Pengin Punya Mobil Pertama tapi Bekas, Segini Uang yang Harus Dikumpulkan

Beli mobil

Keinginan memiliki mobil pertama sebagai kendaraan pribadi dari hasil gaji sendiri memang impian banyak orang. Gak ada salahnya juga lho membeli mobil bekas sebagai kendaraan pertama apalagi dari hasil kerja keras sendiri. Lantas berapa sih harga dan biaya perawatannya? 

Bagi kamu yang saat ini tengah memikirkan buat memiliki mobil pribadi mungkin masih bingung antara yang model terbaru atau bekas? Kepikiran buat membeli mobil baru tapi sampai saat ini gaji belum memumpuni. 

Misalkan membeli mobil second alias bekas, kenapa gak? Bagi kamu yang masih sendiri alias single, wajar sih memiliki hasrat untuk memiliki kendaraan pribadi apalagi ini mobil pertama. 

Suatu kebanggaan tersendiri nih ketika kamu bisa mewujudkan keinginan untuk memiliki mobil pribadi. Dan gak ada salahnya lho kamu memilih mobil second sebagai kendaraan pribadi. 

Toh fungsinya sama saja bukan? Dipakai sehari-hari untuk pergi dan pulang kerja atau keperluan lainnya. Nah permasalahannya, saat memutuskan untuk membeli mobil memang sangat menyita perhatian, apalagi bagi yang pertama kali. 

Rasa bingung jelas pasti ada, antara memilih yang baru atau bekas, dan lagi ketersediaan dana di dompet. Lain soal nih kalau kamu udah memiliki gaji yang fantasti buat memutuskannya mudah saja. 

Dari segi harga, mobil second atau bekas memang akan terasa miring bagi yang memiliki dana pas-pasan. Tapi soal perawatan gimana? Berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk melakukan servis berkala, belum lagi jika ada komponen mobil harus diganti. 

Pertimbangan membeli mobil bekas

Membeli kendaraan pertama tapi bekas kenapa gak?
Membeli kendaraan pertama tapi bekas kenapa gak?, (Shutterstock).

Nah sebelum memutuskan untuk memboyong mobil bekas ke garasi rumah mu, perhatikan faktor-faktor yang dijadikan pertimbangan buat mu. Pertama kamu harus memilikitujuan serta penggunaan serta kemampuan keuangan mu. 

Selain itu, kamu juga mesti memiliki pengetahuan yang cukup nih seputar mobil second alias bekas. Jangan sampai kamu hanya menuruti hasrat pengi memiliki mobil tapi gak tahu soal mesin dan lain-lainnya. 

Dalam memilih kendaraan second kamu juga gak boleh sembarangan lho. Pastikan kendaraan yang kamu pilih memiliki kondisi cukup baik dan tahunnya gak terlalu tua ya agar usia pemakaian di tangan mu nyaman dan enak. 

Soalnya ketika lebih memilih membeli kendaraan bekas, kamu bakal meminimalisir pengeluaran berlebihan saat pembelian. 

Pilihan mobil second

Ini lho pilihan mobil second yang bisa dijadikan kendaraan pribadi pertama mu
Ini lho pilihan mobil second yang bisa dijadikan kendaraan pribadi pertama mu, (Shutterstock).

Buat memilih kendaraan pribadi second alias bekas sebenarnya banyak banget lho pilihannya. Kamu bisa banget lho memilih jenis dan tipe mobil yang bakal nangkring di garasi mu. 

Misalnya kamu naksir dengan mobil jenis LCGC setaraf Daihatsu Ayla yang dibanderol kisaran Rp 70.000.000 untuk keluaran tahun 2014/2015. Daihatsu Ayla memang salah satu kendaraan yang banyak dicari oleh pembeli mobil bekas. 

Selain itu ada Honda Brio lho, mobil besutan Honda ini untuk harga barunya berada di angka Rp 140.000.000, modelnya yang masih segar dan sporty, gak heran mobil ini banyak dicari. Nah untuk harga bekasnya sendiri berada di harga Rp 90.000.000. 

Pilihan ketiga datang dari pabrikan Jepang, Toyota. Pabrikan Toyota memang masih memiliki banyak penggemar bagi pecinta otomotif Tanah Air. 

Bagi kamu yang pengin memiliki Toyota Agya bisa lho dijadikan salah satu pilihannya. Untuk harga terbarunya Toyota Agya berada di angka Rp 136.000.000 hingga Rp 156.000.000. 

Sedangkan untuk harga bekasnya di pasaran, Agya dilepas dengan harga Rp 80.000.000 hingga Rp 90.000.000. 

Gaji Rp 8 juta per bulan mampu gak nih membeli mobil bekas? 

Begini perhitungan membeli mobil bekas dengan gaji Rp 8 juta per bulan
Begini perhitungan membeli mobil bekas dengan gaji Rp 8 juta per bulan, (Shutterstock).

Jika kamu seorang pegawai kantoran yang memiliki gaji di angka Rp 8 juta per bulan, bisa lho menyisihkan 30 persen dari gaji mu. 30 persen dari penghasilan atau gaji kamu Rp 8 juta jika dihitung akan mendapatkan nominal sebesar Rp 2,4 juta. 

Nah dengan uang Rp 2,4 juta, bisa mengumpulkan down payment (DP) agar bisa membawa mobil yang kamu penginkan. Berapa besar sih DP yang harus kamu bayarkan untuk memboyong mobil bekas merek Toyota Agya? 

Jika dilihat dari situs Mobil123.com, Toyota Agya pabrikan 2015 dilepas dengan harga Rp 88.000.000. Untuk DP-nya sendiri kamu cukup membayarkan dengan Rp 10.000.000. 

Artinya kamu mengumpulkan uang 30 persen dari gaji kamu sebesar Rp 2,4 juta selama 4 bulan. Rp 2.400.000 x 5 bulan = Rp 12.000.000. Dengan mengumpulkan uang selama 5 bulan, kamu sudah mengumpulkan uang muka atau DP sebesar Rp 12.000.000. 

Ambil tenor cicilan yang dirasa oleh mu nyaman buat kondisi keuangan. Misalkan kamu mengambil tenor 4 tahun (48 bulan). Harga mobil bekas Toyota Agya yang di harga Rp 88.000.000 : 48 bulan = Rp 1.833.000 jika digenapkan menjadi Rp 1.835.000. 

Nah itu gambaran penghitungan jika kamu pengin membeli mobil bekas sebagai kendaraan pribadi pertama mu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →