Mobil Xenia: Cara Kredit, Harga Terbaru, dan Spesifikasi

diskon mobil xenia

Mobil Xenia adalah salah satu pilihan mobil keluarga terbaik di Indonesia. Xenia merupakan kendaraan roda empat produksi PT Astra Daihatsu Motor memproduksi Xenia, yang memiliki kemiripan model dengan Avanza.

Jenis kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) ini kali pertama diluncurkan pada 2003. Berusia belasan tahun, Xenia telah mengalami berbagai modifikasi model dan spesifikasi.

Tertarik untuk membelinya? Simak terlebih dahulu ulasan lengkap dari harga, cara kredit mobil Xenia, hingga spesifikasinya.

Jangan lupa lengkapi keamanan berkendara kamu dengan proteksi mobil Daihatsu!

Daftar harga mobil Xenia terbaru

Harga mobil Xenia terbaru berbeda-beda, tergantung pada tipe dan transmisinya. Adapun kisaran harga kendaraan roda empat produksi Daihatsu ini dibanderol antara Rp194 jutaan hingga Rp238 jutaan.

Penasaran? Berikut daftar harga mobil Xenia terbaru.

Tipe Mobil Xenia Harga*
Grand New Xenia X MT 1.3 STD Rp194.250.000
Grand New Xenia X MT 1.3 DLX Rp206.200.000
Grand New Xenia R MT 1.3 STD Rp205.650.000
Grand New Xenia R MT 1.3 DLX Rp217.450.000
Grand New Xenia X AT 1.3 STD Rp205.150.000
Grand New Xenia X AT 1.3 DLX Rp218.050.000
Grand New Xenia R AT 1.3 STD Rp216.550.000
Grand New Xenia R AT 1.3 DLX Rp228.450.000
Grand New Xenia R MT 1.5 DLX Rp227.250.000
Grand New Xenia R AT 1.5 DLX Rp238.150.000

*Harga di atas merupakan harga untuk wilayah Jakarta dan sekitar per November 2020

Ingin tahu lebih lanjut tentang kredit mobil Xenia atau kebijakan kredit terkait mobil? Simak ulasan para ahli di Tanya Lifepal

Cara kredit mobil Xenia

Kamu yang ingin kredit mobil Xenia sekarang udah gampang banget! Cukup membayar uang muka (DP) dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan, kamu udah bisa bawa pulang salah satu kendaraan roda empat Daihatsu terlaris ini.

Berikut ini syarat dan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit mobil yang kerap dianggap kembaran Avanza ini.

  • Kartu identitas diri asli (KTP/SIM/Paspor)
  • Slip gaji
  • Kartu keluarga (KK)
  • Rekening koran (3 bulan terakhir)
  • NPWP
  • Bukti PBB/rekening listrik/PDAM
  • Akta pendirian perusahaan dan SIUP (bagi pengusaha)
  • Keterangan izin praktik (bagi profesional).

Nah bagi kamu yang ingin tahu DP dan besaran angsuran Xenia, yuk simak daftar harga mobil ini termasuk tipe, DP, tenor, dan angsuran per bulannya!

Tipe Mobil Xenia Harga* DP Angsuran
Grand New Xenia X MT 1.3 STD Rp194,25 juta Rp48,56 juta Rp3,7 juta
Grand New Xenia X MT 1.3 DLX Rp206,2 juta Rp51,55 juta Rp3,93 juta
Grand New Xenia R MT 1.3 STD Rp205,65 juta Rp51,41 juta Rp3,92 juta
Grand New Xenia R MT 1.3 DLX Rp217,45 juta Rp54,36 juta Rp4,14 juta
Grand New Xenia X AT 1.3 STD Rp205,15 juta Rp51,28 juta Rp3,91 juta
Grand New Xenia X AT 1.3 DLX Rp218,05 juta Rp54,51 juta Rp4,15 juta
Grand New Xenia R AT 1.3 STD Rp216,55 juta Rp54,13 juta Rp4,12 juta
Grand New Xenia R AT 1.3 DLX Rp228,45 juta Rp57,11 juta Rp4,35 juta
Grand New Xenia R MT 1.5 DLX Rp227,25 juta Rp56,81 juta Rp4,33 juta
Grand New Xenia R AT 1.5 DLX Rp238,15 juta Rp59,53 juta Rp4,53 juta

*Harga di atas merupakan harga untuk wilayah Jakarta dan sekitar per November 2020

Sebenarnya kamu juga bisa memiliki Xenia bekas dengan cara kredit, lho! Harganya pasti lebih murah, tetapi kamu harus teliti sebelum membelinya.

Gimana? Kamu sudah bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya? Biaya tersebut belum termasuk servis hingga biaya perbaikan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itu sebabnya kamu yang ingin membeli Xenia baru bisa melengkapinya dengan proteksi All Risk. Dengan begitu, kerusakan berupa goresan kecil hingga kerusakan parah atau hilang bakal diganti perusahaan asuransi.

Simulasi kredit mobil Xenia

Gunakan Kalkulator Bunga Flat Lifepal berikut ini untuk simulasi kredit mobil Xenia kamu! Caranya cukup mengisi kolom kosong di bawah ini dan kamu bakal mendapatkan angka cicilan kamu.

Spesifikasi mobil Xenia

Setelah tahu harga dan angsurannya, kamu juga harus mengenal daleman mobil ini. Dijuluki mobil sejuta umat, Xenia terus mengalami perubahan sejak diluncurkan pada 2003.

Sejak 2019, Daihatsu mendandani mobil ini di hampir semua bagian yaitu eksterior, interior, hingga jantung pacunya. Pada sisi eksterior, kamu bakal menemukan wajah baru yang terlihat dari lampu LED.

Pada sisi interiornya, disematkan berbagai fitur yang lengkap dan lebih fungsional, seperti head unit 2DIN Touchscreen. Fitur tersebut sudah dilengkapi berbagai fitur kekinian yang bisa memberikan kenyamanan sempurna pada pengemudi dan para penumpang mobil.

Pada dapur pacunya ada pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Sekadar info, mesin bertenaga 1.500 cc sebelumnya gak ada pada Xenia, lho! Berikut ini spesifikasi lengkap Xenia 2020.

1. Dimensi Xenia

Terbilang simpel dalam bodi, Xenia generasi terbaru tetap memiliki ukuran yang cukup memadai untuk ukuran mobil MPV. Dari segi dimensi, Xenia terbaru memiliki ukuran panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm, serta ukuran wheelbase 2.655 mm.

Dengan ukuran tersebut, Daihatsu Xenia terbilang memiliki bentuk bodi yang luas, sehingga bisa menampung penumpang dalam jumlah banyak. Selain itu, ground clearance pada Xenia terbaru dibuat dengan ukuran setinggi 200 mm yang dapat melewati berbagai medan jalan yang terjal sekali pun.

Tidak hanya itu, Xenia terbaru ini juga telah dilengkapi dengan suspensi handal.  Xenia memiliki tipe MacPherson Strut dan Stabilizer untuk bagian depan, serta suspensi tipe 5 link, Rigid Axle untuk bagian belakang.

2. Mesin Daihatsu Xenia

Di Indonesia, Xenia generasi terbaru hadir dengan enam varian, yaitu varian D, M, X manual, X otomatis, R manual dan R otomatis. Khusus tipe R sudah mengandalkan transmisi otomatis 4 percepatan dan transmisi manual 5 percepatan.

Selain itu, Xenia terbaru juga telah dilengkapi dengan teknologi pengereman yang handal, yaitu rem ABS dan EBD. Untuk bagian mesin lainnya, Xenia memiliki dua pilihan mesin, yakni mesin 1.0 liter dan 1.3 liter.

Konsumsi bahan bakar Xenia diklaim sangat irit berkat perpaduan antara mesin 1.3 liter yang mengalir melalui transmisi manual atau otomatis, dan teknologi mesin Dual VVT-i. Ditambah, konsumsinya hanya mencapai 13,2 km/liter.

3. Eksterior Xenia

Pada sisi eksterior, Xenia terbaru menggunakan konsep yang lebih futuristik dibandingkan dengan model sebelumnya. Konsep ini terlihat dari desain yang mengedepankan kesan kekinian dan modern.

Tampilan muka Xenia generasi terbaru sudah menggunakan bumper baru yang sangat tangguh dan stylish. Ditambah, bumper ini juga sudah didesain dengan kombinasi warna Black Matte Aero Kit untuk tipe Deluxe yang terlihat dinamis. 

Khusus untuk tipe R-Dark Grey, mobil sudah dibekali dengan gril yang diberikan aksen krom berukuran lebar dan memberikan kesan mewah.

Pada bagian lampu utama bentuknya yang menyipit dan ramping, serta dilengkapi teknologi LED yang hemat energi seperti miliki Avanza. Dengan adanya lampu utama tersebut, tampilan Xenia terbaru terlihat sangat stylish.

4. Interior

Pada interior Low MPV besutan Daihatsu tersebut sudah dibekali dengan berbagai fitur baru yang cukup canggih dan memiliki fungsionalitas mumpuni. Pada bagian dasbornya, mengandalkan konsep Black Full Flat Center Cluster yang sudah disematkan head unit 2 DIN Touch screen.

Selain itu, pada layar sentuh tersebut, sudah dibekali berbagai fitur hiburan yang lengkap serta sistem pengaturan konektivitas. Fitur-fitur tersebut antara lain DVD Player, MP3 Player, konektivitas iPod/iPhone/Android, USB, Radio, dan Bluetooth.

Pada bagian tempat duduknya, Xenia terbaru memiliki kapasitas penumpang sebanyak enam hingga tujuh orang. Ditambah, tempat duduknya sudah mengusung Seat Pattern. 

Sementara, pada bagian kursi tengah dilengkapi fitur One Touch Tumble untuk mempermudah pengguna mobil jika ingin melipat kursi hanya dengan sekali tarik saja.

Kelebihan dan kekurangan Xenia

Kamu yang ingin beli mobil MPV dan memasukkan Xenia sebagai salah satu pilihan bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Termasuk bagi kamu yang ingin membeli mobil bekas. Kamu harus tahu dan mengenal kelebihan serta kekurangannya.

Dengan begitu, kamu bisa membandingkan dengan kompetitor di kelasnya seperti Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, atau Mitsubishi Xpander.

Kelebihan Xenia

  • Penyegaran tampilan luar cukup berhasil
  • Mesin baru yang efisien dan hemat BBM
  • Penyegaran dengan perubahan signifikan dari sisi teknologi
  • Bekal Dual SRS Airbag yang meningkatkan keamanan berkendara.

Kekurangan Xenia

  • Desain cenderung konvensional dari generasi pertama
  • Perlu rem dengan ABS agar meningkatkan keamanan berkendara.

Tanya jawab

Berapa harga mobil Xenia bekas?

Berikut kisaran harga Xenia bekas.

  • 2018 Daihatsu Xenia 1.3 R SPORTY MPV Rp155 juta
  • 2018 Daihatsu Xenia 1.3 R AT Rp125 juta
  • 2015 Daihatsu Xenia 1.3 X MT Rp97 juta

Berdasarkan beberapa situs jual online, harga Xenia bekas tergantung pada jenis atau tipe, transmisi, kondisi bodi dan mesin, serta jarak tempuh.

Berapa harga mobil Xenia baru?

Harga mobil Xenia baru mulai Rp194 jutaan hingga Rp238 jutaan. Masing-masing tipe akan lebih mahal tergantung pada transmisi yang kamu pilih.

Adakah kredit mobil Xenia bekas?

Xenia bekas bisa kamu miliki secara kredit. Untuk mencari tahu seputar mobil bekas bisa kamu temui di berbagai situs e-commerce online.

Kenapa Xenia diunggulkan sebagai mobil keluarga?

  • Harga jual yang relatif lebih murah dibandingkan merek lain yang sejenis.
  • Daya tampung yang mencapai 7 orang.
  • Mesin berkapasitas 1.329 cc sehingga kuat menanjak dengan tampungan maksimal.
  • Fitur AC double blower untuk kenyamanan penumpang di belakang.
  • Leg room penumpang yang luas.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →