Miliki Harta Berlimpah Berkat Warisan, Sosok – Sosok Ini Jadi Orang Terkaya di Dunia

Berkat sebuah warisan, seseorang mungkin saja naik jadi salah satu orang terkaya di dunia 2018 versi Forbes. Dan jangan mupeng lho, karena beberapa di antara mereka memilih buat gak kerja dan menyerahkan operasional bisnisnya ke orang yang mereka percaya.

Gak salah sih untuk menyerahkan urusan bisnis ke orang yang mereka percaya, asalkan mereka tahu betul siapa yang mereka limpahkan tugas berat tersebut. Dan sebagai pewaris usaha, wajib juga bagi mereka untuk paham soal usaha yang dia miliki.

Jangan mentang-mentang jadi komisaris cuma terima beres. Apa jadinya kalau ada wanprestasi dari orang yang mereka limpahkan tugas? Tentu saja mereka sendiri bakal rugi.

Bisa jadi harta mereka malah terkuras habis hingga gak lagi masuk ke urutan orang terkaya di dunia 2018.

Penasaran dengan para miliarder yang kaya berkat warisan? Berikut ulasan lengkapnya.

9. Azim Premji

Azim Premji (businessworld.in).

Pada tahun 1966, Azim Premji yang masih berusia 21 tahun terpaksa berhenti kuliah karena ayahnya meninggal dunia. Orang terkaya nomor dua di India ini harus menggantikan ayahnya dalam memimpin perusahaan minyak goreng yang gak lain adalah perusahaan keluarganya.

Singkat cerita, Premji pun megembangkan usaha minyak goreng itu dan mengubah bidang usahanya dari retail ke teknologi, Wipro. Wipro yang berbasis di Silicon Valley, aktif berkolaborasi bersama perusahaan startup-startup ternama.

Alhasil, Premji berhasil menjadi orang terkaya di dunia 2018 urutan ke 58 dengan total kekayaan US$ 20,1 miliar atau Rp 305 triliun.

Hebat juga ya, dari cuma diwarisi usaha minyak goreng sekarang dia bisa mengembangkannya jadi teknologi. Dan putranya, Rishad juga menduduki posisi penting di perusahaannya. Tampaknya dia juga bakal diwarisi usaha dan harta yang gak sedikit.

8. Laurene Powell Jobs

Laurene Powell Jobs (businessinsider).

Perempuan ini adalah istri dari mendiang cofounder Apple Steve Jobs. Sumber harta yang dia dapat berasal dari harta suaminya yang sudah mangkat.

Alih-alih menjadi salah satu pimpinan di Apple, Laurene justru memimpin President Emerson Collective, lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang pendidikan. Dia juga menguasai saham mayoritas The Atlantic Magazine, namun gak disebut berapa Dolar dia membeli saham perusahaan tersebut.

Di Forbes, Laurene juga tercatat memiliki kekayaan yang sama dengan Prenzi yaitu Rp 305 triliun. Oleh karena itu Forbes pun menempatkan Laurene Jobs di posisi ke 58 orang terkaya di dunia 2018.

Ngomong-ngomong, di tahun 2017 dia masuk ke jajaran enam perempuan terkaya di dunia lho.

7. Serge Dassault

Serge Dassault (bloomberg).

Sayangnya, pria ini sudah meninggal dunia pada Maret 2018 di usianya yang ke 93. Dia wafat di kantornya sendiri. Total kekayaan pria asal Prancis ini US$ 22,6 miliar atau Rp 343 triliun.

Keluarga Dassault memang gak asing di Prancis. Selain merupakan keluarga politisi, mereka juga merupakan pendiri perusahaan Dassault Group yang didirikan oleh Marcel Dassault, ayah Serge.

Dassault Group merupakan perusahaan induk dari Dassault Aviation yang merupakan produsen jet tempur Rafale dan Mirage. Selain itu, mereka juga memiliki pesawat sipil bernama Falcon.

Selain di bidang pesawat, Dassault Group juga memiliki media Le Figaro, dan lainnya. Saat ini, perusahaan tersebut dipimpin oleh Charles Edelstenne dan Eric Trappier. Putra Serge nampaknya belum terlihat ingin menggantikan sang ayah di perusahaan tersebut.

Asal kamu tahu, putra Serge yaitu Olivier adalah seorang anggota DPR di negaranya.

6. Jacqueline dan John Mars

Jacqueline Mars (Dailymail).

Jacqueline dan John Mars merupakan pewaris Mars Inc, sebuah perusahaan produsen permen cokelat M&M dan makanan hewan Whiskas serta Pedigree. Keduanya menguasai sepertiga saham dari perusahaan raksasa ini dan total kekayaan mereka sama-sama di angka US$ 24,7 miliar (Rp 375 triliun). Keduanya adalah cucu dari Frank Mars, yang mendirikan perusahaan ini.

Frank Mars yang merupakan penderita polio, akhirnya menciptakan sebuah cokelat yang digemari anak-anak pada masanya yaitu Milky Way. Saat bisnis ini diteruskan oleh putranya, Forrest, terciptalah Snickers yang sering kamu lihat di Alfa atau Indomaret. Tentu kamu paham kan gimana nikmatnya cokelat karamel tersebut.

Lambat laun, Forrest pun mengembangkan usahanya hingga ke ranah lain yaitu dengan menciptakan produk pakan hewan.

Di tahun 1941, mereka juga meluncurkan cokelat M&M yang sangat fenomenal. M&M Chocolate sejatinya terinspirasi dari Smarties, permen cokelat serupa yang beredar ketika Perang Saudara di Spanyol. Permen itu pun laris hingga ke negara lain hingga sampai ke Indonesia.

5. Susanne Klatten

Susanne Klatten (wanttoberich).

Perempuan terkaya di Jerman ini juga masuk ke jajaran orang terkaya di dunia 2018 urutan ke 32. Total hartanya mencapai US$ 25 miliar atau Rp 380 triliun.

Klatten adalah putri dari pasangan Herbert dan Johanna Quandt, Herbert Quandt merupakan salah seorang pebisnis legendaris Negeri Panzer. Dia adalah seseorang yang menyukseskan penjualan mobil BMW.

Alhasil, Susanne Klatten menguasai 19,2 persen saham di BMW, sementara itu saudaranya yaitu Stefan Quandt menguasai 23 persen. Klatten sendiri juga merupakan pemilik Altana AG, sebuah perusahaan farmasi yang cukup terkenal di negaranya. Selain itu, dia juga memiliki saham di Nordex AG.

4. Georg Schaeffler

Georg Schaeffler (schaeffler).

Sama seperti Susanne Klatten, pria ini juga berasal dari Jerman. Setelah menjalani dinas di angkatan bersenjata, putra dari pendiri Schaeffler Group ini memimpin perusahaan yang didirikan ayahnya, Wilhelm Schaeffler.

Asal kamu tahu, perusahaan itu merupakan perusahaan konglomerasi yang cukup besar. Sumber labanya berasal dari penjualan sparepart otomotif. Mereka pun mengakuisisi produsen ban Continental AG yang pada saat itu terlilit utang.

Dalam menjalankan usaha warisan sang ayah, Georg Schaeffler juga mengikut sertakan ibunya yaitu Maria-Elisabeth. Saat ini, dia tercatat sebagai orang terkaya di dunia 2018 urutan ke 31 dengan total aset US$ 25,3 miliar (Rp 384 triliun).

3. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani. (Instagram)
Mukesh Ambani. (Instagram)

Pria ini memang menyingkirkan Jack Ma dari singgasana orang terkaya di Asia. Selain itu, dia juga merupakan orang yang paling tajir di Negeri Bollywood.

Keberhasilan Mukesh Ambani ternyata gak luput dari ayahnya, Dhirubhai Ambani, pengusaha yang dulunya bergerak dibidang jual-beli rempah-rempah. Dari rempah-rempah, Dhirubhai melakukan pengembangan usaha ke tekstil (Reliance Industries).

Reliance sejatinya gak cuma punya produk tekstil, mereka juga bergerak di bidang telekomunikasi, hingga pengolahan minyak bumi. Mukesh pun gak sendirian, dia menggandeng saudaranya yaitu Anil.

Saat ini, dia dikabarkan memiliki total kekayaan US$ 40,1 miliar atau setara dengan Rp 609 triliun. Mukesh juga menduduki posisi orang terkaya di dunia 2018 urutan ke 19.

2. Francoise Bettencourt Meyers

Francoise Bettencourt Meyers (businessinsider).

Kamu pernah pakai produk L’Oreal? Saat ini, perusahaan itu dipimpin oleh Francoise Bettencourt Meyers, putri dari Liliane Bettencourt yang sudah wafat. Liliane sendiri adalah putri dari Eugene Paul Louise Schueller, pendiri L’Oreal.

Francoise naik tahta pada 2017, dan dengan kekayaan sebesar US$ 42,2 miliar atau Rp 641 triliun, dia bukan hanya orang terkaya di dunia 2018 urutan ke 18. Dia juga menjadi perempuan terkaya se-Eropa!

Usut punya usut, perempuan berusia kepala enam ini juga hobi menulis lho. Salah satu karyanya adalah buku tentang mitologi Yunani.

1. Jim, Robson, dan Alice Walton

Alice Walton (arkansasbusiness).

Keluarga Walton telah dinobatkan sebagai keluarga terkaya. Gak heran tentunya karena Sam Walton telah berhasil mendirikan usaha. Usaha yang didirikan tahun 1962 silam itu memang sangat laris di negaranya. Apalagi kalau bukan Walmart.

Alice yang merupakan putri satu-satunya Sam telah dinobatkan sebagai perempuan terkaya di dunia karena kekayaannya mencapai US$ 46 miliar, atau Rp 699 triliun. Dan Alice memang gak aktif di bisnis Walmart, dia malah lebih aktif dalam urusan sosial dan seni.

Sementara itu putra sulung Sam yaitu Robson Walton memiliki total kekayaan US$ 46,2 miliar atau Rp 702 triliun. Dia memimpin Walmart setelah Sam Walton meninggal dunia pada 1992 silam namun pensiun pada tahun 2015. Akan tetapi, Robson masih menduduki jajaran direksi perusahaan itu.

Dan Jim yang merupakan putra kedua Sam, memiliki total kekayaan US$ 46,4 miliar (Rp 705 triliun) adalah pimpinan dari Arvest Bank, sebuah bank yang merupakan bagian dari Walmart Inc.

Jim, Robson, dan Alice, merupakan orang terkaya di dunia 2018 urutan ke 14, 15, dan 16. Mereka semua menguasai saham mayoritas dari perusahaan yang didirikan ayahnya.

Itulah orang terkaya di dunia 2018 yang tajir karena warisan usaha orang tuanya. Tapi biar dari warisan, dan gak turun langsung ke usaha tersebut, mereka tetap aktif di usaha lain yang sifatnya sosial.

Kalau kamu jadi salah satu di antara mereka, apa yang kamu lakukan? Nerusin usaha tersebut atau melakukan hal lain? (Editor: Winda Destiana Putri).