Nasib Punya Gaji Pas-pasan dan Bisa Bebas Utang, Begini Caranya!

Meskipun gaji pas-pasan kamu bisa lho terhindar dan bebas dari utang

Menerima gaji setiap akhir bulan memang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun gaji pas-pasan, kamu bisa banget terbebas dari utang

Buat kamu yang baru menerima gaji pertama pasti senang banget nih meskipun masih pas-pasan. Apalagi bagi kamu yang baru saja masuk kerja alias entry level. 

Keinginan buat membeli sesuatu saat menerima gaji pasti ada saja nih godaannya. Misalkan pengin beli sepatu bermerek, kemeja kerja, bahkan tas laptop karena kamu memerlukan buat keperluan kerja. 

Tapi gimana kalau gaji pas-pasan banget saat dihitung-hitung buat biaya hidup sehari-hari selama sebulan? Apa iya pengin berutang? 

Masa iya gaji gak seberapa kamu mau menumpuk utang setiap akhir bulan? Gaji gak seberapa tapi tagihan menumpuk kayak buku diary, gak mau dong pasti. 

Maka ada baiknya lho kamu bijak dalam mengatur keuangan sehari-hari selama sebulan penuh. Jangan sampai nanti pertengahan bulan dompet kamu sudah “keriting” alias bokek. 

Seperti dikutip dari Qerja.com, Jumat, (24/1/2020), ada cara lho kamu bebas utang walau gaji yang kamu terima sangat pas-pasan. Yuk cari tahu aja di bawah sini. 

Lakukan mark up anggaran, berhemat bisa dijadikan sahabat

Tahun 2020 saatnya nih hemat pengeluaran
Lakukan mark up pengeluaran dalam anggaran setiap bulannya agar punya tabungan, (Shutterstock).

Misalkan kamu sudah terbiasa buat menyusun anggaran keuangan setiap bulannya, coba deh rencanakan pengeluaran dengan menambahkan nominal pada setiap item. Tapi usahakan kamu bahwa semua anggaran yang dibuat sudah sesuai dengan gaji pas-pasan yang diterima setiap bulan. 

Misalkan kamu berencana hanya menyisakan Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu gak ada salahnya. Usahakan kamu memiliki tabungan buat jaga-jaga kalau nanti ada keperluan mendadak. 

Selain itu kamu juga bisa melakukan menghitung-hitung pengeluaran buat sarapan setiap paginya. Biasakan kamu mengeluarkan uang buat bayar sarapan dengan harga yang standar. Ya meskipun hal tersebut dilakukan, mau gak mau hidup berhemat mesti kamu lakukan setiap harinya. 

Dengan membawa bekel sendiri dari rumah dijamin cukup efektif lho, asalkan kamu gak tergiur buat jajan di luar. Dengan begitu, pengeluaran bulanan kamu berada di bawah rencana anggaran dan bisa banget menghindari utang. 

Bonusnya kamu memiliki “bonus” berupa tabungan setiap bulannya. 

Biasakan tunai, jangan memaksakan diri pakai kartu kredit

Biasakan menggunakan tunai buat pembayaran jangan kartu kredit ya
Biasakan menggunakan tunai buat pembayaran jangan kartu kredit ya, (Shutterstock).

Cuma karena tergiur mau memakai kartu kredit lantaran sudah punya penghasilan sendiri, ya sebaiknya gak usah ya! Usahakan kamu membayar dengan menggunakan uang tunai. 

Dengan cara begini, kamu bisa mengatur pengeluaran yang sudah dianggarkan setiap bulannya. Misalkan kamu memakai kartu kredit, yang ada nanti malah tergiur buat belanja ini itu. 

Gaji pas-pasan tapi nyicil utang apa enak buat kamu? ketika menerima penghasilan setiap bulannya pas-pasan jangan memiliki niat membuat kartu kredit. 

Biasakan gunakan uang tunai saat bayar apapun. Dengan begitu, kamu mudah lho membuat daftar belanjaan dan menahan diri dalam menggunakan uang serta menghargai setiap kembalian uang yang didapatkan. 

Hindarkan gaya hidup mewah

Gaya hidup mewah dengan gaji minim masa iya
Gaya hidup mewah dengan gaji minim masa iya, (Shutterstock).

Memiliki penghasilan sendiri lantaran sudah gak mengharapkan dari orangtua memang jadi kebanggaan. Tapi jangan karena sudah memiliki gaji sendiri kamu pengin hidup mewah. 

Hidup mewah memang menggoda sekali buat kamu untuk berutang. Apalagi saat memasuki dunia kerja, kamu mau gak mau menyesuaikan dengan gaya hidup komunitas di kantor. 

Nah yang kayak gini sebaiknya kamu hindarkan ya. Jika ini terjadi bisa-bisa pengeluaran setiap bulannya membengkak lho. 

Putuskan buat menabung terlebih dahulu sebelum membeli barang mewah

Menabung setiap bulannya p
Sebelum membeli barang mahal ada baiknya lakukan menabung lho setiap bulannya, (Shutterstock).

Menerapkan gaya hidup berhemat dan sederhana bukan berarti kamu gak bisa menikmati hasil kerja. Sah-sah saja kok kamu membeli barang mahal demi menunjang pekerjaan asalkan menabung di awal sudah dilakukan. 

Ya meskipun saat ini buat membeli barang-barang elektronik, kendaraan, atau properti bisa lakukan dengan menyicil. Atau mendapatkan tawaran pinjaman dengan bunga nol persen bahkan kamu bisa lho liburan dengan membayar belakangan tapi hal ini justru bikin kamu tergiur buat berutang. 

Masa iya mau setiap akhir bulan menerima gaji pas-pasan utang menumpuk kayak deadline di kantor. 

Nah itu dia tips yang bisa dilakukan bagi kamu yang gaji pas-pasan. Meskipun gaji belum gede gak ada salahnya nih menerapkan hidup sederhana dan pandai berhemat. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis