Ini Biaya Haji Plus yang Harus Disiapkan Calon Jemaah

biaya haji plus

Biaya haji plus yang lebih mahal dari haji reguler tetap diincar banyak masyarakat Indonesia. Meski Indonesia tidak mengirimkan jemaahnya ibadah ke Tanah Suci tahun ini, tidak ada salahnya mengetahui biaya haji plus untuk persiapan tahun mendatang.

Biaya haji plus memang mahal karena dengan beragam fasilitasnya untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin ke Tanah Suci tanpa menunggu lama.

Sekadar diketahui, haji reguler diselenggarakan oleh pemerintah, sedangkan haji plus diselenggarakan pihak swasta seperti travel agent yang biasa disebut Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Namun, tak perlu khawatir, sebab, penyelenggaraan haji plus alias ONH Plus tetap dalam pengawasan Kementerian Agama, kok!

Kamu enggak perlu menunggu lama hingga 15 tahun dengan menggunakan layanan haji plus. Selain soal biaya yang lebih mahal, yakni sekitar Rp163 juta, waktu berada di Tanah Suci menggunakan haji plus lebih singkat, yaitu sekitar 25-27 hari. Sementara untuk haji reguler dilaksanakan di Tanah Suci sekitar 40 hari.

Harga yang mahal juga sebanding dengan fasilitas yang akan kamu dapatkan nanti, seperti daftar tunggu yang lebih cepat, hotel di Makkah dan Madinah bintang 5, saat wukuf di Arafah kamu juga bisa menempati maktab VIP, dan makan selama tiga kali sehari. 

Kelebihan haji plus dibanding haji reguler

  1. Jadwal keberangkatan lebih cepat
  2. Lokasi penginapan ONH Plus biasanya jauh lebih dekat sedangkan Haji Reguler biasanya berlokasi 3-5 km dari Masjidil Haram
  3. Fasilitas hotel ONH Plus lebih banyak
  4. Kebutuhan akomodasi dan konsumsi jemaah Haji ONH Plus ditanggung pihak penyelenggara. Sementara  konsumsi jemaah Haji Reguler menjadi tanggungan pribadi
  5. Jemaah mendapatkan bimbingan haji yang lebih intensif dan ekslusif

Biaya haji reguler vs biaya haji plus

Gak hanya itu, tarif biaya haji plus dan reguler dipengaruhi juga oleh lokasi daerah keberangkatan. Ini dipengaruhi biaya embarkasi alias biaya keberangkatan menggunakan pesawat.

Untuk haji reguler, berdasarkan daerah yang paling dekat dengan Tanah Suci, Aceh memiliki tarif terendah dibandingkan daerah lainnya, yaitu sebesar Rp31.454.602. Sementara tarif termahal adalah Makassar dengan biaya sebesar Rp38.352.602.

Sedangkan untuk biaya ONH Plus dipengaruhi oleh fasilitas hotel, jarak, dan jumlah orang dalam kamar yang ditawarkan oleh travel agent terkait. Besarannya berada pada kisaranUS$11.000 sampai US$22.000 atau sekitar Rp155,8  juta hingga Rp311,7  juta.

Besarnya biaya tersebut sudah termasuk tiket PP, visa haji, biaya suntik meningitis, manasik haji, transportasi selama di tanah suci, penggunaan tour guide, air zamzam 5 liter, asuransi perjalanan, hingga biaya makan. 

Namun, biaya ini biasanya tidak termasuk pembuatan paspor, medical check up, kelebihan bagasi, dan biaya pribadi lainnya. 

Prosedur pendaftaran haji ONH Plus

Persyaratan haji ONH Plus atau haji khusus:

  1. Beragama Islam
  2. Memiliki kemampuan finansial untuk membayar setoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang ditetapkan Menteri
  3. Surat keterangan sehat dari dokter
  4. KTP yang masih berlaku
  5. Kartu keluarga
  6. Akte kelahiran atau kutipan akta nikah
  7. Surat keterangan dari PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) atau biro perjalanan  pilihan calon jemaah
  8. Pas foto berwarna dengan latar putih tampak wajah minimal 80 persen.

Tata cara pendaftaran haji ONH Plus kurang lebih sebagai berikut:

  1. Calon jemaah memilih agen perjalanan yang telah mendapatkan izin dari Kemenag RI. Pastikan izin tersebut masih berlaku yah.
  2. Calon jemaah haji menyetor tabungan Haji Plus minimal sebesar US$5.000 atau sekitar Rp70 juta untuk mendapatkan nomor porsi ONH Plus. Biasanya pihak agen perjalanan yang akan mengambil nomor porsi ONH Plus.
  3. Setelah mendapatkan nomor porsi ONH Plus, calon jemaah menyerahkan berkas persyaratan kepada agen perjalanan
  4. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu jadwal keberangkatan sekaligus mengikuti serangkaian manasik haji yang diselenggarakan pihak agen perjalanan.

Calon jemaah yang telah mendapatkan nomor porsi dapat melihat jadwal keberangkatan secara online di situs resminya

Caranya, masukan nomor porsi pada kolom yang tersedia di situs tersebut untuk melihat estimasi tahun keberangkatan.

Setelah jadwal diketahui, calon jemaah dalam melakukan berbagai persiapan meliputi pelunasan BPIH, persiapan pemantapan ilmu tentang manasik haji, dan persiapan menjaga daya tahan tubuh.

Jika waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler berkisar antara enam hingga belasan tahun, calon jemaah ONH Plus hanya perlu menunggu sekitar 1-3 tahun atau bahkan lebih cepat.

Selain biaya ONH Plus yang dibutuhkan di atas, biasanya calon jemaah juga perlu menyediakan biaya syukuran sebelum berangkat maupun setelah pulang serta biaya oleh-oleh dari Tanah Suci untuk kerabat.

Pilihan haji plus terbaik 2020

Tentunya ada banyak pilihan travel agent untuk ONH Plus. Tapi, sebelum memilih gak ada salahnya kamu mempertimbangkan beberapa hal, seperti biaya, fasilitas yang akan kamu dapatkan, hingga biaya lainnya.

Berikut daftar travel untuk ONH Plus terbaik dan terpercaya tahun 2020:

1. Rabbani Tour

Travel agent yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini sudah cukup memiliki nama dan memiliki izin resmi penyelenggaraan umroh dan haji dari Kementerian Agama. Rabbani Tour juga pernah menerima penghargaan tingkat nasional dan ASEAN sebagai salah satu agen travel umroh dan haji terbaik. 

Untuk paket ONH Plus, Rabbani Tour memiliki paket Haji Plus Furoda Arbain dan Haji Plus Furoda Non Arbain. Untuk biaya ONH Plus Furoda Arbain dikenakan biaya mulai dari US$16.000 atau Rp226,5 juta dan untuk ONH Plus Non Arbain biaya mulai dari US$15.500 atau Rp229,4 juta.

2. Maktour

Travel agent ONH Plus berikutnya yakni Maktour yang sudah memiliki tiga kantor besar di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Maktour juga dikenal dengan fasilitasnya yang nyaman dan serbamewah. 

Untuk biaya Haji Plus, Maktour memberikan harga sekitar US$28.600 hingga US$29.500 yakni sekitar Rp404 juta hingga Rp417,6 juta . Biaya ini sudah termasuk akomodasi, makan selama tiga kali sehari, perjalanan Makkah- Madinah, dan perlengkapan haji lainnya. 

Pilihan lainnya

3. Permata Azzumar Wisata

Dengan biaya US$13.000 atau sekitar Rp184 juta, kamu sudah bisa menikmati ONH Plus di Permata Azzumar Wisata. Paket haji selama 28 hari ini sudah termasuk biaya pesawat Etihad atau Saudia, hotel, visa haji, makan 3 kali sehari, tour guide yang dibimbing oleh ustadz, dan perlengkapan haji lainnya. Jarak hotel dengan masjid Nabawi dan Masjidil Haram pun hanya sekitar 100 meter saja. 

4. Khazanah Tour

Khazanah Tour memberikan biaya Haji Plus mulai dari  US$11.000 – US$16.900 atau Rp155,7 juta hingga Rp239,2 juta dengan fasilitas yang gak kalah nyaman dan mewah. Biaya ini sudah termasuk pesawat, hotel bintang 5, makan 3 kali sehari, hingga perlengkapan haji.

5. ESQ Tour

Travel agent yang didirikan oleh Ary Ginanjar ini memberikan paket ONH Plus mulai dari US$11.000 hingga US$22.000 yakni sekitar Rp155, 7 juta hingga Rp311,7 juta. Untuk fasilitas, umumnya sama dengan travel agent yang lain, hanya saja ESQ Tour memberikan paket training ESQ 4 tingkat dan program kurikulum ESQ Quantum Haji.

Tips menyiapkan uang untuk beribadah haji plus maupun haji reguler

Mengingat biaya haji yang tidak murah, kamu pun perlu mempersiapkan tabungan yang gak sedikit. Tentunya dibutuhkan kesabaran dan strategi agar uang cepat terkumpul, baik untuk biaya ONH Plus maupun haji reguler. 

Simak tips mudah menyiapkan uang untuk ibadah haji plus dan haji modern:

1. Hitung estimasi biaya yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus kamu lakukan yakni menghitung biaya lengkap untuk beribadah haji plus atau haji reguler sesuai keinginanmu. Sebab, besaran biaya ONH Plus dan haji reguler akan terus naik setiap tahunnya serta banyaknya antrean sehingga kamu harus lebih gercep lagi, nih. Kamu juga bisa mencari tahu biaya haji sesuai dengan embarkasi di daerahmu masing-masing.

2. Manfaatkan tabungan haji dan bonus 

Mengingat besarnya biaya pendaftaran awal untuk ibadah haji, kamu juga harus pintar mengatur uang untuk menabung. Sebaiknya, manfaatkan tabungan haji yang memang khusus dipersiapkan untuk ibadah haji. Sehingga, uang untuk ibadah haji tidak akan dipakai untuk kebutuhan lain. 

Saat ini sudah banyak perbankan yang memiliki layanan tabungan haji dengan setoran wajib setiap bulannya. Semakin besar setoran bulanan yang kamu ambil, maka semakin cepat nomor antrian yang akan kamu dapatkan.

Kamu juga bisa memanfaatkan THR atau bonus tahunan untuk menambah tabungan hajimu. 

3. Harus berkomitmen dan disiplin

Karena menabung biaya haji membutuhkan waktu bertahun-tahun, sebelum memulainya, kamu juga harus berkomitmen dan disiplin. Setiap penghasilan yang kamu peroleh, niatkan untuk menabung haji dan berhematlah lebih banyak. 

4. Pilih bank khusus tabungan haji terbaik

Sebelum memutuskan memilih tabungan haji, sebaiknya cari tahu dulu sistem setiap bank. Sebab, ada juga bank yang menentukan setoran, dan ada juga bank yang menentukan setoran sesuai kemampuan kamu asal rutin setiap bulan. 

Sebaiknya, pilih juga bank yang sudah bekerja sama dengan Arab Saudi agar kamu bisa menarik uang saat sedang beribadah haji.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang haji plus dan biaya haji plus. Walau biayanya lumayan tinggi, fasilitas dan manfaat yang kamu dapatkan juga sepadan. 

Meski begitu, pemilihan ONH Plus atau reguler tetap disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu.

Sebagai calon jemaah kamu juga wajib memahami prosedur dan persyaratan haji dengan baik agar tak jadi korban tipu oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Selalu lindungi dirimu dengan asuransi ke mana pun kamu pergi

Selain kesiapan finansial, beribadah haji membutuhkan kesiapan mental dan fisik pula. Berapa pun usiamu dan seberapa fit tubuhmu, senantiasa melindungi diri dengan asuransi adalah langkah yang bijaksana.

Apalagi bagi kita yang kebetulan harus singgah ke luar negeri di mana kita tidak terlalu memahami prosedur dan layanan medisnya, pertanggungan biaya medis menjadi bekal yang tepat di kala kita terpaksa berobat ke rumah sakit di sana karena mengalami serangan penyakit mendadak.

Solusinya terletak pada asuransi kesehatan. Berkat manfaat yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan, kita tidak perlu khawatir lagi dengan besarnya beban pembayaran atas perawatan medis yang kita dapatkan. Cukup dengan menyerahkan kartu keanggotaan asuransi atau memberi tahu nomor polis asuransi kita, pihak rumah sakit bisa langsung memberikan perawatan yang tepat atas penyakit kita.

Di samping manfaat asuransi kesehatan, kita juga memiliki opsi untuk membekali diri dengan asuransi jiwa. Asuransi jiwa bermanfaat memberikan kita pertanggungan tunai yang bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk beberapa saat selama kita belum bisa bekerja kembali secara optimal akibat mengalami sakit atau cacat sementara atau bahkan permanen.

Yuk konsultasikan apa saja pilihan produk asuransi dengan manfaat dan premi yang sesuai dengan kebutuhanmu hanya di Lifepal sebagai marketplace asuransi online unggulan di Indonesia.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →