Naikkan Harga Rumah, Coba 4 Cara Ini Biar Rumah Kamu Punya Nilai Lebih

Harga rumah bakal tinggi bila lokasinya strategis. Namun, harga tersebut bakal bisa lebih tinggi lagi kalau kamu bisa bikin rumah kamu punya nilai lebih.

Bahkan meskipun rumah kamu gak berada di lokasi strategis sekalipun, kamu bisa bikin orang lain ‘jatuh cinta’ pada rumah kamu. Pepatah bilang “dari mata turun ke hati”, kalau rumah kamu punya sesuatu yang menarik tentu orang bakal bela-belain buat beli.

Nah, gimana cara buat menaikkan harga jual rumah kamu? Simak beberapa triknya di bawah ini.

1. Renovasi

Harga Rumah
Dari mata turun ke hati, jangan lupa renovasi (Rumah)

Jalan pertama yang bisa kamu tempuh adalah renovasi rumah kamu sebelum dijual. Terlebih kalau kamu udah gunakan rumah tersebut selama bertahun-tahun, bisa jadi ada beberapa bagian yang ‘cacat’.

Kenapa gak biarkan calon pembeli sendiri aja yang nantinya merenovasi? Alasannya calon pembeli biasanya udah punya mindset biaya renovasi mahal. Belum lagi mereka bisa jadi gak punya waktu atau malas buat mengurus hal-hal terkait proses renovasi.

Nah, kamu untung, mereka pun gak perlu terkatung-katung.

Kamu renovasi aja rumah kamu dan ambil sedikit keuntungan dari situ. Kamu bisa naikkan harga rumah karena rumah kamu udah beres.

Contoh, cat ulang dinding rumah biar terlihat baru. Perbaiki gentengnya bila ada yang bocor meski sedikit. Gak lupa, perbaiki lantai yang bernoda atau lecet.

Rumah yang terlihat bersih tersebut bakal langsung disukai oleh calon pembeli.

[Baca: Biaya Renovasi Rumah Gak Perlu Mahal, Ikuti 8 Panduan Hemat Ini]

2. Dekorasi

dekorasi sebelum jual rumah
Dekorasi rumah tentukan harga rumah (dekoruma)

Selesai merenovasi rumah, dekorasi rumah kamu pun menentukan harga rumah kamu nantinya.

Sebagaimana udah disebutkan di awal, “dari mata turun ke hati”, rumah dengan dekorasi ciamik menambah nilai jualnya.

Kamu bisa mulai dari depan karena tampilan depan bakal menentukan orang mau lihat ke dalam apa gak. Kalau tampilan depan rumah kamu aja gak menarik gimana mau menarik perhatian orang?

Beberapa cara pendekorasian yang bisa kamu coba adalah:

  • Mulai dari teras dengan memerhatikan penataan tanaman dan kursi teras.
  • Tata ruang tamu sedemikian rupa dengan menempatkan sofa dan barang-barang yang tepat. Pastikan gak terlalu ramai.
  • Bila ada ruangan yang asimetris, perhatikan pendekorasiannya biar calon pembeli gak menganggap pojok tersebut gak punya fungsi.

[Baca: 15 Tips Dekorasi Ruangan Sempit Agar Nampak dan Terasa Lebih Luas]

3. Tata halaman rumah

harga rumah - halaman
Tanaman ikut tentukan harga jual (pagarbesi)

Hampir mirip dengan poin sebelumnya namun dengan cakupan lebih luas. Halaman rumah yang menarik bakal mendatangkan minat calon pembeli.

Yang pertama, kamu bisa tata halaman rumah dengan cara semenarik mungkin. Kedua, perbanyak tanaman bernilai jual tinggi. Contoh, berbagai pohon berkayu keras, seperti misalnya pohon durian montong, pohon jati, dan sebagainya.

Pohon-pohon ini juga minim perawatan sehingga bila calon pembeli gak punya waktu buat merawat gak bakal jadi masalah.

[Baca: Pengin Punya Taman di Rumah Tanpa Menguras Kantong? Ini Caranya]

4. Rumah multi-fungsi

rumah multi fungsi
Rumah sekaligus toko (Rumahdijual)

Cara ini bisa dilakukan bergantung pada lokasi rumah. Rumah yang multi-fungsi alias bisa digunakan buat kegiatan lainnya bakal menambah harga rumah tersebut.

Contoh, rumah tersebut memiliki sekat buat kios kecil. Dengan gitu, pemilik rumah berikutnya bisa menggunakannya buat berdagang.

Ada pula rumah tinggal sekaligus kos-kosan atau cocok dijadikan kantor. Dengan memiliki nilai bisnis seperti ini, tentu harga rumah semakin tinggi.

[Baca: Memanfaatkan Ruangan Rumah yang Gak Terpakai Buat Bisnis? Bisa-bisa Aja Kok]

Meskipun harga lebih tinggi, calon pembeli jadi lebih sempit. Gak semua calon pembeli butuh rumah yang bakal dijadikan sarana buat cari uang, bukan?

Buat kamu yang pengin jual rumah di tahun ini, atur sedemikian rupa sebelum menjualnya. Bila udah beres, kamu pun bisa jual rumah tersebut dengan percaya diri.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →