Ngajuin Pinjaman Uang di Bank? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Pinjaman uang di bank memang menggiurkan, terlebih jika kamu sedang membutuhkan uang dalam jumlah banyak.

Ditambah lagi sudah banyak sekali bank yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang rendah dan tenor yang panjang.

Hal itulah yang membuat banyak orang memilih untuk mengajukan pinjaman di bank. Namun, sebelum mengajukan, sebaiknya ketahui dulu kekurangan dan kelebihannya.

Apa aja itu? Berikut di antaranya:

Kelebihan pinjaman uang di bank

pinjaman-uang-di-bank
kelebihan pinjaman uang di bank (maxmanroe)

1. Banyak varian produk

Salah satu kelebihan pinjaman uang di bank adalah memiliki banyak varian produk, mulai dari pinjaman tanpa agunan, pinjaman untuk kredit kendaraan, rumah, dan jenis-jenis pinjaman lainnya.

Hal itu tentu saja dapat memudahkanmu untuk memilih produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhanmu.

[Baca: Ini Dia 5 Jenis Pinjaman Bank Mandiri yang Cocok Buat Usaha]

2. Lebih aman

Pinjaman uang di bank juga terbilang lebih aman dan terjamin, karena untuk proses pinjamannya itu sendiri sudah diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan juga Bank Indonesia.

Itulah mengapa, kamu harus melalui proses BI Checking terlebih dahulu jika pengin pengajuan pinjamanmu diterima oleh bank.

3. Ada di mana-mana

Ya, yang dimaksud adalah bank ada di mana-mana bahkan hingga ke pelosok daerah. Hal itu tentu saja dapat membuat kamu tak perlu repot dan bingung jika pengin mengajukan pinjaman uang di bank.

Jadi, kamu tinggal mendatangi cabang bank terdekat di daerah tempat tinggalmu.

4. Perhitungan bunga lebih jelas

Kelebihan lainnya dari pinjaman uang di bank adalah perhitungan bunga yang ditawarkan pun lebih jelas.

Jadi, buat kamu yang pengin mengajukan pinjaman dapat mengetahui bagaimana metode perhitungan bunganya dengan jelas.

Hal tersebut tentu saja dapat membantumu untuk mengetahui berapa jumlah uang yang harus kamu keluarkan setiap bulannya untuk membayar cicilan.

[Baca: Sebelum Milih KPR, Pelajari Dulu Suku Bunga Acuannya]

Kekurangan pinjaman uang di bank

pinjaman-uang-di-bank
Kekurangan pinjaman uang di bank (bimbinganislam)

1. Syarat lebih ketat

Salah satu kekurangan pinjaman uang di bank adalah syaratnya yang terbilang lebih ketat. Tapi ini seiring dengan kemanannya. Pinjaman uang yang aman tentu menuntut syarat yang ketat pula bukan?

Ada beberapa dokumen yang harus kamu lengkapi jika pengin pinjamanmu diterima oleh bank, seperti:

  • Identitas diri (KTP), harus sesuai dengan alamat tinggal saat ini. Jika berbeda, maka kamu harus mencantumkan surat keterangan dari pihak kelurahan tempat tinggalmu.
  • Identitas diri suami/istri bagi yang sudah menikah. Agar pihak bank tahu kalau pengajuan tersebut telah diketahui oleh kedua belah pihak.
  • Buku nikah untuk yang sudah menikah. Agar pihak bank mengetahui kalau harta tersebut adalah milik bersama.
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • Slip gaji.
  • Buku tabungan.

2. Proses lebih rumit

Selain syaratnya yang cukup ketat karena banyak dokumen yang harus dilengkapi, kekurangan lainnya dari pengajuan uang di bank adalah prosesnya yang terbilang rumit.

Setelah kamu melampirkan dokumen yang diminta dan datamu sudah diverifikasi, maka umumnya akan ada pihak bank yang akan menghubungimu untuk proses selanjutnya.

Gak berhenti sampai di situ, pihak bank juga akan melakukan survey untuk memastikan data yang kamu berikan benar, mulai dari menghubungi kantormu hingga datang ke rumah.

3. Potensi aset disita jika gagal bayar

Saat mengajukan pinjaman uang di bank, maka kamu akan diminta untuk menandatangani surat perjanjian, salah satunya kesepakatan penyitaan aset jika kamu gagal bayar alias kredit macet.

Jadi, bisa dibilang bank itu tidak akan memberikan toleransi. Jika kamu gagal membayar hingga melampaui batas yang diberikan, maka siap-siap aja asetmu akan disita oleh bank.

Misalnya rumahmu disita karena KPR macet atau meminjam uang dalam jumlah besar dengan jaminan surat kendaraan atau rumah.

4. Ada denda jika melunasi lebih cepat

Saat mengajukan pinjaman uang di bank, maka kamu memiliki kewajiban untuk membayar cicilan setiap bulan sesuai dengan yang sudah ditentukan, dari tanggal jatuh tempo hingga total biayanya.

Nah, saat kamu pengin melunasi cicilanmu lebih cepat karena mendapat rezeki nomplok, maka umumnya pihak bank akan memberikan denda.

Untuk dendanya itu sendiri berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan bank masing-masing.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan pinjaman uang di bank yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan.

Tapi yang terpenting sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman uang di bank, pastikan dulu apa kamu dapat tepat waktu membayar setiap bulan dan tepat waktu.

Selain itu, pastikan juga apakah keperluanmu benar-benar penting dan mendesak? Yakinkan sekali lagi, apakah itu kebutuhan atau keinginan.

Kamu tentu gak mau kan pusing mikirin duit karena tidak bisa membayar? Apalagi kalau pinjam duitnya buat membeli sesuatu barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Duh, jangan sampai deh.

[Baca: Ini Dia 5 Jenis Pinjaman Dana Tunai yang Ada di Indonesia]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →