Modalnya Kecil, Intip 10 Usaha Makanan Kaki Lima yang Menguntungkan

usaha makanan

Peluang usaha makanan atau kuliner seperti gak ada habisnya berkembang di Tanah Air. Banyaknya gerai-gerai makanan baru seperti ayam geprek, Sei Sapi dan ayam goreng membuat masyarakat dimanjakan lidahnya oleh para pengusaha kecil maupun besar.

Untuk mendirikan usaha seperti itu memang sedikit perlu mengeluarkan modal yang lumayan banyak. Sehingga sedikit sulit untuk diwujudkan oleh sebagian kalangan orang.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa membuka usaha makanan pinggir jalan yang ternyata cukup menjanjikan lho keuntungannya! Penasaran apa aja? Langsung aja yuk kita lihat daftar usaha makanan dengan modal kecil berikut ini

1. Sate ayam

Usaha makanan pertama yang patut kamu coba adalah menjual makanan sate ayam. Kuliner khas yang satu cukup bermodalkan gerobak untuk merintisnya. Kalau ada modal lebih banyak, kamu juga bisa menyewa tempat sebagai tempat dagang.

Rasanya yang lezat dan gurih membuat sate ayam bisa dikatakan menjadi menu makanan yang disukai hampir semua masyarakat di Indonesia.

2. Bubur ayam

Selanjutnya ada bubur ayam, menu makanan yang identik dengan sajian sarapan pagi hari. Bubur ayam juga termasuk peluang usaha makanan yang modalnya terbilang minim.

Kamu cukup membeli gerobak atau menggunakan motor pribadi sebagai lapak berdagang.

3. Ketupat sayur

Mirip dengan bubur ayam, ketupat sayur merupakan salah satu menu makanan yang sering dijumpai pada pagi hari. Makanan yang satu ini memang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia karena kuahnya yang kental dan mengandung santan yang gurih. Apalagi kalau disajikan dengan kerupuk, jadi makin lengkap deh!

4. Warung Indomie

Siapa sih yang gak tahu Indomie? Kepopuleran produk makanan cepat saji asal Tanah Air ini emang gak usah diragukan lagi. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat semua orang pasti ingin membeli Indomie lagi dan lagi.

Oleh karena itu, kamu bisa mendirikan warung Indomie sederhana sebagai peluang bisnis makanan pinggir jalan yang menjanjikan. Tertarik untuk mencoba?

5. Thai Tea

Usaha kuliner kelima yang bisa dirintis adalah membuat kedai minuman Thai Tea. Minuman khas negara Thailand ini banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang unik dan segar.

Kamu cukup mendirikan tenda kecil di pinggir jalan untuk berdagang minuman Thai Tea ini. Tentunya dengan peralatan dan bahan minuman yang sudah dipersiapkan.

6. Roti bakar

Beberapa lapak penjual roti bakar di pinggir jalan juga selalu ramai didatangi banyak orang. Kamu juga memerlukan keahlian khusus untuk membuat roti bakar. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak besar.

Nah, biar dapat menghasilkan cuan lebih, kamu bisa menggabungkan dengan usaha lainnya, seperti menjual berbagai minuman maupun olahan mie.

7. Minuman segar

Berbagai jenis minuman segar seperti jus, jeruk peras dan lainnya juga menjadi salah satu usaha yang gak pernah sepi karena banyaknya peminat.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Kamu hanya perlu buah segar, blender, susu kental manis dan es batu untuk mendirikan bisnis yang satu ini. Keuntungan yang diperoleh juga lumayan kok. Umumnya, untuk satu porsi jus dijual seharga Rp10 ribu.

8. Bakso dan mie ayam

Siapa yang tidak tahu dengan jenis makanan yang satu ini. Ya, bakso bahkan menjadi jajanan favorit banyak orang, baik anak-anak hingga orang dewasa dari segala penjuru Tanah Air. 

Gak hanya itu, bakso yang identik dengan olahan daging bulat yang disiram kuah berkaldu juga menjadi salah satu makanan ciri khas Indonesia lho.

Berbagai jenis restoran olahan bakso, mulai dari yang di dalam pusat perbelanjaan hingga pinggir jalan juga selalu diserbu banyak orang. Gak heran kalau bisnis bakso menjadi salah satu usaha yang sangat menggiurkan karena bisa menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah.

9. Gorengan

Bisa dibilang, gorengan menjadi salah satu makanan ringan yang selalu diminati oleh banyak orang. Gak heran kalau banyak sekali penjual gorengan yang bertaburan di jalanan. Kamu bisa menjual berbagai jenis gorengan, seperti bakwan, tempe goreng, pisang goreng dan lainnya.

Meski cenderung tergolong jajanan kurang sehat, tapi gorengan tetap laris manis diburu banyak orang. Gorengan bisa disantap dengan dengan berbagai cara, mulai dari hanya untuk mengganjal perut hingga dijadikan lauk pauk.

10. Martabak

Martabak juga bisa dijadikan pilihan buat kamu yang ingin memulai bisnis kuliner. Camilan yang satu ini juga memiliki banyak jenis, seperti martabak mini, martabak manis, dan martabak telor.

Uniknya, martabak ternyata disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pasalnya, kamu bisa memilih, ingin menyantap martabak yang manis atau yang gurih.

Terlebih lagi, kini bisnis martabak masih belum surut dan terus diburu masyarakat. Selain harganya murah dan bisa dimakan oleh beberapa orang, martabak juga memiliki citra rasa yang sangat menggoyang lidah.

Nah, itulah daftar 10 peluang usaha makanan pinggir jalan yang bisa kamu coba dengan modal minim. Selamat mencoba ya! Jangan pernah malu untuk menjalankan bisnis makanan meskipun menu yang disajikan sudah populer di pinggir jalan alias kaki lima. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →