Nggak Punya Lahan? Coba Bisnis Food Truck dengan Modal di Bawah Rp 100 juta Yuk!

bisnis food truck

Salah satu bisnis yang nggak pernah surut adalah makanan dan minuman. Siapa sih yang nggak butuh makanan dan minuman? Dengan inovasi, kreativitas dan promosi yang gencar, niscaya bisnis makin berkibar.

 

Tapi nggak bisa dimungkiri, salah satu kendala untuk memulai sebuah bisnis makanan dan minuman adalah lahan. Selain biaya sewa yang terus naik, bisnis makanan dan minuman tentu memerlukan biaya operasional yang nggak bisa dibilang sedikit.

 

Tapi meskipun begitu, jangan patah arang dulu. Masih banyak peluang memulai bisnis seperti ini contohnya lewat online atau truk makanan (food truck).

 

Kalau kamu sering datang ke event-event gaul atau nongkrong di tempat yang hip, biasanya ada sebuah truk yang dihias sedemikian rupa menawarkan banyak jajanan dan minuman. Nah, itulah food truck.

 

 [Baca: Punya Space Nganggur Plus Uang Rp 20 Juta? Coba Buka Coffee Shop Yuk!]

Keuntungan Bisnis Food Truck

Peluang di bisnis food truck ini masih terbuka lebar dan pangsa pasar yang bisa digarap tergolong besar. Selain biaya operasional yang bisa ditekan, bisnis food truck menawarkan omset yang besar lho.

 

1. Modal

Modal untuk bisnis food truck tentu nggak sebesar jika harus menyewa lahan/bangunan. Modal yang kamu perlukan adalah:

 

  • Mobil box
  • Meja dan kursi
  • Karoseri (dekorasi mobil)
  • Peralatan makan/minum
  • Peralatan dapur
  • Genset

 

Kalau pintar berburu peralatan, modal yang kamu perlukan nggak lebih dari Rp 100 juta. Peralatan pun nggak harus baru. Bekas nggak masalah asal masih bisa berfungsi.

 

2. Bisa Berpindah-Pindah

Promosi bisnis memang lebih mudah menggunakan media sosial, tapi kalau kamu membuka bisnis makanan di daerah yang sulit dijangkau ya sama saja boong. Yang ada malah bangkrut nanti. Keunggulan truk makanan ini adalah, kamu bisa berpindah-pindah mengikuti kemana keramaian berada.

 

bisnis food truck

Selain mudah menemui konsumen, biaya operasional restoran berjalan ini tentu nggak sebesar tempat makan konvensional

 

3. Gunakan Media Sosial

Seperti diutarakan di poin dua. Media sosial berperan penting untuk promosi bisnis nggak terkecuali bisnis makanan dan minuman. Dengan media sosial, kamu bisa memberitahukan kepada pelanggan tujuan dan lokasi truk makananmu.

 

[Baca: 6 Alamat untuk Bikin Website Gratis untuk Bisnis Online]

4. Jemput Bola Konsumen

Restoran konvensional ibaratnya cuma menunggu konsumen datang. Kalau nggak ada konsumen yang datang dari mana keuntungan datang?

 

Dengan truk makanan, kamu bisa jemput bola konsumen. Jika ada event atau keramaian kamu bisa mulai berjualan.

 

5. Bekerja Sama dengan Event Organizer

Keunggulan lain yang bisa didapatkan dari bisnis restoran berjalan ini adalah, kamu bisa bekerja sama dengan event organizer (EO). Ibaratnya kamu bisa menjadi official partner setiap kali EO tersebut mengadakan pergelaran.

 

Kamu juga bisa bekerja sama dengan pemilik gedung/lahan untuk menyewa halaman depan bangunan tersebut. Misalnya saja kamu menyewa halaman tersebut pada sore hingga malam hari. Harga sewa tentu nggak semahal jika harus menyewa bangunan.

 

Berapa Modal yang Dibutuhkan?

Coba kita lihat berapa sih kisaran modal memulai bisnis food truck. Nggak perlu yang mewah dulu, asalkan perlengkapan yang dibutuhkan cukup memadai.

 

bisnis food truck

Nggak perlu pake truk ukuran besar, mobil box semacam Daihatsu Gran Max sudah mencukupi lho

 

 

Misalnya saja nih, Andi tertarik memulai bisnis food truck yang menawarkan kopi dan cemilan. Berikut ini ilustrasi modal bisnis food truck:

 

Mobil Box Gran Max: Rp 50 juta

Karoseri/custom: Rp 15 juta

Peralatan Kopi: Rp 5 juta

Kulkas mini: Rp 1,5 juta

Gelas dan piring: Rp 1 juta

Stok kopi dan bahan makanan: Rp 2 juta

Meja dan Kursi: Rp 5 juta

Genset: Rp 3 juta

Biaya operasional: Rp 150 ribu/hari

Gaji Pegawai: Rp 1 juta

 

Total: Rp 88 juta

 

Omset yang ditawarkan lumayan lho. Dari pengalaman berbisnis ‘kopi keliling’, omset per hari bisa mencapai Rp 3 juta tergantung event dan lokasi tentu ya.

 

Nah, berbisnis nggak melulu soal modal besar kok. Asal ada niat kuat dibarengi dengan strategi yang jitu, bukan nggak mungkin modal kecil bisa berbuah untung besar.

 

[Baca: 8 Ide Bisnis Rumahan yang Gak Bakal Ikutan Lesu Kayak Rupiah]

 

 

Image credit:

  • http://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2015/01/Foto-4-Rekomendasi-Food-Truck-di-Jakarta.jpg
  • https://ecs7.tokopedia.net/img/product-1/2015/8/17/545187/545187_6c39d33b-0fad-48c0-9227-0a2b7d5babb6.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →