Cara Jual Mobil yang Masih Kredit Beserta Syaratnya

Cara menjual mobil kredit yang aman (Shutterstock).

Kamu memiliki mobil kredit tapi sudah ingin ganti yang baru? Atau mendadak tak sanggup lagi membayarnya, bisa dijual kok. Apalagi saat ini telah banyak perusahaan pembiayaan atau leasing yang dapat membantu calon konsumen untuk mendapatkan mobil impian dengan sistem kredit.

Biasanya besaran uang muka dan tenor atau jangka waktu pembayaran sudah ditetapkan oleh leasing. Tinggal calon konsumen yang menentukan. Semakin pendek tenor maka cicilan perbulannya lebih besar begitu juga sebaliknya.

Nah, di sinilah kamu berperan sebagai orang yang ingin menyediakan mobil bekas tersebut. Jika kamu saat ingin ingin jual jual mobil kredit yang belum lunas, yuk simak syarat dan caranya berikut ini. 

Syarat jual mobil yang masih kredit

Sebelum memutuskan menjual mobil kamu yang masih kredit, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bahwa ada beberapa persyaratan yang harus dijalani oleh konsumen. Bila ingin menjual mobilnya ke pedagang mobil bekas, minimal pembayaran cicilan mobil sudah berjalan enam bulan.

Kemudian, hubungi leasing dan ikuti prosedur yang sudah ditetapkan. Jangan sesekali melakukan over kredit kepada orang lain secara diam-diam tanpa sepengetahuan leasing, karena bisa merugikan dirimu sendiri.

Biasanya fenomena konsumen yang menunggak pembayaran cicilan terjadi usai lebaran. Sebab ada banyak keperluan yang harus dibayarkan terlebih dahulu. 

Cara menjual mobil kredit

Memutuskan untuk jual mobil yang masih kredit juga gak bisa sembarangan, ya. Ada perjanjian antara kamu dan pihak leasing. Agar ke depannya gak ada hal-hal yang merugikan.  

Nah, berikut ini tiga cara menjual mobil yang masih kredit yang aman: 

1. Over kredit

Over kredit mobil adalah proses pengalihan kredit dari pihak debitur lama ke pihak debitur baru. Cara ini lumayan menguntungkan bagi kamu yang memang ingin membeli mobil baru atau terpaksa menjualnya karena alasan lain.  

Hal ini dilakukan dengan mengalihkan status kepemilikan kredit dari pihak pertama kepada pihak kedua.

Sebagai gantinya, pihak pertama akan mendapatkan sejumlah uang sebagai kompensasi tertentu. Kompensasi ini dapat berupa uang tunai yang dianggap sebagai pengganti atas down payment (DP) yang telah dikeluarkan dan sejumlah angsuran yang telah dibayarkan sebelumnya.

Selanjutnya, pihak kedua yang akan melanjutkan pelunasan sisa cicilan. Singkatnya dalam proses over kredit, pembeli akan mengambil alih sisa utang ataupun kredit (take over kredit) dari pemilik pertama.

Pemilik pertama tidak memiliki kewajiban lagi untuk membayar cicilan karena sudah dialihkan kepada pihak pembeli.

 

2. Refinancing

Refinancing adalah pendanaan ulang utang dengan menutupi pinjaman yang dimiliki dengan pinjaman lain. Pinjaman ulang ini dapat dilakukan dengan lembaga pemberi pinjaman yang saat ini sedang berjalan atau dengan lembaga pemberi pinjaman yang lain.

Cara Jual Mobil yang Masih Kredit Beserta Syaratnya
Cara Jual Mobil yang Masih Kredit Beserta Syaratnya

Intinya, dengan ini kamu bisa mengalihkan cicilan ke leasing lain. Jadi, cicilan yang tersisa di leasing saat ini akan dilunasi oleh leasing pengganti, dan selanjutnya proses cicilan akan dibayarkan ke leasing pengganti.

3. Jual putus

Cara jual putus dilakukan kalau kamu tak berminat membeli kendaraan baru. Sebagai pemilik mobil, kamu bisa menanyakan sisa angsuran kepada pihak leasing. Kemudian, tanyakan juga berapa jumlah total yang harus dibayar jika ingin melakukan pelunasan dipercepat. 

Umumnya ada biaya penalti pihak leasing sekian persen dari sisa angsuran untuk pelunasan dipercepat. Minta kepada leasing bahwa kamu ingin menjual mobil tersebut kepada pihak. Tujuannya agar dokumen yang dijadikan jaminan bisa disiapkan.

Lalu, kamu bisa mencari calon pembeli yang berminat membeli mobilnya bisa melalui bantuan leasing, bisa juga dengan mempromosikannya di situs jual beli mobil. Setelah mendapatkan pembeli, kamu bisa membagi dua uang dari jual mobil masih kredit itu kepada pihak leasing. 

Berikan kepada pihak leasing sesuai dengan total biaya yang sebelumnya sudah ditanyakan. Lalu sisanya untuk kamu. Setelah urusan jual beli selesai, ajak pembeli mendatangi pihak leasing untuk melunasi total sisa cicilan sekaligus mengurus proses pengambilan BPKB.

Meskipun harga yang kamu peroleh biasanya lebih kecil tetapi cara ini lebih menghemat waktu dan lebih cepat cari calon pembeli yang akan membayar secara tunai. 

Mobil seperti apakah yang cocok untuk dibeli? Cari tahu dalam kuis berikut

Memilih mobil yang harus dibeli bukan perkara mudah. Perlu diketahui membeli mobil dengan cara kredit bukan tanpa risiko. Calon konsumen harus rutin membayar cicilan tiap bulannya sampai masa kontrak selesai. 

Bila tidak maka calon konsumen akan mendapatkan teguran dari leasing dan efek terburuknya mobil ditarik. Sebenarnya ada satu solusi untuk menghindari mobil ditarik oleh pihak leasing yaitu dengan menjualnya ke pedagang mobil bekas.

Nah, kalau kamu yakin dengan satu pilihan, cari tahu mobil yang tepat dengan mengikuti kuis di bawah ini. 

Setelah memiliki mobil baik dibeli secara kredit maupun bekas, pastikan sudah melindunginya dengan asuransi mobil. Hitung juga berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%! 

Nah itu tadi cara supaya kamu bisa menjual mobil kredit dengan aman dan nyaman. Gak ada salahnya kok mengupgrade kendaraan ke lebih baik jika ada uang. Tapi kalau dirasa menjual mobil yang masih dalam status kredit karena gak sanggup lagi membayar ya gak masalah. Semoga saja ke depan kamu sudah bisa membeli kendaraan baru. Jangan bersedih!

FAQ