Nonton YouTube Video Bisa Lebih Hemat Kuota Kalau Pakai YouTube Go

Aplikasi YouTube versi hemat kuota Internet, yakni YouTube Go, kini telah resmi hadir di Indonesia. Kamu pun bisa download YouTube Go ini di smartphone-mu sekarang lewat PlayStore.

Namanya memang sama-sama YouTube, tapi yang satu ini ditambahin kata “Go”. Lalu apa bedanya sama YouTube biasa?

Sejatinya, YouTube adalah penyedia konten video. Dan tahu dong, menonton video lewat streaming tentu bisa bikin boros kuota. Nah, YouTube Go ini bisa jadi solusinya.

Lantas, fitur apa saja sih yang dimiliki YouTube Go? Biar gak penasaran, mari disimak ulasannya di bawah ini.

1. Preview video

Usai download YouTube Go dan membuka aplikasinya, kamu bakal disuguhkan dengan konten-konten video di halaman depan.

Ketika kamu klik video yang kamu suka, video tersebut tidak otomatis langsung dimainkan. Alih-alih, kamu bakal melihat opsi “Play” dan “Download”. Di sinilah perbedaan mendasar antara YouTube biasa dengan YouTube Go.

youtube video
Itu dia tampilan dari Youtube Go (Youtube Go/Tech Hindi)

Kalau di YouTube biasa, video otomatis bakal langsung dimainkan ketika kamu klik. Dengan begitu, kuota Internet-mu pun langsung terpotong. Nah, di YouTube Go gak begitu.

Video yang kamu klik, terlebih dulu dimainkan dalam bentuk preview layaknya slideshow. Menariknya lagi, preview video ini masih bisa berjalan walaupun kamu lagi offline atau gak terkoneksi dengan Internet.

Nah, di bawah preview-nya, ada pilihan mau diputar atau di-download. Kalau mau di-download, ada dua pilihan juga, yaitu download dengan resolusi standar atau resolusi rendah.

Dengan video yang gak otomatis dimainkan ketika di-klik, pemakaian kuota Internetmu jelas bakal lebih hemat dong.

2. Ada keterangan soal kapasitas memory card ponsel

Kalau yang ini erat kaitannya ketika kita mau download video. YouTube Go bakal memberitahu berapa besar kapasitas penyimpanan data yang tersisa di ponselmu.

youtube video
Beda sama kakaknya, Youtube. Kalau di Youtube biasa sekali klik gambar video maka video langsung keputar dan kuotamu termakan (Youtube/Google Blog)

Tentunya, kalau kapasitasnya sudah menipis ya jangan download video yang ukurannya besar. Nanti ponselmu bisa lemot.

3. Kirim video secara offline

Mau ngirim video YouTube ke teman secara offline? Bisa, asal temanmu sudah install aplikasi YouTube Go juga di ponselnya.

Cara mengirimnya adalah dengan menggunakan Bluetooth. Yang harus kamu lakukan adalah men-download videonya terlebih dulu dan klik tombol Send di bagian download. Pastikan juga kamu dan temanmu sudah mengaktifkan Bluetooth di ponsel masing-masing ya.

4. Aplikasi ini ramah ponsel

Yang terakhir nih, aplikasi YouTube Go bukan merupakan aplikasi yang berat karena size-nya cuma 8.27 MB. Beda sama YouTube biasa yang ukurannya mencapai 23.06 MB. Jelas lebih ramah ponsel dong, karena gak bikin sempit kapasitas penyimpanan data.

youtube video
Gak lagi deh mengalami hal ini (kapasitas memory sudah penuh/gadgethacks)

Patut diketahui lho, streaming video memang dinyatakan sebagai penyerap kuota Internet paling kejam. Mengapa demikian? Karena konsumsi data streaming video itu sendiri mencapai 50 MB per menit.

Makanya, jika kamu memang gemar nonton video di YouTube, ada baiknya untuk download YouTube Go biar lebih hemat kuota. Jadi uang buat beli paket data bisa dialihin ke hal lain yang lebih penting, kan.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Isi Ulang Pulsa Bisa Bikin Bokek Lho, Atasi dengan Hal Ini]

[Baca: Mau Tahu Cara Menabung yang Efektif tapi Tetap Bisa Gaul? Gini Caranya]

[Baca: 7 Tips Biar Gak Mengalami Tanggal Tua Males Buka Dompet]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →