Nilai Kadarnya Sama, Ketahui Perbedaan Emas Antam dan UBS

perbedaan emas antam

Apa sih investasi yang menguntungkan dan aman? Emas adalah salah satu jawabannya. Meskipun memiliki kadar yang sama, emas Antam dan UBS memiliki perbedaan lho. 

Namun, tahukah kamu kalau logam mulia selain Antam yang beredar di pasaran, terdapat juga emas UBS.  Emas Antam dari PT Aneka Tambang Tbk. (Antam) memang sudah terkenal banget. 

Pasalnya, PT Antam merupakan perusahaan tambang milik pemerintah yang mendominasi pasar emas batangan atau logam mulia di Indonesia. Tidak heran kalau keberadaan emas batangan terbitan Antam jauh lebih populer. 

Kalau kamu perhatikan di situs Pegadaian, ada cetakan lain yang selalu di-update harganya yaitu emas UBS. Nih, contoh update harga emas per tanggal 28 Agustus 2020.

Satuan Cetakan Antam Cetakan UBS
0.5 Rp 562.000 Rp 547.000
1.0 Rp 1.059.000 Rp 1.033.000
2.0 Rp 2.082.000 Rp 2.039.000

Perbedaan emas Antam dan UBS yang paling mencolok tentu saja pada harganya. Ya kan? Namun, masih ada banyak perbedaan lainnya, lho! Mau tahu? Nih penjelasan lengkapnya.

Perbedaan emas Antam dan UBS

Tak cuma harganya yang berbeda ternyata ada beberapa perbedaan antara emas Antam dan emas UBS. Apa saja?

No Perbedaan  Emas Antam Emas UBS
1 Kadar emas 99,99 persen emas murni 99,99 persen emas murni
2 Produsen  PT Aneka Tambang Tbk, BUMN milik Pemerintah. PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Perusahaan swasta yang sudah ada sejak 198 di Surabaya. Gak cuma emas, perusahaan ini juga punya brand perhiasan, Venus dan Starshine.
3 Ukuran Ada 12 pecahan emas batangan. Ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, dan 1.000 gram (1 kg). Ukurannya lebih terbatas. Cuma ada ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.
4 Sertifikat Semua produk Antam udah dijamin kualitasnya dengan  akreditasi dari London Bullion Market Association (LBMA) sejak 1 Januari 1999 yang termasuk dalam Good Delivery List.

FYI di Indonesia, cuma Antam yang dapat sertifikat ini.

Emas batangan UBS sertifikatnya dari PT UBS sendiri. Bentuknya kertas dengan emas yang sudah dilaminasi untuk pecahan 0,1 gram hingga 4 gram.

Kalau pecahan 5 gram hingga 100 gram, sertifikatnya pakai kertas berhologram dan terpisah dari emas.

5 Dimensi emas Ukuran emas Antam lebih kecil dan tebal tapi beratnya sama. Emas UBS ukurannya lebih lebar dibanding Antam.
6 Ketersediaan Gedung pusat Antam, Unit Bisnis Antam, dan di reseller resmi seluruh Indonesia. Cuma bisa beli stok yang ada.
7 Market Seluruh Indonesia Terbatas di Jakarta dan Surabaya.

Sekarang, kamu jadi tahu kenapa perbedaan di antara keduanya? Secara sederhana sih perbedaannya adalah produsen dan sertifikatnya. Emas Antam adalah produk milik yang bersertifikat LBMA, kalau emas UBS sertifikatnya dikeluarkan oleh PT UBS.

Kenapa harus berinvestasi dalam bentuk emas?

Investasi emas memang menjadi pilihan banyak orang, mulai dari ibu-ibu sampai mahasiswa. Alasannya sih karena emas tidak akan tergerus inflasi, jadi pergerakan harganya relatif stabil dibandingkan investasi lain seperti saham.

Memang, keuntungan dalam berinvestasi emas tidak sebesar kamu menanam investasi di saham. Tapi, risikonya juga lebih kecil dibandingkan saham yang tiba-tiba bisa anjlok. 

Jadi, investasi ini emang cocok banget buat kamu yang belum berani menanggung risiko besar. Lagipula, tidak ada salahnya kok menyisihkan uang setiap bulan untuk beli emas. 

Tidak perlu langsung beli beberapa gram sekaligus, kamu bisa beli emas seberat satu gram setiap bulan atau ikut tabungan emas dari Pegadaian. Namun, kamu harus sabar kalau memilih investasi emas. Keuntungannya gak bisa instan, mirip pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Perhitungan keuntungan investasi emas

Gimana sih caranya menghitung keuntungan investasi emas? Gampang kok, ini contohnya.

Misalkan kamu membeli emas batangan di tahun 2016, harga per gramnya Rp 500 ribu. Setiap bulan kamu beli satu sampai dua gram. Sedikit demi sedikit, sekarang kamu sudah memiliki sekitar 100 gram.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Misalnya sekarang harga emas Rp 848 ribu per gram. Kalau semua emasmu dijual, berarti kamu bisa mengantongi Rp 848.000 x 100 gram yaitu Rp 84.800.000, wow bukan!

Luar biasa banget, kan? Padahal, kamu cuma mengeluarkan uang ratusan ribu tiap bulan untuk beli mas. Kunci investasi emas emang cuma satu, sabar. Jangan tergoda buat cepat-cepat menjualnya.

Setelah tahu perbedaan emas Antam dan UBS, udah tau mau beli yang mana? Cetakan apapun yang kamu pilih, jangan lupa konsisten ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →