Gak Sampai Rp 10 Ribu, Ini 7 Minuman Khas Jawa Timur yang Banyak Diburu Pelancong

Minuman Murah Khas Jawa Timur yang Banyak Diburu Pelancong (Shutterstock).

Selain makanan enak, minuman khas Jawa Timur juga menyajikan menu-menu yang bikin nagih penikmatnya. Rasanya yang segar dan khas membuat banyak orang kangen untuk kembali ke provinsi yang satu ini untuk wisata kuliner.

Seperti yang kita ketahui, Jawa Timur merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh pelancong domestik maupun mancanegara. Daya tarik utama provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa adalah kulinernya yang unik dan serta khas.

Ada berbagai macam makanan dan minuman khas yang punya rasa otentik khas Jawa Timur. Berhubung di artikel ini membahas tentang minuman, jadi langsung aja nih kita simak daftar minuman Jawa Timur yang wajib kamu coba ketika liburan berikut ini:

1. Susu Telur Madu Jahe – Rp 8 ribu

STMJ merupakan salah satu minuman khas Jawa Timur (Shutterstock).
STMJ merupakan salah satu minuman khas Jawa Timur (Shutterstock).

Susu Telur Madu Jahe atau biasa disebut sebagai STMJ merupakan salah satu minuman khas Jawa Timur, tepatnya dari daerah Malang. Banyak orang yang belum mengetahui kalau minuman ini berasal dari Jawa Timur karena banyak ditemukan dimana-mana.

STMJ cocok banget kamu minum ketika musim hujan karena bisa menghangatkan tubuh. Kalau kamu pengin merasakan langsung STMJ yang asli, bisa langsung datang ke Jawa Timur atau kota Malang.

2. Minuman khas Jawa Timur Es Buto Ijo – Rp 7 ribu

Es Buto Ijo (Youtube).
Es Buto Ijo (Youtube Masak Tv).

Selanjutnya minuman yang namanya diambil dari cerita rakyat Buto Ijo. Minuman segar yang satu ini terdiri dari kelapa muda, biji selasih, rumput laut serta mutiara. Lalu ditambah dengan sirup serta krim kental manis.

Rasanya manis dan segar, cocok banget disajikan pas udara panas dan menyengat tubuh. Menu ini biasanya disantap sebagai sajian penutup setelah main course. Harganya satu porsi Es Buto Ijo sendiri lumayan terjangkau hanya Rp 7 ribu aja.

3. Es Gudir – Rp 5 ribu

Es Gudir
Es Gudir

Minuman khas Jawa Timur ketiga yang patut kamu coba adalah Es Gudir. Gudir sendiri memiliki arti agar-agar dalam Bahasa Jawa. Selain agar-agar, dalam minuman ini juga terdapat santan dan gula merah layaknya cendol. Harganya sendiri sangat terjangkau mulai dari Rp 5 ribu aja.

4. Wedang Cemue – Rp 3 ribu

Wedang Cemue (Shutterstock).
Wedang Cemue (Shutterstock).

Keempat ada Wedang Cemue, sajian yang satu ini mirip dengan Wedang Ronde yang kita kenal, hanya aja isinya terdiri dari roti tawar,kacang tanah goreng serta bawang goreng. Kuahnya sendiri menggunakan jahe dan juga krim kental manis. Untuk harganya sendiri relatif murah berkisar di nominal Rp 3 ribuan aja kok.

5. Wedang Jaselang – Rp 5 ribu

Lagi-lagi datang dari kota Malang ada Wedang Jaselang yang menarik perhatian karena berwarna merah. Minuman khas Jawa  Timur ini terdiri dari alang-alang, jahe serta secang. Disajikan dengan hangat, minuman ini pas banget diminum ketika cuaca sedang dingin. Harganya sendiri sangat terjangkau hanya RP 5 ribu doang.

6. Es Sinom – Rp 3 ribu

Es Sinom (Shutterstock).
Es Sinom (Shutterstock).

Terakhir ada Es Sinom yang terbuat dari kunyit dan juga gula aren. Minuman ini biasa diminum untuk menghilangkan rasa pahit setelah minum jamu. Selain itu Es Sinom juga punya khasiat untuk menghilangkan rasa sakit ketika haid. Harganya juga sangat murah yakni Rp 3 ribu aja.

7. Wedang pokak – Rp 9 ribu

Terakhir datang dari wilayah Probolinggo ada wedang pokak. Minuman ini terdiri dari jahe, cengkeh, kayu manis, daun pandan dan jeruk purut. Harganya juga murah hanya Rp 9 ribuan aja untuk satu porsi wedang pokak.

Nah itulah 7 minuman khas Jawa Timur yang bisa kamu beli dengan uang Rp 10 ribu aja. Jadi kalau kamu pergi kesana harus mencoba minuman khas tersebut yang nikmat dan menyegarkan! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →