OCBC NISP Syariah Tawarkan Kemudahan Transaksi Islami

OCBC NISP Syariah

OCBC NISP Syariah didirikan di Jakarta pada tanggal 12 Oktober 2009 (23 Syawal 1430 H). Sejarahnya dimulai dari berdirinya bank NISP sebagai salah satu dari bank tertua di Indonesia. 

Bank yang pertama kali berdiri dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank, awalnya memfokuskan pelayanannya pada segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

Sekilas tentang OCBC NISP Syariah

Bank OCBC NISP (sebelumnya dikenal dengan nama Bank NISP) atau selanjutnya disebut sebagai “Bank”, merupakan Bank tertua keempat di Indonesia yang didirikan pada tanggal 4 April 1941 di Bandung dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank.

Pada tahun 1967, bank NISP menaikkan statusnya sebagai bank komersial, setelah terbukti mampu melalui masa sulit perekonomian meski kondisi ekonomi dan politik di Indonesia saat itu kurang kondusif. 

Bank NISP terus berkembang hingga akhirnya sejak tahun 1990 mampu menjadi bank Devisa. 

Pertumbuhan Bank NISP mampu menarik OCBC Bank yang berada di Singapura, dan menjadikan Bank NISP sebagai partner operasional di Indonesia. 

Dengan dukungan dari OCBC Bank Singapura ini, Bank NISP semakin berkembang pesat, dan akhirnya mengubah nama menjadi “OCBC NISP”. 

Dan menyadari tingginya ketertarikan nasabah terhadap produk dan layanan perbankan syariah, Bank OCBC NISP meresmikan layanan syariah pada tanggal 12 Oktober 2009 (23 Syawal 1430). 

Bank OCBC NISP syariah membawa misi jika perbankan Syariah adalah universal, mudah dimengerti dan dipahami. Karena itu OCBC tidak berusaha menghadirkan kemudahan akses produk perbankan syariah, layanan kantor cabang, dan juga office channeling atau Kantor Layanan Syariah. Mengusung slogan “Your Partner in Life” OCBC berusaha untuk terus memahami harapan nasabahnya. 

Produk OCBC NISP Syariah 

Seperti produk perbankan lainnya, Bank OCBC Syariah membagi kategori produk perbankannya menjadi dua kategori utama, simpanan dan pembiayaan. 

Produk simpanan syariah di bank ini menggunakan prinsip Wadi’ah, yaitu prinsip transaksi yang mana pemilik dana atau barang menitipkan pada penyimpan, dan dana atau barang tersebut harus dikembalikan kepada pemilik sewaktu-waktu atau sesuai kesepakatan. 

1. Produk simpanan

Tanda iB

Karakteristik Tanda iB

  • Minimum pembukaan Rp250.000.
  • Biaya kurang dari saldo minimum Rp10.000 per bulan.
  • Limit transaksi ATM tinggi.
  • Bebas biaya administrasi.
  • Bisa tarik tunai di semua ATM bersama, Jaringan Prima, MEPS dan OCBC Singapura.
  • Terdapat fasilitas internet dan mobile banking. 
  • Terdapat poin reward setiap bulan untuk setiap saldo harian rata-rata Rp100.000. 

Taka IB

Karakteristik Taka iB

  • Bisa dibuka semua kantor OCBC NISP yang berlogo iB.
  • Bagi hasil kompetitif.
  • Jangka waktu penyimpanan dan setoran fleksibel.
  • Bebas biaya administrasi dan biaya keterlambatan.

Giro iB

Giro iB adalah produk penyimpanan untuk para pengusaha dan pebisnis baik perorangan maupun perusahaan. Dilengkapi dengan kemudahan transaksi dan fasilitas yang lengkap, seperti berikut.

  • Setoran awal yang terjangkau (minimal Rp1 juta).
  • Administrasi bulanan Rp25.000.
  • Buku Cek/ Giro Rp100.000.
  • Tutup rekening Rp100.000.

Deposito iB

Karakteristik utama Deposito iB adalah penggunaan akad syariah Mudharabah Muthlaqah. Selain itu, berikut beberapa karakteristik lainnya.

  • Setoran Rp8 juta.
  • Jangka waktu 1, 3, 6, dan 12 bulan.
  • Dapat digunakan sebagai fasilitas pembiayaan.
  • Fasilitas automatic rollover.
  • Bebas biaya penutupan rekening.
  • Tidak ada biaya penarikan bila deposito diambil sebelum jatuh tempo.
  • Tidak ada biaya dibawah saldo minimum.

Tabungan Haji iB

Merupakan tabungan untuk mewujudkan ibadah Haji nasabah. Dalam hal ini, bank OCBC Syariah bertindak sebagai perantara untuk mendapatkan porsi haji. Khusus untuk tabungan ini, kita tidak dapat melakukan penarikan dana, kecuali ada pembatalan dari kementerian Agama maupun dari calon jemaah pribadi. 

Seperti tabungan haji lainnya, tabungan Haji iB OCBC NISP Syariah juga terkoneksi dengan Sistem Komunikasi Haji Terpadu (Siskohat)

Setoran awal untuk tabungan ini sebesar Rp25,5 juta, bebas biaya administrasi, dan ada fasilitas mobile dan internet banking yang berfungsi untuk pengecekan saldo tabungan. 

TabunganKu iB

Fungsi produk itu untuk menabung seperti biasa, kartu ATM dan bebas biaya administrasi; namun setoran awal TabunganKu iB lebih ringan, yaitu Rp20.000.

Simpel iB

Produk tabungan ini khusus untuk kamu yang belum berusia 17 tahun atau belum memiliki kartu identitas sendiri. Seperti tabungan Simpel lainnya, tidak ada biaya administrasi pada tabungan ini. Setoran awalnya pun sangat ringan, yaitu Rp1000 dan saldo minimum dalam tabungan juga sebesar Rp1000.

2. Produk pembiayaan 

Produk pembiayaan bank OCBC NISP Syariah merupakan produk pembiayaan kepemilikan rumah. Ada dua akad dalam pembiayaan KPR, yaitu pembiayaan dengan sistem Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) dan dengan sistem jual beli menggunakan akad Murabahah.

Sistem MMQ merupakan metode pembiayaan dengan dasar hasil sewa sesuai dengan besarnya kepemilikan modal masing-masing pihak. Kemudian nasabah secara berangsur membeli kepemilikan modal Bank sehingga pada akhir periode kerja sama nasabah memiliki seluruh kepemilikan modal properti tersebut.

Pada sistem ini, nasabah setidaknya memberikan uang muka 20% dari harga rumah dengan jangka waktu pelunasan KPR hingga 15 tahun. 

Jika tertarik untuk mengajukan KPR pada bank OCBC NISP Syariah, nasabah dapat menggunakan kalkulator simulasi cicilan yang tersedia di situs resmi, terutama di laman KPR iB MMQ OCBC. 

Berbeda dengan sistem MMQ. pembiayaan Murabahah menggunakan akad jual beli. Artinya bank membeli terlebih dahulu kepada pemilik rumah (baik pribadi maupun pengembang), dan kemudian menjualnya kembali kepada calon nasabah. 

Perbedaan harga beli dan jual merupakan keuntungan bank. Dan selama jangka waktu pembiayaan, bank tidak dapat menaikkan harga jual rumah. Dengan kata lain, cicilan untuk pembiayaan dengan sistem ini tetap (fixed). 

Minimal plafon yang disediakan oleh bank OCBC NISP Syariah adalah Rp50 juta. Untuk mengetahui simulasi pinjaman, calon nasabah dapat menggunakan kalkulator simulasi pada laman resmi pembiayaan KPR iB Murabahah di https://www.ocbcnisp.com/Syariah/Pembiayaan.aspx.

Kantor cabang OCBC NISP Syariah

Tertarik menjadi nasabah OCBC NISP Syariah? Kamu dapat menghubungi pusat layanan di nomor telepon 1500-999. Kamu juga dapat menghubungi layanan pelanggan OCBC Syariah secara daring dengan mengisi formulir di laman resmi mereka.

Mengusung slogan “Bersama dalam harmoni, Menjadikan Syariah Lebih Mudah dan Menguntungkan”, bank OCBC NISP Syariah memiliki 330 kantor cabang dan 750 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Kamu dapat mengetahui lokasi terdekat berdasar domisili atau lokasi terdekat kamu dengan mengunjungi situs resmi bank OCBC NISP Syariah di https://www.ocbcnisp.com/Home.aspx. 

Manfaat produk bank syariah

Sesuai dengan prinsip bank OCBC NISP Syariah, yang ingin menjadikan produk syariah mudah dan terjangkau oleh masyarakat, karena produk perbankan syariah sendiri telah sesuai ketentuan di dalam Al Qur’an yang menjadi panduan hidup setiap muslim. 

Dan terbukti selama ini, bank Syariah lebih kuat menahan badai krisis, dan yang pasti menentramkan para Nasabahnya, karena tidak khawatir produk perbankan yang digunakan menyalahi aturan Allah SWT, sebagai pemilik mutlak harta benda yang dimiliki. 

Meskipun begitu, tidak berarti bank Syariah tidak hanya eksklusif untuk muslim. Siapa pun yang tertarik dengan sistem perbankan ini, dapat menggunakan produk dan layanan bank Syariah, termasuk bank OCBC NISP Syariah.