Gak Murah! Ini Prediksi Biaya Tiket Pesawat ke 5 Negara Terkecil di Dunia

Negara terkecil di dunia

Meski judulnya negara terkecil di dunia, bukan berarti berlibur ke sana biayanya murah. Justru, ada yang sebaliknya.

Mengacu pada kata “negara”, tentu hal itu bisa didefinisikan sebagai sebuah wilayah yang dihuni penduduk dan diatur sistem pemerintahan. Negara itu ada berbagai macam, mulai dari yang gak punya lautan, yang bersifat kepulauan, dan sebagainya.

Sebuah negara disebut kecil karena luasnya cuma sebatas satu kota atau wilayah. Kecil banget ya? Seharian jalan-jalan di sana mungkin sudah bisa dibilang kamu “keliling negara.”

Menurut WorldAtlas, ada lima negara yang kerap disebut negara terkecil di dunia. Apa aja dan berapa kira-kira tiket pesawat untuk terbang ke sana dari Indonesia? Yuk, simak ulasannya di sini:

1. San Marino

San Marino
San Marino

Negara terkecil di dunia yang satu ini letaknya dikelilingi oleh Italia. Negara ini berbatasan dengan Provinsi Rimini, dan kabarnya, luas negara ini cuma 61 kilometer persegi!

Beberapa di antara kamu pasti baru dengar nama negara ini? Ini benar-benar negara yang berdaulat, dan merupakan salah satu negara terkaya dari sisi produk domestik bruto per kapita.

Kabarnya, ada 30 ribu penduduk di San Marino. Dari 30 ribu penduduk tersebut, penganggurannya gak terlalu banyak, wajar aja sih lapangan kerja cukup memadai.

Meski negara ini gak gede, tapi kenyataannya San Marino punya sirkuit balap yang sering dipakai kejuaraan Moto GP. Sirkuit itu bernama Misano World Circuit Marco Simoncelli atau lebih dikenal dengan nama Sirkuit Marco Simoncelli.

Penggemar Moto GP pasti familiar sama nama Simoncelli, seorang pembalap yang tewas dalam kecelakaan di Sepang tahun 2011.

Berapa rupiah tiket pesawat dari Jakarta ke San Marino? Untuk menuju negara ini, kamu harus lewat Italia dulu yang harga tiketnya kurang lebih Rp 11 jutaan untuk keberangkatannya saja.

Setelah itu, kamu harus menuju Provinsi Rimini, mengingat San Marino gak punya bandara internasional. Mahal ya?

2. Tuvalu

Tuvalu
Tuvalu

Negara terkecil di dunia adalah Tuvalu. Tuvalu merupakan sebuah negara kepulauan yang letaknya luasnya kurang lebih 26 kilometer persegi dan dihuni oleh 10 ribu orang.

Letak negara ini ada di antara Hawaii dan Australia, so pasti di Samudera Pasifik ya. Negara ini merdeka dari Inggris pada tahun 1978, dan punya sistem pemerintahan Monarki Konstitusional.

Kabarnya, dalam setahun cuma ada 2 ribuan wisatawan yang datang ke negara ini. Padahal, Tuvalu punya kekayaan alam dan pantai yang sangat indah. Itu disebabkan lokasi Tuvalu yang sulit dijangkau membuat wisatawan lebih memilih Selandia Baru.

Untuk berangkat ke Tuvalu, kamu setidaknya harus berangkat dari Selandia Baru atau Australia dulu. Tiket berangkat ke sana berkisar antara Rp 5 jutaan, setelah itu kamu naik Fiji Air ke Tuvalu. Sayangnya gak ada informasi yang jelas soal biaya ke berangkatan dari Selandia Baru ke Tuvalu.

Kabarnya, negara ini sempat diprediksi terancam bencana sinking island alias terendam! Seram banget ya!

3. Nauru

Nauru
Nauru

Negara terkecil di dunia lainnya ialah Kepulauan Solomon. Negara ini terletak di sebelah timur dari kepulauan tersebut alias di wilayah Pasifik Tengah. Ukuran negara ini cuma 21 kilometer persegi!

Dulu, Nauru kerap dikenal dengan tambang fosfatnya. Namun, saat ini cadangan fosfat tersebut dikabarkan sudah habis. Nauru pun berubah menjadi tempat pusat pencucian uang ilegal.

Mengingat negara ini sangat tergantung dengan Australia, gak jarang Nauru disebut sebagai klien Negara Kangguru.

Beberapa destinasi wisata di sana adalah gunung volkano, Gua Moqua, Command Ridge yang jadi pusat pertahanan militer Jepang di puncak ketinggian 65 meter di atas permukaan laut, Pantai Anibare, dan Laguna Buana.

Bisa dibilang negara ini udah kayak negara bangkrut. Pasalnya, kamu gak akan menemukan kota besar di sini. Meski dalam kondisi tandus, pantai-pantainya tetap indah.

Akses ke sana memang sulit banget. Untuk bisa ke sana, kamu harus dapat visa dari Kedutaan Besar Nauru yang kabarnya cuma ada 10 di dunia. Salah satunya, di Brisbane, Australia. Otomatis, kamu harus merogoh kocek Rp 4,9 jutaan dulu, dan bikin visa ke Nauru sekitar US$ 100.

Dari Brisbane, kamu harus pergi ke Kepulauan Solomon dan setelah itu baru ke Nauru. Wow, ribet amat ya, yakin mau ke sana? Bali gak kalah keren dan lebih murah kayaknya.

4. Monako

Monaco
Monaco

Negara terkecil di dunia selanjutnya adalah Monako. Wilayahnya cuma 2 kilometer persegi. Tapi luas itu belum termasuk lautnya ya!

Selain berbatasan dengan Prancis, negara ini juga berbatasan dengan Italia. Meski kecil, negara ini adalah negara para miliarder.

Semua yang ada di negara ini mewah, dan praktik perjudian di sini legal. Penataan kotanya juga sangat rapi, dan negara ini dihuni oleh kurang lebih 360 jiwa saja.

Sumber penghasilan utama mereka dari pariwisata. Apalagi yang dicari oleh wisatawan kalau bukan kasino di sana.

Untuk menuju Monako, kamu harus berangkat dari Prancis, lebih tepatnya lewat Bandara Cote de Azur di Nice, yang biaya keberangkatannya dari Jakarta sebesar Rp 15 juta. Mahal banget ya, bolak-balik mungkin lebih dari Rp 30 juta.

5. Vatikan

Vatikan
Vatikan

Nah, ini dia negara yang ukurannya paling kecil di dunia! Apalagi kalau bukan vatikan yang luasnya hanya 0,44 kilometer persegi.

Negara ini memang tepat banget dikunjungi bagi mereka yang ingin melakukan wisata religi. Jelas saja, di Vatikan ada pusat Gereja Katolik di dunia, yaitu Basilika Santo Petrus. Karya-karya seni Abad Pertengahan juga masih terpampang di sana.

Sumber penghasilan negara ini berasal dari sumbangan Gereja Katolik Roma di seluruh dunia. Sementara itu, beberapa di antaranya berasal dari penjualan cendera mata.

Pemimpin negara ini adalah Paus Fransiskus dengan Kepala Pemerintahannya, Giuseppe Bertello.

Menuju Vatikan gak sulit kok! Tapi, tiketnya mahal ya. Kamu butuh tiket berangkat ke Roma, Italia, yang harga tiket keberangkatannya paling murah Rp 11 jutaan. Dari Roma menuju Vatikan, kurang lebih memakan waktu 30 menit saja.

Itulah lima negara terkecil di dunia, dan perkiraan biaya untuk tiket pesawat dari Jakarta. Meski kecil, biaya menuju sana tentu gak murah. Belum lagi beberapa di antaranya akses transportasinya juga sulit.

Ingin mengunjungi salah satu di antaranya? Nabung dulu ya! 

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →