Seluas 5 Hektare, Rumah Susi Pudjiastuti Ini Bisa Jadi Ladang Uang

rumah susi pudjiastuti

Selain punya rumah peninggalan zaman Belanda, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti juga punya rumah besar di Jalan Merdeka Nomor 312, Pangandaran, Jawa Barat. Rumah Susi Pudjiastuti ini luasnya sampai lima hektare lho!

Rumah ini tentu aja lebih luas daripada rumahnya pengusaha sukses om Bob Sadino.

Kalau om Bob Sadino yang rumahnya dua hektare aja punya 20 pembantu, kira-kira berapa ya jumlah pembantu di rumah Susi Pudjiastuti? Apakah 40? Atau lebih?

Baiklah, sebelum kita membahas seputar berapa orang yang tinggal di rumah tersebut, kamu harus tahu bahwa rumah itu udah dimiliki Susi sebelum dia jadi menteri. Pemilik Susi Air yang baru lulus ujian Paket C ini emang seorang pengusaha super sukses, padahal dulunya dia cuma seorang tengkulak. Dari sana dia bisa dapat uang buat membeli rumah ini.

Jadi, apa kamu makin penasaran ada apa aja di rumah bu Susi? Simak di bawah ini yuk.

1. Bukan cuma tempat tinggal pribadi

rumah susi pudjiastuti
Megah juga ya rumahnya (Lamudi)

Wajar aja kalau luas rumah Susi Pudjiastuti sampai lima hektare, wong bangunan ini fungsinya gak cuma sebagai rumah pribadi kok. Ternyata di lahan yang luas ini, berdiri pula bangunan-bangunan lain yang fungsinya berbeda.

Di rumah itu berdiri kantor Susi Air. Ada satu ruangan yang berisi monitor buat memantau keberadaan pesawat-pesawat milik bu Susi. Selain bisa buat memantau pesawat dengan teknologi GPS, di sini siapa aja juga bisa beli tiket Susi Air.

Di rumah besar itu juga ada flight simulator dan training center yang sering digunakan para pilot buat latihan.

2. 400 karyawan tinggal di rumah itu

rumah susi pudjiastuti
Ini adalah rumah sekaligus lahan bisnis, ya wajar saja sampai 5 hektare (Susiair)

Pantas aja rumah Susi Pudjiastuti sampai lima hektare. Soalnya, ternyata rumah ini juga dimanfaatkan buat tempat tinggal karyawannya.

Karyawan-karyawan itu tinggal di mes yang ada di dalam kompleks perumahan. Ada sekitar enam mes yang bisa menampung 400 orang.

3. Ada hotelnya!

rumah susi pudjiastuti
Nih hotel di rumah Susi (AirBNB)

Buset, ada hotel di dalam  rumah Susi Pudjiastuti? Yang bener aja?

Betul banget. Nama hotelnya Alvy. Hotel Alvy adalah salah satu bangunan yang berfungsi sebagai guest house. Alvy itu sendiri diambil dari nama putra bu Susi.

Hotel tiga tingkat tersebut terdiri dari 27 kamar. Dda dua tipe kamar yang bisa dipilih berdasarkan pemandangannya.

Harganya mulai ada yang Rp 500 ribu per malam dan ada juga yang Rp 600 per malam. Hotel itu juga dilengkapi kolam renang dan ruang meeting.

Oh ya, ada restoran enak juga di sana. Namanya Restoran Hilman. Nama Hilman juga  diambil dari nama putranya bu Susi yang sudah meninggal dunia, Panji Hilmansyah.

Kabarnya, di rumah itu juga ada guest house lain yang bernama Nadine. Nah guest house ini khusus dibangun buat tamu-tamu penting.  

4. Ada pabrik pengolahan ikan

rumah susi pudjiastuti
Gak cuma Susi Air, pengolahan produk perikanan juga ada di sana (Kontan)

Berhubung bu Susi juga aktif berbisnis di sektor perikanan, maka dia membangun pabrik pengolahan ikan di sini.

Di satu sudut rumah Susi Pudjiastuti juga berdiri tempat budidaya lobster.

5. Ada Bank Jabar

rumah susi pudjiastuti
Bank pun ada di halaman depan rumah bu Susi (Kontan)

Di depan Hotel Alvy, berdiri kantor perwakilan Bank Jabar. Udah makin gampang aja deh ya kalau perlu transaksi-transaksi.

Seperti itulah kediaman Susi Pudjiastuti di kampung halamannya yang dibangun pada 1993 lalu. Dulunya tanah ini cuma rawa-rawa yang ada ikannya.

Konsep kediaman seperti ini emang cocok buat pengusaha. Pasalnya, semua unit usaha gak jauh dari tempat tinggal pemiliknya. Jadi semua gampang dipantau.

Meski demikian, saat ini mencari tanah yang luasnya sama seperti rumah Susi Pudjiastuti tentu aja susah. Kalaupun ada, udah pasti deh harganya mahal. Jelas ini adalah salah satu tantangan buat kamu yang pengin jadi pengusaha.

Setuju gak?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →