Olahraga Saat Puasa yang Gak Ngabisin Duit, Coba Deh 6 Ide Ini

Siapa bilang olahraga saat puasa itu gak bisa? Justru kamu dianjurkan buat lakukan aktivitas fisik setiap harinya meskipun sedang berpuasa. Tujuannya tentu aja buat menjaga badan tetap sehat dan bugar.

Dilansir dari Kompas, National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia dr Alia Basalamah menuturkan olahraga saat puasa sebaiknya dilakukan sebelum buka atau setelahnya. Tepatnya adalah 30 sampai 60 menit sebelum buka puasa ataupun 60 menit setelah berbuka.

Dari situs Hellosehat malah disarankan buat pilih tiga pilihan waktu berikut, yaitu: sebelum dan sesudah berbuka atau setelah sahur. Namun, khusus buat setelah sahur, ada baiknya pilih olahraga yang benar-benar ringan karena tujuannya buat bikin badan lebih bugar.

Tapi gak cuma soal sehat aja sih, olahraga saat puasa pun sebaiknya harus hemat. Udahlah pas bulan puasa banyak pengeluaran, masa harus nambah keluar duit lagi buat olahraga?

Kalau kamu lagi dalam masa benar-benar menghemat, ada baiknya jangan hamburin duit buat gym dulu.

[Baca: 4 Ide Bisnis Ramadan Buat Mahasiswa yang Kepentok Modal]

Lagipula, kebanyakan olahraga yang cocok buat dilakukan pas bulan puasa punya intensitas rendah. Jadi, olahraga yang ringan-ringan aja udah pas banget. Kebanyakan olahraga tersebut pun gak perlu keluar duit buat dilakuin.

Yuk, simak apa aja olahraga pas puasa yang bikin badan sehat sekaligus kantong hemat.

1. Jalan kaki

olahraga saat puasa
Apalagi kalau jalannya di Stasiun Tanah Abang, banyak banget kalori yang bakal dibakar (kompas)

Jalan kaki terlihat sepele namun nyatanya termasuk dalam bagian olahraga. Khususnya kamu yang dituntut buat seharian duduk karena bekerja, jalan kaki adalah alternatif paling mudah buat kamu lakuin.

Di bulan puasa, kamu bisa manfaatkan jam pulang kantor yang lebih awal buat jalan kaki sembari tunggu buka puasa. Semisal kantor kamu dekat dengan stasiun kereta dan bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit, gak ada salahnya buat dilakuin.

Emang sih aktivitas jalan kaki gak memangkas kalori begitu banyak. Biasanya cuma sekitar 100 kalori hingga 200 kalori per 30 menit. Buat menyiasatinya, kamu bisa pilih jalan cepat bila pengin sekalian memangkas lemak.

Meski gak banyak memangkas kalori, jalan kaki berguna buat melancarkan sirkulasi darah dan mencegah penyakit jantung. Badan pun terasa bugar, murah pula!

2. Jogging pagi

olahraga saat puasa untuk menurunkan berat badan
Jogging bareng Farah Quinn pula, kan makin semangat (tribunnews)

Jika di poin sebelumnya disebutkan olahraga dilakuin sebelum buka puasa, maka yang ini bisa kamu lakukan pas setelah sahur.

Kamu bisa lakukan aktivitas jogging pagi buat bikin badan lebih segar bugar. Tujuan olahraga pagi ini supaya kamu gak cepat lelah apalagi ngantuk pas kerja. Jadinya, kamu tetap bisa beraktivitas dengan lebih bersemangat meski lagi puasa.

Tentu aja, olahraga ini hemat banget! Kamu cuma butuh sepatu olahraga dan trek di sekitaran rumah. Khusus saat puasa, jogging cukup dilakukan maksimal 30 menit aja dengan intensitas rendah.

3. Stretching dan pemanasan ringan

Olahraga satu ini bahkan gak menuntut kamu buat beranjak dari meja kerja kamu. Meski malas banget, kamu tetap bisa menjaga tubuh lebih sehat ketimbang sama sekali gak olahraga.

Stretching dan pemanasan bisa kamu lakukan dengan cara push-up, sit-up, ataupun lari di tempat serta gerakan stretching lainnya.

Manfaatnya pun bagus banget buat tubuh, yaitu memperlancar peredaran darah, mencegah tubuh jadi kaku, dan melatih otot-otot tubuh.

[Baca: Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa, Dijamin Kerja Tetap Semangat]

Yang pasti, olahraga ini sama sekali gak butuh biaya. Plus, kamu pun gak tergoda buat beli jajan karena kamu lakukan di ruangan kantor. Soalnya kan pas puasa banyak godaan tuh di jalanan, banyak yang jualan takjil dan menu-menu yang kadang malah kurang sehat.

4. Skipping atau lompat tali

Pengin nurunin berat badan saat bulan puasa apalagi banyak tawaran buka bersama yang otomatis nambah berat badan? Nah, tiap harinya kamu bisa lakukan olahraga skipping atau lompat tali jelang buka puasa.

Olahraga ini bisa memangkas kalori sebanyak 425 kalori buat cowok dan 375 kalori buat cewek hanya dalam waktu 30 menit aja. Selepas olahraga, kamu bisa langsung buka puasa dengan air mineral deh. Pas banget kan?

Harga tali skipping gak mahal, kok. Kamu cukup rogoh kocek sekitar Rp 30 ribuan sampai Rp 60 ribuan aja.

5. Yoga

manfaat olahraga saat puasa
Yoganya gak usah yang kayak gini juga, berat, biar mereka aja (brilio)

Olahraga yoga bisa kamu lakukan setelah sahur maupun sebelum berbuka puasa. Yang pasti pilih gerakan yoga yang ringan biar kamu gak kehausan.

Meski gak mengurangi banyak kalori, olahraga yoga cocok banget buat para pekerja kantor yang dipaksa duduk seharian. Kamu bisa hilangkan pegal-pegal dengan olahraga ini. Pun badan jadi lebih rileks dan malamnya bisa tidur nyenyak.

Yang kamu butuhkan buat yoga cuma matras. Modalnya pun gak gede, kamu cukup sediakan uang Rp 100 ribuan aja udah dapat satu matras.

[Baca: Hidup Sehat Gak Harus ke Gym Tiap Hari, Cobain Aplikasi Kesehatan Smartphone Ini Deh]

6. Naik turun tangga

olahraga ringan saat puasa
Naik turun tangga di Halte CSW Blok M pula, wih dijamin bakal langsing semalam (antarafoto)

Naik turun tangga bisa jadi olahraga saat puasa yang cukup risky. Namun bila kamu lakukan olahraga ini dengan benar bakal bawa manfaat yang memuaskan.

Buat kamu yang pengin jaga badan pas puasa atau sekaligus menurunkan berat badan, naik turun tangga bisa kamu lakuin selama 10 menit aja. Lakukan jelang buka puasa sehingga kamu bisa langsung minum sehabis olahraga.

Jangan paksain buat naik turun tangga dengan intensitas tinggi dan rentang waktu yang lama pula. Ini karena naik turun tangga rentan bikin kamu dehidrasi. Gak mau kan batal puasa gara-gara olahraga?

Olahraga naik turun tangga gak butuh duit sama sekali. Yang penting rumah kamu atau kantor emang ada tangganya. Jangan sampai aja naik turun tangga di rumah tetangga.

Gampang kan olahraga yang udah disebutkan di atas? Yuk, jangan lupakan pentingnya olahraga saat puasa, biar badan tetap bugar, dan gak gampang lemas.