NAB Reksadana – Pengertian, Fungsi, dan Cara Hitungnya

nab adalah

NAB adalah serapan dari Bahasa Inggris yaitu Net Asset Value (NAV). Dalam Bahasa Indonesia NAB adalah Nilai Aktiva Bersih.

Pengertian dari NAB adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih reksadana setiap harinya. 

Jadi, total kekayaan bersih atau biasa juga disebut total aktiva bersih ini diartikan sebagai nilai pasar pada setiap jenis aset investasi reksadana tersebut.

Apa aja aset investasi reksadana? Ada surat utang (obligasi dan sukuk), saham, surat berharga pasar uang, deposito, dan lain-lain.

Sebagai bagian dari reksadana, NAB menjadi salah satu komponen yang wajib jadi pertimbangan kamu saat memilih investasi.

Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan reksadana

Sebelum mengulas NAB, gak ada salahnya kalau mengulas sedikit tentang reksadana.

Menurut UU Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 Pasal 1 ayat 27, reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal dan untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Dalam memahami reksadana secara sederhana, investor membeli reksadana yang berisikan efek-efek di pasar modal. Uang investor tersebut lantas “dibelanjakan” ke sejumlah efek yang menjadi komposisi portofolio reksadana.

Hasil kinerja reksadana secara harian atau NAB adalah patokan kamu buat mempertimbangkannya. 

Manajer investasi bakal menampilkan NAB ini di situs resmi mereka atau platform Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) secara berkala.

Fungsi NAB

NAB gak menentukan murah atau mahalnya suatu reksadana. Sesuai pengertiannya, NAB adalah petunjuk total kekayaan suatu reksadana yang dikelola manajer investasi.

Dalam berinvestasi di reksadana, investor perlu mengenal dan memahami istilah NAB/UP (nilai aktiva bersih per unit penyertaan) atau lebih sering disebut dengan NAB saja.

NAB/UP ini berfungsi sebagai tolok ukur atau acuan perhitungan harga dari suatu reksadana. Sebab apabila kita akan bertransaksi reksadana, baik beli maupun jual, kita perlu mengetahui berapa NAB suatu reksadana.

Kenapa? Alasannya adalah untuk memperkirakan jumlah unit yang akan diperoleh atau perkiraan keuntungan ketika menjual reksadana dan duitnya mau kamu cairkan.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Jumlah unit penyertaan reksadana ini jumlahnya tetap apabila kita tidak melakukan penambahan atau pembelian reksadana kembali (top up). 

Namun, bisa berkurang apabila kita melakukan penjualan (redemption) terhadap reksadana.

Sementara potensi keuntungan akan diperoleh berdasarkan pergerakan NAB reksadana yang setiap hari berubah.

Setiap hari bursa setelah selesai sesi perdagangan akan menghitung NAB reksadana. Hasil perhitungan NAB tersebut akan diterbitkan manajer investasi selaku pengelola portofolio reksadana dan dipublikasi berbagai media massa, baik cetak maupun online.

Fungsi lain dari NAB adalah sebagai informasi lebih mendalam atas reksadana tersebut. Hal ini bertujuan agar investasi yang dilakukan tepat dan menghasilkan keuntungan.

Manfaat NAB

Setelah tahu fungsinya, kita juga perlu tahu manfaatnya. NAB adalah dasar untuk menghitung harga unit investasi reksadana atau yang disebut NAB/UP.

Kamu bisa mencari tahu harga unit sebuah investasi dari perusahaan reksadana hanya dengan melihat data NAB/UP dari perusahaan bersangkutan. 

Nilai NAB/UP berubah setiap harinya karena didasarkan pada penghitungan NPW atau Nilai Pasar Wajar yang berlaku.

Faktor lain yang memengaruhi perubahan NAB adalah perubahan dana yang dikelola MI atau Asset Under Management (AUM) mengalami peningkatan nilai.

Nah, NAB tidak memberikan informasi tentang keuntungan yang diperoleh investor melalui reksadana secara langsung. 

Manfaat dari NAB adalah membantu kelancaran pelaksanaan proses investasi termasuk memilih yang terbaik.

Cara menghitung NAB

NAB adalah sebuah konsep dalam reksadana yang penting untuk dipahami, terutama bagi kamu yang ingin berinvestasi reksadana. Dasar perhitungan NAB adalah Nilai Pasar Wajar (NPW).

NPW menunjukkan harga transaksi yang berlaku yang nilainya bisa berubah setiap hari. Perubahan NPW yang tidak menentu ini ikut memengaruhi NAB.

Jika NPW berubah, NAB juga ikut berubah. Perubahan NAB ini terus di-update 5 hari dalam sepekan, yaitu Senin – Jumat.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Seperti yang sudah dijelaskan, NAB tidak bisa memberikan gambaran keuntungan yang akan didapatkan. 

Namun untuk memperkirakannya, lihat NAB yang berlaku lalu bandingkan dengan NAB saat dibeli. Perbandingan inilah yang dapat dijadikan ukuran untuk memperkirakan keuntungan yang didapat.

Sebagai contoh, kamu punya dana sebesar Rp5 juta untuk diinvestasikan pada reksadana A yang memiliki NAB/UP sebesar Rp3.000. Jumlah unit penyertaan yang akan kamu dapatkan alias NAB adalah sebagai berikut:

Rp5.000.000 / Rp3.000 = 1.666,67 unit.

Setelah jangka waktu tertentu, kamu dapat menjual kembali jumlah unit penyertaan tersebut atau menukarnya (mengalihkannya) dengan produk reksadana lain.

Jika setelah satu tahun kamu menjual kembali unit penyertaan dan NAB/UP-nya pada saat itu adalah Rp4.500, kamu dapat menghitung keuntungan sebagai berikut:

Rp4.500 x 1.666,67 unit = Rp7.500.015

Keuntungan yang kamu dapat adalah:

Rp7.500.015 – Rp5.000.000 = Rp2.500.015

Keuntungan investasi reksadana belumlah cukup buat menjamin keuangan keluarga ke depannya. Milikilah asuransi jiwa terbaik yang memberi benefit hingga Rp1,5 miliar, mulai dari Rp120 ribuan.

Kalkulator keuntungan investasi reksadana

Ada cara lain bagi kamu yang pengin menghitung sendiri keuntungan dari reksadana. Mungkin, kamu kurang yakin dengan hitungan potensi keuntungan dari yang ditampilkan situs manajer investasi.

Kalkulator bunga bergulung gak cuma buat menghitung reksadana. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menghitung nilai masa depan dana investasi lainnya.

Nah dengan kalkulator Lifepal, kamu cuma perlu memasukkan angka-angkanya aja yaitu saldo awal, setoran bulanan, suku bunga yang diharapkan, dan tahun. Setelah itu nilai akhir masa depan bakal muncul deh.

Dengan menggunakan kalkulator bunga bergulung ini kamu gak cuma bergantung pada NAB adalah potensi keunggulan suatu reksadana.

Jadi, kamu dapat menentukan strategi investasi lain termasuk tambahan dana investasi setiap bulan, persentase bunga berbunga, dan nilai akhir masa depan.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Masih punya pertanyaan seputar investasi lainnya? Kamu bisa lho mengajukannya kepada para ahli di bidangnya lewat Tanya Lifepal.

Tanya jawab

Pengertian dari NAB adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih reksadana setiap harinya.

Jadi, total kekayaan bersih atau biasa juga disebut total aktiva bersih ini diartikan sebagai nilai pasar pada setiap jenis aset investasi reksadana tersebut.

AUM adalah Asset Under Management yang menggambarkan total nilai pasar yang diperoleh ketika para investor mempercayakan seluruh investasinya kepada manajer investasi.

Tiap-tiap perusahaan yang menjual reksadana punya definisi ataupun formula perhitungan AUM berbeda-beda.

Dalam reksadana, NAV adalah nilai atau harga dari sebuah produk reksadana yang sedang diperjualbelikan.

NAV Reksadana ini biasanya ditulis dalam satuan per unit penyertaan reksadana. Misalnya, sebuah reksadana memiliki NAV seharga Rp1.000/Unit.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →