Motivasi Bisnis Ini Cocok untuk Kamu yang Memulai Usaha

motivasi bisnis

Saat menjalani suatu usaha, terkadang naik, tetapi ada waktunya turun sehingga membutuhkan motivasi bisnis agar tetap bersemangat. 

Kata-kata motivasi bisnis berikut ini mungkin akan sangat membantu ketika kita tengah terpuruk: 

1. Henry David Thoreau

“Kesuksesan biasanya datang kepada mereka yang terlalu sibuk untuk mencarinya.”

Henry David Thoreau merupakan seorang penulis dan filsuf asal Amerika Serikat. Karya-karyanya yang cukup dikenal antara lain ‘Walden; or Life in the Woods’ yang diterbitkan pada tahun 1854 silam. 

2. Chris Grosser

“Peluang tidak terjadi, kita yang menciptakannya.”

Chriss Grosser adalah seorang pengusaha yang mendirikan perusahaan fotografi pada usia 18 tahun. 

Perusahaannya kemudian terus berkembang dan menjangkau penikmat karyanya di lebih dari 85 negara. Chris juga bekerja dan duduk di jabatan penting di perusahaan teknologi Tesla.

3. Ray Goforth

“Ada dua tipe orang yang akan mengatakan bahwa kita tidak dapat membuat perbedaan di dunia ini: mereka yang takut untuk mencoba dan mereka yang takut kita akan berhasil.”

Ray adalah seorang lulusan University of Washington School of Law. Saat ini ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Society of Professional Engineering Employees in Aerospace (SPEEA). 

4. Jim Rohn

“Orang-orang sukses melakukan apa yang tidak berhasil dilakukan oleh orang yang tidak berhasil. Jangan berharap hal itu mudah, tetapi berharaplah kita menjadi lebih baik.”

Jim Rohn adalah seorang miliarder yang tumbuh dari orang tua petani. Ia juga dikenal sebagai motivator ulung. 

5. Tony Hsieh

“Berhentilah mengejar uang dan mulailah mengejar impian.”

Tony adalah CEO dari toko sepatu dan pakaian online, Zappos. Sebelum membangun usahanya sendiri, Tony sempat ikut mendirikan jaringan periklanan internet LinkExchange yang dijual kepada Microsoft pada 1999 silam. 

6. Winston S. Churchill

“Kesuksesan tidak final, kegagalan tidak berakibat fatal. Jadikan sebagai keberanian untuk melanjutkan hal yang penting.”

Sir Winston Leonard Spencer-Churchill adalah seorang mantan Perdana Menteri Inggris yang menjabat tahun 1940-1945 dan 1951-1955. Di masa kepemimpinannya, Britania Raya meraih kemenangan dalam Perang Dunia II.

7. Jim Rohn

“Jika kita tidak mau menempuh risiko yang biasa, maka kita harus puas dengan yang biasa.”

Jim Rohn adalah seorang miliarder yang tumbuh dari orang tua petani. Ia juga dikenal sebagai motivator ulung. 

8. Anthony Robbins

“Orang-orang yang sukses memiliki momentum. Semakin mereka sukses, semakin mereka ingin sukses, dan semakin mereka menemukan cara untuk sukses. Begitu pula ketika seseorang gagal, kecenderungannya adalah mendapatkan spiral ke bawah yang bahkan bisa menjadi ramalan yang dipenuhi sendiri.”

Tony Robbins adalah seorang pengusaha sukses asal Amerika Serikat. Ia juga dikenal sebagai motivator, penulis, dan filantropis.

9. Thomas J. Watson

“Maukah kita memberi formula untuk kesuksesan? Sangat sederhana, sungguh: tingkatkan kegagalan kita dua kali lipat, kita berpikir kegagalan sebagai musuh kesuksesan, tapi tidak sama sekali. Kita bisa berkecil hati. Dengan kegagalan atau kita bisa belajar darinya, maka teruskanlah dan buatlah kesalahan. Buatlah semua yang kita bisa. Karena ingat, di situlah kita akan menemukan kesuksesan.”

Thomas merupakan seorang pionir pengembangan peralatan akuntansi dan komputansi yang saat ini telah diadaptasi dalam dunia bisnis, pemerintahan, dan industri. Thomas juga sempat mendedikasikan keilmuwannya untuk IBM.

10. Steve Jobs

“Jika kita benar-benar melihat dari dekat, kesuksesan dalam semalam membutuhkan waktu lama.”

Paul ‘Steve’ Jobs adalah seorang pendiri dan eks-CEO Apple Inc. Pemikirannya dan ide-ide bisnisnya selama hidup mampu menjadikan Apple sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar dunia. Apple pun masih memimpin sebagai merek teknologi telekomunikasi dunia. 

11. Franklin D. Roosevelt

“Satu-satunya batasan untuk realisasi besok adalah keraguan kita hari ini.”

Franklin adalah Presiden Amerika Serikat ke-32 dan menjadi satu-satunya yang sempat terpilih empat kali sejak 1933 sampai 1945. 

12. Colin Powell

“Tidak ada rahasia sukses, ini adalah hasil persiapan, kerja keras dan belajar dari kegagalan.”

Powell merupakan Menlu Amerika Serikat ke-65 yang dilantik pada 20 Januari 2001 silam. Dirinya juga sempat terpilih sebagai Senat AS. 

13. Conrad Hilton

“Kesuksesan seperti berhubungan dengan tindakan. Orang-orang sukses terus bergerak, mereka membuat kesalahan, tapi mereka tidak berhenti.”

Hilton merupakan pengusaha perhotelan asal Amerika Serikat. Saat wafat pada 1979 silam, dirinya telah memimpin 185 jaringan hotel di AS dan 75 hotel di negara lain dunia. Saat ini, jaringan hotel Hilton telah mencakup lebih dari 500 hotel di dunia. 

14. Jim Rohn

“Jika kita benar-benar ingin melakukan sesuatu, kita akan menemukan jalannya. Jika tidak, kita akan menemukan alasan.”

Jim Rohn adalah seorang miliarder yang tumbuh dari orang tua petani. Ia juga dikenal sebagai motivator ulung. 

15. Herbert Bayard Swope

“Saya tidak bisa memberi formula untuk sukses, tapi saya bisa memberi formula untuk kegagalan. Ini adalah: Cobalah untuk menyenangkan semua orang.”

Herbert merupakan seorang editor sekaligus jurnalis dari Round Tabel Algonquin di Amerika Serikat. Swope juga seorang penerima Pulitzer Prize. 

16. Albert Schweitzer

“Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika kita menyukai apa yang kita lakukan, kita akan sukses.”

Albert merupakan seorang teolog, musikus, filsuf, dan dokter berdarah Alsace. Dia lahir di Kaiserberg, Alsace-Lorraine yang saat itu masih menjadi bagian dari Kekaisaran Jerman. 

17. David Brinkley

“Orang yang sukses adalah orang yang bisa meletakkan fondasi yang kokoh dengan batu bata yang orang lain lemparkan untuk dia.”

Brinkley adalah seorang pembawa berita televisi untuk jaringan NBC dan ABC di Amerika Serikat. Dia aktif membawakan berita sejak 1951 sampai 1997. 

18. Bill Cosby

“Agar berhasil, keinginan kita untuk sukses seharusnya lebih besar daripada rasa takut akan kegagalan kita.”

Bill merupakan pelawak dan aktor kenamaan Amerika Serikat. Dia juga bekerja sebagai penulis dan produser televisi. Bill sempat membintangi komedi situasi The Bill Cosby Show pada akhir 1960-an.

19. Nikos Kazantzakis

“Agar berhasil, pertama-tama kita harus percaya bahwa kita bisa melakukannya.”

Nikos adalah seorang penulis asal Yunani. Sosoknya juga disebut sebagai pakar sastra Yunani modern. Nikos juga sempat dinominasikan untuk menerima Nobel Sastra. 

20. Estee Lauder

“Saya tidak pernah bermimpi tentang kesuksesan, saya bekerja untuk itu.”

Estee Lauder adalah seorang pebisnis asal Amerika Serikat yang juga mendirikan merek komestik dengan nama yang sama. Ia memulai bisnis kecantikan pada 1946 dan usahanya terus berkembang sampai saat ini. 

21. Catherine Cook

“Kepada pengusaha mana pun: jika kita ingin melakukannya, lakukanlah sekarang juga. Jika tidak, kita akan menyesalinya.”

Catherin merupakan seorang pendiri jejaring sosial, myYearbook. Perusahaan ini mengganti nama layanannya menjadi MeetMe.

22. Michael Jordan

“Saya telah melewatkan lebih dari 9.000 tembakan dalam karier saya. Saya telah kehilangan hampir 300 pertandingan. 26 kali saya dipercaya untuk mengambil tembakan kemenangan dan saya meleset. Saya telah berulang kali gagal dalam hidup saya dan itulah mengapa saya berhasil.”

Michael Jeffrey Jordan adalah pemain bola basker profesional Amerika Serikat. Dia telah meraih sedikitnya enam kali kejuaraan NBA bersama Chicago Bulls. 

23. Winston Churchill

“Jangan pernah menyerah – jangan pernah, jangan pernah, jangan pernah, jangan pernah, dalam hal apa pun, baik besar maupun kecil, jangan pernah menyerah dalam memperjuangkan keyakinan kehormatan dan akal sehat. Jangan pernah menyerah pada musuh yang kemungkinan sangat besar.”

Sir Winston Leonard Spencer-Churchill adalah seorang mantan Perdana Menteri Inggris yang menjabat tahun 1940-1945 dan 1951-1955. Di masa kepemimpinannya, Britania Raya meraih kemenangan dalam Perang Dunia II.

24. Vince Lombardi

“Harga kesuksesan adalah kerja keras, dedikasi terhadap pekerjaan yang ada, dan tekad apakah kita menang atau kalah, apakah kita telah menerapkan yang terbaik dari diri kita untuk tugas yang sedang dihadapi.”

Lombardi merupakan pelatih olahraga sepakbola asal Amerika Serikat. Dia juga sempat menduduki jabatan penting di National Football League.

25. Howard Schultz

“Ambil risiko lebih besar ketimbang orang lain yang ingin berpikir aman. Bermimpi lebih ketimbang orang lain yang berpikir dengan cara praktis.”

Howard Schultz merupakan CEO Starbucks dan mantan pemilik Seattle SuperSonics. Ia juga dikenal sebagai seorang penulis. 

26. Claude T. Bissell

“Ambil lah risiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal.”

Bissel merupakan seorang penulis asal Kanada. Dia sempat meraih penghargaan dari Fellow of the Royal Society of Canada.

27. Beverly Sills

“Kita mungkin kecewa jika kita gagal, tapi kita pasti akan gagal jika kita tidak mencobanya.”

Beverly adalah seorang penyanyi sopran asal Amerika Serikat. Dia mencapai puncak karirnya pada periode 1950-1970. 

28. Tom Kelley

“Sering gagal, maka kita bisa sukses lebih cepat.”

Tom dikenal sebagai seorang penulis sekaligus motivator. Beberapa judul buku yang mengangkat namanya adalah Creative Confidence, The Art of Innovation and The Ten Faces of Innovation.

29. Confucius

“Tidak masalah seberapa lambat kita berjalan asalkan kita tidak berhenti.”

Confucius adalah seorang bijak, guru, atau filsuf sosial asal China. Falsafahnya mengajarkan moralitas pribadi dan pemerintahan. 

30. Ray Kroc

“Jika kita bukan penempuh risiko, kita harus segera keluar dari bisnis.”

Ray merupakan sosok pengusaha yang membeli McDonald’s Corporation pada tahun 1955. Setelah itu, dia sukses menjadikan McD sebagai restoran cepat saji terbaik dunia. 

31. Chairul Tanjung

“Jujur dan kepercayaan adalah modal awal dan paling dasar dari pengusaha”

Chairul Tanjung atau kerap disingkat CT, adalah pendiri sekaligus pemilik CTCorp. CT juga sempat menjabat sebagai Menko Perekonomian di era pemerintahan Presiden SBY. 

32. Bob Sadino

“Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan, orang goblok itu berjuang keras untuk sukses biar bisa bayar pelamar kerja”

Bob Sadino merupakan pengusaha besar Tanah Air. Bisnisnya bergerak di bidang pangan dan peternakan. 

Motivasi akan mendorong kita berfikir positif dan menjauhkan diri dari pikiran yang timbul. Dengan demikian, kita bisa mengambil pelajaran dari kegagalan atau masalah yang kita alami. Sama halnya saat kita di kantor, motivasi kerja pun senantiasa perlu dipertahankan untuk menjaga konsistensi produktivitas yang tinggi.

Tips untuk menjaga motivasi dalam diri

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar semangat berbisnis tetap menyala. Apa saja?

1. Berpikiran terbuka

Jaga pikiranmu tetap terbuka terhadap segala bentuk kritik dan masukan. Anggap masukan sebagai upaya untuk memperbaiki kekurangan diri atau perusahaan. 

2. Optimistis

Tetaplah yakin dengan segala keputusan yang kamu ambil. Yang namanya bisnis, pasti tak lepas dari trial and error. Setiap langkah kita diliputi risiko finansial yang ada. Tapi semuanya patut dicoba bukan? Maka dari itu, tetaplah optimis dalam setiap kebijakan. 

3. Bangun pertemanan yang positif

Kalau di kantor kamu punya rekan kerja, maka kamu juga perlu memiliki lingkaran pertemanan yang positif. Tentu, bukan yang toxic! Maksudnya begini, kamu perlu sahabat atau kawan yang mampi mengimbangi kejenuhanmu di tempat kerja. Sekaligus, teman-teman yang tidak mudah menghakimi. Bila kamu sudah memiliki teman-teman seperti ini, jagalah mereka agar terus mendukung usahamu. 

4. Minta dukungan keluarga

Dalam membangun bisnis, adanya dukungan keluarga menjadi ‘bumbu pelengkap’ yang perlu diraih. Bagaimanapun juga, adanya dukungan keluarga yang positif akan membuat setiap usahamu terasa lebih ringan. Bila ada kesalahan, mereka senantiasa akan mendukung dan memberi bantuan. 

5. Tetap profesional

Saat sedang down, atau semangat kerja lagi menurun, tetaplah profesional. Ketika ada masalah di tempat kerja, selesaikan sesuai dengan mekanisme yang ada. Sebisa mungkin rampungkan masalah secara cepat agar tidak melebar. Jangan tumpahkan masalah kerjamu kepada keluarga di rumah. 

Semoga dengan membaca kata-kata motivasi bisnis ini kita bisa tetap tenang dan terdorong mencari solusi yang terbaik dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi dalam bisnis. 

Untuk mendapatkan inspirasi berbisnis lainnya untuk kita yang sedang ingin memulai usaha, jangan ragu untuk mencari tips-tips bermanfaat di Lifepal! (Editor: Chaerunnisa)