Mom and Dad Percaya Sama Jasa Antar Jemput Sekolah atau Antar Anak Sendiri?

jasa antar jemput sekolah

Sekarang ini jarak antara sekolah dan rumah sepertinya gak lagi terlalu dipertimbangkan orang tua saat memilih sekolah buat anak. Yang penting, anak bisa dapat sekolah bagus.

 

Tapi, masalah transportasi tetap jadi pertanyaan orang tua yang anaknya bersekolah jauh dari rumah. Pilih antar jemput sendiri, kok sibuk kerja. Kalau pakai jasa antar jemput sekolah, apa aman? Gimana kalau kecelakaan, atau malah diculik?

 

Kalau anak udah umur minimal SMP sih enak. Mereka bisa pulang sendiri naik angkutan umum. Tapi tetep, perasaan waswas terhadap penculikan itu ada.

 

Salah satu waktu yang paling sering dimanfaatkan penculik anak untuk beraksi adalah jam pulang sekolah. Begitu teeeet, bunyi bel pulang berbunyi, mereka standby di sekitar gerbang sekolah.

 

Melihat ada satu anak clingak-clinguk, disamperinlah dia. “Dik, saya disuruh Mama jemput. Mama lagi ada acara,” kalimat sakti itu langsung keluar dengan permen atau makanan ringan terulur dari tangannya.

 

Selanjutnya, blasss. Si anak dibawa penculik lantaran percaya omongannya.

 

Penculikan seperti itu mengancam siapa saja. Terutama saat si anak gak ditunggui sedari menjelang pulang sekolah.

 

jasa antar jemput sekolah

 Pakai jasa antar jemput memang praktis tapi harus mengalokasikan dana lagi

 

 

Jika ada penunggu beberapa menit sebelum jam pulang sekolah, potensi penculikan bisa diminimalkan. Si penunggu tinggal berdiri saja mengawasi anak keluar gerbang, atau bahkan pintu kelas.

 

Kalau yang menjemput orang tua sendiri sih bisa mastiin datang tepat waktu. Kalau jasa antar jemput sekolah? Mereka tentu juga berusaha gak telat. Tapi, kita gak bisa mastiin hal itu.

 

Namun, sebagai orang tua, kita tetap harus menjatuhkan pilihan. Tugas kita adalah mencocokkan kondisi pribadi untuk pilih antar jemput sendiri atau pakai jasa antar jemput sekolah.

 

Perbandingan

Ada sejumlah pertimbangan untuk memilih antar jemput anak sendiri atau pakai jasa orang lain. Pertama-tama, kita lihat dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Antar jemput sendiri:

Kelebihan

+ Lebih memastikan keamanan anak

+ Sekalian ngobrol dengan guru untuk tahu perkembangan anak di sekolah

+ Bertukar pikiran dengan orang tua anak lain soal sekolah

+ Lebih hemat waktu buat anak karena bisa langsung pulang tanpa nunggu antrean anak lain

+ Lebih hemat biaya karena gak perlu bayar jasa antar jemput anak sekolah

 

Kekurangan

– Harus meluangkan waktu sendiri

– Siap bermacet-macet ria

 

Jasa antar jemput:

Kelebihan

+ Jadi solusi buat orang tua bekerja

+ Anak lebih pasti datang tepat waktu karena sudah terjadwal

+ Anak bisa lebih bersosialisasi dengan teman-teman

+ Punya lebih banyak waktu di rumah untuk masak atau hal lain

 

Kekurangan

– Pengeluaran lebih banyak untuk bayar jasa

– Lebih sulit memastikan keamanan anak

– Tidak bisa berdiskusi dengan guru soal perkembangan anak

– Tidak bisa ngobrol dengan orang tua anak lain

 

Pilih Mana

Untuk menjatuhkan pilihan, setelah melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing, kita tinggal melihat kondisi pribadi. Jika bekerja, misalnya, maka jasa antar jemput sekolah lebih memungkinkan.

 

jasa antar jemput sekolah

 Menjemput anak sendiri bisa bikin hati lebih tenang tapi harus mengalokasikan waktu lebih

 

 

Sedangkan kalau menjadi ibu rumah tangga, antar jemput sendiri adalah ide bagus. Yang pasti, jangan sampai memaksakan keadaan untuk menentukan pilihan.

 

Contohnya ibu rumah tangga tapi gak punya kendaraan sendiri. Otomatis harus beli kendaraan untuk antar jemput. Masalahnya, ada anggaran tidak?

 

[Baca: 3 Trik untuk Mengambil Keputusan Kredit Motor dengan Bijak]

 

Selain itu, perlu dipastikan bisa menguasai kendaraan itu atau tidak. Kalau ada anggaran tapi tidak terlalu bisa naik sepeda motor, misalnya, itu malah mengundang musibah.

 

Tapi jika bisa naik sepeda motor, bisa antar jemput sendiri. Bahkan malah bisa sekalian nambah pemasukan kalau berminat menjadi driver ojek modern.

 

[Baca: Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Narik Jadi Ojek Khusus Wanita, Lumayan Nambah Penghasilan]

 

Anggaran juga menentukan pilihan jasa antar jemput sekolah. Jika tarif jasa dirasa terlampau mahal, sebaiknya berpikir ulang. Mungkin bisa cari jasa ojek pangkalan dekat rumah yang tarifnya lebih miring.

 

jasa antar jemput sekolah

Keamanan harus jadi yang utama saat menjemput sang buah hati

 

 

Atau malah bisa meminta tolong eyang buat antar jemput cucunya. Malah gratis, kan? Dana bisa dialokasikan ke pos lain, misalnya belanja. Anak bisa jadi lebih dekat dengan eyangnya lagi.

 

[Baca: Tambah Tabungan Mommies Lewat 7 Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan Ini Yuk!]

 

Yang pasti, keamanan dan kenyamanan anak harus diutamakan. Jangan sampai memprioritaskan diri sendiri lalu mengorbankan kepentingan anak.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →