Ngaku Pengguna Kartu Kredit Tapi Gak Bisa Maksimalin Manfaatnya? Baca Ini Dulu Deh

pengguna kartu kredit

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

 

Sudah bukan rahasia umum lagi ya kalau kartu kredit secara umum sangat berguna. Tapi, kalau gak pas dengan kebutuhan, masih mau bilang kartu kredit bermanfaat?

 

Jadi gini loh, kartu kredit bisa disebut bermanfaat kalau punya fitur-fitur yang kita butuhkan. Nah,manfaat kartu kredit bisa kita maksimalkan atau gak, kembali ke pribadi masing-masing.

 

Kenapa? Ya karena kebutuhan tiap-tiap orang berbeda. Kebutuhan kartu kredit bagi orang yang biasa bepergian ke luar negeri pastinya beda dengan yang lebih sering ngendon di negeri sendiri.

 

https://lifepal.co.id/media/kenali-lebih-lanjut-fisik-kartu-kredit-kamu-biar-pemakaian-bisa-maksimal

 

 

Begitu juga halnya dengan kebutuhan ibu-ibu dengan bapak-bapak. Untuk bisa bilang kartu kredit bermanfaat, yuk lihat contoh fitur-fitur umum kartu kredit berikut ini:

 

1. Balance Transfer

Fitur yang satu ini memungkinkan kita bisa beralih ke kartu kredit baru yang nawarin lebih banyak manfaat. Mekanismenya, kartu kredit lama ditutup dan sebagian tagihannya (biasanya 80 persen dari total tagihan) dilunasi oleh penerbit kartu kredit baru.

 

Nah, besar tagihan yang dilunasi itu bakal ada di tagihan kartu kredit yang baru tersebut. So, pastikan deh kalau kartu kredit baru yang nawarin balance transfer itu lebih oke dibanding kartu lama, misalnya lebih banyak rewards.

 

pengguna kartu kredit

Habis manis sepah dbuang, aiiih. Hati-hati ya kalau mau gunain fitur balance transfer 

 

 

2. Tarik tunai

Fitur tarik tunai atau disebut cash advance ini membuat kartu kredit berfungsi kayak kartu debit. Jadi, kita bisa narik duit lewat ATM, tapi dengan biaya tambahan.

 

Besarnya biaya adalah 2,95% per bulan, plus biaya administrasi. Fitur ini sebaiknya dipakai kalau pas kepepet aja, karena biayanya bisa lebih tinggi ketimbang duit yang kita tarik.

 

3. Cicilan 0%

Kalau fitur ciclan 0% atau dikenal juga dengan 0% installment plans, adalah andalan buat mereka yang gemar belanja pakai kartu kredit. Dengan fitur ini, kita nggak kena bunga selama periode cicilan.

 

Tapi, ada biaya administrasi yang menyertai. Saat pakai fitur ini, limit kartu kredit bakal terpakai sebesar harga barang yang dibeli.

 

Semisal, limit Rp 10 juta, harga barang Rp 5 juta. Berarti pada bulan itu sisa limit di kartu tinggal Rp 5 juta. Kalau kita pakai kartu lagi buat bayar sebesar Rp 6 juta, bisa di-reject atau kena biaya over limit.

 

pengguna kartu kredit

Gak bisa lihat tanda 0 persen langsung sikat bleh, ujung-ujungnya nangis bombay lihat tagihan

 

 

https://lifepal.co.id/media/punya-kartu-kredit-banyak-bisa-bikin-kamu-lebih-hemat-gak-percaya

 

 

4. Rewards

Sementara yang namanya rewards terdiri atas poin dan cashback. Contoh, beli tiket pesawat pakai kartu, dapet 10 poin. Poin bisa ditukar dengan hadiah tertentu, misalnya bisa nunggu pesawat di airport lounge eksekutif meski naiknya pesawat ekonomi.

 

Sedangkan cashback berupa potongan harga barang yang dimasukkan ke saldo kartu kredit. Diskon ini juga bisa langsung dipotong dari harga barang.

 

Misalnya belanja di supermarket sejumlah Rp 1 juta. Karena bayar pakai kartu kredit A, dapet diskon 10%, jadi bayarnya hanya Rp 900 ribu.

 

5. Transaksi mata uang asing

Fitur ini pas bingits buat mereka yang gemar jalan-jalan ke mancanegara. Kalau kartu punya fitur foreign currency transaction ini, harga barang yang dibeli dalam kurs asing bakal dirupiahkan di tagihan kartu.

 

Mata uang asing yang dirupiahkan akan disesuaikan dengan kurs saat itu. Misalnya kurs Rp 15 ribu per US$ 1 dan kita beli barang seharga US$ 100, berarti besar tagihan Rp 1,5 juta.

 

Di luar kelima manfaat itu, ada hal penting lain untuk memastikan kartu kredit bermanfaat. Yaitu kemampuan mengelola tagihan. Sebanyak apa pun fitur yang ditawarkan, gak akan bermanfaat kalau kita lupa daratan memakainya.

 

pengguna kartu kredit

Aku cinta rupiah, biar dolar di mana-mana, ets malah nyanyi hahaha

 

 

https://lifepal.co.id/media/gak-mau-terjungkal-ke-dalam-jurang-utang-kartu-kredit-kan-simak-4-hal-berikut

 

 

Ingat ya, penggunaan kartu kredit perlu dikendalikan loh. Tanpa adanya kendali, kartu kredit hanya akan mengundang masalah karena utang yang menumpuk. Jadilah pengguna kartu kredit yang bijak dan cerdas. 

 

 

 

Image Credit:

  • http://cache-blog.credit.com/wp-content/uploads/2013/07/transfer-a-credit-card-balance-iStockphoto.jpg
  • http://assets.bmdstatic.com/assets/images/promo/cicilan-mega-header.jpg?d=201403111341
  • https://media.beritagar.id/GaPWt6LnZ9aBWEQxgpa3bCK2tG8=/0x0:0x0/660×0/backend.smart-money.co/wp-content/uploads/2014/11/Cash-Credit-Card.jpg

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →