Mudik Aman Saat Nataru, Perhatikan Hal Ini Khususnya Pengguna Tol Layang!

Mudik

Mudik

Mudik merupakan tradisi yang umum dilakukan masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Pun begitu saat libur Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), banyak masyarakat memanfaatkannya dengan mudik ke kampung halaman.

Mudik memakai beragam transportasi umum mulai dari pesawat, kereta, kapal, hingga bus banyak dipilih masyarakat. Kini, momen pulang kampung juga bisa diwujudkan dengan berkendaraan pribadi menggunakan jalan tol yang sudah bisa dilalui masyarakat.

Pemandangan kendaraan menuju luar Ibu Kota Jakarta pun sudah berlangsung sejak Jumat 20 Desember lalu.

Mudik dengan mobil pribadi, banyak faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari kesiapan fisik prima bagi pengemudi dan penumpang, dari segi wahana transportasi, hingga kondisi lalu lintas di jalan perlu diwaspadai.

Nah, untuk kamu yang ingin mudik aman menggunakan kendaraan pribadi, berikut adalah empat tips berkendara, termasuk langkah antisipasi saat berada di ruas Tol Layang Jakarta – Cikampek atau Japek II Elevated (awalan Tol Trans-Jawa) yang bisa diperhatikan.

Di Tol Japek II Elevated, terdapat ruas di bawah 40 km yang memiliki sambungan setiap beberapa ratus meter yang berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan.

Tapi, kamu bisa mengantisipasinya dengan mengikuti tips aman menyetir dengan kendaraan pribadi seperti dilansir dari Suara.com jaringan MoneySmart:

Lewati jalan bergelombang, waspadai angin kencang Tol Japek II

Mudik
Lewati jalan bergelombang, waspadai angin kencang Tol Japek II

Mudik Nataru 2020 telah dinanti. Bagi para pemudik dengan mobil pribadi, bisa memanfaatkan tol elevated terbaru, yaitu jalan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Japek Layang memang sudah dioperasikan mulai Minggu 15 Desember 2019. 

Tol khusus kendaraan pribadi golongan I ini digratiskan hingga tahun baru 2020. Namun, kondisi jalan tol ini bergelombang dan berada di ketinggian, sehingga pengendara mobil yang melintas tentunya harus berhati-hati. 

Apalagi, dengan kondisi berada di jalan layang atas, angin kencang pasti sudah menanti para pengguna jalan.

Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran dengan Mobil, Ini yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Berangkat

Periksa kaki-kaki mobil 

Mudik
Periksa kaki-kaki mobil

Bagian kaki-kaki pada mobil merupakan komponen krusial, baik dari sisi kenyamanan maupun keselamatan berkendara.

Usai menempuh perjalanan panjang, ada baiknya memeriksa komponen mulai dari tie rod, long tie rod, bearing, ball joint, serta bushing arm. Semua komponen tersebut juga tak kalah penting untuk diperiksa dan dipastikan fungsinya.

Baca juga: 6 Mobil Tangguh yang Cocok Dibawa Mudik ke Kampung Halaman

Cek kondisi AC mobil 

Mudik
Cek kondisi AC mobil

Perjalanan jauh dengan mobil pribadi akan membuat kualitas mobil berkurang, termasuk bagian pendingin udara alias air conditioner atau AC. Agar kualitas AC mobil tetap terjaga, tentu perlu dilakukan beberapa perawatan.

Susanto, Product Manager PT Cipta Gemilang Bersama, mengungkapkan beberapa tips menjaga AC mobil tetap dingin setelah digunakan perjalanan jauh.

Baca juga: 5 Pengeluaran yang Gak Terduga dan Bikin Pusing Saat Mudik Lebaran!

Pakai Roof Box saat perjalanan jauh

mudik
Pakai Roof Box saat Perjalanan Jauh,

Penggunaan roof box saat akan melakukan perjalanan jauh tentunya akan menjadi kelebihan tersendiri. Pasalnya, kabin mobil pasti akan lebih lega karena barang bawaan sudah tersimpan di roof box.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang kurang memerhatikan kondisi barang di roof box. Padahal, Halley Siboro, Direktur PT Sole Indotrade penataan barang di roof box harus diperhatikan untuk menunjang keselamatan berkendara.

Selamat mudik aman saat Nataru!

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis