Tak Satupun Bermerek Toyota, Ini 3 Mobil di Garasi Ganjar Pranowo

ganjar pranowo

ganjar pranowo

Nama Ganjar Pranowo pasti gak asing lagi di telinga kita. Wajar, dia adalah Gubernur Jawa Tengah yang belakangan ini pemberitaannya sering muncul di media terkait serba-serbi pemilu.

Alumni dari Universitas Gadjah Mada ini sempat bekerja sebagai salah satu staf HRD di salah satu perusahaan di Jakarta. Namun, kader PDIP ini tampaknya memang punya passion kuat di dunia politik. Singkat cerita, dia pun berhasil jadi anggota DPR pada tahun 2004. Berawal dari situlah, karier politiknya makin lancar hingga dia berhasil jadi gubernur.

Bicara soal tunggangan, pria yang hartanya berjumlah Rp 3 miliaran pada tahun 2014 ini memiliki tiga mobil. Dua di antaranya adalah mobil mewah.

Uniknya, sama sekali gak ada mobil Toyota di garasi Ganjar. Mungkin dia memang gak terlalu suka sama brand otomotif terlaris di Indonesia yang perawatannya mudah dan murah ini.

Penasaran sama koleksi mobil Ganjar Pranowo? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Penuh Mobil dan Motor Mewah, Ini Rumah Anggota DPR dari Tanjung Priok

1. Nissan Grand Livina 2009

ganjar pranowo
Nissan Grand Livina tahun 2009. (Motor Trader)

Mobil tipe multi purpose vehicle alias MPV keluaran Nissan ini pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2007. Livina sejatinya adalah produk yang dipersiapkan Nissan buat menandingi Avanza dan Xenia.

Akan tetapi, versi terbaru Livina justru bodinya mirip dengan Mitsubishi Xpander. Pokoknya benar-benar lain dari bentuk awalnya yaitu station wagon.

Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 1.498 cc. Total tenaga maksimumnya adalah 107 Hp dan torsi maksimum di 143 Nm.

Bisa dibilang mobil ini termasuk mobil keluarga yang laris pada masanya lho. Bisa jadi dengan baju barunya, Livina bakal lebih laris lagi.

Baca juga: Mewah Tapi Jadul! Ini 7 Mobil Milik Prabowo

2. Mitsubishi Pajero Sport 2010

ganjar pranowo
Mitsubishi Pajero. (Carlist.my)

Wah ternyata pak Ganjar Pranowo juga punya mobil SUV Mitsubishi Pajero lho. Mobil ini bisa dibilang mewah, dan termasuk salah satu SUV terlaris di Indonesia.

Mobil SUV ini menggendong mesin Pajero Sport lawas yang berkode 4D56 dan berkapasitas 2.500 cc. Meskipun mesinnya adalah diesel commonrail, tampaknya sah-sah aja kok bagi mobil ini buat menenggak BBM Pertamina Dexlite alias Pertalite-nya Diesel.

Penggunaan Dexlite masih bisa ditoleransi, namun tenaga dan performa mobil ini bakal sedikit berkurang dibanding pakai bensin yang memang dianjurkan pabrikan.

Konsumsi bensinnya sendiri kurang lebih 12,6 kilometer per 1 liter. Tapi, dengan catatan kondisi jalannya gak macet yah.

Baca juga: Mewah dan Gak Mempan Peluru, Ini 4 Mobil Mewah Para Presiden RI

3. Nissan Teana

ganjar pranowo
Nissan Teana. (Wikimedia Commons)

Nissan Teana merupakan mobil sedan kompetitor Honda Accord dan Toyota Camry. Mobil ini cukup oke dan punya kelebihan yang menonjol ketimbang dua kompetitornya.

Yang jelas nih, Nissan Teana kabinnya memang lebih lega, kedap suara, serta mewah. Mobil ini juga punya suspensi soft.

Soal tenaga, Teana menggunakan mesin V6 lho. Suaranya khas banget dan bikin kamu ketagihan nyetir. Udah gitu, walaupun dipacu 200 km per jam, setirnya tetap stabil.

Sayangnya, perawatan mobil ini tergolong agak ribet. Resale value-nya juga rendah banget berhubung peminatnya gak banyak.

Hal itu disebabkan karena sparepartnya yang cukup mahal dan ketersediaannya juga terbatas.

Itulah tiga mobil yang ada di garasi pak Ganjar Pranowo. Kalau menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang di-submit ke situs acch.kpk.go.id di tahun 2014, total nilai tiga mobil itu kurang lebih Rp 842 jutaan.

Tahun ini sudah pasti valuasinya memang turun. Tapi bisa jadi, ada mobil yang dijual dan diganti yang baru. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis