Nikmati 5 Hal Ini Saat Pensiun Nanti, Tapi…Ada Syaratnya Nih!

saat pensiun nanti

Setelah berpuluh-puluh tahun bekerja, tentunya semua orang mendambakan hidup yang bahagia dan berkecukupan ketika masa pensiun datang. Iya dong. Masa mau kerja terus seumur hidup? Pasti mau kan menikmati hasil kerja keras kita?

Masa pensiun seharusnya gak perlu ditakuti. Justru harusnya bisa bikin kamu termotivasi untuk memanfaatkan masa produktif bekerja dengan sebaik-baiknya. Sebab, kerja keras yang kamu tanam sekarang bakal terasa manfaatnya ketika tua nanti.

Kalau sudah mempersiapkan masa pensiun dengan matang, banyak lho hal yang bisa kamu nikmati nanti – walaupun ada syaratnya. Berikut ini di antaranya:

1. Gak usah capek kerja lagi

Selama masih muda dan usia produktif, jangan ditanya deh. Fisik pasti masih kuat bekerja mencari uang. Bahkan gak sedikit yang workaholic alias gila kerja. Namun saat sudah masuk usia pensiun tentu akan berbeda.

Walau saat pensiun gak menutup kemungkinan buat masih bisa produktif menghasilkan uang, tetap saja ada keterbatasan. Mau dong setelah berpuluh-puluh tahun bekerja, bisa istirahat dengan tenang di saat pensiun?

Syaratnya: peduli sama yang namanya tabungan dan investasi.

saat pensiun nanti
Namanya juga kerja, pasti melelahkan ya (Pekerja / coreconsultinginc)

Selama masih bisa berkarya sekaligus menghasilkan uang, jangan pernah absen deh tuh nabung dan ikutan investasi jangka panjang. Hasilnya emang gak bisa dirasakan langsung, tapi saat usia sudah lanjut dan tenaga gak dibutuhkan lagi oleh perusahaan, tabungan dan investasi akan tampil sebagai pahlawan di masa mendatang. Percaya deh!

2. Gak usah khawatir soal biaya cek kesehatan atau pas sakit

Jangan lupa kalau untuk bisa melakukan banyak hal, kita butuh raga yang sehat. Ini nih yang sering luput dari perhatian, apalagi kalau sudah sibuk dengan kerjaan dan pergaulan. Makan gak teratur atau bahkan sembarangan, tidur juga kurang, olahraga boro-boro ingat.

Kalau pola hidup yang kayak begini dipertahankan jangan mengeluh saat berbagai penyakit datang menyerang. Gak mau kan saat pensiun malah bolak-balik ke dokter atau lebih sering terkulai lemah di pembaringan?

Syaratnya: menerapkan gaya hidup sehat sewaktu muda dan ikut asuransi kesehatan.

Emang sih badan yang sudah lansia itu rentan sama penyakit, tapi paling gak pastinya bakal lebih jarang sakit jika sedari muda sudah sadar kesehatan.

Punya asuransi kesehatan juga bekal supaya gak khawatir soal problem kesehatan yang bakal muncul saat usia lanjut. Paling gak, dompetmu bakal lebih aman kalau ada asuransi. Pelajari dan pilih yang paling pas dengan kebutuhan dan kemampuan.

saat pensiun nanti
Hayoo siapa yang mau masa pensiunnya tetap sehat kayak gini? (Olahraga / tribunnews)

3. Gak khawatir dengan keberlangsungan hidup keluarga

Ketika masa pensiun datang, pasti kamu gak cuma memikirkan kelangsungan hidupmu, tapi juga seluruh anggota keluarga. Apakah harta yang dikumpulkan sudah mencukupi kebutuhan hidup keluarga setelah tak lagi bekerja? Lebih jauh lagi, apakah sudah memiliki peninggalan atau warisan yang cukup apabila nanti dipanggil Yang Maha Kuasa?

Ini harus dipikirin lho. Bukannya mendoakan yang gak baik, tapi nasib siapa yang tahu? Nah, kalau perencanaan pensiunmu matang, pasti gak bakal khawatir memilkirkan hal yang satu ini.

Syaratnya: kamu udah punya bisnis sendiri dan punya asuransi jiwa.

Manfaatkan usia yang masih produktif untuk networking dan membuka usaha sendiri. Dengan begitu, ketika masa pensiun datang, kamu pun tetap masih memiliki pemasukan setiap bulannya.

Bisnis yang ditekuni dari muda bukan gak mungkin bisa jadi bekal cukup buat keberlangsungan hidup keluarga. Apalagi jika kita berperan sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga.

Jangan lupa juga untuk ikutan asuransi jiwa. Walaupun kamu gak merasakan manfaatnya, tapi ini akan dinikmati oleh anggota keluarga yang kamu tinggalkan. Klaim asuransi jiwa yang cair setelah kamu meninggal merupakan warisanmu untuk keluarga.

4. Nyaman di rumah sendiri

Punya atap di atas kepala untuk berlindung dari panas dan hujan adalah impian setiap orang. Hunian yang nyaman saat lanjut usia pasti jadi bayangan masa mendatang yang indah. Nikmat kan menghabiskan masa pensiun di rumah impian?

Syaratnya: beli rumah sendiri pas masih bekerja.

saat pensiun nanti
Nyantai di rumah malas-malasan emang paling enak ya! (Bersantai / 5toys)

Haga rumah itu gak murah, jadi jangan sia-siakan usia muda dan produktif saat ini buat ambil fasilitas cicilan rumah atau kredit pemilikan rumah (KPR).

Manfaatkan status karyawan buat berani ambil KPR, sehingga pas sudah pensiun, cicilan juga sudah lunas. Ingat, harga hunian yang tinggi mengharuskan kita terikat dengan komitmen cicilan mulai dari 10-25 tahun.

5. Nikmati waktu traveling lebih sering

Traveling sudah jadi gaya hidup banyak orang saat ini. Tapi, aktivitas yang satu ini juga pastinya gak bisa gratisan. Dengan waktu yang sudah bebas dari ikatan pekerjaan, masa pensiun emang paling enak dihabiskan salah satunya dengan jalan-jalan.

Bisa gak menikmati waktu traveling lebih sering di masa pensiun? Bisa dong!

Syaratnya: siapkan bujet traveling sedari dini.

Kalau memang traveling menjadi salah satu impianmu saat pensiun, maka siapkan tabungan sendiri untuk mewujudkan hal ini. Pisahkan dengan tabungan untuk kebutuhan hidup lainnya, dan jangan sampai diganggu gugat.

Sebagai manusia, tentu kita hanya bisa berusaha merencanakan segala sesuatu yang terbaik dalam hidup. Walau pada akhirnya tetap Tuhan lah yang menentukan, bukan berarti kita harus pasrah dan bermalas-malasan dalam menjalaninya.

Segala sesuatu di dunia ini butuh uang, walau uang bukanlah yang utama. Jadi, siapkan diri dari sekarang untuk merencanakan masa pensiun yang bebas dari kekhawatiran akan keuangan ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ajukan Dana Pensiun Sejak Dini Biar Gak Gigit Jari Hari Tua]

[Baca: Kenali Manfaat Dana Pensiun Biar Hidup Aman Sentosa]

[Baca: Menyiapkan Dana Pensiun Itu Urusan Cowok dan Cewek Lho]