Nih Usaha Sampingan Tanpa Modal buat Karyawan Sibuk

Usaha sampingan tanpa modal

Kerja semakin sibuk tapi pendapatan tidak bertambah, waktunya menjalani usaha sampingan tanpa modal. Usaha sampingan tanpa modal memang pas buat kamu yang punya resolusi sukses tahun ini.

Sebagai karyawan, kamu pasti mendapat gaji tetap serta jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan. Tapi, nominal penghasilan yang didapat sebagai karyawan tidak jauh berbeda setiap bulannya. Sementara pengeluaran semakin bertambah setiap bulannya.

Sementara jika ingin meminta kenaikan gaji harus melalui beberapa proses dan tahapan terlebih dulu. Sehingga banyak karyawan memutuskan keluar dan pindah ke kantor baru untuk mendapat gaji yang lebih tinggi.

Jika tengah mengalami kondisi tersebut, maka kini waktunya untukmu menjalani usaha sampingan.  Tapi, saat akan membuka usaha sampingan di rumah, kadang terkendala masalah modal karena sebagai karyawan penghasilanmu sudah cukup hanya untuk kebutuhan pokok.

Solusinya, kamu bisa menjalani usaha sampingan tanpa modal. Kamu bisa menjalaninya di waktu senggang bekerja, atau saat Weekend. Selama usahanya fun, tentu tidak akan menjadi beban untukmu.

Lantas, usaha sampingan apa saja sih yang bisa dijalani tanpa modal? Untuk kamu yang penasaran ingin mengetahuinya, yuk simak di sini:

1. Penulis

Penulis salah satu satu pekerjaan sampingan tanpa modal

Punya keahlian menulis banyak sekali manfaatnya. Apalagi, kalau memang sudah menjadi “hobi” kamu bisa menyalurkannya ke beberapa media.

Pasalnya, kebutuhan karya tulisan untuk berbagai media hingga perusahaan startup semakin banyak. Sehingga kamu bisa menjadi tenaga pekerja lepas (freelance) dengan bayaran per karya tulisan mulai dari Rp 35 hingga Rp 50 ribu. Lumayan banget kan hasilnya?

Menulis juga bisa dilakukan di tengah-tengah kesibukanmu, salah satunya saat waktu istirahat dan makan siang. Asalkan, jangan menulis saat jadwal meeting dengan bos, nanti bisa di-SP lho!

2. Konsultan medsos

Konsultan medsos salah satu usaha sampingan tanpa modal

Di era serbadigital seperti saat ini, pengusaha yang menjalani bisnis pasti mengandalkan media sosial (medsos). Karena itu, banyak sekali lowongan kerja berhubungan erat dengan indutsri tersebut mulai dari Digital Strategist, Digital Marketing, Social Media Specialist, dan lainnya.

Berbekal relasi dan pengetahuan, kamu bisa menawarkan jasa konsultasi medsos ke perusahaan atau organisasi yang membutuhkan.

Kalau berhasil dengan satu klien, kamu bisa jadi direkrut sebagai manajer di perusahaan klienmu. Menarik banget ya, sambil menyelam minum air!

3. Graphic designer

Graphic designer salah satu usaha sampingan tanpa modal

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kamu lulusan Desain Grafis tapi bekerja sebagai Asst Brand Manager? Kalau seperti itu yang dijalani, sudah pasti pekerjaanmu tidak lagi menggambar. Hanya supervisi hasil desain yang dibuat tim atau bawahan kamu.

Kalau itu yang terjadi, apa kamu tidak khawatir skill gambarmu berkurang karena tak pernah menggarap photoshop lagi? Kenapa tidak menjadikan skill menggambarmu sebagai usaha sampingan?

Coba deh mencari job freelance Graphic Designer di internet. Pasalnya, beberapa agency atau startup juga terkadang sering memakai jasa desainer freelance kok.

4. Web designer

Web designer salah satu usaha sampingan tanpa modal

Punya keahlian di bidang teknik dan artistik untuk pembuatan situs internet? Bila ya, modal ini bisa kamu lakukan untuk menjalani usaha sampingan tanpa modal.

Pebisnis zaman sekarang umumnya membutuhkan website untuk promosi. Nah, kalau kamu memang mumpuni di bidang ini, sudah pasti jasa kamu dibutuhkan.

5. Menjual foto

Menjual foto salah satu usaha sampingan tanpa modal

Untuk mereka yang hobi atau punya skill fotografi, menjual foto hasil karya sendiri bisa jadi pilihan usaha sampingan. Saat tengah tidak sibuk bekerja, kamu bisa hunting foto sambil cuci mata.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ialah mengedit foto dengan baik, lalu menjualnya secara online ke beberapa situs berbagi foto seperti Shutterstock.com, Istockphoto.com, Canva.com, Fotolia.com, StockFresh.com, Pixoto, Bigstock, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentunya foto yang mereka terima yang sudah berkualitas ya. Karena itu, pastikan kamu sudah mengedit foto jepretanmu sebaik mungkin.

6. Penerjemah

Penerjemah salah satu pekerjaan sampingan tanpa modal

Sama halnya seperti penulis, penerjemah bahasa juga tidak membutuhkan modal uang. Modal yang harus dimiliki hanya keahlian bahasa.

Untuk menjalaninya, kamu bisa mengandalkan Google Translate sebagai tools membantu menerjemahkan kata per-kata.

Tapi, karena bahasa terjemahan Google tidak enak untuk dibaca, maka kamu harus mengeditnya atau mengartikan sesuai dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa mengubah maknanya.

7. Guru les privat

Guru les privat salah satu usaha sampingan tanpa modal

Jago main musik, fasih bahasa asing, atau kamu seorang jenius matematika? Lebih baik memanfaatkan Weekend dengan mengajar privat alias jadi guru les privat.

Kamu bisa mengatur biaya yang dibebankan ke klien sesuai dengan jarak tempuh kamu ke rumahnya, atau berapa jasa per jamnya, dan lainnya.

Tak hanya menghasilkan uang, jadi guru les juga memaksa kamu untuk terus belajar. Semakin memberi ilmu dan belajar untuk menyampaikannya kepada orang lain, maka akan semakin bertambah ilmumu.

Selain itu, ilmu yang diberikan akan bermanfaat untuk orang lain dan tentunya menjadi bekal amalanmu.

8. Instruktur olahraga

Instruktur olahraga salah satu usaha sampingan tanpa modal

Punya fisik kuat, sehat, bodi atletis dan jago olahraga, coba saja jadi instruktur olahraga. Misalnya instruktur Zumba, Body Combat, Aerobic atau Muaythai.

Kamu bisa mencari klien dari berbagai perusahaan. Jelaskan ke mereka bahwa kamu membuka kelas senam setelah jam kerja atau saat Weekend di beberapa gym.

Selain membuat badanmu semakin sehat, kegiatan satu ini juga akan menambah dompetmu semakin tebal.

9. Dropshipper

Dropshipper salah satu usaha sampingan tanpa modal

Usaha sampingan tanpa modal lainnya iala menjadi dropshipper. Sistem penjualan barang dengan dropship yang dimaksud ialah, kamu sebagai dropshipper akan mencatat semua order pembeli, setelah itu baru membeli barang tersebut ke penjual utama barang.

Dengan kata lain, kamu mengumpulkan order-order tersebut sampai ke jumlah tertentu, dan tidak menyimpan stok siap jual sendiri. Jadi, memulai usaha ini tak memerlukan modal sepeser pun.

10. Admin Medsos

Admin medsos salah satu usaha sampingan tanpa modal

Menjadi admin akun media sosial atau medsos juga masuk ke dalam usaha sampingan tanpa modal.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Biasanya, lowongan ini dibutuhkan untuk toko-toko online atau institusi tertentu yang membutuhkan pengembangan konten dan layanan akun media sosialnya.

11. Vlogger

Vlogger salah satu usaha sampingan tanpa modal

Di zaman sekarang yang banyak memakai platform seperti YouTube, kemampuan public speaking dan membuat konten kreatif jangan disia-siakan.

Untuk kamu yang memiliki modal itu, jadilah Vlogger di YouTube. Selain akan membuatmu berpotensi terkenal, kamu pun akan mendapatkan bayaran iklan dari berbagai pihak.

12. Driver online

Driver online salah satu usaha sampingan tanpa modal

Dengan semakin banyaknya platform penyedia kendaraan online, kamu bisa memanfaatkannya menjadi salah satu mitra.

Menjadi driver online bisa dilakukan setelah jam pulang kerja atau ketika jam istirahat. Bahkan, bisa dimaksimalkan ketika Weekend.

Dengan begitu, kendaraanmu bisa bermanfaat karena dipakai untuk hal yang menghasilkan. Bayarannya pun bisa dimanfaatkan untuk servis kendaraan atau jika mobilmu masih belum lunas untuk membantu cicilannya.

Itulah 12 usaha sampingan tanpa modal yang bisa dicoba selain beberapa jenis profesi lainnya yang masih banyak. Meski begitu, banyak juga orang yang tidak mau mencoba melakukannya karena sudah tidak memiliki waktu, atau sudah capek dengan aktivitas sehari-hari.

Tapi, kalau kamu bisa melakukanya, maka harus memberi harga promo dulu ke calon klien. Setelah mereka menjadi klien tetap, maka kamu bisa memberi harga tetap. Jangan pernah menurunkan harga kalau kamu tidak ingin pasaran turun.

Yuk coba jalani pekerjaan sampingan yang bisa menambah pundi-pundi uangmu. Semoga sukses ya! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →