Nyari Bisnis yang Menjanjikan 2018? Contek 6 Artis Ini

Udah jelang pertengahan tahun aja dan kamu masih bingung nyari bisnis yang menjanjikan 2018? Duh, jangan mikir terlalu lama. Bisa-bisa ntar malah basi.

Daripada mikir, kenapa gak coba contek ide bisnis orang lain aja yang udah terbukti berhasil? Eits, tapi kali ini jangan yang mainstream dong.

Beberapa ide bisnis yang bisa kamu contek adalah bisnis artis berikut ini. Bisnis berikut gak berkutat di produk kuliner, kue kekinian, fashion, ataupun kosmetik, lho!

[Baca: Ternyata Restoran Artis, Pantes 8 Tempat Makan Ini Hits Banget]

Artis-artis berikut berani mencoba peluang usaha yang gak biasa namun ternyata menjanjikan. Tentu aja menjanjikan karena jenis usaha berikut gak punya banyak saingan.

Yuk, lihat bisnis apa aja yang dijalankan oleh para artis ini yang bisa kamu tiru.

1. Bisnis jasa arsitektur

bisnis yang menjanjikan 2018
Hamish Daud (brilio)

Bukan cuma di kalangan artis, bisnis jasa arsitektur cukup jarang ditempuh kebanyakan orang. Pasalnya, kamu emang mesti punya passion dan dasar yang cukup di bidang arsitektur.

Bila pun kamu bukanlah seorang arsitek, kamu bisa meng-hire para arsitek andal. Kemudian, kamu bisa dirikan biro arsitektur yang menawarkan konsultasi desain properti, jasa desain, dan konstruksi profesional.

Nah, salah satu artis yang ternyata punya background arsitek adalah Hamish Daud. Hamish pernah menempuh kuliah jurusan arsitektur di Southern Cross University, Australia.

Berbekal keahlian tersebut, dia bersama temannya mendirikan perusahaan bernama Saka pada tahun 2000. Perusahaan tersebut menawarkan jasa konsultasi, desain, dan konstruksi bangunan.

2. Bisnis kreatif perusahaan branding consultant

bisnis terbaru 2018
Keenan Pearce (neighbourlist)

Keenan Pearce sebenarnya bukan artis-artis banget. Namun, kita boleh sebut dia sebagai artis karena cukup sering disinggung namanya di panggung televisi Indonesia.

Yang pertama karena dia adalah adik dari aktris Pevita Pearce, yang kedua karena dia mantan pacarnya Raisa.

Oke, balik ke topik awal. Keenan Pearce patut dapat acungan jempol karena berani mengambil lini bisnis yang masih asing di telinga orang awam.

Keenan mendirikan perusahaan bernama Makna Creative. Perusahaan tersebut menyediakan jasa konsultasi branding buat perusahaan. Misalnya, bikin promosi buat perusahaan atau brand tertentu baik di ranah offline maupun online.

Kamu bisa tiru ide bisnis yang menjanjikan 2018 ini karena media sosial sedang hits banget. Kalau kamu orangnya kreatif dan ngerti soal metode marketing, gak ada salahnya buat tekuni bidang kreatif satu ini deh.

Kenapa bisnis konsultasi branding ini menjanjikan? Salah satunya iklan selalu dibutuhkan oleh perusahaan maupun brand tertentu agar dikenal masyarakat. Nah, buat bikin konsep tersebut biasanya perusahaan bakal butuh bantuan.

3. Bisnis startup media

bisnis 2018 booming
Christian Sugiono (digitalmarketer)

Bisnis zaman now gak lepas dari yang namanya startup atau perusahaan rintisan yang bergerak di bidang digital.

Ada banyak jenis startup yang udah hadir di Indonesia. Artis Indonesia yang terjun ke bidang startup ini pun mulai bertambah.

Salah satu startup dengan business core yang cukup menjanjikan dan cepat menghasilkan adalah media. Startup media biasanya menghasilkan profit dari iklan.

Nah, salah satu startup media sukses yang dimulai oleh artis Indonesia adalah MalesBanget.com. Di belakang layar ada Christian Sugiono yang berani memulai bisnis ini bahkan sejak lama, tepatnya di tahun 2002.

[Baca: 7 Startup Indonesia Ini yang Punya Selebriti Lho!]

Buat kamu yang pengin mulai bisnis yang mirip-mirip namun dalam skala kecil, kamu bisa mulai dengan membangun blog atau portal aja. Kamu bisa isi konten website tersebut dengan menggaji penulis atau kamu yang nulis sendiri. Kemudian, kamu bisa hasilkan uang dari iklan, baik itu Google Adsense maupun kerjasama dengan brand tertentu.

4. Event organizer

bisnis bagus 2018
Rina Gunawan (rinagunawan)

Para artis pastilah gak asing dengan penyelenggaraan acara. Nah, pasar inilah yang ditangkap oleh Rina Gunawan, istri dari Teddy Syah.

Rina Gunawan mulai mengurangi kegiatannya di bidang keartisan dan kemudian menekuni bisnis event organizer. Bisnis tersebut telah ditekuninya sejak tahun 1992. Jadi, gak salah kalau Rina disebut piawai mengelola bisnis ini.

Beragam event udah ditangani oleh Rina Gunawan, mulai dari acara pesta ulang tahun hingga pernikahan.

Kamu bisa mencoba terjun ke bisnis event organizer pula bila ingin mendulang uang dengan cara gak biasa. Yang diperlukan buat terjun di bisnis ini adalah kreativitas, relasi, dan tentu aja tahu pangsa pasarnya kamu.

5. Bisnis di bidang peternakan dan perkebunan

usaha yang bagus di tahun 2018
Inul Daratista (grid)

Pengin bisnis yang menjanjikan 2018 yang lebih anti-mainstream lagi? Coba deh terjun ke bisnis peternakan maupun perkebunan.

Bidang peternakan maupun perkebunan bisa berikan profit dalam beragam cara, lho. Salah satu yang paling pasti sih tentu aja hasil produksi dari ternak maupun tuaian kebun kamu.

Hal inilah yang diterapkan oleh artis sekaligus presenter Donna Agnesia. Dia kini punya lahan seluas enam hektar di Sukabumi, Jawa Barat. Lahan tersebut digunakan buat menanam pohon jati hingga ubi jalar.

[Baca: Reguk Keuntungan dengan Bisnis Sayuran Organik Yuk]

Gak cuma perkebunan, Donna juga membangun peternakan ayam. Bisnis tersebut dia kembangkan di atas lahan seluas satu hektar di Parung, Bogor.

Nah, dari perkebunan dan peternakan tersebut, hasilnya bisa dijual. Tentu aja usaha ini gak dilakoni oleh Donna sendirian, melainkan menggunakan tenaga penduduk sekitar. Dia gak cuma hasilkan uang tetapi sukse menyediakan lapangan pekerjaan deh.

Selain Donna, ada pula Inul Daratista yang menghasilkan uang dari perkebunan. Namun, konsep bisnis yang dia jalankan berbeda.

Inul mendirikan perkebunan buat dijadikan lokasi wisata. Obyek wisata kebun tersebut bernama Duta Wisata Kebun Kurma yang berada di Pasuruan, Jawa Timur. Obyek wisata tersebut jadi satu-satunya wisata kurma yang ada di Indonesia.

Siapa bilang bisnis yang menjanjikan 2018 cuma berkutat di bidang teknologi aja, kan? Kesuksesan bisnis yang sebenarnya terbilang lawas yang dilakukan oleh Donna dan Inul ini layak kamu tiru.

Jadi, di antara bisnis-bisnis anti-mainstream yang dijalankan oleh para artis ini, mana nih yang paling menarik buatmu?