Jasa Derek Mobil Lengkap dengan Biaya Terbarunya

jasa derek mobil

Jasa derek mobil dibutuhkan ketika kendaraan mengalami kerusakan di tengah jalan, baik jalan umum maupun jalan tol di dalam dan luar kota. Bila kendaraan mogok di jalan tol, biasanya jasa derek mobil dilakukan Jasamarga. 

Sebelum memutuskan memakai jasa derek mobil, ketahui dulu berapa biaya untuk tarif jasa derek mobil. Kamu harus memahami tarifnya, agar tidak ditipu oknum petugas. 

Meski begitu, tentunya jangan sampai memakai jasa derek mobil, ya! Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa selalu berkendara dengan baik dan pastikan kendaraanmu sudah terlindungi asuransi mobil terbaik.

Mari ketahui informasi tentang jasa derek mobil, dan berapa biaya untuk jasa tersebut!

Jasa derek mobil, tarif jasa derek mobil

Biasanya mobil derek digunakan oleh Dinas Perhubungan untuk menderek mobil-mobil yang melanggar aturan parkir atau digunakan untuk menderek mobil korban kecelakaan. 

Jasa derek mobil biasanya menggunakan kendaraan jenis truk. Di truk tersebut, biasanya sudah ada alat yang berfungsi menderek mobil. Mobil yang diderek akan diangkat bagian roda depan atau roda belakangnya saja. 

Hal ini berguna untuk menderek mobil yang fungsi rem tangannya aktif. Biasanya mobil derek digunakan oleh Dinas Perhubungan untuk menderek mobil-mobil yang melanggar aturan parkir atau digunakan untuk menderek mobil korban kecelakaan.

Lantas, berapa tarif jasa derek mobil?

Tarif jasa derek mobil

Masih banyak orang berpikir derek mobil tidak dikenakan tarif jasa alias gratis. Fasilitas derek gratis memang dapat dipakai pengendara yang mobilnya mogok atau mengalami kecelakaan di jalan bebas hambatan. 

Pada kasus ini, kamu akan diantar sampai pintu tol terdekat. Kalau kamu ingin diantar sampai bengkel terdekat atau bengkel langganan, maka akan dikenakan biaya. 

Rincian mengenai tarif derek jalan tol ini telah diatur dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 1 Tahun 2015 tentang Tarif Retribusi Pelayanan Perhubungan. 

1. Mobil penumpang

Mobil penumpang seperti sedan, jeep, station wagon, mobil barang seperti pick up, mobil box, light truk dan sejenisnya serta mobil bus kecil yang meliputi mikrolet, APK dan sejenisnya:  

  • Buat jarak sampai dengan 10 kilometer dikenakan biaya Rp20.000 per kendaraan. 
  • Untuk jarak 10 sampai dengan 20 kilometer dikenakan biaya Rp35.000 per kendaraan. 
  • Buat jarak lebih dari 20 kilometer akan dikenakan biaya Rp10.000 per kendaraan setiap 5 kilometer berikutnya. 

2. Mobil bus

Mobil bus seperti bus mikro, bus besar, bus tingkat, bus tempel dan mobil barang yang meliputi truk, kereta penarik, tempelan gandengan, kereta tempelan, kereta gandengan dan kendaraan khusus.  

  • Untuk jarak sampai dengan 10 kilometer dikenakan biaya Rp45.000 per kendaraan.  
  • Buat jarak 10 sampai dengan 20 kilometer dikenakan biaya Rp80.000 per kendaraan. 
  • Untuk jarak lebih dari 20 kilometer akan dikenakan biaya Rp20.000 per kendaraan setiap 5 kilometer berikutnya. 

Namun, buat yang punya mobil matic, jangan sembarangan dalam urusan menderek kendaraan. Pasalnya, menderek mobil matic gak sesederhana seperti mobil manual. Sehingga kalau salah menderek, bisa menyebabkan gangguan di komponen transmisi mobilmu. 

Bila mobilmu memiliki penggerak di bagian roda belakang, jangan diderek dengan cara diangkat di bagian depan sehingga roda belakang yang berputar di jalan. Jika hal ini terjadi, artinya roda penggerak malah memutar transmisi. Padahal, seharusnya mesinlah yang memutar transmisi untuk membuat roda bergerak.

Cara derek yang benar untuk mobil matic

Jadi apa yang harus dilakukan jika mobil matic-mu mogok di tol? Berikut ini ulasannya.

1. Jangan sampai salah angkat body mobil

Jika mobilmu berpenggerak roda depan, maka angkatlah bagian depan mobil. Usahakan sebisa mungkin agar transmisi gak bergerak karena putaran roda.

2. Gunakan tumpuan untuk roda penggerak

Ada baiknya juga menggunakan roda kecil sebagai tumpuan roda penggerak. Sehingga roda penggerak gak akan memutar transmisi, dan mobil pun bisa diderek dengan mudah.

3. Hubungi pihak dealer mobil

Daripada menderek kendaraanmu tahunya malah bermasalah, lebih baik hubungi pihak dealer yang memiliki teknisi ahli. Dealer pastinya lebih paham gimana cara menderek mobil matic-mu. Atau mungkin mereka malah menyiapkan mobil towing, bukan mobil derek.

Gak bingung lagi kan kalau memang butuh mobil derek di tol? Kamu bisa hubungi jasa derek resmi dari pihak Jasa Marga di nomor yang aktif selama 24 jam, 14080. 

Kalau dimintai biaya yang gak wajar, jangan sungkan untuk melapor ke Jasa Marga. Kamu bisa sebutkan nama petugas dan nomor polisi mobilnya.

Jenis-jenis derek mobil

Ada beragam jenis-jenis derek mobil derek. Sebagian jenis derek mobil yang umum digunakan yaitu:

  • Boom adalah kendaraan beroda empat derek yang memakai boom/kran yang biasanya diterapkan untuk mengangkat kendaraan beroda empat yang jatuh ke dalam sungai atau parit, atau untuk membalikkan kendaraan yang terbalik.
  • Kait dan tarik biasa digunakan untuk menarik kendaraan dengan rantai atau tali yang dikaitkan ke mobil derek, kendaraannya yang ditarik dikemudikan oleh seorang pengemudi.
  • Roda diangkat adalah penderekan dengan mengangkat roda depan atau belakang kendaraan kemudian ditarik. Hal ini biasanya dilakukan pada kendaraan yang salah parkir, di mana kendaraan hal yang demikian rem parkirnya dikerjakan sehingga roda yang terkunci diangkat.
  • Derek gendong adalah kendaraan yang diderek digendong ke atas kendaraan truk, biasanya diterapkan untuk mengangkut kendaraan beroda empat mewah dari show room ke rumah pembeli atau untuk mengangkat kendaraan beroda empat mewah yang rusak atau mogok ke bengkel.

Sehingga tiap hal yang terjadi di jalan secara khusus untuk urusan kendaraan beroda empat di mana kendaraan beroda empat tersebut berharap dipindahkan ke tempat lain atau adanya mobil yang rusak atau akibat dari kecelakaan bisa menggunakan jasa atau layanan mobil derek yang terdekat.

Sampai sini sudah mengerti kan apa itu jasa derek mobil, jenis-jenisnya, berapa biayanya, dan bagaimana cara meminta bantuan mereka. 

Selain jasa derek mobil, ada juga jasa towing. Yuk, ketahui perbedaan di antara keduanya! 

Beda jasa derek mobil dan towing

Jasa derek mobil dipakai saat pemilik kendaraan membutuhkannya di situasi darurat di tengah jalan. Sementara jasa towing dibutuhkan untuk berbagai bengkel, perusahaan rental mobil, expedisi, hingga mengangkut kendaraan roda empat maupun roda dua. Jasa towing juga digunakan untuk mengangkut kendaraan yang mengalami kecelakaan di jalan. 

Derek mobil biasa menderek mobil dengan cara digusur menggunakan rantai besi. Derek jenis ini menjadi layanan standar pengelola jalan tol. Derek jenis ini kurang aman terhadap mobil yang diderek karena ada kemungkinan mobil terkena goresan atau benturan saat proses derek berlangsung. 

Sedangkan bila memakai towing, maka mobil yang akan diangkut benar-benar dinaikkan ke atas truk. Nah, mobil towing ini terbagi dua jenis yakni towing gendong dan towing hidrolik. 

Pada towing gendong, mobil akan diangkut seperti biasa di bagian belakang. Sementara itu, mobil towing jenis hidrolik sama seperti towing gendong. Perbedaan keduanya hanya terletak dari cara mengangkut mobil. 

Bak angkut akan diturunkan ke bagian paling rendah, kemudian mobil dinaikkan tepat di atas bak tersebut. Mobil kemudian akan terangkat otomatis dengan memanfaatkan hidrolik. 

Biasanya, towing hidrolik digunakan untuk mengangkut mobil premium yang memiliki ground clearance rendah agar bagian bawah mobil tidak tergesek dengan permukaan bak angkut.

Satu keunggulan dari sistem pengiriman car towing adalah dapat diberangkatkan sewaktu-waktu sesuai permintaan customer. Jadi, untuk pengiriman mobil yang sifatnya darurat, car towing adalah pilihan paling tepat.

Jasa derek mobil dari perusahaan produsen mobil

Buat kamu yang membutuhkan jasa towing mobil, saat ini beberapa produsen mobil juga menghadirkan layanan ini untuk membantu konsumen yang terjebak banjir. 

Misalnya, Suzuki yang menawarkan layanan towing gratis saat Jakarta dilanda banjir pada Januari 2020. Ada juga Honda yang menawarkan layanan serupa untuk membantu konsumen mereka mengevakuasi mobilnya dari daerah banjir.

Selain Suzuki dan Honda, Mazda juga memberikan pelayanan ini kepada konsumen yang membutuhkannya. ERA atau Emergency Road Assistance, sebuah fasilitas layanan yang diberikan oleh Mazda untuk memberikan konsumennya pertolongan pertama saat mobil Mazda mereka mengalami masalah di tengah jalan.

Pentingnya melindungi mobil dengan proteksi terbaik

Jasa derek mobil akan membantu menderek kendaraan yang mengalami masalah saat di jalan. Namun, jasa derek mobil tidak gratis, ada biaya yang harus dikeluarkan bila lewat dari 10-20 kilometer dari tempat kejadian.

Lain halnya jika kamu memiliki asuransi kendaraan, maka mereka adalah pihak pertama yang akan kamu hubungi.

Dengan alasan itu, maka penting untuk kamu bisa memproteksi kendaraanmu dari mahalnya biaya menderek mobil karena kendaraan mogok, baik yang terjadi saat berlalu lintas maupun kejadian-kejadian yang sifatnya kelalaian pribadi.

Gak cuma melindungi kendaraanmu dari biaya tak terduga, kamu juga harus memproteksi dirimu dari beban pengeluaran mendadak yang akan menguras tabungan.

Risiko tersebut berupa biaya pengobatan di rumah sakit yang mahal akibat serangan penyakit atau risiko kerugian finansial akibat kecelakaan saat bekerja yang akan menyebabkan kamu tidak bisa kembali bekerja. 

Buat mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa memanfaatkan asuransi jiwa. Dengan asuransi jiwa, kamu dan keluargamu bisa mereguk manfaat terlindungi dari beban finansial akibat tidak ada pemasukan lagi.

Kamu bisa memanfaatkan fungsi asuransi jiwa hingga asuran kendaraan pribadi. Perlindungan ini bisa untuk mobil dan kendaraan roda dua milikmu. Untuk mengetahui selengkapnya bisa lihat di Lifepal!

Pertanyaan seputar jasa derek mobil

Mobil sedan, SUV, MPV dan setipenya akan dikenakan biaya Rp20.000 untuk jarak 10 km.Untuk jarak dereknya dari 10 hingga 20 km tarifnya sebesar Rp35.000. Bila ternyata jaraknya lebih dari 20 km, maka pemilik kendaraan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000 per 5 km.
Buat kamu yang pengin memakai jasa derek mobil bisa menghubungi call centre 14080.
Mobil derek adalah kendaraan atau media transportasi yang diterapkan untuk menderek kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu lintas di jalan atau sedang mogok dan mengganggu kelancaran lalu lintas maupun untuk menderek kendaraan yang mengerjakan pelanggaran parkir. Sementara jasa towing dibutuhkan untuk berbagai bengkel, perusahaan rental mobil, expedisi, hingga mengangkut kendaraan roda empat maupun roda dua. Jasa towing juga dapat digunakan untuk mengangkut kendaraan yang mengalami kecelakaan di jalan.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →