Tanyakan 7 Hal Ini ke Dirimu Sebelum Minta Naik Gaji Sama Atasan

Kapan terakhir naik gaji? Tahun lalu kah? Atau mungkin udah lama kerja tapi gak naik-naik gajinya?

Semua yang punya status sebagai karyawan pasti sangat menunggu momentum naik gaji. Tapi sayangnya, peristiwa ini kadang gak bisa diprediksi kapan datangnya.

Dan gak sedikit juga dari kita yang pada akhirnya terpaksa ngomong ke atasan untuk perkara yang satu ini.

Dalam urusan minta naik ke bos, tentu saja hal ini gak bisa cuma asal ngomong ya. Karena kalau gak dipikir-pikir dulu, bos berpotensi kesal dan hal itu bisa berujung batal naik gaji.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengajukan tujuh pertanyaan ini dulu sebelum ngobrol sama bos. Yuk simak ulasannya di bawah sini.

1. Sudah berapa lama kamu bekerja di perusahaan ini?

Sebelum nanya soal kenaikan gaji, tanyakan dulu ke diri sendiri, sudah berapa lama kamu bekerja di perusahaan ini (Shutterstock).

Sebelum nanya soal kenaikan gaji, tanyakan dulu ke diri sendiri, sudah berapa lama kamu bekerja di perusahaan ini? Kalau masih hitungan bulan, ya itu sih masih baru banget.

Jika memang sudah setahun lebih bekerja dan gajinya gak naik-naik, tentu hal itu wajib dipertanyakan. Karena pada dasarnya, kenaikan gaji setiap tahun pasti ada karena mengikuti inflasi.

2. Apa yang sudah kamu capai selama bekerja?

Jangan lupa untuk mengingat-ingat apa pencapaianmu selama bekerja (Shutterstock).

Baiklah, kerja di perusahaan ini sudah setahun lebih tapi gaji gak kunjung naik. Jangan lupa untuk mengingat-ingat apa pencapaianmu selama bekerja.

Kalau dalam setahun kamu sudah memberikan kontribusi yang baik, maka gak masuk akal kalau gajimu segitu-segitu saja. Harus ada penghargaan juga dong dari perusahaan. Masa iya sudah banting tulang tapi gak diapresiasi sama perusahaan.

3. Kapan naik gaji terakhir?

Uang gaji (Shutterstock).

Buat yang sudah pernah ngerasain naik gaji, coba ingat-ingat deh kapan terakhir kamu naik gaji. Apakah sudah satu tahun yang lalu, atau lebih?

Atau jangan-jangan baru dua bulan yang lalu, sekarang kamu minta naik lagi? Itu sih keterlaluan.

Dan jangan lupa juga, informasikan juga ke atasanmu soal kinerja kerja pascakenaikan gaji pertamamu. Tujuannya bair dia ingat sama kontribusimu selama di perusahaan.

4. Apa saya pantas menerima kenaikan gaji?

Uang gaji per bulan (Shutterstock).

Nah ini juga harus ditanyakan ke diri sendiri. Kalau mengikuti ego ya tentu saja semuanya ingin naik gaji, tapi belum tentu semuanya “pantas.”

Kenaikan gaji yang signifikan umumnya diikuti pula dengan penambahan load kerja, dan sebagainya. Siap gak untuk ditambah kerjaannya? Kalau kerjaan sekarang saja masih keteteran, itu tandanya kamu memang belum siap untuk mengemban tugas yang lebih berat.

Coba deh pertimbangkan lagi sebelum nanya ke bos.

5. Mendingan gaji naik atau pekerjaan yang seimbang?

Banyak pekerjaan (Shutterstock).

Mau gaji dinaikkan tapi kerjaan ditambah sampai jadi hectic? Mau tidur malam susah karena kebayang kerjaan, mau santai-santai di weekend ujung-ujungnya harus buka laptop untuk cicil kerjaan yang belum selesai?

Atau gimana kalau dengan gaji yang sama, pekerjaan kamu akan disesuaikan. Dan kamu bisa kehidupan yang seimbang? Jangan galau.

6. Kalau mau naik gaji, minta berapa?

Dolar AS (Shutterstock).

Seandainya memang nanti disetujui, kira-kira berapa sih jumlah yang kamu minta? Apakah jumlah itu memang sesuai dengan kebutuhanmu saat ini?

Pertimbangkan juga soal pengeluaranmu ke depan. Apabila gaji naik tapi gak signifikan ya percuma kan.

7. Kalau kenaikan itu gak disetujui, apa yang kamu lakukan?

Persiapkanlah dirimu buat semua jawaban dari bos nantinya (Shutterstock).

Persiapkanlah dirimu buat semua jawaban dari bos nantinya. Karena jika atasanmu adalah tipikal pemimpin yang baik, dia pasti gak bakal mengiming-imingi soal kenaikan gaji, dia bakal memperjuangkan jika memang kamu pantas untuk mendapatkannya.

Dan jika hal itu gak disetujui, dia pun bakal terus terang kepadamu terkait masalah ini. Apa yang kiranya bakal kamu sampaikan ke dia mengenai kabar buruk ini?

Apakah kamu bakal terima-terima saja? Atau meminta agar pekerjaanmu disesuaikan? Atau berniat mencari lowongan kerja di perusahaan baru?

Itulah tujuh pertanyaan yang wajib kamu tanyakan ke diri sendiri sebelum meminta kenaikan gaji pada atasan. Sudahkan kamu menjawab semuanya? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →