5 Mobil Listrik Murah di Indonesia Kurang dari Rp1 Miliar

Tesla Model S - mobil listrik murah

Mobil listrik murah di Indonesia memang saat ini tidak begitu banyak. Padahal, cukup banyak peminatnya di Indonesia sejak kemunculan mobil listrik. 

Saat ini memang ada beragam mobil listrik di Indonesia, baik yang listrik sepenuhnya (full electric) maupun berteknologi hybrid. Namun, harganya masih mahal, rata-rata di atas Rp1 miliar.

Kalau kamu lagi cari mobil listrik murah di Indonesia, berikut ini lima di antaranya yang dijual di bawah Rp1 miliar. 

1. Nissan Kicks e-Power – Rp471 juta

Nissan Kicks e-Power merupakan mobil listrik murah di bawah Rp1 miliar keluaran PT Nissan Motor Indonesia (NMI). 

Mobil listrik berjenis SUV ini diluncurkan pada 2 September 2020 dengan harga on the road Jakarta Rp449 juta.

Soal mesinnya, mobil Nissan ini memiliki dua mesin (hybrid), yaitu mesin bensin HR12DE dengan konfigurasi 3 silinder DOHC, 12 katup CVTV, dan mesin listrik EM57 AC3 synchronous motor

Mesin tersebut ditopang dengan Lithium-ion dan motor listrik bertenaga 129 ps dan torsi 260 Nm.

Bicara fiturnya, Nissan Kicks e-Power dilengkapi dengan fitur seperti rem ABS+EBD+BA, sensor parkir dan kamera Intelligent Around View Monitor (IAVM), intelligence key, dan enam airbags

Tak cuma itu, Nissan Kicks e-Power ini juga sudah dilengkapi lampu LED, baik depan maupun belakang, dengan fitur Auto On-Off dan Follow me home Headlamps.

2. Toyota Corolla Cross Hybrid – Rp510,6 juta

Mobil listrik murah selanjutnya adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. SUV ramah lingkungan ini, lebih efisien bahan bakar dan emisi CO2 lebih rendah dari versi bensin. 

Soal performa, SUV ini dibekali mesin bensin berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i serta motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 71 hp dan torsi 16,6 Kgm. 

Ada banyak fitur canggih yang disematkan, seperti automatic power back door yang dapat membantu pengemudi ataupun penumpang saat membuka pintu belakang tanpa harus menyentuh handle

Tak cuma itu, mobil listrik hybrid ini juga memiliki fitur advanced drive mode yang memungkinkan pengemudi memilih sendiri gaya berkendara apakah itu ECO, sport, atau EV.  

Fitur keselamatan pun sangat lengkap, mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seat belt with pretensioner and force limiter, 7 airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), hingga Emergency Brake Signal (EBS). 

Tak hanya itu, terdapat sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm pada mobil Toyota ini.

3. Hyundai Ioniq – Rp637 juta

Jika Nissan e-Power dan Toyota Corolla Cross merupakan mobil listrik bermesin hybrid, Hyundai Ioniq adalah mobil listrik murni baterai. 

Hyundai mengimpor Hyundai Ioniq dari Korea Selatan untuk kebutuhan taksi online Grab tahun 2020 lalu.

Dibandrol dengan harga Rp600 jutaan, menjadikan mobil Hyundai Ioniq sebagai mobil listrik murni baterai termurah di Indonesia. 

Ioniq menampilkan kesan modern baik dari eksterior ataupun interiornya. Soal mesin, Hyundai Ioniq dibekali motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok baterai lithium ion 38,3 kWh dengan jarak tempuh mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. 

Adapun untuk pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit untuk pengisian 0-80 persen di stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW (DC).

Hyundai Ioniq dilengkapi fitur lengkap dan canggih, seperti 7 airbags, parking distance warning (PDW), tire pressure monitoring system, dan electric parking brake dengan auto hold

Kamu dapat memilih empat mode berkendara, yaitu eco, sport, normal, dan transmisi single speed reduction gear.

Perbaikan mobil rusak parah cuma dikenakan biaya Rp300 ribu dengan menggunakan benefit asuransi mobil terbaik.

4. Hyundai Kona Electric – Rp697 juta

Hyundai Kona electric adalah mobil listrik berjenis crossover SUV yang resmi hadir di Indonesia pada 6 November 2020.

Mesin listrik pada mobil ini dengan konfigurasi Permanent-magnet synchronous motor (PMSM) mampu mengeluarkan tenaga sebesar 100 kW dan torsi 395 Nm.

Kona Electric ini bisa menempuh jarak mencapai 345 km berdasarkan NEDC dan 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. 

Adapun pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit dengan pengisian cepat (pengisian 0-80 persen @ 100 kW).

Selain itu, Kona Electric ini memiliki konfigurasi transmisi single-speed yang membuat pengalaman berkendara yang smooth dan pemeliharaan yang mudah dibandingkan transmisi manual dan matic.

Fitur-fitur pada mobil Kona Electric sangat lengkap, sepeti Drive Mode Select, Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Tire Pressure Monitoring System, Hill Start Assist (HSA), 6-point air-bag, dan Electronic Parking Brake.

5. Tesla Model S – Rp1 miliar 

Kalau kamu ingin mobil listrik murah asal Amerika Serikat, Tesla Model S ini bisa jadi pilihan.

Tesla Model S sedan listrik pertama yang memiliki desain menawan sekaligus futuristik yang mampu menampung lima penumpang. 

Tesla Model S dipasang baterai 60 kWh dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 334 km.

Sementara 85 kWh mencapai 426 km dan 85 kWh Performance bisa sampai 407 km. 

Kemudian Tesla Model S memiliki tenaga hingga 380 daya kuda. Sedan itu bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 5,9 detik dan mampu menempuh kecepatan tertingginya sampai 193 km/jam.

Tesla mengklaim kecepatannya bisa diadu dengan mobil supercar italia lainnya. 

Lampu utamanya menggunakan LED dengan desain rumah lampu menyipit.

Di bagian belakang, bumper besarnya dilengkapi dengan LED dan aksen krom pada spoilernya.

Mobil Tesla model S ini memiliki filter udara canggih bernama filtrasi HEPA yang menolak bakteri ataupun virus menyusupi interior.

Berkat fitur ini, udara di kabin Tesla Model S bisa sebersih rumah sakit.  

Ini keuntungan punya mobil listrik di Indonesia

Saat ini mobil listrik masih jarang digunakan di Indonesia. Sebab selain harganya yang mahal, masih banyak orang yang belum mau beralih dari mobil berbahan bakar minyak.

Padahal, mobil listrik memiliki keuntungan yang tidak dimiliki mobil berbahan bakar minyak. Berikut ini beberapa keuntungannya.

1. Irit bahan bakar

Berbeda dengan mobil konvensional, mobil listrik nyatanya lebih irit bahan bakar.

Hal ini lantaran mobil listrik menggunakan baterai sebagai daya penggeraknya sehingga dapat diisi ulang.

Berdasarkan penelitian terhadap mobil listrik, untuk mencapai jarak hingga 120 kilometer, diperlukan ongkos sebesar Rp75.000 saja.

Lebih hemat hingga dua kali lipat dibandingkan pengisian bahan bakar minyak. 

2. Ramah lingkungan dan bebas polusi

Ramah lingkungan merupakan alasan paling utama orang-orang memilih mobil listrik ketimbang mobil konvensional. 

Jika mobil konvensional berbahan bakar minyak yang memiliki emisi dapat menimbulkan polusi udara, mobil listrik tidak demikian. 

Mobil listrik merupakan mobil nonemisi sehingga tidak menyebabkan kerusakan lingkungan.

Mesin listrik dalam EV beroperasi pada sirkuit tertutup sehingga mobil listrik tidak memancarkan gas apa pun yang sering dikaitkan dengan pemanasan global. 

3. Punya fitur canggih

Mobil listrik yang beredar saat ini memiliki fitur canggih dan mesin yang lebih bertenaga.

Berkendara menggunakan mobil listrik akan lebih cepat berkat kerja torsi dalam waktu singkat menuju roda mobil.  

Tak hanya itu, mobil listrik juga menyematkan teknologi Intelligent Transport System (ITS), yaitu sistem keamanan mobil yang mana mobil akan segera berhenti sebelum menabrak sesuatu.

Hal ini tentu membuat mobil listrik menjadi satu-satunya mobil dengan sistem keamanan terbaik.

4. Perawatan mudah

Jika mobil konvensional membutuhkan perawatan berkala selama masa pakainya, tapi beda halnya dengan kendaraan listrik. 

Mesin pembakaran tradisional memiliki ratusan komponen bergerak yang berpotensi rusak, sedangkan motor listrik memiliki kurang dari 20. 

Bahkan, kamu juga tidak perlu lagi mengganti oli. Hal ini menjadikan biaya perawatan kendaraan listrik untuk jangka panjang cenderung lebih rendah daripada kendaraan konvensional. 

Kamu hanya perlu melakukan pengecekan secara rutin pada komponen mobil listrik.

5. Bebas tilang di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keistimewaan kendaraan listrik karena tidak menyumbang polusi.

Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) terbaru. 

Salah satu dalam aturan tersebut berisikan kendaraan listrik tidak perlu membayar pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). 

Kebijakan ini berlaku sejak 15 Januari 2020-31 Desember 2024 atau lima tahun ke depan untuk kendaraan pribadi dan kendaraan yang digunakan sebagai transportasi umum listrik berbasis baterai. 

Selain bebas dari pemungutan BBNKB, ada keuntungan lain yang diberikan pemerintah kepada para pengguna kendaraan listrik. 

Pengemudi mobil listrik tidak termasuk ke dalam golongan kendaraan yang terkena aturan sistem plat nomor ganjil genap. 

Kenali juga kekurangan mobil listrik

Meski banyak kelebihan dan inovasi yang ditawarkan mobil listrik, bukan berarti kendaraan ini tak cuma kekurangan.

Ada beberapa kekurangan mobil listrik yang harus dipahami sebelum kamu memutuskan membeli mobil listrik murah di Indonesia. Apa saja?

1. Tempat pengisian daya masih minim

Kalau tempat pengisian BBM bisa ditemukan dengan mudah, tetapi kamu tak akan bisa dengan mudah menemukan pengisian daya mobil listrik. 

Hal ini lantaran stasiun pengisian bahan bakar masih minim. Selain itu, pengisian daya baterai pada mobil listrik juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa memakan waktu antara 4-6 jam hingga penuh. 

2. Daya listrik di rumah harus diperbesar

Mengingat pengisian daya baterai mobil listrik yang tidak sebentar, kamu harus bersiap dengan naiknya tagihan listrik di rumah. 

Kamu juga harus bersiap memperbesar daya listrik rumah. Menurut PT PLN, kapasitas daya listrik di rumah untuk memiliki mobil listrik minimal 2.200 VA. .

3. Jarak tempuh dan kecepatan terbatas

Penggunaan baterai sebagai sumber penggerak mesin pada mobil listrik membuat kendaraan ini memiliki keterbatasan dalam jarak. Jarak paling jauh yang bisa ditempuh mobil listrik adalah 120 kilometer.

Hal ini menjadikan mobil listrik saat ini belum siap untuk digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

4. Hanya bisa dinikmati di daerah tertentu

Mengingat jarak terbatas dan tempat pengisian daya yang belum banyak, mobil listrik hanya bisa dinikmati masyarakat di kota besar saja. 

Alasan lainnya yaitu mobil listrik membutuhkan sistem kelistrikannya stabil. Sebab saat ini masih ada wilayah yang kondisi listriknya masih kurang stabil.

Minimalkan ongkos perbaikan mobil dengan asuransi mobil

Saat ini asuransi mobil listrik memang masih terbatas. Hal ini dikarenakan peminat mobil listrik yang masih minim sehingga kebutuhan konsumen akan asuransi mobil listrik juga belum begitu terlihat.  

Apalagi perlu aturan matang soal asuransi mobil listrik mengingat penanganannya yang tidak bisa dipegang sembarangan mekanik. 

Meski begitu, jangan lupa untuk melindungi mobil yang kamu miliki saat ini dengan asuransi mobil. 

Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan berkendara dan meminimalkan ongkos perbaikan.

Cari tahu pilihan asuransi mobil terbaik dengan mengikuti kuis di bawah ini.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi mobil? Lihat pertanyaan populer seputar asuransi di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar mobil listrik murah 

Apa saja mobil listrik murah di Indonesia?

Saat ini ada lima mobil listrik murah di bawah Rp1 miliar di Indonesia, yaitu Nissan Kicks e-Power, Toyota Corolla Cross Hybrid, Hyundai Ioniq, Hyundai Kona Electric, dan Tesla Model S.

Berapa harga mobil listrik Tesla S?

Saat ini mobil listrik Tesla Model S dijual mulai dari harga $71.990 atau Rp1 miliar.

Apa kelebihan mobil listrik?

Ada banyak kelebihan mobil listrik, yaitu irit bahan bakar, ramah lingkungan dan bebas polusi, punya fitur canggih, perawatan mudah, hingga bebas tilang di Jakarta.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →