Pendanaan Modal Ventura dari Perusahaan Asuransi dan DPLK

modal ventura dari asuransi

Modal ventura adalah modal awal yang disediakan investor swasta atau lembaga keuangan khusus (perusahaan modal ventura). Modal ini populer sebagai salah satu jenis pendanaan untuk memulai bisnis rintisan (start up).

Perusahaan modal ventura adalah badan usaha yang membiayai atau menyertakan modal ke perusahaan lain dalam jangka waktu tertentu. 

Bentuk penyertaan ini bisa berupa saham, pembelian obligasi konversi, atau pembiayaan berdasarkan pembagian hasil usaha.

Contoh perusahaan modal ventura, antara lain perusahaan asuransi jiwa dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Adapun kegiatan usaha perusahaan ini meliputi:

  • Penyertaan saham (equity participation)
  • Penyertaan melalui pembelian obligasi konversi (quasi equity participation)
  • Pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha (profit/revenue sharing)
  • Bagaimana perusahaan asuransi dan dana pensiun dapat menjadi sumber dana modal ventura? Berikut ini ulasannya.

    Tahap pendanaan modal ventura dari perusahaan asuransi dan DPLK

    Terdapat enam tahapan pendanaan modal ventura yang bisa diberikan perusahaan asuransi dan dana pensiun kepada perusahaan baru, yaitu:

    1. Pendanaan tahap early stage financing yaitu tahap awal pembiayaan untuk riset hingga pengembangan produk.
    2. Pendanaan tahap expansion stage yaitu tahap peningkatan pendanaan untuk produksi komersial setelah pengembangan produk.
    3. Pendanaan tahap third round financing yaitu pendanaan untuk biaya operasional.
    4. Pendanaan tahap bridge financing (mezzanine) yaitu pendanaan untuk kebutuhan melakukan penawaran umum saham perdana (IPO).
    5. Pendanaan tahap acquisition and management buy out financing yaitu pembiayaan untuk mengakuisisi perusahaan lain.
    6. Pendanaan tahap turn around situations yaitu sejumlah perusahaan modal ventura membiayai perusahaan yang dalam kondisi sulit atau terancam bangkrut.

    Bagaimana cara kerja modal ventura?

    Perusahaan modal ventura umumnya didirikan sekelompok individu atau perusahaan yang menginvestasikan dana ke perusahaan lain. Dana ini bisa bersumber dari individual mapan, perusahaan asuransi, hingga dana pensiun.

    Masing-masing perusahaan dan individu punya hak kepemilikan masing-masing atas investasinya. Namun, kontrol atas penyaluran dana hanya dimiliki perusahaan yang menerima dana tersebut.

    Dari kumpulan dana ini kemudian disalurkan ke berbagai perusahaan yang berpotensi tumbuh cepat. Imbalan yang diterima pemodal seperti perusahaan asuransi dan dana pensiun adalah persentase ekuitas hingga persentase dari total profit yang diterima pada periode tertentu.

    Demikian ulasan mengenai cara perusahaan asuransi dan dana [pensiun dapat menjadi sumber dana modal ventura. Jika kamu punya pertanyaan seputar bisnis, kunjungi laman tim ahli di Tanya Lifepal!

    Pertanyaan seputar modal ventura dan asuransi

    Bisa, pihak investor modal ventura bisa berasal dari berbagai perusahaan atau unit bisnis dari bermacam-macam bidang usaha, tidak terkecuali perusahaan asuransi. Misalnya, perusahaan asuransi jiwa dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).
    Asuransi jiwa adalah produk pengelolaan finansial yang bisa dimanfaatkan untuk menjamin risiko kerugian yang dialami tertanggung atau ahli waris tertanggung. Risiko kerugian yang dimaksud bisa berupa kehilangan sumber penghasilan akibat kematian, cacat fisik tetap, dan/atau pemutusan hubungan kerja.