Mobil Low MPV Terbaru Pabrikan Jepang yang Harganya di Bawah Rp 200 Jutaan

Mobil low MPV (Multi Purpose Vehicle) masih mendapat peminat cukup tinggi di industri kendaraan. Awal 2019 industri otomotif diwarnai oleh peluncuran empat mobil baru di segmen tersebut. Keempatnya adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, All New Nissan Livina, dan New Honda Mobilio.

Masing-masing menawarkan beragam perubahan, ada yang tampil serba baru (full model) ada pula hanya sekedar facelift saja. Berkat perubahan yang ditawarkan wajar apabila produsen mobil menaikkan harga jual produknya. Namun ada juga yang masih bertahan dengan harga lama.

Dari keempat mobil baru itu adakah yang masih dijual dengan harga Rp190 jutaan, mengingat mobil low MPV dikenal sebagai kendaraan dengan harga terjangkau? Jawabnya masih ada. Keempat mobil baru tersebut masih ada yang harga jualnya di bawah Rp200 juta. Untuk lebih jelasnya berikut ini uraian singkatnya dilansir laman Carmudi.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

1. Toyota Avanza

Toyota New Avanza (Instagram).

Pada pertengahan Januari 2019 Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Avanza terbaru. Peluncuran itu sekaligus menandakan TAM sebagai produsen pertama yang meluncurkan mobil Low MPV.

Kendaraan yang dikenal sebagai ‘mobil sejuta umat’ itu mendapat sejumlah perubahan mulai dari sektor eksterior maupun interiornya.Ada lima varian Avanza baru yang dipasarkan ke konsumen di Tanah Air. Varian terendah sekaligus paling murah yaitu 1.3 E M/T dibanderol seharga Rp 191,1 juta. Sedangkan varian tertinggi Avanza, 1.5 G M/T dijual Rp 221,25 juta.

Kehadiran Avanza terbaru diharapkan mampu mengikuti kesuksesan pendahulunya yang tercatat bertahan sebagai market leader. Terhitung sejak diperkenalkan pada akhir 2003 dan resmi dipasarkan pada awal 2004 dan menjadi mobil MPV dengan penjualan terbanyak dengan membukukan total penjualan lebih dari 1,7 juta unit di 15 tahun kehadirannya di Indonesia.

Meski persaingan semakin ketat, posisi Avanza belum tergoyahkan. Pada 2018, Avanza membukukan angka penjualan 82.167 unit, Avanza tidak hanya bertahan sebagai market leader di segmen low MPV, tapi juga berhasil bertahan sebagai mobil terlaris.

2. Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia (Instagram).

Peluncuran Toyota Avanza langsung diikuti oleh saudara kembarnya yaitu Daihatsu Xenia. Peluncuran Daihatsu Xenia terbaru begitu spesial karena tidak hanya menghadirkan Xenia bermesin 1.3 L saja tapi juga 1.5 L.

Perubahan yang ditawarkan Daihatsu ke salah satu model unggulannya itu tidak terlalu mencolok. PT Astra-Daihatsu Motor (ADM) menjual 10 varian Xenia terbaru, paling murah dibanderol Rp 183,35 juta (1.3 X MT). Sedangkan yang termahal Xenia 1.5 R DELUXE AT Rp 228,95 juta.

Baca juga: Buka 24 Jam Tanpa Henti, Big Bad Wolf 2019 Targetkan 1 Juta Pengunjung

3. All New Nissan Livina

All New Nissan Livina (Instagram).

Setelah sekian lama menjadi bahan perbincangan, akhirnya Nissan Motor Indonesia (NMI) mendatangkan wajah baru dari Livina. Mobil keluarga dengan kemampuan menampung hingga 7 orang penumpang di kabin ini dibagun menggunakan platform Mistubihi Xpander.

Sebagai pendatang baru, “senjata” andalan pun disiapkan sebagai kelebihan All New Nissan Livina agar mampu bersaing dengan kompetitornya di segmen LMPV. Presiden Direktur NMI Isao Sekiguchi menjelaskan bahwa kelebihan All New Nissan Livina berasal dari teknologi-teknologi terdepan. Serta memiliki identitas desain Nissan terbaru.

All New Nissan Livina punya fitur yang dapat menghubungkan smartphone ke head unit kendaraan. Nissan mengklaim fitur tersebut tidak dimiliki oleh mobil lain di segmen yang sama.

Menambah rasa percaya diri ketika mengendarai All New Livina saat bermanuver baik di jalan datar maupun tanjakan, Nissan telah melengkapi mobil barunya itu dengan beberapa fitur keamanan. Di antaranya Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control dan Traction Control.

All New Nissan Livina dibekali mesin 1.499 cc dengan maksimal kecepatan 102 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Nissan menyediakan dua pilihan transmisi yaitu manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Tersedia dalam lima pilihan varian, All New Nissan Livina termurah dibanderol Rp 198,8 juta untuk Livina E MT, EL AT Rp 233 juta, VE AT Rp249,9 juta, dan varian tertinggi dijual VL AT Rp 261,9 juta.

4. Honda New Mobilio

Honda New Mobilio (Instagram).

Mobil Low MPV terakhir yang meluncur pada akhir Februari adalah Honda Mobilio. Ubahan mencolok pada sisi eksterior Mobilio yaitu New Projector Headlamp with LED Daytime Running Light. Serta Two Tone Alloy Wheel berukuran 15 inci dengan desain baru. Kesan sporty pada Honda Mobilio makin kuat dengan adanya spoiler di bagian depan, samping, dan belakang.

Peranti hiburan pada New Honda Mobilio kini dilengkapi 6,2 inch Resistive Touchscreen Display Audio. Head unit canggih ini sudah mendukung fitur Hands Free Telephone, Bluetooth Connection, Rear Camera, serta pemutar CD dan DVD. Interior Mobilio terbaru tampil segar dengan aksen two tone warna hitam dan ivory.

PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek tidak menaikkan harga Honda Mobilio terbaru. Honda Mobilio S M/T menjadi varian termudah dengan harga jual Rp 194 juta, sedangkan Mobilio RS CVT yang mengisi varian tertinggi dibanderol Rp 248 juta.

Gimana nih guys, kira-kira kamu tertarik beli kendaraan yang mana? Semuanya sama-sama bagus dan cocok untuk mereka yang memiliki keluarga besar. Soal tenaga, tentu masing-masing pabrikan punya kelemahan dan kelebihan. Asal, apapun kendaraan yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan bujet ya. Semoga bermanfaat nih artikel tentang mobil low mpv! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →