Penyebab Mobil Distarter Tidak Bunyi Sama Sekali

mobil distarter tidak bunyi sama sekali

Saat tahu mobil distarter tidak bunyi sama sekali, kamu jadi berpikir jika ada yang salah dengan mesin mobil atau komponen mobil lainnya. 

Untuk mengatasinya, kamu perlu tahu dulu penyebab kenapa mobil distarter tidak hidup. Jika sudah mengetahui penyebabnya, akan mudah untuk mengambil tindakan untuk memperbaikinya. 

Umumnya, penyebab mobil distarter tidak bunyi sama sekali karena dua hal yakni kerusakan pada sistem kelistrikan atau kerusakan pada mesin mobil. 

Misalnya saja, saat kamu menstarter mobil dan tidak ada tanda-tanda adanya arus listrik yang mengalir saat distarter maka kemungkinan kerusakan terjadi pada sistem dinamonya.

Untuk pembahasan lebih lanjut, berikut ini adalah penyebab kenapa mobil distarter tidak hidup hingga tips untuk merawatnya.

Penyebab mobil distarter tidak bunyi sama sekali

Ada banyak penyebab kenapa mobil distarter tidak mau nyala. Bisa saja dikarenakan sistem dinamo mobil yang terganggu, performa aki mobil, katup sekring hingga karburator, atau pompa bensin yang bermasalah.

Secara garis besar, penyebab mobil distarter tidak bunyi sama sekali tergolong menjadi dua yakni bisa dikarenakan masalah kelistrikan pada mobil atau masalah pada mesin mobil. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Gangguan pada sistem kelistrikan

Penyebab mobil distarter tidak menyala karena adanya gangguan pada sistem kelistrikan mobil bisa ditandai saat kamu menstarter mobil dan tidak ada arus listrik sehingga tidak mengeluarkan bunyi sama sekali.

Bisa juga terdengar bunyi tetapi sangat pelan. Apabila memang sumber penyebab mobil distarter tidak hidup adalah adanya gangguan pada sistem kelistrikan mobil, maka mesin mobil masih bisa dinyalakan dengan catatan kamu perlu mendorong mobil tersebut.

Masalah-masalah yang mungkin terjadi akibat adanya gangguan pada sistem kelistrikan sehingga mobil distarter tidak hidup di antaranya sebagai berikut.

1. Pedal kopling

Penyebab yang paling umum terjadi adalah karena kebiasaan pengendara yang lupa untuk menginjak pedal kopling saat melakukan starter mobil. 

Kebiasaan ini sering terjadi karena sekarang ada banyak mobil yang menggunakan transmisi manual berpengaman khusus dengan tujuan saat mobil distarter maka pengemudi harus menginjak pedal kopling.

2. Aki mobil

Perlu digarisbawahi bahwa aki adalah salah satu komponen terpenting dari mobil di mana seluruh sumber kelistrikan di mobil tergantung pada kinerja akinya. 

Jika mobil distarter tidak nyala karena masalah akinya, kamu harus memastikan dua hal yakni usia aki mobil dan kondisi aki mobil.

Pasalnya, usia aki mobil yang sudah cukup tua juga bisa menjadi faktor kerusakan yang terjadi pada sistem kelistrikan mobil, tak terkecuali mobil yang distarter tidak mau nyala. 

Sebab, aki yang tekor atau sudah digunakan terlalu lama ada kemungkinan untuk sulit bahkan tidak dapat mengalirkan arus listrik sama sekali.

Apabila usia aki masih muda, maka selanjutnya kamu bisa melakukan pemeriksaan pada kabel kutub aki. Pastikan bahwa tidak ada kotoran yang tertinggal dan berkerak di sana. 

Kabel kutub aki yang menyimpan banyak kotoran hingga berkerak tersebut bisa membuat klem aki longgar sehingga ada gangguan saat kamu menstarter mobil. 

Bukan itu saja, kotornya aki mobil juga membuat disfungsi semua panel di speedometer.

Kamu bisa membersihkannya dengan cairan khusus pembersih aki mobil yang ampuh untuk menghilangkan kerak dan jamur yang menempel di aki mobil. 

Setelah melakukan semua solusi ternyata mobil distarter masih tidak mau nyala, kamu bisa melakukan jumper aki.

3. Dinamo starter

Penyebab mobil distarter tidak hidup selanjutnya bisa dikarenakan adanya gangguan di sistem dinamo starter

Perhatikan posisi soket dinamo starter, apabila switch dinamo starter terlepas maka kamu bisa segera merekatkannya kembali.

Soket dinamo starter bisa terlepas karena pada beberapa soket menggunakan klip plastik dan penguncinya juga menggunakan klip sehingga ada kemungkinan klip tersebut patah dan membuat soket longgar hingga terlepas karena adanya getaran mesin.

Akan tetapi, bila ternyata soket dinamo stater tidak terlepas dan terdengar suara saat mobil distarter maka itu pertanda kalau kamu harus segera mengganti dengan dinamo yang baru.

4. Kunci kontak

Saat soket dinamo starter tersebut longgar dan terlepas bukan masalah pada dinamo starter saja melainkan juga kunci kontak mobil akan mengalami kerusakan sehingga sulit untuk menyalakan mobil. 

Oleh karena itu, pastikan socket dinamo dan kunci kontak dalam keadaan benar.

5. Kabel sekring

Penyebab mobil distarter tidak hidup selanjutnya adalah kerusakan pada kabel sekring. Kamu bisa memeriksa kondisi kabel sekring utama yang berada di dekat aki bagian positif. 

Jika terlihat ada kabel yang putus maka kamu bisa segera memperbaiki atau menggantinya. Periksa juga sekring lainnya, apakah ada sekring yang meleleh akibat adanya arus pendek.

Setelah diperiksa ternyata tidak ada masalah pada kabel sekring, maka kamu bisa memeriksa relay sater yang berada di kotak sekring atau kotak relay. 

Untuk diketahui bahwa relay sater berperan sebagai perantara listrik saat mobil distarter.

4. Kabel kelistrikan yang mulai mengeras

Penyebab selanjutnya adalah kondisi kabel kelistrikan di dalam mobil mulai mengeras ada serat kabel yang putus dan getas. 

Hal ini bisa terjadi mengingat mobil yang kamu kendarai telah berusia lebih dari 10 tahun dan jarang sekali diganti kabel kelistrikannya. 

Apalagi bila kamu pecinta mobil tua, kamu harus lebih memperhatikan kondisi kabel-kabel listrik di dalam mobil kamu agar tidak terjadi kejadian mobil distarter tidak mau hidup.

5. Dinamo ampere

Penyebab selanjutnya adalah dinamo ampere khususnya gangguan pada sistem kerja alternator mobil. 

Masalah kerusakan yang satu ini umumnya terjadi pada mobil-mobil yang memiliki banyak aksesoris elektronik di dalam mobilnya.

Karena banyaknya aksesoris elektronik ini sehingga mobil membutuhkan lebih banyak arus listrik dalam jumlah yang besar. 

Oleh karena itu, agar performa mobil selalu maksimal kamu harus terus memantau kondisi kerja alternator mobil kamu. Jika kondisinya kurang baik maka kamu bisa menggantinya dengan alternator berdaya besar.

6. Immobilizer

Banyak mobil modern kini menggunakan sistem kelistrikan starter yang terintegrasi langsung dengan ECU mesin atau PCM, sehingga apabila ECU tersebut rusak maka immobilizer juga akan ikut rusak dan mobil distarter tidak mau nyala.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Gangguan pada komponen mesin

Lain halnya dengan penyebab mobil distarter tidak mau nyala karena adanya masalah pada sistem kelistrikan mobil di mana ada kemungkinan mobil kamu masih bisa menyala saat distarter apabila kamu mendorongnya.

Jika penyebabnya adalah adanya gangguan dan kerusakan pada komponen mesin mobil maka saat mobil distarter benar-benar tidak mau hidup sekalipun sudah didorong. Berikut ini penyebab dan solusinya.

1. Busi, kabel busi, dan koil

Jika penyebab mobil distarter tidak mau hidup karena ada masalah pada sistem pengapian maka hal yang harus kamu lakukan adalah memeriksa busi, kabel busi dan koil. 

Ketiga komponen tersebut sangat berkaitan satu sama lain sehingga bila salah satu komponen rusak maka ada kemungkinan komponen lainnya akan ikut rusak.

Pada busi, masalah yang umum terjadi adalah karena busi sudah lama digunakan dan jarang dirawat sehingga kondisinya usang. Karenanya, rutin untuk melakukan perawatan busi penting dilakukan.

Adapun gangguan pada koil juga erat kaitannya dengan kerusakan yang terjadi pada relay starter atau kotak relay. 

Salah satu jenis kerusakan pada relay starter adalah koil pada relay. Saat koil mobil bersuhu tinggi atau panas maka hal ini juga bisa menjadi penyebab mobil sulit dinyalakan. 

Oleh sebab itu, kamu harus memastikan kondisi koil dalam keadaan stabil.

2. Ketidaklancaran aliran bahan bakar

Penyebab mobil distarter tidak bunyi sama sekali selanjutnya adalah karena adanya gangguan pada aliran bahan bakar sehingga aliran tersebut tidak mengalir secara lancar dan mobil sulit distarter hingga tidak mau nyala.

Apabila mobil yang kamu gunakan masih menerapkan sistem karburator untuk menyuplai bahan bakar maka kamu bisa melakukan perawatan pada karburator yang kotor. Gunakan cairan pembersih khusus kotoran dan kerak yang menempel pada karburator.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengecekan terhadap sistem setting karburator mobil, bisa saja karena ketidaktepatan setting pada karburator mobil yang menghambat proses pembakaran menjadi tidak lancar.

3. Oli

Di tengah pandemi di mana banyak orang yang jarang sekali menggunakan kendaraannya khususnya mobil keluar garasi biasanya masalah yang sering mereka hadapi saat pertama kali menyalakan mesin mobil adalah mobil distarter tidak mau hidup.

Hal ini wajar terjadi karena oli mengendap dan mengumpul di oli pan atau bagian carter. 

Pengendapan oli ini yang membuat bagian atas mesin mengalami kondisi kekeringan oli sehingga pada saat mobil distarter tidak hidup malah mengeluarkan suara yang terdengar seperti bunyi tek tek. 

Suara tersebut berasal dari mekanisme katup yang bekerja tanpa diberikan pelumas dengan benar. Solusi terbaiknya adalah dengan menunggu oli tersebut hingga naik lalu starter mobil kembali.

4. Kerja pompa bensin

Setelah diperiksa ternyata sistem kerja oli, busi, kabel busi  dan koil dalam keadaan baik. Maka bisa saja mobil distater tidak hidup karena ada gangguan pada sistem kerja pompa bensin yang bekerja kurang maksimal.

Aliran bensin yang mengalir menuju karburator tidak mengalir lancar. Untuk memperbaikinya kamu bisa membawa ke bengkel terdekat.

5.Engine mounting

Saat mobil distarter tidak nyala tetapi mengeluarkan suara yang terdengar seperti bunyi tek tek tek, kamu juga perlu memeriksa engine mounting

Engine mounting yang berperan sebagai dudukan mesin harus berada pada posisi yang stabil di dalam ruang mesin.

Tugas dari engine mounting ini adalah untuk meredam getaran mesin agar pengemudi dan penumpang tetap nyaman selama perjalanan. 

Engine mounting terbuat dari logam dan karet ini bisa mengalami kerusakan seperti karet peredamnya yang sobek sehingga mesin mobil mengeluarkan suara tertentu. 

Solusi terbaiknya adalah dengan mengganti karet yang lama dengan karet yang baru.

6. Stabilitas kerja CDI

CDI adalah komponen yang mengatur sistem proses pengapian yang terjadi di dalam putaran mesin. 

Tak heran bila kehadiran CDI ini sangat penting untuk kendaraan, khususnya mobil. Apabila terjadi gangguan stabilitas kerja pada CDI maka tak heran saat mobil distarter tidak bunyi sama sekali.

Solusinya adalah dengan membawa mobil kesayangan kamu ke bengkel khusus untuk memperbaiki CDI mobil.

7. Karbon brush pada dinamo starter

Dari semua permasalahan, ternyata penyebab umum mobil distarter tidak hidup adalah karena karbon brush dinamo starternya habis. 

Saat karbon brush habis maka gulungan pull-in coil yang terletak di switch starter tidak terhubung sehingga switch starter tidak bekerja sekalipun aliran listrik mengalir menuju soket starter.

Tips merawat mobil yang distarter tidak mau nyala

Tak perlu bingung bagaimana cara terbaik untuk merawat mobil yang distarter tidak bunyi sama sekali. 

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat mobil yang distarter tidak mau nyala tersebut.

1. Cek fuel pump

Fuel pump sebagai perantara untuk mengalirkan bahan bakar mobil sering kali mengalami gangguan. 

Kamu bisa memeriksanya dari MID atau multi information display yang tersedia di layar mobil di dalam dashboard. 

Akan ada informasi terkait kondisi fuel pump melalui check engine speedometer. Akan terlihat apakah fuel pump dalam kondisi normal atau sebaliknya.

2. Rutin membersihkan karburator

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pengendapan dan penumpukan kotoran yang terjadi di dalam karburator akan menyebabkan aliran bahan bakar akan terhambat sehingga mobil distarter tidak hidup. 

Kamu bisa membawanya ke bengkel atau membersihkan kotoran tersebut menggunakan cairan pembersih khusus karburator.

3. Melakukan perawatan pada busi mobil

Rutin melakukan perawatan pada busi mobil juga penting. Jika busi hanya kotor maka kamu bisa membersihkannya menggunakan cairan pembersih khusus dan kain pembersih untuk menggosoknya. 

Akan tetapi, bila kotorannya sudah mengendap terlalu lama sebaiknya mengganti busi lama dengan busi baru adalah pilihan yang tepat.

4. Rutin memantau kondisi aki mobil

Ada banyak masalah kendaraan yang bersumber dari kerusakan aki mobil. Solusi terbaiknya adalah rutin melakukan pemantauan kondisi aki mobil dan melakukan perawatan aki mobil dengan membersihkan kotoran yang ada dengan cara melepas kutub positif aki mobil.

Selanjutnya adalah kamu bisa mengecek indikator panel instrumen untuk memastikan apakah aki mobil menyala dengan baik atau sebaliknya.

Lakukan pengecekan rutin apakah aki mobil kekurangan air atau tidak. Sebab, saat aki mobil kekurangan air maka performa aki mobil menjadi kurang maksimal. 

Cek juga tegangan listrik pada aki mobil secara rutin agar tidak mogok saat kamu berkendara.

Pada situasi tertentu, mungkin saja kamu diharuskan untuk mengganti aki mobil yang lama dengan aki mobil yang baru.

5. Rutin memantau suhu koil

Pasalnya, bila suhu pada koil mobil terlalu tinggi maka mungkin saja saat mobil distarter tidak bunyi sama sekali. 

Namun, bila mobil distarter bisa nyala tetapi mobil tidak bergerak sama sekali maka koil tersebut perlu diganti dengan yang baru.

Pentingnya asuransi mobil terbaik

Ada banyak kerusakan yang mungkin terjadi bila kamu tidak rajin merawat mobilmu. Mengingat biaya ganti oli mobil yang tidak murah, sebaiknya ringankan beban finansial kamu dengan memiliki asuransi mobil terbaik.

Sekalipun beban biaya perawatan rutin tersebut tidak tercover asuransi, akan tetapi dengan memiliki asuransi mobil kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya apabila mobil mengalami kerusakan atau hilang. Jadi, beban finansial kamu lebih ringan.

Beli asuransi mobil di Lifepal bisa mendapatkan diskon hingga 25% dan cashback 10%. Cek besaran premi asuransi mobil kamu di sini. 

Tips dari Lifepal! Setelah kamu memutuskan untuk membeli mobil, kamu sebaiknya rutin merawat mobil kamu.

Tak hanya mengecek mesinnya saja, tetapi juga cek komponen mobil lainnya, apakah masih berfungsi dengan normal atau tidak. 

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya mobil distarter tidak bunyi. Agar finansial kamu aman dari mahalnya biaya perbaikan mobil, sebaiknya miliki asuransi mobil, ya. 

FAQ seputar mobil distarter tidak bunyi sama sekali

Kenapa mobil distarter tidak mau nyala?

Penyebab mobil distarter tidak mau nyala bisa karena ada kerusakan pada sistem kelistrikan atau pada komponen mesin mobil.

Penyebab lainnya juga mungkin disebabkan karena ada gangguan pada komponen seperti, pedal kopling, aki, dinamo starter, dinamo ampere, kunci kontak, kabel sekring, dan Immobilizer.

Apakah asuransi mobil penting?

Penting. Mengingat biaya ganti oli mobil yang tidak murah, sebaiknya ringankan beban finansial kamu dengan memiliki asuransi mobil terbaik.

Sekalipun beban biaya perawatan rutin tersebut tidak tercover asuransi, akan tetapi dengan memiliki asuransi mobil kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya apabila mobil mengalami kerusakan atau hilang. Jadi, beban finansial kamu lebih ringan.

Penyebab mobil distarter tidak mau nyala bisa karena ada kerusakan pada sistem kelistrikan atau pada komponen mesin mobil.

Penyebab lainnya juga mungkin disebabkan karena ada gangguan pada komponen seperti, pedal kopling, aki, dinamo starter, dinamo ampere, kunci kontak, kabel sekring, dan Immobilizer.

Penting. Mengingat biaya ganti oli mobil yang tidak murah, sebaiknya ringankan beban finansial kamu dengan memiliki asuransi mobil terbaik.

Sekalipun beban biaya perawatan rutin tersebut tidak tercover asuransi, akan tetapi dengan memiliki asuransi mobil kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya apabila mobil mengalami kerusakan atau hilang. Jadi, beban finansial kamu lebih ringan.