Meski Digaji Tinggi, Ini Suka Duka Bekerja Sebagai Manajer Artis

Kalau kamu sering mendengar istilah profesi manajer artis, pasti membayangkan pekerjaan mereka yang selalu berada di samping sang artis. Selain itu, seringkali manajer artis yang biasanya “pasang badan” saat bos mereka perlu mengklarifikasi sesuatu.

Tak jarang pula, penghasilan para manajer ini cukup besar. Sebab, gaji mereka bisa mencapai angka 15 persen sampai 25 persen pendapatan sang artis. Coba bayangkan, kalau si artis mendapat bayaran Rp 200 juta, mereka bisa mendapat Rp 40 juta dong!

Asyik banget, kan?

Terlihat sangat asyik namun bagaimana sebenarnya suka dan duka profesi manajer artis? Yuk, berkenalan sama profesi yang cukup jarang diketahui secara detail oleh masyarakat awam tersebut.

Gimana sih tugas seorang manajer artis?

Manajer seorang artis

Hal pertama yang harus kita ketahui adalah bagaimana tugas mereka. Sebab, sejauh ini belum ada sekolah khusus untuk menjadi profesi tersebut.

Untuk bekerja menjadi seorang manajer artis, ternyata banyak belajar dari orang yang lebih dulu berprofesi seperti itu, dari buku atau bahkan internet.

Secara singkat, tugas mereka sebenarnya memastikan bos mereka itu dapat bertahan dan sukses di panggung hiburan selama mungkin. Jadi, kalau seperti yang sudah disebutkan, manajer kerjaannya “pasang badan” atau bantu-bantu si artis, wah gak cuma itu aja!

Tugas mereka tak hanya menyusun jadwal atau sekadar “membantu”. Lebih jauh dari itu, sebagaimana sudah disebutkan, tugas mereka terbilang cukup rumit. Sebab, dia harus pintar bernegosiasi dan membantu branding artis agar bertahan dan sukses di dunia hiburan.

Aisyahrani manajer Syahrini mengatakan kepada Wolipop, manajer artis pun harus punya kemampuan budgeting. Jadi, si manajer harus mampu mengelola uang.

Secara umum, pekerjaan seperti itu bisa berbeda-beda. Namun, beberapa poin yang sudah disebutkan adalah beberapa tugas paling vital yang harus dilakukan oleh manajer.

Gaji manajer artis yang sangat menggiurkan

Gaji manajer artis ini bisa dikatakan cukup menggiurkan. Pasalnya, pendapatan mereka ini dihitung per proyek. Beberapa manajer menerapkan sistem bagi hasil dengan artisnya.

Di sinilah kemampuan negosiasi sang manajer jadi salah satu faktor paling menentukan. Nah, buat bagi hasil biasanya manajer tersebut bakal mengambil 15 persen sampai 25 persen dari bayaran artis. Tentu dengan catatan hasil tersebut nanti bakal dibagi lagi pada anggota lain di tim tersebut.

Taruhlah bayaran artis tersebut Rp 200 juta dari satu proyek. Nah, si manajer berarti bisa dapat sekitar Rp 30 juta sampai Rp 50 juta! Sering kali manajer artis tersebut gak cuma menangani satu artis saja melainkan beberapa bahkan cukup banyak dalam satu manajemen. Hitung aja tuh berapa penghasilan dia sebulan.

Fantastis, kan?

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Meski fantastis, satu hal yang perlu diingat oleh manajer artis adalah mereka tetap bukan artis. Apalagi buat yang baru merintis di bidang ini.

Ada baiknya untuk tidak menyamakan gaya hidup mereka dengan artisnya. Di sinilah yang sering kali menjadi batu sandungan bagi manajer artis. Terlalu terobsesi ingin seperti artis, penghasilan mereka justru menguap begitu saja.

Pengelolaan uang untuk dirinya sendiri pun begitu penting. Sebenarnya gak cuma di profesi manajer artis saja, tetapi untuk semua profesi.

Tertarik untuk menjadi seorang manajer artis?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →