Modifikasi Mobil Tanpa Bikin Kantong Kering, Ini 5 Tipsnya!

modifikasis mobil

Untuk kamu pencinta otomotif, modifikasi mobil menjadi ritual wajib yang harus dilakukan untuk mempercantik tampilan kendaraan pribadi. Namun, kadang modifikasi mobil menimbulkan konsekuensi yang membuat kepala pusing, yaitu menguras isi dompet.

Maklum, barang-barang yang diperjual belikan seperti knalpot, body kit, sound system, velg dan ban mobil membutuhkan biaya gak sedikit untuk membelinya.

Memodifikasi di sektor mesin juga perlu perawatan khusus di bandingkan spare part bawaan pabrik. Selain biaya penggantiannya mahal, pengeluaran untuk perawatannya pun gak kalah menguras uang.

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa memaksimalkan beberapa tips dan trik ketika berbelanja beberapa produk yang ada di pasaran.

Yuk, simak tips modifikasi mobil hemat tanpa perlu ribet berikut:

1. Cari Bengkel Modifikasi Mobil Terpercaya

sebuah mobil tengah berada di bengkel
Cari Bengkel Modifikasi Mobil Terpercaya (Shutterstock)

Langkah pertama yang harus dilakukan agar proses modifikasi berjalan lancar adalah mencari bengkel yang terpercaya. Pasalnya, gak bisa dipungkiri sampai sekarang masih ada bengkel-bengkel nakal yang masih beroperasi.

Gak sedikit pihak yang mengganti spare part original dengan yang KW untuk mendapatkan keuntungan lebih. Skenario terburuknya, mobil kamu mengalami kecelakaan di tengah jalan

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa melihat review orang dari Google atau berdasarkan rekomendasi teman serta kerabat yang sudah berpengalaman.

2.   Pilih Merek yang Terpercaya

sebuah mobil
Pilih Merek yang Terpercaya (Shutterstock)

Setelah memastikan bengkel yang dipilih terpercaya, selanjutnya kamu juga perlu memilih merek produk modifikasi mobil yang ternama. 

Langkah ini berguna agar umur produknya bisa bertahan lama, dan agar kamu terhindar membeli bagian sama dalam waktu yang relatif sebentar.

Ada beberapa orang yang memilih barang yang mereknya kurang populer karena harganya relatif murah. Tapi yang perlu disadari adalah hal itu hanya menguntungkan di awal saja, karena pada akhirnya kamu perlu ganti lagi dengan produk baru. 

3.  Belanja lewat Online

seorang perempuan tengah belanja online
Belanja lewat Online (Shutterstock)

Kalau kamu pikir belanja online hanya berkutik di produk kecantikan, fashion dan elektronik, part-part mobil yang dimodifikasi juga bisa kamu beli lewat online shop di Instagram maupun e-commerce.

Pilihan produk yang ditawarkan juga gak kalah banyak di bandingkan bila kamu langsung datang ke bengkel. Bahkan, mungkin lebih banyak untuk beberapa part karena berasal dari seluruh Indonesia. 

4.   Riset Harga

seseorang tengah menghitung memakai kalkulator
Riset Harga (Shutterstock)

Masih berhubungan dengan poin ketiga, sekalian kamu mencari beragam produk mobil yang dimodifikasi  lewat internet. Kamu juga bisa melakukan riset harga untuk satu produk yang sama. 

Enaknya lagi kamu gak perlu capai pergi ke satu bengkel ke bengkel lain, cukup ketik dari ponsel dan kamu sudah bisa membandingkan harga prduk yang termurah di internet

5.  Beli Barang Bekas, Kenapa Gak?

seorang pria tengah memperlihatkan aksesori mobil yang baru dibelinya
Beli Barang Bekas, Kenapa Gak? (Shutterstock)

Tips terakhir yang harus kamu coba adalah, belanja barang bekas di online maupun offline. Meski barang bekas identik dengan kualitas jelek, tapi kamu masih tetap bisa mendapatkan barang bagus.

Asalkan mengecek kondisi fisiknya secara seksama dan memastikan fungsinya masih berjalan dengan normal.

Itulah lima tips hemat memodifikasi mobil tanpa bikin dompet kamu tipis. Meski sudah melakukan hal-hal tersebut, kamu juga perlu menganggarkan bujet supaya pengeluaran tetap bisa terkontrol. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →