Liburan Mewah Bak Sosialita tanpa Keluar Banyak Uang? Ini 4 Negara dengan Nilai Tukar Rupiah Tinggi!

Berwisata ke Kolombia bukan angan-angan karena nilai tukar rupiah tinggi (Shutterstock).

Nilai tukar rupiah bergerak turun 19 poin atau 0,14 persen menjadi Rp 14.064 per US$ dibanding sebelumnya yaitu di angka Rp 14.045 pada Senin (22/04).

Ya, rupiah yang menjadi mata uang negara Indonesia memang memiliki nilai tukar yang terbilang rendah di beberapa negara. Nilai tukar tersebut salah satunya dipengaruhi oleh inflasi.

Makanya gak heran kalau banyak orang yang harus menggelontorkan uang lebih besar saat ingin membeli barang yang harga jualnya dibanderol dengan mata uang asing, contohnya aja dollar.

Gak cuma itu aja, kamu juga tentunya harus menyiapkan uang besar saat ingin berlibur ke beberapa negara yang memiliki nilai tukar rupiah tinggi.

Misalnya, kamu ingin liburan ke Amerika Serikat, gak mungkin kan kamu nekat membawa uang Rp 10 juta. Bisa-bisa kamu gak bisa makan selama liburan. Gimana gak, nilai tukar US$ 1 aja mencapai Rp 14 ribuan.

Boro-boro kepikiran buat liburan mewah bak sosialita. Bisa makan aja udah bersyukur banget. Setuju gak?

Eits.. tapi kamu tetap bisa lho menikmati liburan mewah seperti para orang kaya tanpa harus keluar bujet gede. Masa sih? Kok, bisa?

Salah satu alasannya karena nilai tukar rupiah di beberapa negara ini ternyata masih cukup tinggi. Jadi, dengan membawa uang sedikit, kamu sudah bisa menikmati liburan mewah ke luar negeri.

Apa saja negaranya? Berikut empat di antaranya:

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

1. Sao Tome dan Principe

Nilai Tukar Rupiah
Sao Tome dan Principe (Shutterstock).

Meski terbilang tak terlalu populer, tapi salah satu negara yang terletak di kawasan Benua Afrika ini bisa jadi pertimbangan liburan kamu lho.

Pasalnya negara ini menawarkan banyak destinasi pantai dan rentetan pulau kecil yang sangat memanjakan mata. Gak cuma itu, kamu juga bisa mengunjungi beberapa bangunan bersejarah peninggalan zaman penjajahan yang beberapa di antaranya bahkan terletak persis di pinggir pantai.

Meski begitu, nilai tukar mata uangnya terbilang masih sangat murah lho yaitu 1 dobra setara dengan Rp 0,62. Rendahnya nilai tukar mata uang di negara yang berada di Afrika Timur ini disebabkan oleh minimnya sumber daya di negara ini.

Untuk biaya sekali makan di restoran bisa mencapai sekitar 150 ribu dobra atau sekitar Rp 85 ribu. Ingat lho, itu biaya makan di restoran. Jadi, kalau orang Indonesia berlibur ke negara yang satu ini, dijamin bisa hidup makmur dengan membawa uang beberapa juta saja.

2. Vietnam

Nilai Tukar Rupiah
Wisatawan sedang berjalan jalan di Vietnam (Shutterstock).

Negara Vietnam kini menjadi salah satu primadona para traveller. Saat berkunjung ke negara yang satu ini, kamu bisa menikmati wisata sejarah, budaya, dan alam seperti Ho Chi Minh City, Nha Trang, Hue, Hoi An, dan Hanoi.

Untuk mendapatkan uang 1 Dong Vietnam (VND), kamu cukup menukarkan uang 0,6 Rupiah. Bahkan untuk biaya sekali makan di Vietnam itu rata-rata sebesar 15 ribu hingga 30 ribu dong atau sekitar Rp 8.800 – Rp 16 ribu. Murah sekali kan?

Gak cuma itu aja, para WNI juga mendapat bebas visa kunjungan selama 30 hari. Jadi, gak perlu ribet-ribet ngurus visa kan? Makanya gak heran kalau banyak masyarakat Indonesia yang kaget dengan biaya hidup dan barang-barang yang dijual di Vietnam karena sangat murah.

Baca juga: Pengin Investasi dari Barang Koleksi Pribadi? Bisa Aja Kok! Mudah Banget

3. Kamboja

Nilai Tukar Rupiah
Objek wisata di Kamboja (Shutterstock)

Kamboja juga termasuk salah satu negara yang memiliki nilai tukar yang cukup tinggi terhadap rupiah yaitu 1 Riel Kamboja setara dengan Rp 3,27.

Jadi bisa dibilang biaya hidup di sana sangat murah bagi masyarakat Indonesia. Bayangkan dengan mengeluarkan yang Rp 32 ribu, kamu udah bisa kenyang seharian menyantap makanan mewah.

Jika kamu ingin berlibur ke negara yang satu ini, kamu bisa mengunjungi Phnom Penh dan Siem Reap, di mana terdapat beberapa objek wisata seperti Tuol Sleng Genocide Museum, Independence Monument, the Preah Borom Ratanak Kaudh’s Royal Statue, Royal palace with Silver Pagoda, dan lain-lain.

Meski begitu, kamu harus berhati-hati jika ingin berlibur ke Kamboja. Karena biaya hidupnya yang murah, banyak pihak-pihak yang memanfaatkan ketidaktahuan turis dengan memberikan harga yang mahal saat membeli barang atau menggunakan jasa.

4. Kolombia

Nilai Tukar Rupiah
Objek wisata di Kolombia (Shutterstock).

Selain Peru dan Chile, Kolombia menjadi salah satu negara di Amerika Serikat yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Selain, bebas visa selama 90 hari, nilai tukar di negara tersebut juga cukup rendah dibanding rupiah.

Untuk 1 Peso Kolombia (COP) setara dengan Rp 4,47. Jadi gak heran kalau dengan menggelontorkan yang Rp 50 ribu, kamu udah bisa menyantap makanan enak di sana.

Jika kamu berencana berlibur ke Kolombia, kamu bisa mengunjungi mengunjungi Cartagena, Bogota, Cocora Valley, Tayrona National Park, hutan Amazon, dan masih banyak lagi. Meski begitu, untuk tiket Jakarta ke Bogota bisa menyentuh angka di atas Rp 10 juta.

Nah, itu dia empat negara di dunia yang memiliki nilai tukar Rupiah yang cukup tinggi. Jadi, buat kamu yang ingin merasakan liburan mewah tanpa keluar duit banyak, kamu bisa mengunjungi negara-negara di atas ya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →