Geliat Mobil Listrik Mercedes Benz di Masa Depan

mobil listrik mercedes

Mobil listrik Mercedes tidak banyak dikenal orang. Produsen mobil mewah asal Jerman ini memang sepertinya tidak banyak menciptakan mobil listrik Mercedes.

Namun meski begitu namun mobil listrik Mercedes sudah pernah diciptakan dan mengaspal di jalanan.

Namun meski begitu, mobil listrik Mercedes sudah pasti memiliki kualitas yang baik. Sama seperti mobil Mercedes lainnya, mobil listrik Mercedes juga dibuat dengan kualitas terbaik dan juga mewah.

Lalu bagaimanakah kiprah mobil listrik Mercedes di industri otomotif saat ini?

Sejarah mobil listrik Mercedes-Benz

Gagasan membuat mobil listrik Mercedes sebenarnya sudah ada sejak tahun 1990. Namun saat itu, mobil listrik Mercedes Benz masih biasa saja.

Bukanlah tipe mobil listrik yang mewah dan canggih, Mercedes Benz menyebut mobil listriknya masih mentah.

Saat itu, mobil listrik Mercedes Benz diberi nama 190E. Mobil listrik Mercedes ini menggunakan energi yang tinggi.

Sumber kekuatannya dari baterai berbahaya yang menggunakan natrium-nikel klorida atau natrium belerang, yang mendapatkan energinya termasuk dari stasiun pengisian ulang bertenaga surya.

Tentu saja, tenaga mobil listrik Mercedes tidak bisa tentu saja tidak besar. Mobil listrik Mercedes 190E hanya memiliki daya 44 tenaga kuda dengan pengereman regenerative.

Kemudian juga ditambah dua motor DC magnet permanen yang dipasang pada masing-masing roda belakang.

Sayangnya mobil listrik Mercedes keluaran pertama ini mulai meredup di tengah proyek-proyek lain selama beberapa dekade.

Dalam perkembangannya mobil listrik Mercedes ini menggunakan hidrogen lho.

Padahal jika benar-benar dikembangkan dengan baik, maka mobil listrik Mercedes Benz bakal jadi pioner mobil listrik di dunia. Dan Mercedes Benz jadi produsen otomotif pertama yang membesut mobil listrik.

Kegagalan Mercedes dalam menjaga tren mobil listriknya ini, menurut pihaknya karena mereka mengalami keterbatasan umur layanan baterai, jangkauan, daur ulang, pengisian infrastruktur dan harga kendaraan.

Sehingga E-Mobility sudah berkembang pada masa itu.

Mercedes-Benz EQC

EQC merupakan mobil listrik Mercedes-Benz yang tampil dengan sangat mewah pada 2019 lalu.

Pabrikan Mercedes Benz pertama kalinya menggunakan merk EQ pada mobil yang dari proporsi ototnya, digolongkan sebagai crossover SUV. EQ sendiri merupakan singkatan dari Electric Intelligence.

Mobil listrik Mercedes ini memiliki garis atap dan tata letak jendela yang diperluas dengan pinggang rendah serta reses seperti atap coupe.

Pada produk mobil EQ pertama Mercedes ini, mewujudkan idiom desain progressive luxury baik dari eksterior maupun interior.

EQC memang tidak berpenampilan seperti mobil listrik namun lebih seperti SUV mewah milik Mercedes saja.

Kabinnya pun menampilkan sisi minimalis namun tetap elegan. Sehingga baik interiornya pun tidak memperlihatkan EQC sebagai mobil listrik Mercedes Benz.

Namun di sektor interior, sudah dipenuhi dengan beragam penunjang hiburan yang canggih. Ada layar sentuh MBUX yang menjadi pusat komando dari hiburan dan informasi EQC. Lalu juga ada sistem navigasi dan perintah suara.

Dari segi fitur safety, EQC dijejali sistem aktif dan pasif yang lengkap. Paket Mercedes-Benz Driving Assistance, dilengkapi fitur baru nan canggih, meningkatkan keselamatan sekaligus pengalaman berkendara.

Pada tubuh EQC, ditanam dua motor listrik di as roda depan dan belakang dengan output gabungan 300 kW. Berkat strategi operasi yang cerdik, EQC memiliki jangkauan awal 450 kilometer (279 mil) menurut siklus Eropa NEDC.

EQ juga menawarkan layanan komprehensif dengan My Mercedes, dan membuat mobil listrik menjadi nyaman dan cocok untuk kendaraan sehari-hari.

Mobil Listrik Mercedes-Benz EQC memiliki catatan konsumsi daya gabungan: 22,2 kWh/100 km; emisi CO2 gabungan: 0 g / km, perincian sementara) melambangkan awal dari era mobilitas baru di dunia mobil listrik.

Mobil listrik Mercedes Benz, EQC ini juga tersedia yang varian off road dan memiliki penggerak ban 4×4.

Mercedes Benz memang tak main-main dalam membangun EQC, mobil listrik Mercedes Benz ini bermain di segmen crossover SUV listrik yang sudah didiami Tesla Model X dan Jaguar I-Pace.

Di pasar Inggris, EQC memiliki harga jual sebesar dari £65.720 hingga £74.610 atau setara Rp 1,24 miliar hingga Rp 1,41 miliar.

Mercedes-Benz EQV

Mobil listrik Mercedes Benz kali ini diberi nama EQV. V dari EQV merupakan singkatan dari Van, yang artinya mobil listrik Mercedes ini merupakan jenis mobil Van.

EQV nampak seperti Van bongsor bertenaga listrik, dan memiliki kapasitas yang gede, yaitu hingga 8.

Meski menjadi mobil berpenumpang banyak, EQV tetap menampilan nuansa mewah dan elegan.

EQV, tak hanya bisa digunakan untuk sektor fleet, namun juga keluarga. Joknya yang banyak bisa kalian variasikan, untuk membawa banyak orang atau mau difokuskan untuk mengangkut barang saja.

Mobil listrik Mercedes ini juga ditawarkan dalam versi. Pertama adalah versi standar yang memiliki dimensi panjang 5.140 mm dengan wheelbase 3.200 mm. Model dasar ini memiliki kapasitas bagasi 1.030 liter.

Sedangkan varian yang kedua adalah versi Avantgarde yang dimesinya lebih panjang yaitu 5.370 mm dengan jarak sumbu roda 3.200 mm. Sehingga jenis ini jadi EQV dengan ruang kabin jadi lebih lapang dan kargonya mencapai 1.410 liter.

Pada jantung mekanis, EQV mengandalkan motor elektrik untuk memutar roda depan. Mesin ini menghasilkan daya 150 kW atau 206,8 PS. Torsi tertinggi 362 Nm. Ada dua batasan kecepatan puncaknya, 140 kpj dan 160 kpj.

Lalu untuk suplai energi listrik berasal dari baterai berkapasitas 100 kWh, tapi Mercedes-Benz membatasi nilai penggunaan di 90 kWh.

Selain menyuguhkan performa mumpuni untuk membawa banyak orang atau barang, efisiensinya tetap terjaga. Sumber daya elektriknya membuat mobil mampu menempuh 418 km, sesuai standar WLTP Eropa.

Untuk pengisian daya, EQV bisa menggunakan charger 11 kW yang disediakan di dalam unit. Dengan charger bawaan ini, kalian bisa mengisi penuh baterai selama 10 jam.

Namun juga ada versi fast-charging dengan koneksi DC hingga 110 kW dan dapat mencapai full tenaga kurang dari 45 menit dari posisi indikator 10% sampai 80%.

Tidak seperti kebanyakan mobil Van yang sepi hiburan. Pada mobil listrik Mercedes ini ada layar sentuh head unit 10,25 inci untuk hiburan dalam kabin. Layar sentuh ini disokong sistem infotainment MBUX yang dilengkapi fungsi perintah suara self-learning.

Lalu pada fitur keamanan, EQV dilengkapi asisten pintar, seperti lane change assistant, blind spot control, active braking assistant dan Presafe.

Kenyamanan juga disokong jok yang memiliki pemanas. Efisiensi disokong asisten ECO. Sistem secara otomatis memproses banyak data, mulai dari navigasi sampai kondisi lalu lintas.

Mobil listrik Mercedes Benz 2020

Di masa pandemi global Covid-19 2020 lalu hampir semua hal terkena imbasnya terlebih pada bisnis otomotif. Namun tidak berlaku pada industri mobil listrik Mercedes Benz yang malah berlipat ganda.

Ya. Pabrikan mobil asal Jerman ini tercatat mampu melipatgandakan penjualan mobil listrik penuh dan hybrid.

Total sebanyak 160.000 unit mobil listrik Mercedes berhasil terjual sepanjang 2020. Dari total tersebut, sebanyak 87.000 unit atau setengahnya terjual pada kuartal keempat.

Tidak sampai situ Mercedes Benz juga menikmati pertumbuhan 228,8 persen dibanding 2019, yang sekaligus memenuhi target CO2 Eropa untuk mobil penumpang pada 2020.

Mobil listrik Mercedes, pangsa pasarnya meningkat dari 2 persen pada pada 2019 menjadi 7,4 persen pada 2020. Penjualan model plug-in hybrid bahkan hampir empat kali lipat sehingga menjadi lebih dari 115.000 unit.

Artinya, sekitar 20.000 EQC (konsumsi listrik gabungan: 21,5 kWh/100 km, emisi CO2 gabungan: 0 g/km) telah diserahkan kepada pelanggan di seluruh dunia.

EQV dijual di Inggris mulai dari £70.665 hingga £77.145 atau setara atau setara Rp 1,3 miliar hingga Rp 1,45 miliar.

6 Mobil Listrik Mercedes-Benz di 2022

Setelah memproduksi dua mobil listrik Mercedes yaitu EQC dan EQV dengan tanggapan pasar yang baik dan penjualannya sangat laris bahkan di masa pandemi. Mercedes Benz jadi semakin paling getol lagi membuat mobil listrik sendiri.

Untuk itu, Mercedes Benz sudah merencanakan enam kontestan baru sebagai perwakilan model EQ. Kabarnya, keenam model EQ generasi teranyar siap dirilis dalam dua tahun ini, berikut daftarnya.

EQS Sedan

Mobil listrik Mercedes Benz pertama yang dikabarkan akan lahir adalah jenis EQS. Mobil listrik ini lahir di fasilitas Sindelfingen, Jerman, dan sontak menjadi model EQ generasi teranyar pertama dari Mercedes-Benz.

Sebagai mobil listrik mewah, EQS digadang menjadi flagship jajaran  mobil elektrik. EQS disebut menawarkan akomodasi dan kemewahan tingkat tinggi berkat struktur lantai rata dan paket baterainya. Desainnya juga dipastikan unik, tidak membawa guratan dari S-Class biasa.

Mobil listrik EQS memanfaatkan komposisi dual-motor dan diekspektasikan mengimbangi kemampuan versi konsep EQS 550 4Matic. Minimal melontarkan tenaga 470 hp dibarengi torsi 759 Nm.

Diestimasikan pula sanggup menempuh jarak hingga 700 km, menjadi salah satu EV dengan kemampuan perjalanan jarak jauh. Konon itu bukan versi terkuat, masih ada versi AMG nantinya.

EQA

Mobil listrik Mercedes lainnya adalah EQA yang merupakan crossover listrik setara GLA. Mobil ini tadinya mau diluncurkan pada kuartal ketiga 2020 dan mau langsung dijual pada akhir tahun.

Sayangnya, muncul berbagai interupsi dan tantangan dari kegiatan produksi EV, supply baterai, hingga pandemi membuat momen peluncuran harus ditunda.

EQA dibuat di Pabrik Rastatt di Jerman dan fasilitas Beijing ditetapkan sebagai rumah bersalin sang crossover kompak bertenaga setrum.

Konsep awal EQA ini mengindikasikan potensi memacu 268 hp dengan jarak tempuh hingga 400 km.

Meski realisasi purwarupa hatchback digeser menjadi crossover, diharapkan angka tadi tertulis di daftar spesifikasi model produksi – mungkin di strata tertinggi.

EQB

Mobil listrik memang tengah berkembang, terlebih di masa yang semua serba digital ini Virus EV di kelas kendaraan kompak turut menular ke platform GLB.

Kalau sudah paham membaca polanya, pasti tahu diberi nama apa. Yep, EQB, meramaikan proyek transisi besar-besaran ke produk elektris demi mengurangi emisi gas buang.

Untuk bahan baku, EQB masih jadi pusat produksinya ditetapkan berasal dari fasilitas Hungaria dan Beijing. Namun hingga kini EQB masih menjadi rancangan awal Mercedes dan belum bisa diinfokan kembali mengenai spesifikasinya.

Namun rumor di dunia otomotif menjelaskan bahwa EQA mungkin kebagian output 268 hp dan klaim tempuhan 400 km. Kemudian rumor lain juga mengatakan bahwa EQB menggendong baterai 60 kWh untuk tempuhan sekitar 499 km

EQE

Mobil listrik EQE Mercedes Benz akan dikabarkan akan mengaspal pada 2022. EQE adalah mobil garapan Mercedes yang sudah full listrik. Tampilannya mrip dengan EQS hanya saja EQE lebih kompak.

Desainnya futuristic, di bagian depan hadir tanpa grill, bodi yang serba membulat dan juga lampu belakang yang menyambung dari kiri ke bagian kanan.

Kemudian di sisi interior EQE hadir dengan desain dengan perpaduan futuristik-klasik. Layar MBUX-nya berukuran besar, instrument cluster digital dan juga setir desain baru.

EQE sudah mulai diperkenalkan yang varia 350 terlebih dahulu. Tipe ini dibekali dengan motor listrik dengan daya sebesar 290 hp.

Mercedes-Benz mengklaim bahwa mobil listrik ini memiliki jarak tempuh sejauh 600 km dengan baterai berkapasitas 90 kWh.

Sehingga pihak Mercedes mengklaim bahwa EQE kini merupakan mobil listrik yang memiliki jarak tempuh cukup jauh di kelasnya. Dikabarkan, nanti segmentasi EQE aka nada di bawah EQS, namun masih akan lebih mahal dibandingkan EQA dan EQB.

EQS 2022

Ingin menggapai milestone yang sama dengan Tesla Model S yang merupakan mobil listrik penuh gaya dan diminati.

Maka Mercedes Benz pun tak mau kalah, 9 tahun setelahnya mulai ranah EV mewah lewat dan meluncurkan mobil listrik Mercedes Benz Bernama EQS SUV pada 2022.

Mobil listrik dengan tampilan futuristic ini menawarkan perkiraan jarak tempuh 770 kilometer (478 mil) standar WLTP.

Jarak itu mengalahkan setiap kendaraan listrik lain yang saat ini dijual di Amerika Serikat. Tapi seperti Mercedes lainnya, EQS tidak hanya unggul dalam satu metrik.

Fitur MBUX Hyperscreen yang baru juga tersedia. Dasbor kaca besarnya menggabungkan tiga tampilan informasi individual: kluster instrumen, pusat infotainment tengah, dan layar sentuh tambahan di sisi penumpang.

EQS 2022 juga disediakan dalam 2 trim, dan keduanya menerima energi baterai lithium ion 108,7 kilowatt-jam.

EQS memiliki model dasar EQS 450+, yang dilengkapi motor listrik tunggal di poros belakang dengan total 329 tenaga kuda dan torsi 406 pound-feet (245 kilowatt dan 550 newton-meter).

Sedangkan model EQS 580 4MATIC, seperti namanya, adalah penggerak semua roda berkat motor listrik depan. Total output sistemnya adalah 516 hp dan 611 lb-ft (385 kW dan 828 Nm), bagus untuk sprint 4,1 detik untuk akselerasi 0-60 mil (0-96 km) per jam.

Hebatnya, mobil listrik Mercedes ini kelak bisa menambah daya ulang 10 hingga 80 persen dalam 35 menit melalui pengisian cepat 110-kW DC.

Untuk desain, Mercedes memang membuat EQS beda, dia diberikan kebebasan dari kendala mesin tradisional yang dipasang di depan.

Para perancang menurunkan kap mesin dan kaca depan ke depan untuk EQS 2022. Sementara, garis atap yang melengkung dengan jendela seperempat belakang mencontek langsung dari Mercedes GLE Coupe.

Lalu pada kap mesin clamshell membungkus hingga ke roda, sementara tonjolan bahu yang membentang di sepanjang sedan membantu menjaga body agar tidak terlihat miring.

EQS juga memiliki tiga aksen LED kecil di setiap lampu depan menampilkan kendaraan keluarga S Mercedes lainnya (sedan S-Class dan SUV GLS).

Sementara, setrip LED lebar penuh di tepi depan kap mesin menghubungkan lampu depan. Lalu pada lampu belakang juga memiliki detail kejutan tersendiri, dengan desain helix yang menurut Mercedes terinspirasi oleh gulungan bola lampu antik.

Pada hiburan, di barisan dashboard ditanam panel kaca lengkung selebar 56 inci yang menampung tiga layar OLED individual. Tepat di depan pengemudi terdapat cluster instrumen digital 12,3 inci.

Kemudian juga ada layar sentuh tengah 17,7 inci menangani sebagian besar tugas infotainment. Penumpang juga mendapatkan layar sentuh 12,3 inci sendiri.

Mercedes akan menawarkan layar sentuh tengah tunggal 12,8 inci yang lebih konvensional pada EQS 450, dipasangkan dengan kluster instrumen digital standar 12,3 inci.

Sepertinya interior EQS bisa masuk hiburan terlengkap dalam mobil karena kabin cukup luas. Disematkan juga konsol tengah bergaya bridge dengan penyimpanan di dalam dan di bawah.

Pada model yang dilengkapi Hyperscreen, trim kayu membuat tampilan langka pada penutup penyimpanan barang.

Kemudian juga dilapisi oleh kulit cantik, plastik sentuhan lembut, dan bahan suede mikrofiber di tempat lain.

Hyperscreen dan gagang pintu nacelles melapisi permukaan dasbor dan panel pintu, dengan pencahayaan aksen ambien yang muncul di sekeliling tepinya.

Trim logam warna mawar muncul di ventilasi, sekeliling layar, dan panel pintu, sentuhan trendi yang terlihat sangat premium.

Pada jok mobil, EQS memberikan kursi yang canggih dimana sandaran bisa dilipat untuk menampilkan tablet MBUX berukuran 12,3 yang dapat dilepas.

Kemudian kursi juga memiliki teknologi pemanas dan pijat cepat untuk jok belakang. Pada bagian bawah palka belakang bertenaga adalah kompartemen bagasi yang luas, dengan kursi belakang lipat 60/40 yang memperluas kapasitas lebih jauh.

Lalu pada sisi teknologi, EQS dibuat seperti S-Class baru. Mulai dari MBUX Augmented Reality Navigation jadi standar, menghamparkan petunjuk arah mengemudi pada video, jalan di depan di tampilan tengah.

Lalu juga ada tampilan head-up AR opsional, di mana petunjuk navigasi diproyeksikan ke kaca depan ke bidang pandang pengemudi.

Kemudian ada kontrol jelajah adaptif Distronik, bantuan kemudi dengan perubahan jalur otomatis, dan pengereman darurat otomatis untuk benturan maju, belakang, dan lalu lintas.

Dan jika terjadi tabrakan, teknologi Pre-Safe Impulse Side mendongkrak EQS sekitar 2,8 inci, memastikan lebih banyak gaya didistribusikan melalui rangka mobil daripada ke kabin penumpang.

Serunya, EQS memiliki teknologi Power Nap, yang ketika diaktifkan kursi depan akan merebah, jendela akan menutup lalu memutar suara yang menenangkan untuk meredam gangguan di luar.

Di waktu yang sudah ditentukan, fitur Power Nap dengan lembut membangunkan penumpang dengan mengaktifkan pencahayaan sekitar dan mengembalikan kursi ke posisi tegak.

Tips dari Lifepal! Mobil listrik Mercedes tidak banyak dikenal orang. Produsen mobil mewah asal Jerman ini memang tidak banyak menciptakan mobil listrik.

Namun meski begitu, mobil listrik Mercedes sudah pasti memiliki kualitas yang baik. Sama seperti mobil Mercedes lainnya, mobil listrik Mercedes juga dibuat dengan kualitas terbaik dan juga mewah.

Sama seperti mobil biasa, mobil listrik Mercedes juga perlu perlindungan 24 jam dengan asuransi mobil Mercedes-Benz.

Pentingnya punya asuransi mobil listrik Mercedes

Untuk meminimalisir pengeluaran karena biaya perbaikan mobil yang murah, segera aktifkan asuransi mobil.

Asuransi mobil akan melindungi finansial kamu dari tagihan bengkel yang mahal. Kamu tidak perlu khawatir lagi karena pihak asuransi akan mengcover biaya perbaikan mobil kesayanganmu hingga 100%.

Yuk, cek produk asuransi mobil terbaik di Lifepal! Kalau kamu masih bingung, kamu bisa langsung tanyakan pada ahlinya di Tanya Lifepal. 

Lifepal sudah bekerja sama dengan ribuan bengkel mobil yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, kamu tak perlu khawatir dan kamu bisa dengan mudah mendapatkan layanan klaim di bengkel rekanan yang sudah disediakan. 

Jangan lupa juga untuk menghitung besaran premi asuransi mobilmu di sini. 

Cek kuis mobil terbaik

Untuk kamu yang masih galau membeli mobil model apa, kamu bisa loh mengikuti kuis mobil terbaik berikut ini untuk menentukan mobil apa yang memang cocok dengan kepribadianmu. 

Pertanyaan seputar mobil listrik Mercedes 

Mobil listrik pertama Mercedes Benz diberi nama 190E. Sumber kekuatannya dari baterai berbahaya yang menggunakan natrium-nikel klorida atau natrium belerang, yang mendapatkan energinya termasuk dari stasiun pengisian ulang bertenaga surya.

Mercedes-Benz 190E hanya memiliki daya 44 tenaga kuda dengan pengereman regeneratif. Kemudian juga ditambah dua motor DC magnet permanen yang dipasang pada masing-masing roda belakang. Yuk, cek lebih lanjut disini!

Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan sebagainya. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.