3 Mobil Murah Ini Cuma Laris 150 hingga 300-an Unit di September, Kurang Laris?

mobil murah

Gak semua mobil murah itu bisa laris terjual hingga ribuan unit lho. Ada juga yang cuma laris ratusan unit dalam rentang waktu September 2019.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan September 2019, terdapat 156.642 unit mobil murah ramah lingkungan (LCGC) yang laris terjual. Sementara total penjualan mobil penumpang pada September berjumlah 579.031.

Dari data tersebut, muncul tiga nama mobil murah yang laris di pasaran. Brand tersebut adalah Toyota Calya (laris 6.111 unit), Honda Brio Satya (4.968 unit), Daihatsu Sigra (3.932 unit). Sementara itu, Agya dan Ayla terjual 1.700-an unit, jumlahnya juga beda-beda tipis.

Selain dari lima LGCG di atas, ada tiga LCGC lain yang cuma laris ratusan unit. Kayaknya memang gak terlalu laris di bandingkan yang lain. Mau tahu apa saja? Yuk, cek di sini:

1. Datsun Go+ Panca

Mobil murah
Datsun Go+ Panca (Instagram/@id_datsun)

Harga mobil murah ini mulai dari Rp 137,3 jutaan dengan status on the road. Datsun juga memberikan komitmen jasa servis gratis hingga 50 ribu km.

Mobil dengan kapasitas mesin 1.198 cc ini bisa muat tujuh orang lho. Mobil ini juga cukup terkenal untuk dijadikan armada taksi online.

Sayangnya, bulan ini Datsun Go+ Panca cuma laris 153 unit saja. Padahal, sudah ada GO+ Panca yang dilengkapi transmisi X-Tronic CVT.

Dengan mesin 1.198 cc, otomatis mobil ini terbilang cukup irit bensin.

Baca juga: Bujet Minim untuk Beli Kendaraan, Ini Referensi Mobil Murah 2018 di Bawah Rp 140 Juta

2. Suzuki Karimun Wagon R

Mobil murah
Suzuki Karimun Wagon R (Instagram/@suzuki_id)

Mobil murah ini cukup sering didiskon di setiap ajang pameran otomotif. Diskonnya kadang gak tanggung-tanggung, dan luar biasa besar. 

Versi termurah Karimun Wagon R adalah Rp 119 juta. Bisa dibilang, Karimun merupakan salah satu pelopor mobil LCGC karena sudah hadir di awal tahun 2000-an. 

Namun, pamornya saat ini sudah kalah jauh sama rival-rivalnya. Mobil bermesin 998 cc ini hanya laris 252 unit di September 2019. 

Bicara soal spesifikasi, Karimun bisa dibilang cukup ergonomis. Meski secara dimensi tidak terlalu besar, Karimun Wagon R mampu memuat barang cukup banyak. 

Transmisi manual lima percepatan, serta transmisi semi otomatis AGS lima percepatan yang disalurkan melewati penggerak roda depan, mampu memberikan traksi yang cukup responsif.

Tidak lupa turut disandingkannya fitur modern seperti 2 Din Audio, AC Double Blower, Sensor Parking, ABS (Khusus tipe GX).

3. Datsun Go Panca

mobil murah
Datsun Go Panca (Instagram/@id_datsun)

Yang terakhir adalah Datsun Go Panca, saudaranya Go+. Tapi, Go Panca adalah varian yang lebih murah dengan harga mulai dari Rp 111,1 juta. 

Perbedaan Go dan Go+ ada di bentuk dan dimensinya. Kalau Go+ adalah seven seater, sementara Go Panca adalah five seater, bentuknya juga hatchback serta lebih terlihat sporty.

Di bulan ini, Datsun Go Panca dikabarkan laris terjual hingga 335 unit. 

Itulah deretan mobil LCGC yang cuma laris ratusan unit di bulan ini. Kira-kira ada yang menarik hati untuk kamu beli tahun depan? Atau mau beli di akhir tahun saja kali-kali bakal banting harga? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →