Pernah Dengar Soal Neteller? Ini Fungsi dan Manfaatnya

Internet jadi salah satu hal yang seakan tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Jika kita sering bertransaksi melalui internet, kita pasti sudah pernah mendengar metode pembayaran online seperti Paypal, Fasapay, dan Skrill. 

Sekarang ada lagi satu metode pembayaran baru, yakni Neteller yang bisa mempermudah aktivitas transaksi online kita. Belum pernah mendengar tentang Neteller? Yuk, kita pelajari bersama-sama.

Apa Itu Neteller?

Wanita berpikir

Neteller adalah adalah salah satu e-payment yang didesain untuk melakukan pembayaran secara aman serta mudah, bahkan pada situs-situs yang mungkin tidak menerima pembayaran via kartu kredit. Dengan slogan Fast, Simple And Secure Payments, Neteller menawarkan pelayanan yang cepat, sederhana, serta aman.

Neteller didirikan pada tahun 1999 di Kanada, tapi pada tahun 2004, kantornya pindah ke Isle of Man. Keamanan dana yang disimpan pada akun Neteller cukup terjamin karena telah mendapatkan izin dan lisensi dari Financial Conduct Authority (FCA) Inggris. Neteller juga menerapkan aturan Segregated Account sehingga dana nasabah tidak akan bercampur dengan dana operasional perusahaan.

Keunggulan Memiliki Akun Neteller

Setiap bentuk metode pembayaran nonkonvensional tentu memiliki keunggulan masing-masing yang berbeda dengan kompetitornya. Ini dia beberapa keunggulan Neteller.

  1. Pengguna Neteller di seluruh dunia telah mencapai 23 juta pemilik akun. Ini menandakan bahwa provider ini terkenal secara global.
  2. Tidak perlu membayar untuk memiliki akun di Neteller. Kita hanya perlu menyelesaikan langkah-langkah yang telah ditentukan.
  3. Metode penambahan dana ke akun Neteller bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.
  4. Kita bisa melakukan berbagai transaksi online dengan Neteller, di antaranya mengirimkan uang, membelanjakan uang, dan membayar pembelian.
  5. Tersedia rewards bagi kita yang aktif melakukan transaksi di Neteller. Dengan program Reward Points, kita bisa mendapatkan poin setiap kali memindahkan uang dari dan ke akun kita. Poin ini dapat ditukar dengan uang tunai.
  6. Ada berbagai opsi yang tersedia jika kita ingin melakukan withdrawal atau penarikan dana dari akun Neteller, seperti transfer bank, melalui merchant, dan money transfer. Masing-masing memiliki biaya transaksi yang berbeda.

Cara Membuat Akun Neteller

  1. Kunjungi situs Neteller. Hal pertama tentu saja kita harus mengunjungi situs Neteller, lalu klik “Join For Free“.
  2. Masukkan surel. Surel adalah bagian penting ketika melakukan pendaftaran di Neteller. Kita wajib memasukkan surel ketika akan login ke akun Neteller.
  3. Tentukan password yang akan digunakan. Langkah kedua adalah memilih password yang akan digunakan. Pastikan password tersebut terdiri atas minimal delapan karakter, satu di antaranya adalah angka dan huruf.
  4. Pilih mata uang yang digunakan. Selanjutnya kita perlu memilih jenis mata uang yang lebih banyak digunakan ketika akan melakukan transaksi online. Ingat, pilihan ini tidak dapat kita ubah, jadi jangan sampai salah, ya.
  5. Masukkan informasi personal. Kita perlu memasukkan beberapa informasi personal. Beberapa di antaranya adalah nama depan dan nama belakang, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, dan nomor telepon. Jika menginginkan informasi mengenai Neteller di email, kita bisa mencentang pada kolom yang tersedia.
  6. Jika sudah mendaftar dan terkonfirmasi, akun Neteller siap digunakan untuk melakukan transaksi online.

Cara-Cara Melakukan Deposit Neteller

Wanita berkerja

Pilihan deposit yang ditawarkan oleh Neteller cukup variatif. Pada tahun 2018, Neteller telah menawarkan 60 cara yang mempermudah pengguna untuk menyetorkan dana. Mulai dari metode pembayaran yang umum seperti Skrill, UnionPay, hingga menggandeng bank lokal dari negara-negara tertentu. 

Komisi yang dikenakan untuk deposit melalui berbagai metode ini juga berbeda-beda. Akan lebih bijak jika kita mencermati opsi mana yang fee-nya paling ideal terlebih dulu. Ini dia beberapa cara deposit yang bisa kita pertimbangkan.    

1. Deposit melalui Bitcoin/Bitcoin Cash

Popularitas mata uang kripto yang semakin menanjak, membuatnya menjadi salah satu alat pembayaran yang cukup diminati pada transaksi online. Neteller menerima deposit Bitcoin/Bitcoin Cash dengan komisi sebesar 1 persen.

Setoran Bitcoin/Bitcoin Cash dapat langsung digunakan untuk transfer ke merchant pengguna Neteller atau transfer ke anggota lain. Namun, perlu dicatat juga bahwa Bitcoin yang tersimpan dalam rekening tidak dapat digunakan untuk pembelian atau penarikan menggunakan kartu Net+.

Jika tidak ada hambatan, deposit Bitcoin di Neteller akan masuk secara instan. Meskipun begitu, alokasikan waktu satu hari kerja jika kita berniat untuk mengubah jumlah setoran pada Wallet Bitcoin.   

2. Deposit melalui Visa Debit/Kredit

Untuk deposit melalui Visa Debit/Kredit, kita akan dikenakan biaya komisi sebesar 4.95 persen. Sama seperti penggunaan kartu Visa Debit/Kredit pada umumnya, kita akan diminta untuk mengisi nomor kartu, masa berlaku, kode keamanan, serta mata uang yang akan dipakai.

Sebagai data tambahan, kita juga wajib memberi keterangan tentang tujuan membuka rekening Neteller. Karena Neteller merupakan rekening yang bersifat global, terdapat pilihan apakah kita akan menggunakannya untuk transaksi Non-Gambling atau Gambling.  

3. Deposit melalui Skrill

Jika kita mengisi rekening Neteller melalui Skrill, kita akan dikenakan biaya komisi sebesar 3%. Cukup dengan memilih icon bertuliskan “Skrill” lalu memasukkan jumlah deposit yang diinginkan, sistem akan secara otomatis menghitung berapa nominal yang harus kita setorkan (ditambah biaya komisi).

Cara Withdraw Dana dari Neteller

Kita sudah tahu beberapa cara melakukan deposit pada akun Neteller, bagaimana dengan cara menarik dana dari rekeningnya?

Untuk Withdraw Neteller, metode yang ditawarkan antara lain melalui transfer bank, Member Wire, merchant yang telah menjalin kerjasama, serta transfer dana dari bank lokal (negara tertentu). Waktu proses serta komisi yang dibebankan pada masing-masing metode ini berkisar antara 0 persen hingga 10,5 EUR.

Cara withdraw dengan mudah adalah melalui menu “Money Out”, dan mengisikan berapa nominal yang ingin ditarik. Penawaran menarik juga diberikan bagi kita yang melakukan transaksi belanja online melalui Neteller karena komisi yang dikenakan sebesar 0 persen alias gratis.

Tertarik menggunakan Neteller sebagai metode pembayaran online? Semoga artikel ini membantu. Mau tahu produk-produk e-wallet lainnya yang populer dan memudahkan kita bertransaksi secara online? Langsung cari tahu saja di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →