OCBC Sekuritas dan Cara Daftarnya [Plus Fee Transaksinya]

ocbc sekuritas

Umumnya, bank di Indonesia memiliki anak usaha perusahaan sekuritas. Hal ini untuk melengkapi layanan jasa keuangan yang diberikan perbankan. Salah satu bank yang memiliki anak perusahaan sekuritas adalah Bank OCBC yang memiliki OCBC Sekuritas.

OCBC Sekuritas adalah perusahaan efek yang merupakan anggota dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memegang lisensi usaha sebagai perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek.

Layanan yang diberikan, antara lain layanan equity dealer dan transaksi online yang memungkinkan nasabah bertransaksi jual atau beli saham yang tercatat di BEI dengan aman dan mudah. 

Keunggulan OCBC Sekuritas

Sebagai bagian dari OCBC Group yang sudah mapan di pasar modal Asia, transaksi di OCBC Sekuritas di Indonesia, tidak hanya terbatas pada pasar modal dalam negeri saja, tapi juga berpeluang berinvestasi di pasar global. 

Artinya, transaksi tidak hanya bisa dilakukan untuk pilihan sama dalam negeri, tapi juga bisa merambah pasar Asia. Walhasil, produk yang tersedia juga beragam untuk dipilih investor, tergantung dengan gol dari investasi yang dilakukan. 

Berikut sejumlah keunggulan dari OCBC Sekuritas dari segi produk.

1. Equity Brokerage

Ini adalah layanan untuk berinvestasi di perusahaan tercatat pilihan. Pemilik rekening efek bisa memiliki satu unit kepemilikan di suatu perusahaan.

Transaksi dilakukan secara online dan nasabah bisa melakukan penawaran jual atau penawaran beli efek secara mandiri.

Ada dua pilihan nasabah yang ingin bertransaksi, yaitu bisa melakukan brokerage office system dan perangkat remote trading. Semuanya sudah terintegrasi dengan Jakarta Automated Trading System atau JATS.

2. Share Margin Financing

Fasilitas yang memungkinkan pemegang rekening efek untuk meningkatkan keuangan dan investasi dalam saham. Sebagai informasi, share margin financing ini menempatkan dana dan atau saham margin sebagai jaminan untuk fasilitas kredit yang diterapkan.

Lewat bantuan dari mobile trading, yakni iOCBC Trade Mobile, transaksi bisa dilakukan di mana saja dengan smartphone.

3. Equity Saving Plan

Layanan jasa keuangan agar kliennya setiap bulan memiliki rencana investasi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan eksposur di pasar saham tanpa harus mengatur waktu pasar sehingga mengurangi risiko volatilitas.

Kelebihan dari produk Equity Saving Plan ini pelanggan dapat memilih jenis saham, kuantitas, dan tanggal pelaksanaan untuk rencana investasi berdasarkan profil risiko pelanggannya. 

4. Surat utang

Dikenal dengan obligasi, yakni surat utang yang diterbitkan Pemerintah atau perusahaan dan dijual kepada investor. Jaminan untuk obligasi biasanya merupakan kemampuan pembayaran perusahaan yang biasanya merupakan uang yang didapat dari operasi masa depan. 

Cara membuka rekening efek di OCBC Sekuritas

Kamu ingin segera memulai investasi di saham? Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah membuka rekening efek.

Seperti diketahui rekening efek adalah rekening transaksi jual beli efek yang dibayar atau diterima secara tunai pada waktu jatuh tempo.

Nah, untuk berinvestasi saham, kita harus terlebih dahulu membuka rekening efek dengan tahapan-tahapan sebagai berikut.

Mengisi formulir pembukaan rekening efek

Formulir yang harus diisi lengkap adalah formulir pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah. Kamu bisa mendapatkan formulir tersebut dengan cara download di www.ocbcsekuritas.com.

Isi lengkap dan scan bila ingin mengirimkannya dengan cara email. Bila ingin mengirimkan dalam bentuk fisik bisa langsung ke alamat lengkap OCBC Sekuritas.

Yang perlu diingat saat mengirimkan bentuk fisiknya, kamu juga harus menyertai dengan syarat-syarat kelengkapan.

Memberikan dokumen yang diperlukan seperti:

  • Individu: fotokopi KTP, NPWP, dan buku tabungan
  • Individu non-WNI: fotokopi paspor, fotokopi KITAS atau KITAP, fotokopi NPWP, dan fotokopi buku tabungan
  • Khusus ibu rumah tangga: fotokopi KTP pasangan
  • Khusus pelajar/mahasiswa: fotokopi KTP orang tua

Setorkan dana awal ke rekening dana nasabah

Setelah proses administrasi beres dan dinyatakan lengkap, sekuritas kemudian akan mengonfirmasi dan menyatakan rekening efek dan rekening nasabah siap.

Kemudian nasabah diminta melakukan transfer dana ke rekening dana nasabah untuk selanjutnya bisa melakukan transaksi dalam bentuk pembelian dan penjualan saham.

Deposit awal ke rekening OCBC Sekuritas

Setelah mengisi formulir dan dinyatakan lengkap dan telah terverifikasi, nasabah selanjutnya mendapatkan surat perjanjian yang  berisi perjanjian pembiayaan transaksi efek margin.

Dalam surat tersebut, termuat syarat dan kondisi dimulainya transaksi dengan menempatkan dana yang disebut dengan jaminan awal.

Jaminan awal adalah sejumlah dana dan atau efek yang wajib disetor nasabah kepada perusahaan sebagai jaminan pembiayaan pada saat pembukaan rekening efek pembiayaan transaksi marjin.

Jumlah minimum awalnya sebesar Rp 200 juta atau jumlah lain yang diminta dari waktu ke waktu. Sebagai informasi, jaminan awal atau deposit awal dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan persyaratan dan ketentuan penyelesaian transaksi pembiayaan dari perusahaan terhadap transaksi efek nasabah.

Fee jual beli saham di OCBC Sekuritas

Setiap transaksi yang dilakukan nasabah atas produk yang dimiliki terdapat biaya transaksi yang dikenakan. Berikut biaya transaksi yang berlaku.

  • Fee transaksi beli: 0,25 persen
  • Fee transaksi sell: 0,35 persen

Sebagai catatan, biaya transaksi tersebut sudah termasuk biaya kliring dan fee custody bank. 

Sudah mendapatkan informasi utuh tentang OCBC Sekuritas, semoga informasi tersebut berguna bagi kamu yang berencana memulai investasi di pasar modal. Semoga sukses untuk rencana investasinya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →