Mulai dari Rp 300 Jutaan, Ini Rekomendasi Rumah Tipe 45 di Jabodetabek

Rumah type 45 banyak dilirik terutama oleh keluarga kecil yang sedang mencari hunian pertama. Umumnya, rumah tipe ini terdiri dari dua kamar tidur dan satu kamar mandi, dilengkapi space parkir untuk satu kendaraan. Oleh sebab itu, hunian ini dianggap cocok untuk keluarga baru yang telah memiliki satu atau dua anak.

Sayangnya, mencari rumah type ini dengan bujet sesuai kantong susah-susah gampang. Terutama di Jabodetabek yang biaya hidupnya jauh lebih tinggi dari daerah lain.

Tapi, susah bukan berarti gak ada. Biar kamu gak kesulitan cari rumah dengan harga terjangkau, MoneySmart punya rekomendasinya nih. Jika berjodoh, siapa tahu bisa jadi hunian idamanmu. Berikut ini pilihannya.

1. Perumahan Tajir Pulo, Bogor – mulai Rp 300an juta

Rumah type 45
(Image: Rumah)

Perumahan ini berlokasi tak jauh dari stasiun Citayam, Bogor. Tepatnya di Jl. Raya Tengah Kampung Polo, Tajur Halang. Desain rumah dibangun minimalis dengan dua lantai dan dua kamar tidur.

Lokasinya terbilang cukup strategis karena dekat dengan Mall dan Terminal Parung, RSUD Depok, stasiun, hingga Masjid Kubah Emas. Perumahan juga dibangun di atas daerah bebas banjir. Jadi gak perlu cemas saat musim hujan datang.

Untuk rumah type 45/72, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 300an juta. Jika tertarik, kamu bisa menghubungi bagian marketingnya melalui sms atau whatsapp di 085719412789.

2. Cluster Luna Residence Cikarang, Bekasi – mulai Rp 300an juta

rumah type 45
(Image: Lamudi)

Rumah di cluster ini terdiri dari satu lantai dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Lokasinya berdekatan dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit umum, terminal, dan stasiun Cikarang. Tepatnya ada di Jl Pilar Sukaraya, Cikarang Utara, Bekasi.

Untuk memiliki hunian di cluster ini, ada biaya booking fee yang perlu kamu siapkan sebesar Rp 2 juta dan DP sebesar 10 juta. Cluster dengan total 34 unit ini juga dilengkapi CCTV sebagai fasilitas keamanan di lingkungannya.

 

3. Villa Rengganis 2 Pamulang, Tangerang – mulai Rp 300an juta

rumah type 45
(Image: daftarperumahanmurah)

Bergeser ke Tangerang, kamu bisa memilih hunian di Villa Rengganis. Perumahan ini berdesain modern minimalis dengan sistem keamanan 24 jam dan one gate system. Lokasinya juga dekat dengan pintu tol BSD dan berbagai pusat perbelanjaan, seperti Giant Pamulang atau Pamulang Square.

Perumahan cluster yang berlokasi di Tangerang Selatan ini menawarkan harga mulai dari Rp 300an juta dengan hadiah langsung AC Samsung 0,5 PK. Harga yang dibayarkan pun sudah termasuk biaya surat-surat yang diperlukan. Cicilan yang perlu kamu siapkan sekitar Rp 2 jutaan per bulan.

Jika berminat, kamu bisa mengunjungi situs resminya di sini.

4. Kota Sutera, Tangerang – mulai Rp 300an juta

rumah type 45
(Image: Lamudi)

Masih di Tangerang, perumahan Kota Sutera juga menawarkan hunian yang terjangkau. Lokasinya sangat strategis untuk kamu yang bekerja di kawasan bandara atau maskapai penerbangan. Fasilitas yang tersedia di kawasan ini juga cukup lengkap, mulai dari club house, taman, sport club, jogging track, dan dekat dengan Plaza Boulevard.  

Selain rumah type 45/75, perumahan ini juga menawarkan unit lain seperti type 75/90 dengan harga mulai dari Rp 500an juta dan type 91/105 dengan harga mulai dari Rp 700an juta.

5. Azana Village Depok – mulai dari Rp 400an juta

rumah type 45
(Image: rumahdijual)

Cluster Azana Village merupakan perumahan modern minimalis yang berlokasi di jalan Haji Sulaiman, Bedahan, Sawangan, Depok. Lokasinya sekitar 30 menit dari stasiun Depok.

Jika ingin mencari hiburan bersama keluarga, kamu bisa menuju Water Park Pasir Putih yang jaraknya hanya 10 menit dari rumah.

Untuk menempati rumah type 45/80 di sini, kamu perlu siapkan DP sebesar Rp 20 juta dan booking fee sebesar Rp 2 juta. Tersedia pula garansi bangunan selama tiga bulan.

 

Untuk menghemat banyak biaya, membeli rumah secara cash memang merupakan cara terbaik. Kamu jadi tak perlu membayar bunga dan biaya tambahan lainnya.

Tapi sayangnya, hal ini tak selalu bisa dilakukan oleh semua orang. Oleh karena itu, pengajuan kredit pemilikan rumah alias KPR dapat menjadi alternatif pembelian yang bisa dipilih.

Walau begitu, membeli secara kredit juga perlu strategi untuk menekan banyak biaya. Jika kamu membeli secara kredit, sesuaikanlah periode atau tenor cicilan sesuai dengan rencana dan kondisi keuanganmu.

Tenor panjang atau pendek, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Mengambil KPR dengan tenor pendek atau di bawah 10 tahun  memang bisa menghemat total biaya pembelian dibanding cicilan di atas 10 tahun. Walau begitu, bisa jadi petaka jika tak sesuai dengan kemampuan finasialmu.

Ingat, kamu tetap harus mengalokasikan dana untuk kebutuhan lain seperti keperluan sehari-hari, tabungan, hingga investasi. Jangan sampai kebutuhan ini terabaikan karena memaksakan mengambil tenor KPR yang pendek dengan cicilan yang besar.  

Di sisi lain, beberapa waktu mendatang, gaji dan daya belimu juga meningkat sehingga biaya cicilan jadi terasa lebih ringan seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, pastikan telah memiliki rencana keuangan sebelum mengajukan KPR.

Selain harga, lingkungan rumah yang akan kamu huni juga perlu diperhatikan. Sebelum membeli, pastikan kamu telah cocok dengan lingkungan rumah tersebut dan tak kesulitan dengan akses jalannya. Jangan sampai kamu menyicil rumah yang pada akhirnya bikin kamu gak betah sendiri.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →