Walt Disney hingga Harley Davidson, 5 Miliarder Dunia Ini Merintis Usaha dari Garasi Rumah

miliarder dunia

miliarder dunia

Untuk membangun sebuah perusahaan yang besar dan berdiri hingga hari ini, miliarder dunia harus melewati masa sulit yang gak banyak orang ketahui. Salah satunya, merelakan garasi rumahnya menjadi tempat usaha demi mendapatkan efisiensi biaya operasional.

Dalam membangun sebuah bisnis, pasti banyak pengorbanan yang harus dilakukan orang mulai dari waktu, tenaga, hingga uang yang menjadi faktor kunci. Meski ketiga hal itu udah terpenuhi, gak ada jaminan usaha yang dibuat bisa berjalan mulus.

Selama ini kita hanya melihat sebuah perusahaan besar berdiri tegak tanpa mengetahui cerita sulit di belakangnya. Ada juga sih korporasi yang disokong dana oleh investor besar, namun gak sedikit juga pengusaha yang harus memulai usahanya dari rumahnya sendiri.

Lantas, siapa aja sih miliarder dunia yang memulai bisnisnya dari garasi rumahnya? Untuk mengetahuinya, yuk simak rangkumannya seperti dilansir dari American Express:

1.   Steve Jobs

Miliarder dunia
Steve Jobs

Miliarder dunia pertama yang membangun usahanya dari garasi rumah adalah mendiang Steve Jobs. Pria yang wafat pada 5 Oktober 2011 ini merupakan salah satu pendiri brand produk elektronik Apple.

Pada tahun 1976, Steve Jobs bersama rekannya, Steve Wozniak mulai membangun Apple dari garasi di wilayah California. Saat itu, mereka sukses memproduksi sekaligus menjual komputernya dari lokasi tersebut.

Kini setelah 43 tahun berdiri, Apple sudah menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia bersama Microsoft.

Baca juga: Bukan Hoax, Ini 6 Kebiasaan Miliarder Dunia yang Bikin Mereka Sukses

2.  Walt Disney

Miliarder dunia
Walt Disney

Miliarder dunia kedua ialah Walt Disney yang sudah meninggal dunia pada 15 Desember 1966. Dia merupakan pendiri rumah animasi Disney yang juga berekspansi di industri taman bermain.

Pada tahun 1923, Walt Disney bersama saudaranya, Robert Disney menggunakan garasi rumah pamannya yang berada di California untuk memproduksi film “Alice Comedies” yang kini dikenal dengan “Alice Wonderlands”.

Sampai hari ini, perusahaan tersebut sudah berhasil menciptakan banyak film kece seperti “Lion King”, “Toy Story” hingga “Frozen”.

3.  William S. Harley dan Arthur Davidson

Miliarder dunia
William S. Harley dan Arthur Davidson

 

Selanjutnya, ada dua sosok miliarder dunia pendiri merek motor gede (moge) Harley Davidson. Mereka adalah, William S. Harley dan Arthur Davidson.

Ketika merintis bisnis tersebut di Wisconsin pada tahun 1901, mereka berdua membangun sebuah sepeda motor yang terbuat dari kayu. Karena fasilitas yang terbatas, William dan Arthur harus menggunakan garasi rumah guna membangun motor pertamanya tersebut.

Sekarang Harley Davidson menjadi barang otomotif ternama yang kayanya semua orang kenal.

4.  Larry Page dan Sergey Brin

Miliarder dunia
Larry Page dan Sergey Brin

Nama keempat yang mengisi daftar miliarder dunia memulai bisnis dari garasi rumah adalah Larry Page dan Sergey Brin. Kedua orang ini merupakan pendiri dari mesin pencari Google.

Saat masih duduk di bangku kuliah mereka menggunakan garasi rumah kerabatnya, yakni Susan Wojcicki di California untuk mengerjakan sebuah proyek yang kini dikenal sebagai Google. Kejadian persisnya berlangsung bulan September 1998.

Google merupakan mesin pencari internet yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang di dunia hari ini. Kamu salah satunya?

5. Jeff Bezos

Miliarder dunia
Jeff Bezos

Miliarder dunia terakhir yang mendirikan usahanya dari garasi rumahnya adalah Jeff Bezos. Pria berkepala plontos ini merupakan pendiri e-commerce Amazon.

Saat pertama kali membangun Amazon, Jeff Bezos memanfaatkan rumahnya di Washington guna berjualan buku secara online.

Hari ini Jeff Bezos sukses menjadi salah satu orang terkaya di dunia karena hasil kerja kerasnya tersebut.

Itulah lima daftar miliarder dunia yang merintis usaha dari garasi rumahnya. Untuk kamu yang punya modal terbatas, mungkin bisa mengikuti cara tersebut untuk bisa mendirikan bisnis. Semoga sukses! (Editor: Chaerunnisa)