5 Tipe Orang yang Gak Mungkin Mencapai Kebebasan Finansial

Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial tentu jadi impian semua orang yang hidup di dunia ini. Ya wajar saja sih, semuanya pasti ingin bisa #MerdekaFinansial seperti hidup mapan, tenang, dan gak was-was soal kebutuhan hidup.

Gak dipungkiri, kebebasan finansial memang bisa diartikan sebagai situasi di mana kita gak pusing soal uang. Intinya, ketika kamu mencapai situasi ini kamu sudah sejahtera deh.

Gak ada tuh kata “kantong kering” saat tanggal tua atau keluhan “lagi banyak pengeluaran nih”. Mau ini atau itu, pasti terlaksana, karena uangnya ada.

Tapi nyatanya, gak sedikit juga kok dari kamu yang ternyata sulit mewujudkan hal ini. Bahkan, hingga usia menginjak kepala tiga maupun empat, masih banyak orang yang belum #MerdekaFinansial.

Dan setelah ditelaah, ternyata ada lima kriteria orang yang gak bakal pernah mencapai kebebasan finansial! Mau tahu apa saja? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1. Gak ngerti kenapa harus bebas finansial

kebebasan finansial
Masa gak pengen #merdekafinansial sih

Bisa dibilang, poin pertama adalah poin yang paling mendasar. Intinya, mereka sendiri gak ngerti kenapa dirinya harus bebas finansial.

Mereka yang punya mindset seperti ini cenderung “entar-entaran” dalam hal yang menyangkut investasi. Mereka berpikir, toh kita pasti gajian. Kalau gak ada duit bulan ini, bulan depan udah aman.

Orang-orang macam mereka jugalah yang menghalalkan sikap konsumtif. Padahal, hal itu jelas membuat mereka jauh dari yang namanya kebebasan finansial.

2. Salah mengartikan kebebasan finansial

kebebasan finansial
Siapapun bisa #merdekafinansial

Gak sedikit juga yang beranggapan kalau orang yang bebas finansial adalah orang yang dari dulu udah tajir. Atau minimal anaknya pemilik usaha, direktur, dan sebagainya deh.

Yang jadi pertanyaan, kalau memang anaknya sudah #MerdekaFinansial, lantas apa kabar bapaknya dulu? Apakah dia juga terlahir seperti itu?

Hidup itu perjuangan guys, kebebasan finansial merupakan hak untuk semua orang yang memang mau dan siap untuk menggapainya. Kamu mau gak?

3. Gak ngerti dan gak mau cari tahu untuk bebas finansial

kebebasan finansial
Gak tahu caranya ya nanya dong atau baca artikelnya MoneySmart

Orang-orang yang ada di kategori ketiga ini tentu sudah paham apa itu kebebasan finansial, tapi mereka gak ngerti dan gak mau mencari tahu lebih lanjut soal cara mencapai situasi ini. Alhasil ya mereka cuma bisa ngimpi-ngimpi aja.

Diajak investasi, bilangnya pusing, gak ada waktu, takut rugi, dan sebagainya. Padahal dicoba aja belum.

Boro-boro investasi deh, tabungan aja kekuras mulu tiap bulan. Terkurasnya juga buat hal-hal yang gak produktif. Padahal kalau diinvestasikan pasti duit mereka udah banyak banget tuh.

Belum lagi urusan asuransi. Rata-rata mereka yang gak paham justru mengatakan bahwa punya asuransi itu rugi. Padahal, manfaatnya bisa dinikmati di masa depan.

4. Gak punya komitmen

kebebasan finansial
Harus punya komitmen dong kalau mau #merdekafinansial

Sudah tahu apa itu kebebasan finansial dan sudah ngerti bagaimana cara mencapainya, tapi sayangnya orang dengan kategori ini gak pernah komit akan tujuannya.

Baru aja beli reksadana untuk investasi, eh tahunya bulan depan ditarik karena mau liburan butuh duit. Buyar deh semua.

Baru beli emas 10 gram, niatnya disimpen bertahun-tahun tapi belum ada sebulan langsung dijual karena harga emas naik. Usut punya usut, ternyata di butuh duit buat beli gadget baru yang harganya belasan juta Rupiah. Capek deh…

5. Salah pergaulan

kebebasan finansial
Salah pilih teman, risikonya gede lho

Mencapai kebebasan finansial tentu makin mudah diwujudkan jika kamu berada di lingkungan yang tepat. Ketika seluruh kerabat atau teman mendukung untuk investasi dan nabung serta sering cerewet kalau kita belanja barang yang gak diperlukan, itu adalah respons positif.

Jangan bete kalau digituin ya, itu tandanya mereka peduli sama kamu. Sesekali senang-senang bolehlah tapi jangan sampai lupa sama hal itu.

Ketika lingkunganmu dipenuhi oleh orang-orang konsumtif, maka bisa hancur deh harapanmu untuk #MerdekaFinansial. Pinter-pinter pilih teman deh ya.

Itulah lima alasan kenapa seseorang gagal mencapai kebebasan finansial. Semoga kamu bukan termasuk salah satu di antara lima orang ini, supaya kamu bisa #MerdekaFinansial!

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →