Indonesia Jadi Salah Satu Tuan Rumah MotoGP 2021, Apa Keuntungannya?

Salah satu gelaran MotoGP bakal dihelat di Lombok. (Shutterstock)

Kabar menggembirakan datang untuk seluruh warga Indonesia. Indonesia, kabarnya telah menandatangani kontrak dengan penyelenggara MotoGP untuk menjadi tuan rumah balapan bergengsi tingkat dunia tersebut.

Dikutip dari coconuts.co, lokasi yang dipilih bukanlah sirkuit Sentul, Bogor, melainkan Sirkuit Mandalika Lombok. Meski kini sirkuitnya sudah dalam tahap perencanaan, tapi dikabarkan akan rampung tepat sebelum perhelatan MotoGP 2021.

Demi memerhatikan kualitas sirkuit, pembangunanya ini melibatkan perusahaan konstruksi asal Prancis, Vinci Constructuion Grand Projects. Soal track recordnya pun tak perlu diragukan. Vinci sudah berkompeten dalam hal konstruksi. Sejumlah proyek besar di berbagai negara telah turut melibatkan mereka, salah satunya adalah jalur subway Singapura.

Soal rancangan sirkuit pun belum diungkapkan dengan detil. Tapi, total panjang lintasan diperkirakan sekitar 4,3 kilometer. Proses pembangunannya akan mulai dikerjakan pada Oktober 2019 ini.

Dengan kehadiran MotoGP ke Tanah Air, tentunya bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi Indonesia khususnya warga Lombok. Kira-kira apa saja keuntungannya?

Baca juga: 4 Sosok Ini Lebih Tajir dari Orang Terkaya Dunia, Ada yang Hartanya 2.800 Triliun!

Dikenal banyak orang

Salah satu spot wisata di Lombok, yang bakal dijadikan tempat gelaran MotoGP. (Shutterstock)
Salah satu spot wisata di Lombok, yang bakal dijadikan tempat gelaran MotoGP. (Shutterstock)

Percaya gak percaya, masih banyak ternyata orang yang belum mengenal Indonesia. Apalagi mereka-mereka yang berada di benua lain seperti Eropa, Amerika, dan Afrika. Mungkin karena memang Indonesia masih negara berkembang.

Bahkan, Bali dengan Indonesia saja masih lebih terkenal Bali, padahal Pulau Dewata itu masih bagian dari Indonesia. Gak heran sih sebenarnya, karena memang keindahan Bali sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia.

Keindahan pantai, laut dan gunungnya menjadi salah satu tujuan utama masyarakat luar negeri untuk menghabiskan liburan musim panas mereka.

Nah dengan adanya MotoGP di Bali, diharapkan mampu menyedot perhatian jutaan orang di seluruh dunia tentang kota-kota lain di Indonesia. Artinya, eksistensi Indonesia di mata dunia bakalan bisa tersorot dengan mudahnya melalui ajang internasional ini.

Baca juga: Dijual Rp 70 Miliar, Ini Penampakan Rumah Mantan Istri Mendiang Bos Playboy

Meningkatkan Pariwisata

Indahnya Lombok dari udara. (Shutterstock)
Indahnya Lombok dari udara. (Shutterstock)

Pulau Lombok, gak kalah menarik dari Bali. Letak Bali dan Lombok yang berdekatan ini membuat keduanya memiliki karakteristik alam yang sama. Hamparan laut yang ada di Bali, kita juga bisa menemukannya di Lombok. Atau pantai biru nan bersih dan jernih, semua ada di Lombok.

Lombok sejatinya sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia setelah Bali. Tapi, soal popularitas, salah satu pulau di NTB ini memang gak terlalu terkenal.

Nah, diharapkan dengan adanya MotoGP di Lombok ini, semakin banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Hal ini tentunya bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar juga, terutama bagi mereka yang memiliki usaha restoran, hotel, dan jasa tour guide.

Untuk satu kali race, waktu yang dibutuhkan adalah minimal 4 hari, dari sesi kualifikasi hingga balapan. Nah, waktu sebelum, jelang, hingga sesudah race ini sangat memungkinkan digunakan para pengunjung mancanegara untuk berwisata terlebih dahulu, mengeksplor keindahan alam serta budaya Lombok.

Baca juga: 3 Caleg Muda Anak Pengusaha Tanah Air, dari Rusdi Kirana sampai Hary Tanoe

Infrastruktur maju seiring gelaran MotoGP

Indahnya Lombok. (Shutterstock)
Indahnya Lombok. (Shutterstock)

Belajar dari pengalaman, jika ada suatu event internasional, pasti Indonesia melakukan pembenahan infrastruktur secara jor-joran. Sebut saja perayaan Asian Games 2018 lalu. Pemerintah pusat maupun daerah berlomba-lomba mempercantik Jakarta dan Palembang dengan beragam fasilitas sarana dan prasarana umum yang memadai.

Trotoar diperlebar, lampu-lampu kota dipercantik, tanaman diperbanyak, sarana olahraga di GBK dirombak habis-habisan. Tujuannya adalah tentu untuk memperlihatkan citra baik di mata dunia.

Nah bayangkan juga seandainya rencana penyelenggaraan MotoGP di Lombok terwujud. Untuk menunjang event internasional dan banyaknya pengunjung yang datang, pemerintah akan mengebut dan menggencarkan pembenahan infrastruktur di Lombok, meskipun sedari dulu sudah dimulai. Tapi dengan adanya event internasional, mau tidak mau, pemerintah bakalan menaruh perhatian lebih.

Itu tadi tiga manfaat yang bisa dirasakan oleh Indonesia khususnya warga Lombok dengan kehadiran MotoGP ke sana. Paling penting adalah tahun 2021 nanti, buat kamu yang merupakan penggemar berat MotoGP, gak perlu lagi deh jauh ke Malaysia, Jepang, atau bahkan Spanyol untuk menyaksikan Marquez dan kawan-kawan berlaga. (Editor: Ruben Setiawan)