Jasa Derek Mobil Lengkap dengan Biaya dan Jenis-Jenisnya

jasa derek mobil

Jasa derek mobil dibutuhkan ketika kendaraan mengalami kerusakan di tengah jalan, baik jalan umum maupun jalan tol di dalam dan luar kota. Bila kendaraan mogok di jalan tol, biasanya jasa mobil derek dilakukan Jasa Marga. 

Sebelum memutuskan memakai jasa derek mobil, ketahui dulu berapa biaya yang dikenakan. Tentu kamu harus memahami biayanya agar tidak ditipu oknum petugas. 

Mari ketahui informasi tentang jasa derek mobil, dan berapa biaya untuk jasa tersebut!

Apa itu jasa derek mobil?

Biasanya mobil derek digunakan oleh Dinas Perhubungan untuk menarik mobil yang melanggar aturan parkir atau digunakan untuk menarik mobil korban kecelakaan. 

Jasa derek mobil biasanya menggunakan kendaraan jenis truk. Di truk tersebut, biasanya sudah ada alat yang berfungsi menarik mobil. 

Mobil yang diderek akan diangkat bagian roda depan atau roda belakangnya saja. Hal ini berguna juga untuk menderek mobil yang fungsi rem tangannya aktif. Lantas, berapa biaya jasa derek mobil?

Biaya jasa derek mobil

Masih banyak orang berpikir derek mobil tidak dikenakan biaya jasa alias gratis. Fasilitas derek gratis memang dapat dipakai pengendara yang mobilnya mogok atau mengalami kecelakaan di jalan bebas hambatan. 

Pada kasus ini, kamu akan diantar sampai pintu tol terdekat. Kalau kamu ingin diantar sampai bengkel mobil terdekat atau bengkel langganan, maka akan dikenakan biaya. 

Rincian mengenai biaya derek jalan tol ini telah diatur dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 1 Tahun 2015 tentang Tarif Retribusi Pelayanan Perhubungan. 

1. Mobil penumpang

Mobil penumpang seperti sedan, jeep, station wagon, mobil barang seperti pick up, mobil box, light truk dan sejenisnya serta mobil bus kecil yang meliputi mikrolet, APK dan sejenisnya.

  • Buat jarak sampai dengan 10 kilometer dikenakan biaya Rp20.000 per kendaraan. 
  • Untuk jarak 10 sampai dengan 20 kilometer dikenakan biaya Rp35.000 per kendaraan. 
  • Buat jarak lebih dari 20 kilometer akan dikenakan biaya Rp10.000 per kendaraan setiap 5 kilometer berikutnya. 

2. Mobil bus

Mobil bus seperti bus mikro, bus besar, bus tingkat, bus tempel dan mobil barang yang meliputi truk, kereta penarik, tempelan gandengan, kereta tempelan, kereta gandengan dan kendaraan khusus.  

  • Untuk jarak sampai dengan 10 kilometer dikenakan biaya Rp45.000 per kendaraan.  
  • Buat jarak 10 sampai dengan 20 kilometer dikenakan biaya Rp80.000 per kendaraan. 
  • Untuk jarak lebih dari 20 kilometer akan dikenakan biaya Rp20.000 per kendaraan setiap 5 kilometer berikutnya. 

Namun, buat yang punya mobil matic, jangan sembarangan dalam urusan menderek kendaraan. 

Pasalnya, menderek mobil matic gak sesederhana seperti mobil manual. Sehingga kalau salah menderek, bisa menyebabkan gangguan di komponen transmisi mobilmu. 

Bila mobilmu memiliki penggerak di bagian roda belakang, jangan diderek dengan cara diangkat di bagian depan sehingga roda belakang yang berputar di jalan.

Jika hal ini terjadi, artinya roda penggerak malah memutar transmisi. Padahal, seharusnya mesinlah yang memutar transmisi untuk membuat roda bergerak.

3. Jasa mobil derek Jasa Marga

Kalau kendala dialami di jalan tol, maka kamu bisa memanggil jasa derek mobil Jasa Marga. Jasa Marga menyediakan jasa derek yang dinaungi oleh pemerintah dan beroperasi selama 24 jam.

Biaya derek mobil Jasa Marga ditentukan berdasarkan golongan kendaraan serta jarak derek. Berikut ini detail mengenai biaya derek mobil Jasa Marga di jalan tol.

  • Kendaraan golongan I, tarif awal Rp100 ribu dan Rp8 ribu per kilometer
  • Kendaraan selain golongan I, tarif awal Rp135 ribu dan tambahan Rp10 ribu untuk setiap kilometer

Nomor telepon mobil derek Jasa Marga ada pada nomor call center resmi 14080. Nantinya, jasa derek mobil Jasa Marga akan membawa mobilmu ke pintu tol terdekat untuk diantar ke bengkel terdekat.

Jenis-jenis mobil derek

Ada beragam jenis jasa derek mobil. Sebagian darinya yang umum digunakan yaitu:

1. Derek mobil boom

Boom adalah kendaraan beroda empat derek yang memakai boom/kran. Boom atau kran inilah yang biasanya diterapkan untuk mengangkat kendaraan beroda empat.

Secara khusus, derek ini digunakan untuk mengangkat kendaraan roda empat yang jatuh ke dalam sungai atau parit, atau untuk membalikkan kendaraan yang terbalik.

2. Kait dan tarik

Kait dan tarik biasa digunakan untuk menarik kendaraan dengan rantai atau tali yang dikaitkan ke mobil derek, kendaraannya yang ditarik dikemudikan oleh seorang pengemudi.

3. Roda diangkat

Roda diangkat adalah penderekan dengan mengangkat roda depan atau belakang kendaraan kemudian ditarik. 

Hal ini biasanya dilakukan pada kendaraan yang salah parkir, di mana kendaraan hal yang demikian rem parkirnya dikerjakan sehingga roda yang terkunci diangkat.

4. Derek gendong atau towing

Derek gendong atau yang biasa disebut towing mobil adalah kendaraan yang diderek digendong ke atas kendaraan truk. 

Biasanya ini diterapkan untuk mengangkut kendaraan beroda empat mewah dari showroom ke rumah pembeli.

Atau bisa juga digunakan untuk mengangkat kendaraan beroda empat mewah yang rusak atau mobil mogok ke bengkel.

Sehingga tiap hal yang terjadi di jalan secara khusus untuk urusan kendaraan beroda empat di mana kendaraan beroda empat tersebut berharap dipindahkan ke tempat lain.

Atau adanya mobil yang rusak atau akibat dari kecelakaan bisa menggunakan jasa atau layanan mobil derek yang terdekat.

Sampai sini sudah mengerti kan apa itu jasa derek mobil, jenis-jenisnya, berapa biayanya, dan bagaimana cara meminta bantuan mereka. 

Selain jasa derek mobil, ada juga jasa towing. Yuk, ketahui perbedaan di antara keduanya! 

Beda jasa derek mobil dan towing mobil

Jasa derek mobil dipakai saat pemilik kendaraan membutuhkannya di situasi darurat di tengah jalan.

Sementara jasa towing mobil dibutuhkan untuk berbagai bengkel, perusahaan rental mobil, expedisi, hingga mengangkut kendaraan roda empat maupun roda dua. 

Jasa towing juga digunakan untuk mengangkut kendaraan yang mengalami kecelakaan di jalan. Derek mobil biasa dilakukan dengan menarik bagian depan atau belakang mobil dengan cara diangkat menggunakan rantai besi.

Derek jenis ini menjadi layanan standar pengelola jalan tol. Derek jenis ini kurang aman terhadap mobil yang diderek karena ada kemungkinan mobil terkena goresan atau benturan saat proses derek berlangsung. 

Sedangkan bila memakai towing, maka mobil yang akan diangkut benar-benar dinaikkan ke atas truk. Nah, mobil towing ini terbagi dua jenis yakni towing gendong dan towing hidrolik. 

Pada towing gendong, mobil akan diangkut seperti biasa di bagian belakang. Sementara itu, mobil towing jenis hidrolik sama seperti towing gendong. Perbedaan keduanya hanya terletak dari cara mengangkut mobil. 

Bak angkut akan diturunkan ke bagian paling rendah, kemudian mobil dinaikkan tepat di atas bak tersebut. Mobil kemudian akan terangkat otomatis dengan memanfaatkan hidrolik. 

Biasanya, towing hidrolik digunakan untuk mengangkut mobil premium yang memiliki ground clearance rendah agar bagian bawah mobil tidak tergesek dengan permukaan bak angkut.

Satu keunggulan dari sistem pengiriman car towing adalah dapat diberangkatkan sewaktu-waktu sesuai permintaan customer

Jadi, untuk pengiriman mobil yang sifatnya darurat, car towing adalah pilihan paling tepat.

Cara derek yang benar untuk mobil matic

Jadi apa yang harus dilakukan jika mobil matic-mu mogok di tol? Berikut ini ulasannya.

1. Jangan sampai salah angkat body mobil

Jika mobilmu berpenggerak roda depan, maka angkatlah bagian depan mobil. Usahakan sebisa mungkin agar transmisi gak bergerak karena putaran roda.

2. Gunakan tumpuan untuk roda penggerak

Ada baiknya juga menggunakan roda kecil sebagai tumpuan roda penggerak. Sehingga roda penggerak gak akan memutar transmisi, dan mobil pun bisa diderek dengan mudah.

3. Hubungi pihak dealer mobil

Daripada menderek kendaraanmu tahunya malah bermasalah, lebih baik hubungi pihak dealer yang memiliki teknisi ahli.

Dealer pastinya lebih paham gimana cara menderek mobil matic milikmu dan membawanya ke bengkel mobil matic. Atau mungkin mereka malah menyiapkan mobil towing, bukan mobil derek.

Gak bingung lagi kan kalau memang butuh mobil derek di tol? Kamu bisa hubungi jasa derek resmi dari pihak Jasa Marga di nomor yang aktif selama 24 jam, 14080. 

Kalau dimintai biaya yang gak wajar, jangan sungkan untuk melapor ke Jasa Marga. Kamu bisa sebutkan nama petugas dan nomor polisi mobilnya.

Jasa derek mobil terdekat di Jabodetabek

Bagi kamu yang berdomisili di sekitar Jabodetabek, ketahui daftar jasa derek mobil terdekat berikut ini. 

Jasa derek mobil Jakarta

Nama jasaAlamatKontak
ABC Express JakartaJl. Ruko Cemp. Mas Jl. Letjen Suprapto No.8, RW.8, Sumur Batu, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 106400822-1122-3309
Derek Mobil Towing JakartaJl. Muhammad kahfi II No. 29/30 Rt. 07 Rw. 01, selatan, RT.2/RW.5, Cipedak, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 126300812-1239-9292
Derek Hold & Shipping Car Djaks Towing 24 HoursPasar Minggu No.148B 10 4, RT.10/RW.4, Pejaten Bar., Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 127600813-8068-0009
Mobil Derek NusantaraJl. Mega Kuningan Barat Kav.E4, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 129500811-8859-922
AA Club IndonesiaJl. Jatinegara Timur I Jakarta No.11, RT.1, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350(021) 8561024

Jasa derek mobil Bekasi

Nama jasaAlamatKontak
Jasa Towing Derek Mobil Bekasi 24 JamJl. Lele 12 No.92, Perumnas 2, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 171440812-9004-390
Derek Mobil Bintang Meteor TowingJl. Caman Raya No.1 No. 1, RT.002/RW.016, Jakasampurna, Kec. Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 174120812-9003-4627
Ageza Towing ServiceJl. Caman Utara Raya, RT.005/RW.016, Jakasampurna, Kec. Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 171450811-887-558
Jasa Derek FANPORA Jl. Caman Raya Utara I No.36, RT.002/RW.016, Jakasampurna, Kec. Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 171340877-2473-7844
Towing Rpp 279Jl. Pangeran Jayakarta, RT.005/RW.008, Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bks, Jawa Barat 171430818-744-067

Jasa derek mobil Bogor

Nama jasaAlamatKontak
Derek Towing Bogor @FajarTowing Bogor 24 JamJalan raya, Tajur, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 167100816-760-508
Towingbogor.com RT.02/RW.13, Bojongkerta, Bogor Selatan, Bogor City, West Java 161390815-1161-1360
AXXA TOWING DEREKJl. Raya Jakarta-Bogor No.105, RT.02/RW.03, Kedunghalang, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 124670819-1111-1907
Zicoster Towing0812-1800-530

Jasa derek mobil Depok

Nama jasaAlamatKontak
Akbar towing derek 24 jamAt-Taqwa, Jl. Marunda Makmur Gg. Musholah No.RT. 05/03, Depok, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 164260819-3311-9879
Tunas TowingJl. Ibnu Armah No.8, RT.6/RW.3, Pangkalan Jati, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 165130858-8470-0766
Bahri towingJl. Margonda Raya No.8, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 164240898-1977-700
Garasi941 Body Repair & Towing ServiceCinere Autopart ROA 11 Pasar Segar, Cinere, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 165140811-220-941

Jasa derek mobil Tangerang

Nama jasaAlamatKontak
jasa derek salam betotRMW9+2P8, Jl. Garuda, RT.006/RW.006, Batujaya, Kec. Batuceper, Kota Tangerang, Banten 151210821-1474-9696
Dovati TowingJl. Raya Vila Regency II Block AA 1 No. 10, Kuta Jaya, Kec. Ps. Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten 155620817-206-224
PT.Gada Towing ServiceRuko Paramount Glaze 2 blok C No.16, Kelapa Dua, Tangerang Selatan, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kota Tangerang Selatan, Banten 16456(021) 29004610
PLB TOWINGSektor 1B. Jl. Kelapa Sawit 14, Blok BF13 No.7, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kota Tangerang, Banten 158100813-8999-9772
Anugerah 99Jl. Kavling Keuangan RT. 001/02 No. 32B, Kedaung, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 154310812-1149-1899

Jasa derek mobil terdekat dari perusahaan produsen mobil

Buat kamu yang membutuhkan jasa towing mobil, saat ini beberapa produsen mobil juga menghadirkan layanan ini untuk membantu konsumen yang terjebak banjir. 

Misalnya, Suzuki yang menawarkan layanan towing gratis saat Jakarta dilanda banjir pada Januari 2020. 

Ada juga Honda yang menawarkan layanan serupa untuk membantu konsumen mereka mengevakuasi mobilnya dari daerah banjir.

Selain Suzuki dan Honda, Mazda juga memberikan pelayanan ini kepada konsumen yang membutuhkannya.

ERA atau Emergency Road Assistance, sebuah fasilitas layanan yang diberikan oleh Mazda untuk memberikan konsumennya pertolongan pertama saat mobil Mazda mereka mengalami masalah di tengah jalan.

Pentingnya melindungi mobil dengan proteksi terbaik

Jasa derek mobil akan membantu menderek kendaraan yang mengalami masalah saat di jalan. Namun, jasa derek mobil tidak gratis, ada biaya yang harus dikeluarkan bila lewat dari 10-20 kilometer dari tempat kejadian.

Lain halnya jika kamu memiliki asuransi kendaraan, maka mereka adalah pihak pertama yang akan kamu hubungi.

Dengan alasan itu, maka penting untuk kamu bisa memproteksi kendaraanmu dari mahalnya biaya menderek mobil karena kendaraan mogok, baik yang terjadi saat berlalu lintas maupun kejadian-kejadian yang sifatnya kelalaian pribadi.

Coba cari tahu dulu berapa kira-kira anggaran untuk membayar premi asuransi mobil yang kamu butuhkan dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut.

Tips dari Lifepal! Gak cuma melindungi kendaraanmu dari biaya tak terduga, kamu juga harus memproteksi dirimu dari beban pengeluaran mendadak yang akan menguras tabungan.

Risiko tersebut berupa biaya pengobatan di rumah sakit yang mahal akibat serangan penyakit atau risiko kerugian finansial akibat kecelakaan saat bekerja yang akan menyebabkan kamu tidak bisa kembali bekerja. 

Buat mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa memanfaatkan asuransi jiwa. Dengan asuransi jiwa, kamu dan keluargamu bisa mendapatkan santunan tunai untuk mengatasi beban finansial akibat tidak ada pemasukan lagi.

Pertanyaan seputar jasa derek mobil

Mobil sedan, SUV, MPV dan setipenya akan dikenakan biaya jasa derek mobil sebesar Rp20.000 untuk jarak 10 km. Untuk jarak dereknya dari 10 km hingga 20 km, biaya yang dikenakan sebesar Rp35.000. Bila ternyata jaraknya lebih dari 20 km, maka pemilik kendaraan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000 per 5 km berikutnya. Buat kamu yang ingin memakai jasa derek mobil bisa menghubungi call centre 14080.
Mobil derek adalah kendaraan atau media transportasi yang diterapkan untuk menderek kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu lintas di jalan atau sedang mogok dan mengganggu kelancaran lalu lintas maupun untuk menderek kendaraan yang mengerjakan pelanggaran parkir.

Sementara jasa towing dibutuhkan untuk berbagai bengkel, perusahaan rental mobil, expedisi, hingga mengangkut kendaraan roda empat maupun roda dua. Jasa towing juga dapat digunakan untuk mengangkut kendaraan yang mengalami kecelakaan di jalan. Jangan lupa lindungi finansial kamu dengan produk asuransi mobil terbaik.

Dapatkan Promo