis mobil dari sedan hingga sporty. Kisaran harga pun beragam, dari di bawah Rp200 juta hingga miliaran. Yuk simak!

1. Jeep Wrangler – Merk Mobil SUV Terpopuler 2020

Jeep Wrangler adalah salah satu mobil impian banyak orang. Gak cuma tampilannya yang gagah, mobil ini memiliki ketanggungan yang bisa diacungi jempol untuk segala medan.

Jeep sudah lama termasuk sebagai merk mobil legendaris jika berhubungan dengan kendaraan roda empat. Produk-produknya pun hadir di berbagai film, gak heran eksistensinya sudah seperti superstar.

Hadirnya series terbaru dari Jeep ini sudah jelas mengadopsi desain interior dan eksterior yang lebih memukau. Lihat saja secara langsung grille yang dimilikinya kini semakin terlihat garang. Diklaim bahwa memang Wrangler mengalami perubahan secara total.

Mobil yang dibanderol Rp1,54 miliar hingga Rp1,76 miliar ini menawarkan evolusi mutakhir di segala aspek dari tampilan hingga teknologi.

Daftar Merk Mobil Terpopuler di Indonesia – Paling Laku di 2020
Daftar Merk Mobil Terpopuler di Indonesia – Paling Laku di 2020

2. MINI Cooper – Merk Mobil Mini Terpopuler 2020

Pabrikan otomotif asal Inggris tampaknya semakin gencar melakukan peluncuran beragam produknya. Salah satu produk yang paling sukses adalah MINI Cooper, produsen Mini kembali merilis series terbaru dari Cooper dengan seluruh tampilan baru dan juga kondisi mesin yang lebih berani.

Ciri khas dari series Cooper ini adalah mobil mungil dengan tampilan klasik modernnya. Hebatnya walaupun memiliki konsep kendaraan klasik, sebenarnya Cooper telah mengadaptasi sistem dapur pacu yang sangat kompeten di kelasnya.

Series terbaru dari Cooper ini akan menggunakan dapur pacu turbocharged 1,5L plus 3 silinder bertenaga 134 HP. varian lainnya adalah turbocharged 2,0L dilengkapi 4 silinder bertenaga 189 HP. Kendaraan unik ini menggunakan sistem transmisi 6 kecepatan manual maupun otomatis.

Fitur modern pada MINI Cooper juga telah diterapkan seperti audio device Harman Kardon, Panoramic Sunroof, dan kamera belakang. Dengan banyak aksesoris ini, gak heran harganya dibanderol Rp765 juta hingga hampir Rp800 jutaan.

3. Honda CR-V – Merk Mobil Keluarga Terpopuler 2020

Sejak dirilis pada 1995, CR-V gak ada matinya! Mengalami evolusi mencolok pada tampilan luarnya, SUV dari Honda ini memang membuat siapa saja jatuh cinta.

Melewati beberapa dekade kebelakang CR-V kembali bangkit dengan desain eksterior serta interior yang semakin memikat. Sentuhan elegan dalam sisi interior misalnya akan semakin mewah dan berkelas.

Pihak developer merancang All New CR-V ini dengan standar internasional yang sangat mendukung kebutuhan penggunanya. Makanya, harga mobil ini mulai Rp463 jutaan.

4. Mercedes-Benz C-Class

Kategori sedan Mercy C-Class memang favorit banyak orang. Beberapa deretan produk seperti C200 EQ Boost Avantgarde Line serta C300 AMG Line kembali mengaspal dengan lebih percaya diri.

Masing-masing dibanderol Rp865 juta dan Rp985 juta. Kedua kendaraan ini tidak hanya mendapatkan pembaharuan dalam segi eksteriornya. Boosting pembaharuan dalam interior dan dapur pacunya juga telah dilakukan oleh pihak developer agar kendaraan ini lebih mulus mengaspal di jalanan nantinya.

Secara nyata pihak developer menyematkan mesin terbarunya untuk Mercedes-Benz C-Class. Dimana awalnya mereka menggunakan M264 tapi kini menjadi M274.

Kubikasi mesin yang akan digunakan dalam mesin tersebut juga melonjak drastis menjadi 1.991 cc penggunaan 2L bagi C 300 serta 1,5L berkubikasi 1.497 cc bagi C200. Untuk C300 kini ia akan mendapatkan titik output yang tinggi di 255 HP serta torsi 370 Nm.

5. Honda Brio

Si mungil Brio keluaran 2020 makin trendi dengan berbagai warna menarik. Gak heran kalau Brio digemari banyak anak muda dan keluarga kecil Indonesia.

Dilengkapi dengan mesin 4 silinder dimana dengan sistem dapur pacu ini Brio akan memiliki output 89 HP untuk tenga dan 110 Nm sebagai torsi puncaknya.

Ukurannya mungkin boleh mungil, tapi kemampuan Brio di jalanan jangan diremehkan. Pasalnya, hatchback ini telah lama terbukti sebagai kendaraan yang kompeten untuk digunakan pada beragam keperluan.

Daftar Merk Mobil Terpopuler di Indonesia – Paling Laku di 2020
Daftar Merk Mobil Terpopuler di Indonesia – Paling Laku di 2020

Dengan tampilan kian sporty, Brio dibanderol Rp146 juta-Rp199 juta.

6. Honda Jazz

Pencinta Honda pasti kenal dengan city car satu ini. Honda Jazz menjadi idola banyak anak muda sejak diluncurkan pada 2001.

Bagian eksterior dari kendaraan ini sekarang tampil lebih gagah. Dengan sisi depan yang sporty bisa ditebak bahwa spesifikasi interior di dalamnya akan sangat membuat kamu tercengang dan puas.

Pada bagian kendalinya fitur terbaik seperti Cruise Control serta Econ Assist telah terinstal. Tentunya meningkatkan pengalaman berkendara nyaman. Dengan beragam teknologi ini, gak heran harga termurah Jazz dibanderol Rp250 jutaan.

7. Suzuki Ertiga

Ertiga adalah salah satu mobil terfavorit keluaran Suzuki. Muat 7-8 orang, kendaraan yang dibanderol mulai Rp205 jutaan ini jadi pilihan terbaik untuk mobil keluarga.

Secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa pihak developer kembali merancang kendaraan ini agar bisa menjadi alat transportasi paling nyaman untuk digunakan keluarga. Dilengkapi mesin 1,4 liter dan sistem transmisi 5 kecepatan dan 4 kecepatan otomatis, membuat perjalanan lebih nyaman.

Jangan lupa, Ertiga juga salah satu merk mobil dengan konsumsi bahan bakar teririt.

8. Suzuki Carry

Pada list ke delapan ini ada Carry. Mobil pesek ini memiliki ketangguhan untuk mengangkut hingga 1 ton, lho!

Meski banyak dianggap sebagai angkot, tapi bagi kamu yang punya usaha seperti catering bisa memilih New Carry Luxury FD PS yang dibanderol Rp159 juta. Dengan harga segini, kamu juga dapat interior dan eksterior yang lebih modern. Gak kayak angkot banget kok!

9. Daihatsu Xenia

Kembaran Toyota Avanza ini juga salah satu pilihan terbaik buat kamu yang cari mobil keluarga. Bahkan, untuk dijadikan usaha sampingan seperti taksi online atau sewa mobil cukup oke.

Perawatan gak rewel, irit, dan muat banyak, menjadikan mobil sejuta umat ini pilihan oke dengan harga di bawah Rp200 juta.

Keseluruhan varian Daihatsu Xenia ini telah dilengkapi dengan beragam fitur modern dan interior yang nyaman untuk pengendaranya. Desain MPV paling ramai dipilih pada pasaran otomotif ini juga akan tampak semakin modern daripada seri-seri sebelumnya.

10. Honda Civic

Merk mobil terakhir yang cukup digemari adalah Honda Civic. Sedan dari jepang ini punya pamor luar biasa buat urusan performa.

Hingga kini, Civic masih sulit disaingi brand lain untuk urusan performa dengan harga yang jauh lebih ramah kantong ketimbang merk mobil asal Eropa yang terkenal mahal.

Daftar Merk Mobil Terpopuler di Indonesia – Paling Laku di 2020
Daftar Merk Mobil Terpopuler di Indonesia – Paling Laku di 2020

Honda telah memberikan berbagai pembaharuan dari beragam segi interior maupun eksterior. Pada eksterior terlihat lebih elegan dan futuristik, sedangkan interior meningkatkan kenyamanan.

Sebut saja dengan terpasangnya beragam fitur-fitur hiburan dan keselamatan pada kendaraan tersebut. Dengan beragam kenyamanan dan tampilan yang lebih wow, gak heran harga Civic dibanderol dari setengah miliar hingga Rp1,06 miliar.

10 Daftar Merk Mobil Terlaris 2019

Dibandingkan tahun 2020 ini, tahun 2019 memiliki deretan mobil terpopuler yang berbeda, berdasarkan jumlah penjualannya.

Ada juga merk yang masuk ke dalam daftar terpopuler 2 tahun berturut-turut.

Merk mobil berikut ini juga bisa jadi pertimbangan kamu untuk beli mobil baru atau bekas. Gak cuma pabrikan Jepang, ada pilihan merk mobil dari Tiongkok dan merk mobil mewah dari Jerman. 

1. Toyota – Merk Mobil Terlaris di 2019

Jika dilihat berdasarkan merek mobil, Toyota menempati peringkat pertama dengan penjualan mobil paling banyak selama 2019.

Produsen otomotif asal Negeri Sakura tersebut memiliki pangsa pasar sebesar 32 persen dengan melepas 304.344 unit mobil ke dealer. Sedangkan untuk retail sales Toyota menjual 297.584 unit ke konsumen.

Toyota sebagai merk terlaris sepanjang 2020 memiliki tipe paling laku di pasaran yaitu Toyota Avanza yang memiliki kisaran harga Rp200 jutaan. Mobil keluarga ini mengusung dual transmisi, yaitu manual dan otomatis.

Untuk performa mesinnya, Avanza mengandalkan teknologi DOHC 4 Silinder Dual VVT-i, yang juga hemat BBM. Sementara dari segi keselamatan penumpang, seri ini dilengkapi dengan fitur penunjang seperti Side Impact Beam, dual SRS Airbag, sabuk keselamatan 3 titik, serta rem Anti-lock Braking System.

Selain Avanza, tipe lain dari Toyota yang juga laris di pasar Indonesia adalah:

  • Vios
  • All New Corolla Altis
  • All New Camry
  • Dyna HT
  • New Agya

2. Daihatsu

Kemudian duduk di peringkat kedua ada Daihatsu yang menjual 166.429 unit (wholesales). Sedangkan retail sales Daihatsu tercatat sebanyak 159.431 unit. Daihatsu juga merupakan salah satu pabrikan mobil yang cukup digemari oleh banyak konsumen Indonesia.

Meraih penjualan 177.282 unit dengan pangsa pasar 17,2 persen, Daihatsu yang paling laris adalah Xenia dan Sigra. Sekadar informasi, Sigra yang dibanderol Rp120 jutaan jadi salah satu alternatif mobil keluarga.

Kapasitas besar untuk 7 penumpang dan mesin berteknologi DOHC VVT-i, mobil ini dapat melaju dengan besaran tenaga sekitar 67 ps dan torsi 4.400 rpm. Karena tergolong Low Cost Green Car (LCGC), Daihatsu Sigra tentu saja irit bahan bakar, dengan tingkat perbandingan kompresi 5:1.

Tipe Daihatsu terlaris adalah:

  • Grand New Xenia
  • All New Terios
  • Gran Max PU
  • New Ayla
  • New Sigra

3. Honda

Merk mobil asal Jepang lagi yang menguasai pasar Indonesia. Honda berhasil mencatatkan jumlah wholesales 125.034 unit dan retail sales 135.076 unit. Bagi anak muda atau eksekutif muda, memiliki merk mobil ini terbilang prestige.

CR-V dan HR-V adalah dua jagoan Honda buat jualan. Honda berhasil menguasai 13,3 persen pangsa pasar mobil Tanah Air.

Jika dulu Honda Jazz adalah tipe paling digemari, kini Honda Brio yang dibilang adik Honda Jazz menjadi tipe terlaris dengan penjualan 4.973 unit. Adapun model Honda yang laris di pasar Indonesia antara lain:

  • Honda Brio
  • Mobilio
  • All New Jazz
  • Brio Satya
  • All New City

4. Mitsubishi Motors

Juara pasar merk mobil terlaris di Indonesia lainnya adalah Mitsubishi Motors. Untuk mobil penumpang, apa lagi kalau bukan pesaing Avanza yaitu Xpander.

Mitsubishi mencatatkan jumlah wholesales 109.195 unit dan retail sales 110.654 unit. Xpander masih menjadi andalan Mitsubishi buat berjualan di pasar otomotif Indonesia.

Dengan harga Xpander mulai Rp200 jutaan, gak heran jika mobil ini digadang-gadang sebagai merk mobil terlaris.

Berjenis MPV, mobil ini mengusung konsep Dynamic Shield, yang membuat tampilannya kian sporty dan elegan. Tak berhenti disitu, karena perawakannya yang gagah sekaligus lebar, Mitsubishi Xpander dinilai memiliki dimensi interior yang lapang.

Apalagi pada bagian belakangnya, yang mampu menampung hingga 1.630 liter. Untuk dapur pacunya, Mitsubishi melengkapi seri unggulannya ini dengan mesin berteknologi A91 DOHC dengan kapasitas 1,5 liter. Hebatnya lagi, mesin yang dipakai pabrikan ini adalah inovasi tersendiri, yaitu Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronical Control.

5. Nissan

Nissan yang pabriknya sudah cabut dari Indonesia tetap menjadi salah satu penguasa pasar. Pasalnya, merk mobil asal Jepang ini punya beberapa tipe favorit masyarakat Indonesia seperti March, Grand Livina, Serena, dan X-Trail.

Nissan salah satu merk mobil pabrikan Jepang yang berkelas karena beberapa modelnya menawarkan tampilan elegan. Grand Livina cukup populer karena menawarkan mobil dengan kapasitas 7 penumpang.

6. Wuling

Wuling Indonesia merupakan produsen mobil baru yang menawarkan 3 model pilihan bagi konsumen Indonesia. Sebagai pemain baru di otomotif Tanah Air, Wuling menawarkan beberapa model MPV mulai dari Confero, Cortez, SUV terbaru Almaz hingga mobil komersil Formo.

Model termurah dijual mulai dari Wuling Confero dengan harga Rp141 jutaan, Wuling Cortez Rp195 jutaan, Wuling Formo Rp135 jutaan. Jaringan dealer dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia membuat nama Wuling cepat naik daun. Fitur yang ditawarkan juga berlimpah.

Merk mobil berlogo W ini mencetak penjualan sebanyak 22.343 unit. Membuatnya harus puas dengan pangsa pasar 2,2 persen.

7. Mazda

Mazda merupakan merk mobil asal Jepang yang berhasil membuat masyarakat jatuh hati. Merk mobil ini berhasil mengubah tampilannya menjadi gagah, hingga disukai kalangan muda.

Hampir seluruh produk yang telah dirilis menawarkan desain dan tampilan mewah serta memiliki harga jual mahal. Meski begitu nama besar merek Mazda di Indonesia ataupun di dunia tidak perlu lagi dipertanyakan.

Mazda meraih penjualan sebanyak 4.884 unit dengan pangsa pasar 0,5 persen. Adapun tipe Mazda yang laris di pasar Indonesia adalah All New Mazda dan All New CX-5.

8. Datsun

Menjadi anak perusahaan Nissan, Datsun juga merupakan pabrikan mobil asal Jepang dengan nama besar yang tidak perlu diragukan lagi. Beberapa produk terkenal merek Datsun adalah Datsun Go dan Datsun Panca.

Namun berbeda dengan Nissan, harga mobil Datsun di Indonesia ditawarkan dengan nominal yang relatif lebih murah. Datsun berhasil membukukan penjualan 6.487 unit dan meraup pangsa pasar 0,6 persen.

9. Suzuki

Tidak kalah dengan merek mobil lainnya, Suzuki juga menjadi salah satu pelopor kemajuan industri mobil di dunia termasuk Indonesia. Hal tersebut mengingat pabrikan mobil berasal dari Jepang ini selalu menawarkan inovasi baru di setiap lini mobil terbaru yang mereka rilis.

Dengan kisaran harga Rp207 juta, model Ertiga menjadi yang terlaris dari Suzuki. Sentuhan eksterior bodinya yang lebih modern, membuat tampilan Ertiga menjadi sangat menawan dan elegan.

Bukan cuma bodi saja, All New Ertiga juga mengganti desain lampu yang tampak lebih tajam, dengan bentuk seperti gabungan antara BMW seri-3 F3 dan Innova Reborn.

Berbicara mengenai mesinnya, mobil ini hadir dengan mesin baru bertenaga 1.500 cc dan teknologi rangka heartect, untuk menciptakan performa yang lebih halus.

Menyoal sisi keamanan, All New Ertiga sudah dilengkapi fitur pengaman terbaik, seperti Antilock Braking System, ISOFIX, serta dual SRS airbag.

10. Mercedes-Benz

Merk mobil asal Jerman ini gak perlu diragukan lagi kepopulerannya di Tanah Air. Sedan Mercedes-Benz identik dengan kendaraan pebisnis dan para pejabat.

Namun, tren penjualan Mercy mulai berubah, lho! Jika dulu laris dengan model sedan, Mercy kini dilirik untuk SUV premiumnya. Model GLC berhasil mengungguli C-Class.

New Mercedes-Benz GLS 450 4MATIC AMG LINE ini dirakit secara lokal di pabrik Wanaherang.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mercedes-Benz membukukan penjualan wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) Januari-Juni sebesar 784 unit (kendaraan penumpang).

Sedangkan retailsales (dari dealer ke konsumen), mencapai 833 unit. Pada penjualan Juni, sudah mulai mendekati normal dengan angka 138 unit atau lebih tinggi dibanding Januari yang hanya 122 unit.

Menghitung Estimasi Premi Asuransi Mobil

Apapun merk kendaraan kamu, tetap perlu asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dan bujet. Berkendara dengan nyaman dan aman gak cuma dipengaruhi jenis mobil. Kamu tetap perlu asuransi agar terhindar dari risiko finansial.

Untuk tahu premi asuransi mobil kamu, kamu bisa menghitungnya dengan Kalkulator Premi Asuransi Mobil dari Lifepal. Caranya gampang, kamu cukup isi kalkulatornya dan akan mendapatkan estimasi premi mobil untuk setahun.

Selamat mencoba!

Tanya Jawab Seputar Merk Mobil Terlaris

Jika masih punya pertanyaan, kamu juga bisa bertanya kepada ahli terkait finansial, anggaran, hingga asuransi di Tanya Lifepal.