Waspada! Ini Pengeluaran Gak Terduga yang Sering Muncul Saat Musim Hujan Datang

musim hujan

Memasuki bulan November dan Desember setiap tahunnya di Indonesia biasanya ditandai dengan musim hujan. 

Pada periode ini, biasanya masyarakat Tanah Air dilanda musim hujan dengan sepaket masalahnya mulai dari kesehatan hingga permasalahan sosial seperti banjir yang rutin terjadi.

Gak hanya rugi dari sisi mobilitas, musim hujan juga membawa dampak negatif yang bisa merogoh kantong seseorang jika kurang dipersiapkan baik. 

Bahkan, untuk sebagian orang yang sudah mempersiapkannya pun kadang masih suka bocor karena ada berbagai kebutuhan tak terduga.

Lantas, apa saja sih daftar pengeluaran yang gak terduga saat musim hujan datang tahun ini? 

Servis motor atau mobil

Musim hujan
Servis motor atau mobil

Saat musim hujan salah satu kejadian yang rutin terjadi adalah banjir. Masalah ini sudah menjadi hal yang lumrah jika kamu tinggal di daerah Jabodetabek.

Buat kamu yang pulang pergi kerja menggunakan motor atau mobil, pasti pernah yang namanya menerobos banjir agar bisa secepatnya sampai di rumah. 

Kalau sekali atau dua kali sih gak masalah, tapi jika diulang terus menerus bisa menyebabkan kendaraan cepat rusak.

Ujung-ujungnya, hal yang harus dilakukan adalah pergi ke bengkel untuk membenarkan bagian yang bermasalah. Kejadian ini tentunya di luar biaya servis bulanan yang sudah rutin dianggarkan.

Karena itu, kamu harus lebih siap dengan konsekuensi menerobos banjirnya. Kamu bisa mencari jalan alternatif yang relatif lebih aman dari hal tersebut.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan yang Paling Hemat dan Murah

Saat musim hujan rentan terkena penyakit

Musim hujan
Rentan terkena penyakit

Selain permasalahan kendaraan pribadi, cuaca yang relatif dingin dan gak menentu bakal memengaruhi daya tahan tubuh kamu jika kurang memerhatikan pola hidup sehat. Karena itu, banyak orang yang rentan terkena penyakit seperti flu, batuk hingga demam.

Yang jadi permasalahan adalah jika kamu harus pergi ke dokter dan membeli obat tambahan yang harganya cukup mahal. Pastinya hal ini akan mempengaruhi kondisi keuangan kamu jika kurang diperhatikan.

Sebaiknya kamu mencegah terlebih dahulu dengan meminum suplemen vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: 7 Jurus Menghemat Uang di Musim Hujan yang Perlu Kamu Pahami

Biaya renovasi rumah

Musim hujan
Biaya renovasi rumah

Meski terbilang jarang terjadi, ada baiknya kamu tetap bersiaga menyimpan dana tambahan jika musim hujan mengakibatkan rumah mengalami kerusakan. Kejadian yang paling umum adalah, kebocoran.

Selain membeli genteng, kamu juga harus mengeluarkan biaya ke tukang untuk renovasi. Kedua hal ternyata membutuhkan dana yang gak sedikit juga.

Baca juga: Gak Bikin Kantong Bolong! 4 Cara Ini Bantu Karyawan Atasi Banjir Jakarta

Ongkos transportasi

Musim hujan
Ongkos transportasi

Buat kamu yang menggunakan kendaraan umum, ternyata musim hujan gak serta merta membebaskanmu dari pengeluaran tak terduga. 

Kondisi jalan banjir, dan sistem transportasi yang masih belum sempurna kadang memaksa kita mencari jalan lain untuk pulang ke rumah.

Misalnya, jika kamu terbiasa menggunakan ojek online, tapi karena musim hujan terpaksa menggunakan taksi online yang otomatis memakan ongkos lebih mahal. Hal seperti ini kadang perlu dilakukan oleh masyarakat yang memiliki mobilitas kerja tinggi.

Membeli perlengkapan hujan

Musim hujan
Membeli perlengkapan hujan

Pengeluaran gak terduga lain yang umum dibeli adalah, perlengkapan hujan seperti payung, jas hujan dan cover bag

Untuk bisa menghemat biaya ini sebaiknya kamu membeli perlengkapan yang bisa digunakan berkali-kali agar lebih hemat.

Itulah informasi mengenai pengeluaran tak terduga yang biasa muncul ketika musim hujan datang. Dari kelima poin tersebut, mana saja nih yang udah kamu persiapkan dari sekarang? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →