Mobil Murah Justru Lebih Efisien untuk Kita, Ini Alasannya

Kriteria Mobil Murah

Istilah mobil murah diasumsikan sebagai jenis mobil yang memenuhi regulasi program low carbon and green car (LCGC) atau disebut juga dengan kendaraaan bermotor hemat bahan bakar dengan harga terjangkau. Mobil murah pertama kali digagas pada tahun 2009.

Sejarah mobil dengan harga di bawah rata-rata ini sebetulnya bermula sejak tahun 2004, yaitu saat program yang diusung adalah mobil yang lebih banyak menggunakan komponen lokal. Pada saat peluncuran pertama kali, mobil murah tipe MPV dijual dengan harga Rp60 juta.

Kini, harga mobil murah LCGC dipatok mulai dari harga Rp100 juta – Rp150 juta. Sedikit berbeda antara mobil dengan kisaran harga yang sama pada tahun 2004 hingga 2009. Tahun 2004 mobil murah yang dikeluarkan jenisnya adalah MPV sehingga lebih besar dan muat untuk tujuh orang penumpang.

Sementara saat ini terbagi atas dua jenis, yaitu city car dengan kapasitas lima orang penumpang dan MPV dengan spesifikasi yang berbeda, tetapi tetap mampu menampung tujuh orang penumpang.

Spesifikasi Mobil Murah di Indonesia

Spesifikasi Mobil Murah di Indonesia

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No33/MIND/PER/7/2013, mobil murah LCGC harus memenuhi beberapa ketentuan di bawah ini.

  1. Memiliki kapasitas silinder mesin 980-1.200 cc.
  2. Konsumsi BBM 1 liter untuk jarak tempuh 20 kilometer.
  3. Menggunakan jenis BBM RON 92 setara Pertamax.
  4. Menggunakan logo, merek, dan model yang mencerminkan Indonesia.
  5. Harga jual maksimal adalah 95 juta (off the road tahun 2013).

Bukan tanpa alasan, ketentuan tersebut akan memberikan kita potongan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah atau PPnBM sebesar 0 persen.

Daftar Mobil Murah di Indonesia

Jenis Mobil Bekas di Bawah Rp150 Juta

  1. Toyota Calya dengan harga sekitar Rp135 juta.
  2. New Daihatsu Sigra dengan harga sekitar Rp109 juta.
  3. New Toyota Agya dengan harga sekitar Rp133 juta.
  4. Daihatsu Ayla dengan harga sekitar Rp94 juta.
  5. Suzuki Karimun Wagon R dengan harga sekitar Rp107 juta.
  6. Honda Brio Satya dengan harga sekitar Rp139 juta.
  7. Datsun Go Panca dengan harga sekitar Rp102 juta.
  8. Datsun Go+ dengan harga sekitar Rp112 juta.
  9. Wuling Fomo Rp135 juta.

Dari daftar tersebut, jenis multi purposes vehicle (MPV) meliputi Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Wuling Fomo sebagai pendatang baru. Sedangkan merek lainnya termasuk mobil murah jenis city car dengan kapasitas penumpang yang lebih sedikit, yaitu lima orang.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Murah

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Murah

Harganya yang lebih terjangkau memang menjadi daya tarik tersendiri, namun perlu diketahui juga bahwa ada sisi-sisi kelebihan dan kekurangannya. Mari kita bahas satu-persatu di bawah ini.

Sisi yang menguntungkannya

  • Irit bensin.
  • Ramah lingkungan.
  • Harga di kisaran Rp100 jutaan.
  • Desain compact, cocok untuk perkotaan.

Sisi yang menjadi kekurangannya

  • Mesin kurang bertenaga karena dibatasi maksimum 1.200 cc saja.
  • Bobot bodi ringan, ketika dipacu di kecepatan tinggi akan terasa melayang.
  • Mudah oleng jika berpapasan dengan mobil yang lebih besar.
  • Fitur yang disediakan terbatas.

Mobil LCGC saat ini menjadi pilihan masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang berencana memiliki mobil pertama dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan harga Rp100 jutaan sudah bisa mendapatkan mobil yang nyaman, irit, dan gesit melaju di dalam kota.

Kelebihan-kelebihan tersebut yang membuat mobil murah makin diandalkan dan menjadi pilihan dibandingkan dengan membeli mobil bekas. Jangan lupa untuk memilih kualitas yang terbaik, namun tetap sesuai dengan bujet Anda supaya tidak berdampak negatif terhadap keseimbangan keuangan pribadi dalam jangka panjang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →