Cicilan HP Tanpa Kartu Kredit dan Simulasi Angsuran

Telah Ditinjau: Lifepal Lifepal
cicilan hp

Cicilan HP adalah sistem pembayaran yang solutif untuk memiliki telepon seluler atau ponsel dengan cara kredit. Metode pembayaran ini jadi opsi alternatif saat kamu gak punya dana cukup untuk beli ponsel. 

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, kamu bisa kok mengambil cicilan HP tanpa kartu kredit. Caranya dengan bayar lewat aplikasi kredit HP. 

Ada banyak pilihan aplikasi cicilan HP online yang bisa kita manfaatkan. Beberapa di antaranya yang paling banyak dicari orang adalah kredit HP Shopee, Lazada, Akulaku, Jd.id, Bukalapak, dan Tokopedia. 

Melalui penyedia kredit HP tadi, kita bisa ajukan cicilan secara online dalam hitungan detik kapan pun dan di mana pun. Soal bunga gak perlu khawatir, karena cukup bersaing dengan kartu kredit. Bahkan, beberapa di antaranya menawarkan layanan kredit HP tanpa DP. 

5 rekomendasi cicilan HP tanpa kartu kredit

Penasaran apa saja aplikasinya dan seperti apa persyaratan cicilan HP tanpa kartu kredit? Berikut ini 5 rekomendasinya! 

1. Kredit HP di Kredivo

Mengusung slogan “Beli Sekarang, Bayar Nanti”, Kredivo adalah aplikasi yang memudahkan kita mengambil cicilan HP secara online dengan waktu dari satu, tiga, enam, hingga 12 bulan. 

Selain itu, Kredivo mematok bunga 2,95 persen per bulan buat tiap pengambilan cicilan. Namun, terdapat pengecualian untuk kita yang mengambil tenor atau jangka waktu kredit 30 hari, di mana gak akan dikenakan bunga.

Perlu dicatat, Kredivo juga bekerja sama dengan banyak merchant, baik online maupun offline. Sebut saja seperti cicilan HP Tokopedia, cicilan HP JD.ID, cicilan HP Lazada, dan cicilan HP Bukalapak. 

Buat yang tertarik, tinggal download aplikasi Kredivo yang tersedia di  Google Playstore dan Apple App Store.

Pastikan telah memenuhi persyaratan cicilan HP di Kredivo berikut: 

  • Jumlah pinjaman min. Rp1,5 juta – Rp30 juta.  
  • Memiliki penghasilan min. Rp3 juta per bulan. Minimum usia 18 tahun.
  • Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, dan Medan. 
  • Memiliki akun Facebook. Foto KTP dan selfie di aplikasi Kredivo. 
  • Bukti tempat tinggal melalui akun e-commerce yang aktif digunakan bertransaksi. 
  • Bukti penghasilan melalui akun internet banking, rekening gaji, NPWP, atau BPJS Ketenagakerjaan. 

Setelah akun Kredivo aktif, kita bisa langsung melakukan pembelian di merchant yang bekerjasama dengan Kredivo. Setelah itu, pilih pembayaran menggunakan Kredivo. 

Simulasi cicilan HP Kredivo

Harga HP Rp3 juta

Tenor kredit  30 hari 3 bulan 6 bulan 12 bulan
Suku bunga per bulan  0% 2,95% 2,95% 2,95%
Cicilan per bulan 0 Rp713.580 Rp375.070 Rp206.710
Total pembayaran  Rp2 juta Rp2.140.720 Rp2.250.420 Rp2.480.450

*dapat disesuaikan 

2. Kredit HP di Akulaku

Akulaku adalah aplikasi cicilan online dengan waktu peminjaman satu, dua, tiga hingga enam bulan. Perbedaan dengan kredit sebelumnya, pada aplikasi ini kamu wajib menyertakan uang muka alias down payment (DP). 

DP tersebut harus dibayarkan maksimal 24 jam setelah dipilih. Jadi, kalau sudah melakukan pembelian, sebaiknya segera melakukan pelunasan DP. 

Nah, jika pembelian ditolak namun DP sudah dibayarkan, akan ada refund dari pihak Akulaku. Jadi gak perlu khawatir, ya. 

Hanya saja, besaran suku bunga ditentukan sesuai dengan tenor yang dipilih. Jadi, berbeda ya dengan tenor kredit Kredivo yang besarannya gak berubah. 

Soal partnership, sudah banyak kok yang bekerjasama dengan Akulaku. Rata-rata adalah merek populer seperti Shopee, Bukalapak, Blibli, Jd.id, dan Lazada. 

Berminat ambil cicilan HP tanpa kartu kredit lewat Akulaku? Install saja aplikasinya lewat Google Playstore dan Apple App Store.

Sementara untuk persyaratan cicilan HP di Akulaku adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI). 
  • Usia 18 hingga 50 tahun. 
  • Berdomisili di wilayah Pulau Jawa. 
  • Memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. 
  • Bukti penghasilan melalui slip gaji. 
  • Memiliki akun Facebook atau LinkedIn
  • Memiliki KTP. 

Simulasi Cicilan HP Akulaku

Harga HP Rp1.699.000
Tenor kredit  3 bulan  6 bulan 9 bulan 12 bulan
Suku bunga per bulan  9,05% 17,35% 25,07% 32,17%
Cicilan per bulan Rp617.592 Rp332.284 RP236.111 Rp187.133
Total pembayaran  Rp1.852.776 Rp1.993.704 Rp2.124.999 Rp2.245.596

*dapat disesuaikan 

3. Kredit HP di Home Credit

Berikutnya, ada Home Credit. Pertama kali berdiri di Republik Ceko, Home Credit adalah perusahaan penyedia pembiayaan multiguna atau kredit yang memberikan layanan cicilan HP dengan bunga rendah. 

Sama seperti Akulaku, cicilan yang kamu ambil lewat Home Credit mewajibkan pembayaran DP. Besaran cicilan tiap bulan yang kamu bayarkan nantinya tergantung dari besarnya DP yang disetor. Semakin besar DP yang disetor, tentu saja cicilannya juga semakin ringan.

Tenor cicilan yang ditawarkan Home Credit paling lama hingga 18 bulan. Sementara tenor tersingkatnya 10 bulan. Adapun mitra yang bekerja sama dengan Home Credit umumnya toko offline, seperti Electronic Solution, Hypermart, Lotte Mart, Erafone, hingga Oke Shop. 

Home Credit juga menawarkan promo-promo menarik mulai dari bunga 0% hingga 0,99%. Buat ambil cicilan HP tanpa kartu kredit, kita tinggal download aplikasinya di Google Playstore dan Apple App Store. 

Jika tertarik, ini persyaratan cicilan HP di Home Credit:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimum 21 tahun atau 19 tahun jika sudah menikah.  
  • Memiliki penghasilan tetap 
  • Memiliki KTP.

Simulasi Cicilan HP Home Credit

Harga Hp Rp2.600.000
Tenor Kredit 6 bulan 9 bulan 12 bulan 15 bulan 18 bulan
Suku bunga per bulan 15,25% 21,26% 26,47% 31,03% 35,06%
Uang muka 10%* Rp260.000 Rp260.000 Rp260.000 Rp260.000 Rp260.000
Cicilan per bulan Rp460.200 Rp330.200 RP265.200 Rp226.200 Rp200.200

*dapat disesuaikan 

4. Kredit HP di OVO PayLater

Sebagian besar dari kita tentu sudah gak asing lagi dengan dompet digital OVO. Selain memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran, OVO juga menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit melalui OVO PlayLater. OVO PayLater bekerjasama dengan Tokopedia. 

Sesuai dengan namanya, OVO PayLater memberikan fitur di mana kita bisa HP impian sekarang dengan pembayaran nanti sesuai dengan tenor yang dipilih, yaitu 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Selain itu, minimum pinjaman OVO PayLater adalah Rp10 juta. 

Seperti ini persyaratan cicilan HP di OVO PayLater:

  • Memiliki akun Tokopedia selama minimal 6 bulan.
  • Memiliki KTP dan foto selfie di aplikasi. 
  • Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. 

Simulasi Cicilan HP OVO PayLater

Harga HP Rp2.115.000
Tenor kredit  3 bulan  6 bulan 9 bulan 12 bulan
Suku bunga per bulan  120,40% 137,80% 138,18% 172,60%
Cicilan per bulan Rp1.553.820 Rp838.245 RP599.720 Rp480.458

*dapat disesuaikan

5. Kredit HP di E-Commerce

Ada banyak e-commerce yang juga memberikan pilihan kredit HP tanpa kartu kredit, seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia.

Kredit HP di Shopee menawarkan begitu banyak pilihan HP yang bisa kamu bayar dengan metode cicilan tanpa kartu kredit. Caranya dengan memilih dua aplikasi cicilan yang bekerja sama dengan Shopee, yaitu Kredivo dan Akulaku.Kredit HP di Lazada. 

Bekerja sama dengan Kredivo, kita juga bisa dengan mudah mengajukan cicilan HP tanpa kartu kredit di Lazada PayLater. Karena bekerjasama dengan Kredivo, maka pilihan cicilan yang ditawarkan pun sama dengan yang telah disebutkan sebelumnya.

6. Kredit HP di Tokopedia

Berbeda dengan dua e-commerce sebelumnya, Tokopedia menghadirkan pilihan cicilan HP tanpa kartu kredit yang cukup lengkap, yaitu OVO PayLater, Kredivo, dan Home Credit. Dengan begitu, kita bisa pilih kredit HP online dengan suku bunga paling rendah dan tenor yang diinginkan.

Kelebihan dan kekurangan cicilan HP online 

Mulai tertarik untuk menyicil ponsel melalui aplikasi online? Eits, jangan gegabah dulu. Sebelum memutuskan ambil cicilan HP tanpa kartu kredit, kamu perlu tahu dulu plus minusnya cicilan online. Jangan sampai cicilan HP ini malah jadi menambah beban anggaran bulanan kalau gak cermat memilih. 

Kelebihan cicilan HP online 

Berikut beberapa keunggulan menyicil ponsel lewat aplikasi kredit online

1. Kondisi finansial tetap stabil 

Dengan memanfaatkan cicilan HP lewat aplikasi online, gak berpengaruh besar terhadap kondisi keuanganmu. Akan berbeda situasinya jika kamu langsung membeli secara cash dengan nominal besar. Otomatis beberapa pos anggaran akan ikut tergerus untuk menutupi pembelian ponsel ini. Terlebih jika kamu gak punya tabungan untuk itu. 

Kalau dengan cara kredit, kamu hanya perlu menyisihkan sekian persen anggaran bulanan untuk mengangsur. Kamu juga bisa menyesuaikan besaran cicilan dengan kemampuan finansialmu. 

2. Cicilan HP online harganya murah 

Maraknya aplikasi cicilan HP online, bahkan tanpa DP, menjadi ajang kompetisi yang sengit antar pihak penyedia layanan tersebut. Gak heran kalau kemudian konsumen diiming-imingi harga miring untuk pembelian lewat kredit online

Ditambah lagi, cicilan HP lewat online berbunga rendah. Alhasil, konsumen pun lebih memilih nyicil online daripada membeli ponsel secara tunai. Agar kamu bisa untung banyak, pilih provider aplikasi cicilan online yang menawarkan potongan harga ponsel plus bunga cicilan yang rendah. 

3. Proses cepat 

Gak bisa dipungkiri, pengajuan cicilan gawai secara online sangat gampang, simpel dan cepat. Yang kamu perlukan hanyalah memilih ponsel yang ditaksir, koneksi internet dan foto dokumen yang dibutuhkan. 

Langkah selanjutnya, pilih penyedia layanan kredit online, isi formulir pengajuan, upload dokumen yang disyaratkan dan pilih program cicilan HP. Setelah itu, kamu tinggal tunggu persetujuan dari pihak aplikasi tersebut. Gak lama, handphone baru pun sudah di tangan. Gampang kan? 

4. Syarat mudah 

Kelebihan lain dari cicilan HP online adalah syarat yang dibutuhkan gak rumit. Batasan umur minimal dan berkas pendukung adalah syarat yang umumnya ditetapkan pihak penyedia layanan kredit online

Selain itu, beberapa provider pun membebaskan uang down payment (DP), hingga makin memudahkan konsumen. Dengan bonus itu, kamu gak perlu pusing menyiapkan dana khusus untuk membayar uang muka. 

Kekurangan cicilan HP online 

1. Adanya ketentuan uang muka 

Meski beberapa penyedia fasilitas kredit online membebaskan konsumennya dari DP, tapi gak sedikit juga yang menetapkan uang muka sebagai salah satu syarat pinjaman. Gak tanggung-tanggung lho besar DP yang diminta, berkisar 10 – 20 persen dari harga ponsel yang diincar. 

Jadi bisa dibayangkan ya, kalau kamu naksir ponsel terbaru dengan harga Rp5 juta, kira-kira uang muka yang harus kamu siapkan sekitar Rp500 ribu – Rp1 juta. Lumayan juga ya! 

2. Gak ada limit kredit 

Nah, kelemahan ini bisa jadi bumerang buat kamu yang tergolong boros dan lapar mata. Dengan syarat mudah dan tidak ada limit kredit yang diambil, bisa-bisa seenaknya saja kamu mengambil barang untuk cicilan online

Tanpa sadar, cicilan bulanan untuk kredit online kamu malah menggunung. Kalau sudah gini, anggaran bulanan pun jadi ikut ambyar

3. Bunga tinggi 

Kelemahan lain dari cicilan HP online adalah besaran bunga yang dipatok umumnya lebih tinggi dari kredit di bank. Tingginya bunga jadi salah satu risiko dari mudahnya syarat kredit dan prosesnya yang cepat. 

Jika kamu dihadapkan pada kondisi seperti ini, maka harus pintar dalam menghitung anggaran cicilan. Terpenting, sesuaikan besaran cicilan dengan kemampuan finansialmu. 

Tips cicilan HP online 

1. Cari tahu keunggulan ponsel yang kamu inginkan

Sebelum kamu putuskan pakai sistem kredit online untuk beli HP, baiknya cari tahu dulu spesifikasi dan review HP yang kamu incar. Manfaatkan teman yang paham gadget untuk kamu minta rekomendasinya. Dengan begitu kamu bisa mengukur apakah ponsel tersebut menguntungkan dibeli secara kredit. 

2. Cek harga di beberapa toko

Bandingkan harga ponsel di beberapa toko. Dengan cara ini kamu bisa mendapat harga terbaik 

3. Sesuaikan dengan kemampuan

Jangan pernah membeli barang di luar batas kemampuan finansialmu. Pastikan jumlah cicilan dan bunga yang dipatok layanan kredit tersebut bisa masuk budget kamu. 

4. Pilih jangka waktu cicilan

Meski layanan kredit online memberikan maksimal tenor hingga 12 bulan atau ada yang lebih, pilih dengan bijak sesuai kemampuan menyicilmu. Perlu kamu ingat, semakin lama kamu mengangsur, makin tinggi juga harga yang kamu bayar. Pahami juga bahwa harga barang elektronik itu mengalami penyusutan. 

5. Cek limit kredit

Tiap konsumen punya batas kredit yang berbeda-beda disesuaikan dengan kemampuan finansialnya. Cermati batas maksimal kredit yang kamu miliki. Jangan sampai permohonan kredit ditolak karena harga ponsel yang kamu mau melebihi batas maksimal plafon kredit. 

6. Bayar tepat waktu

Ingat, jika kamu memgambil cicilan HP online itu artinya kamu jarus komitmen dalam mengangsurnya. Pastikan kamu membayar cicilan tepat waktu. Sebab, sama seperti lembaga pembiayaan lainnya, akan ada denda yang dikenakan bila kamu telat bayar. 

Dari pilihan di atas, kira-kira kamu tertarik memilih aplikasi kredit hp yang mana? Apa pun yang dipilih, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan finansial kita, ya. Semoga pilihan di atas membantu! 

Hitung cicilan bulanan handphone dengan kalkulator bunga flat Lifepal

Kalau kamu penasaran berapa jumlah cicilan bulanan untuk melunasi handphone yang kamu beli, coba manfaatkan kalkulator bunga flat dari Lifepal berikut.

Umumnya, setiap toko atau toko online yang menawarkan produk cicilan handphone memberikan tarif tambahan atau bunga atas harga produk, jadi kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu.

Lindungi diri dengan asuransi saat mengambil cicilan HP

Untuk melindungi aset berhargamu, salah satunya saat sedang mengambil cicilan HP, maka kamu harus memiliki perlindungan diri lewat asuransi.  

Salah satunya, asuransi rumah, yaitu asuransi yang memberikan perlindungan finansial jika terjadi kerugian atau kerusakan pada properti rumah. Dengan asuransi rumah, maka segudang risiko yang berpotensi merusak rumah, misalnya banjir, gempa bumi, kebakaran, hingga pencurian dapat teratasi. 

Kamu juga bisa melindungi diri dengan asuransi jiwa yang memiliki manfaat untuk mengelola risiko keuangan keluarga. Misalnya, ketika kamu sedang mengambil cicilan HP, tapi mengalami kecelakaan atau berhenti kerja. Nah, uang santunan yang diberikan bisa menggantikan sumber penghasilan yang hilang akibat kondisi tersebut. 

Itulah informasi yang kamu butuhkan terkait cicilan HP. Kalau kamu membutuhkan saran mengenai cara menyusun anggaran pribadi atau keluarga yang ideal, kamu bisa konsultasi secara gratis di Lifepal!

Pertanyaan seputar cicilan HP

Kredit HP adalah pembiayaan pembelian HP dengan cicilan. Metode pembayaran ini jadi opsi alternatif saat kamu gak punya dana cukup untuk beli handphone.
Bisa. Dengan kemajuan fintech, maka pengisian aplikasi dalam pengajuan Kredit HP dilakukan di aplikasi, sehingga sangat paperless.
Cara mengajuan kredit handphone secara online adalah dengan mengunduh aplikasi yang dituju di Play Store maupun App Store. Lalu, isi form yang berisi data pribadi, unggah berkas yang diperlukan, kemudian pilih program kredit handphone. Setelah proses selesai, kamu hanya perlu menunggu persetujuan dari pihak penyedia kredit online, dan handphone baru pun bisa kamu dapatkan.

Secara umum, persyaratan pengajuan kredit handphone adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 21 tahun (atau 19 tahun jika sudah menikah) hingga maksimal 55 tahun
  • Memiliki KTP
  • Memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →