Digelar 2021, Ini Cara Booking Tiket Nonton Balap MotoGP di Mandalika

MotoGP bakal digelar pada 2021, begini cara beli tiketnya

Keinginan para pecinta otomotif di Indonesia menonton langsung gelaran balapan jet darat beroda dua yakni MotoGP akan segera terwujud. Sebab pada 2021 mendatang, Indonesia menjadi salah satu tuan rumah ajang tersebut dan akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lantas gimana nih cara nonton balap MotoGP di Mandalika? 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest), menegaskan dukungan pemerintah terhadap pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika atau The Mandalika, khususnya dalam menyambut pagelaran MotoGP Indonesia atau IndonesianGP di The Mandalika mulai 2021 mendatang. 

“Kemenko Maritim akan mendukung penyelesaian pembangunan Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika, sirkuit jalan raya untuk MotoGP pertama di dunia, dan penyiapan infrastruktur pendukung di kawasan pariwisata yang termasuk ke dalam lima destinasi super prioritas tersebut,” ujar Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan.

Semua proses pembangunan saat ini terus berjalan sesuai timeline yang direncanakan serta dipastikan dapat selesai sesuai jadwal yaitu akhir tahun 2020.

Pembangunan  Sirkuit Mandalika dikerjakan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata The Mandalika, bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), unit usaha ITDC operator Sirkuit Mandalika dan organizer MotoGP Indonesia.

10.000 tiket nonton balap MotoGP pre-booking disebar

Begini serunya aksi MotoGp
Gak sabar pengin menyaksikan MotoGP di Mandalika?, (Shutterstock).

Untuk saat ini, MGPA  telah membuka pre-booking tiket nonton balap MotoGP tahap pertama sejak 20 Januari 2020 yang melepas 10.000 tiket melalui situs MGPA (www.themandalikagp.com). Melalui pre-booking ini, para peminat bisa mendapatkan slot tiket lebih awal dan memilih kelas.

Caranya peminat membuka situs www.themandalikagp.com, kemudian pilih menu tiket pre-booking, dan isi data diri mulai dari email, informasi kontak, hingga kata sandi pembuatan akun.

Adapun layanan pre-booking tiket ini diberikan kepada masyarakat yang berminat untuk menonton langsung gelaran MotoGP 2021 di Mandalika, pre-booking tiket ini adalah hak untuk mendapatkan prioritas dalam pembelian tiket resmi dibuka.

Tak hanya itu, dengan pre-booking tiket ini juga akan mendapatkan jaminan mendapatkan tiket menonton balap MotoGP Mandalika 2021, sedangkan harga tiket resmi dan tingkatan kelas akan diumumkan pada Agustus 2020 mendatang oleh Dorna Sports.

MotoGP di Mandalika diharapkan dapat terlaksana dengan baik

Gak sabar pengin melihat MotoGp di Mandalika?
Perhelatan MotoGP diharapkan bisa digelar lancar di Mandalika, (Shutterstock).

Selain untuk  mengakomodir antusiasme superfans MotoGP di Indonesia, kegiatan ini dilakukan sekaligus untuk melihat gambaran terkait demand dari calon penonton MotoGP Indonesia. Dengan demikian MGPA dapat mempersiapkan kebutuhan transportasi,akomodasi dan industri pendukung lainnya dalam menyambut gelaran event MotoGP Indonesia 2021.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, animo yang besar dari penggemar MotoGP di Indonesia memberikan optimisme dan dorongan kuat bagi kami untuk memastikan MotoGP Indonesia dapat terlaksana dengan baik. “Sesuai dengan komitmen kami dalam mendukung Pemerintah mewujudkan sektor pariwisata sebagai industri unggulan nasional melalui pengembangan kawasan dan atraksi pariwisata kelas dunia.” jelas Abdulbar.

Dalam persiapan penyelenggaraan MotoGP Indonesia di The Mandalika, MGPA juga melibatkan UMKM dan masyarakat sekitar utamanya Lombok dalam menyiapkan produk-produk lokal yang dijual sebelum event, melalui sistem e-commerce, maupun saat event berlangsung.  

Selain itu, MGPA juga sudah melaksanakan program coaching clinic perdana di Lombok oleh Dyan Dilato (wakil Indonesia di FIM), yang akan dilanjutkan di beberapa kota lain. MGPA dalam waktu dekat akan memulai pelatihan marshall bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Dampak ekonomi gelaran MotoGP Mandalika

Begini pemandangan kota Mandalika di NTB
Adanya ajang MotoGP bakal membawa dampak ekonomi bagi Mandalika, (Shutterstock).

Selain menjadi magnet pagi pecinta otomotif, gelaran balap jet darat ini juga akan mampu menarik wisatawan asing berkunjung ke Indonesia, dan juga memberikan dampak ekonomi bagi Indonesia, mulai dari sumbangan devisa negara, suntikan investasi, dan juga peningkatan lapangan pekerjaan.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, ajang balapan ini memeberikan dampak ekonomi berupa peningkatkan akses lapangan kerja terhadap 7.500 orang, investasi lokal sebesar USD 150 juta, dan diprediksi akan ada peningkatan belanja wisatawan.

Jika terwujud, sirkuit MotoGP di Mandalika bisa menampung ratusan ribu penonton. Kapasitas kursi penonton di stand utama sirkuit Mandalika rencananya bisa mengakomodasi 93.200 penonton.

Kemudian, melalui event MotoGP ini, diyakini akan mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga mencapai 300 ribu orang per tahun, serta memberikan daya tarik yang kuat bagi Indonesia sebagai negara tujuan hiburan olahraga unggulan di kawasan Asia. Hal ini menjadi penting sebab akan memberikan nilai tambah bagi industri pariwisata nasional dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan jumlah kunjungan lokal maupun mancanegara yang berwisata di Nusa Tenggara Barat mencapai 3,7 juta kunjungan selama tahun 2019. Diharapkan dengan adanya ajang MotoGP Mandalika maka akan memberikan peningkatan signifikan.

Nah itu dia sedikit informasi bagi kamu yang pengin nonton balap MotoGP di Mandalika pada 2021 mendatang. Bagi pecinta MotoGP ada baiknya nih dari sekarang mengumpulkan bujet. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →