10 Daftar Mobil Sunroof, Spesifikasi, dan Harganya

mobil yang ada sunroof

Mobil sunroof merupakan jenis  mobil yang atapnya bisa dibuka membuat ketika siang hari, sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam mobil yang ada sunroofnya. Sementara itu, di malam hari, suasana di dalam mobil juga menjadi lebih cerah karena sinar bulan dan lampu-lampu jalan.

Sekarang ini ada beragam merk mobil yang memiliki sunroof dengan harga di kisaran Rp300 jutaan, ketahui daftarnya di bawah ini!

1. KIA Picanto GT 1.2L

harga mobil KIA
Gambar mobil kia Picanto (Shutterstock)

KIA Picanto cocok untuk kamu yang mencari city car bergaya sporty dan punya fitur komplet. Fitur sunroof merupakan salah satu keunggulannya yang menambah kesan mewah. Mengadopsi penerangan full LED, Kia Picanto juga dilengkapi dengan pelipatan otomatis pada kaca spion samping dan teknologi pemanas agar tidak berembun.

Varian GT Line, dibanderol dengan harga Rp221,8 juta untuk transmisi manual dan Rp236,7 juta untuk transmisi otomatis.

2. Honda HR-V 1.8 Prestige

Honda HR-V 1.8 Prestige
Gambar mobil Honda HR-V 1.8 Prestige (Shutterstock)

Honda HR-V 1.8 Prestige mengusung mesin 1.8 Liter (1.799cc) yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi menembus 169 Nm pada 4.300 rpm.

Mobil sunroof murah ini juga dilengkapi sistem keamanan dan keselamatan terbaik dikelasnya. Semua fitur tersebut berpadu dengan desain sporty yang dilengkapi headlamp LED dan DRL LED. 

Selain itu, tersedia pula fog lamp dan shark fin antenna. Semua fitur tersebut semakin sempurna dengan fitur panoramic sunroof yang dilengkapi sistem otomatis untuk membuka dan menutupnya.

Varian Honda HR-V ini dijual dengan harga Rp370 jutaan.

3. Mitsubishi Outlander Sport PX

mobil baru
Mitsubishi Outlander Sport (Shutterstock)

Mobil sunroof dari Mitsubishi ini mengusung mesin berkapasitas 1.998 cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 150 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 197 Nm pada 4.200 rpm. 

Fitur Panoramic Sunroof-nya membuat tampilan interiornya semakin mewah dan eksteriornya terlihat lebih stylish. Mobil ini dijual dengan kisaran harga Rp370 jutaan.

4. Hyundai Tucson XG

foto mobil Hyundai Tucson
Foto mobil Hyundai Tucson (Shutterstock)

Fitur Panoramic Sunroof milik Hyundai Tucson XG bisa terbuka secara tilt dan sliding. Panoramic Sunroof tersebut juga sudah electric, sehingga bisa terbuka secara otomatis. 

Untuk mesinnya, Hyundai Tucson XG memiliki mesin bertenaga 157 PS pada 6.200 rpm dan bisa meraih torsi puncak sebesar 196 Nm pada 4.000 rpm. Harga Hyundai Tucson XG dibanderol sekitar Rp400 jutaan ini hanya tersedia dalam varian transmisi otomatis 6 percepatan shiftronic.

5. DFSK Glory 580

Jika kamu menginginkan mobil yang ada sunroofnya, kamu bisa membeli DFSK Glory 580 ini. Glory dilengkapi banyak fitur menarik, yang sebetulnya mayoritas juga ada di SUV lain. Tapi jika melihat harga, value for money Glory terbilang tinggi.

Salah satunya, Glory punya keunggulan dari kapabilitas 7 penumpang dan kabin ekstra lapang. Fitur menarik lainnya, tentu saja selain sunroof, yaitu Vehicle Running Recorder. 

Harga DFSK Glory 580 mulai dari Rp245,9 juta sampai termahal Rp308 juta.

6. KIA Sonet Dynamic

Mobil KIA Sonet
Mobil KIA Sonet (Shutterstock)

Selain sunroof, kelengkapan istimewa Kia Sonet yaitu smart key remot serta penyejuk udara digital. 

Kemudian jok kulit sintesis berventilasi udara, serta sistem pengisian nirkabel untuk gadget kamu. Lalu, USB charger tertanam di bangku pertama dan kedua.

Sonet menggunakan mesin bensin 4-silinder 1,5 liter naturally aspirated. Torsi maksimal tersedia hingga 144 Nm dan tenaganya mencapai 115 PS. 

Distribusi tenaga menggunakan opsi transmisi manual 6 percepatan. Atau kamu bisa memilih transmisi berbasis CVT yang diberi nama IVT (Intelligent Variable Transmission) lengkap dengan 8 virtual gear.

KIA Sonet Dynamic dijual seharga Rp265 juta

7. Wulling Cortez CT

gambar mobil wuling cortezct
Gambar mobil wuling cortezct (Wuling.id)

Fitur sunroof bisa dibuka otomatis dari luar menggunakan remote kunci. Termasuk juga kaca jendela, bisa difungsikan sebagai cara untuk membuang hawa panas kabin setelah parkir di bawah teriknya matahari.

CT memiliki mesin 4-silinder 1,5 liter DVVT (katup variabel ganda) dengan padanan turbocharger. Daya yang disemburkannya 140 hp pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada rentang 1.600 – 2.600 rpm.

Wuling Cortez CT termasuk mobil yang memiliki sunroof dengan harga bersahabat, sekitar Rp213,8 juta sampai Rp294,8 juta.

8. MG ZS Ignite

mobil MG ZS (electric vehicle)
Gambar mobil MG ZS (Shutterstock)

MG ZS adalah produk pertama MG di Indonesia. Tetapi secara global, MG ZS sebenarnya sudah eksis sejak 2001. 

Dengan Panoramic Roof seluas 1,19 meter persegi di atap yang akan mengubah suasana di dalam kabin mobil.

Harga MG ZS Excite berkisar Rp289,9 juta, sedangkan tipe tertinggi MG ZS Ignite sekitar Rp255 juta.

9. Toyota Corolla Cross 1.8 AT

Mobil berkapasitas 5 orang penumpang ini juga masuk dalam jajaran mobil yang dilengkapi sunroof. Meski masuk dalam kategori SUV crossover, mobil yang dibanderol Rp463 juta–Rp535 juta ini tidak terlalu diminati di Indonesia.

10. Hyundai Creta Prime

Di posisi terakhir dalam kategori mobil sunroof, ada Hyundai Creta Prime yang cocok menjadi pilihan. Mobil SUV mewah berkapasitas 5 orang ini memiliki 8 audio speaker dilengkapi sistem audio BOSE.

Dengan begitu, kamu dapat menikmati pemandangan sambil mendengarkan musik seperti dalam sebuah konser saat berkendara di mobil yang memiliki harga Rp288 juta-Rp404 juta. 

Jenis-Jenis Sunroof pada Mobil

Berikut ini merupakan jenis-jenis sunroof pada mobil yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan, di antaranya:

1. Moonroof

Model mobil moonroof tidak jauh berbeda dengan sunroof, namun metode pembukaannya yakni ke bagian dalam atap mobil.  Berbeda dengan sunroof yang metode pembukaannya ke bagian atas atap mobil.

Mobil moonroof kini sudah jarang ditemui di Indonesia. Namun, jika kamu ingin membelinya, mungkin kamu bisa mencari mobil bekas.

2. Panoramic roof

Panoramic roof adalah model sunroof yang memiliki kaca yang lebih besar dibandingkan model sunroof biasa. Sesuai namanya, panoramic roof akan memberikan pengalaman lebih menyenangkan bagi pengendara untuk melihat pemandangan yang lebih luas dari atap mobil.

Jika sedang mencari mobil yang ada atapnya, kamu bisa membeli mobil dengan panoramic roof  yang berukuran besar. Jika kamu dan keluarga menyukai berpetualang di alam bebas, kamu bisa menggunakan mobil dengan panoramic roof.

Jenis panoramic roof juga kini berkembang lagi menjadi panoramic sunroof dan panoramic moonroof, ini perbedaannya:

Panoramic sunroof: bagian panel kacanya bisa dibuka dengan slide out ke atas atap mobil.

Panoramic moonroof: Bagian panel kacanya bisa dibuka dengan slide in ke dalam atap mobil.

3. Pop-Out Sunroof

Pop-Out Sunroof merupakan salah satu jenis mobil yang atapnya bisa dibuka dan ditutup, yakni panel kacanya hanya bisa dibuka di bagian satu sisi saja dan juga miring. Jenis sunroof ini biasanya ada pada mobil seperti Toyota Alphard.

Bagaimana Perawatan Mobil Sunroof?

Meskipun sunroof merupakan fitur free maintenance, tapi bukan berarti tak perlu perawatan sama sekali. Pertama, kamu harus memperhatikan kondisi rel sunroof yang bisa rusak karena terlalu sering digunakan atau termakan usia. 

Kedua, hindari sinar matahari langsung. Karet pada sunroof bisa cepat getas atau kering dan pecah-pecah apabila sering terkena sinar matahari langsung. 

Ketiga, jangan biarkan sunroof tidak terpakai dalam waktu lama. Meski misalnya kamu jarang memakai mobil, setidaknya gerakkan sunroof dengan membuka dan menutupnya minimal 3 minggu sekali agar rel tidak lengket di kaca sunroof dan membuatnya sulit dibuka.

Tips dari Lifepal! Mobil dengan sunroof atau mobil yang bisa buka atap terkesan lebih mewah dan canggih. Mobil ini memiliki kelebihan yakni bisa membuat cahaya luar lebih banyak masuk. 

Namun, mobil sunroof juga punya kelemahannya yakni terasa panas jika digunakan siang hari dan cenderung boros. Ada sejumlah mobil dengan sunroof yang cukup terjangkau, pada kisaran Rp200 jutaan yakni KIA Picanto GT, DFSK Glory 580, KIA Sonet Dynamic, Wulling Cortez CT dan MG ZS Ignite.

Pentingnya Punya Asuransi Mobil

Risiko kerusakan mobil akan selalu ada dan kita tidak bisa menghindarinya. Asuransi mobil akan memberikan perlindungan pada asetmu apabila ada pengeluaran tak terduga seperti biaya perbaikan mobil yang membutuhkan dana yang tidak sedikit. 

Selain itu, terdapat manfaat tambahan lainnya, seperti penggantian kerusakan karena bencana alam seperti banjir hingga kerusuhan. Karena itu, pilih asuransi mobil terbaik agar kamu mendapatkan benefit sesuai kebutuhan dengan premi terjangkau.

Kamu bisa memperkirakan besaran premi asuransi mobil dengan mengisi formulir berikut ini.

FAQ Mobil Sunroof

Awalnya, sunroof merupakan fitur tambahan yang ada pada mobil yang dipasarkan di negara 4 musim. Tujuannya, agar pemilik mobil dapat menikmati pemandangan lewat kaca sunroof. Selain itu, secara umum fungsi sunroof yaitu untuk mengurangi bau pada mobil dan menurunkan suhu di dalam mobil.

Hampir semua mobil sebetulnya bisa menggunakan sunroof, termasuk mobil LCGC. Untuk mobil produksi Jepang biaya pemasangan sunroof sekitar Rp15 juta. Sementara itu, untuk mobil produksi Eropa bisa mencapai Rp20 juta.

Meskipun sunroof merupakan fitur free maintenance, tapi bukan berarti tak perlu perawatan sama sekali. Pertama, kamu harus memperhatikan kondisi rel sunroof yang bisa rusak karena terlalu sering digunakan atau termakan usia.

Kedua, hindari sinar matahari langsung. Karet pada sunroof bisa cepat getas atau kering dan pecah-pecah apabila sering terkena sinar matahari langsung. 

Ketiga, jangan biarkan sunroof tidak terpakai dalam waktu lama. Meski misalnya kamu jarang memakai mobil, setidaknya gerakkan sunroof dengan membuka dan menutupnya minimal 3 minggu sekali agar rel tidak lengket di kaca sunroof dan membuatnya sulit dibuka

Penting. Asuransi mobil memberikan perlindungan untuk aset-asetmu dari mahalnya biaya perbaikan mobil di bengkel. Dengan asuransi mobil, kamu akan mendapatkan pertanggungan biaya perbaikan mobil hingga 100% tergantung jenis asuransinya yang bisa dibeli di Lifepal!