Orang-Orang Sukses yang Gak Doyan Baca Buku, Salah Satunya Seorang Presiden!

Orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@meghan_trainor)

Rata-rata orang sukses memang gemar membaca buku. Dengan buku, mereka memperkaya pengetahuan buat meraih kesuksesannya. Sesuai dengan pepatah “buku adalah jendela dunia”, dari buku kamu bisa mengetahui hampir segalanya.

Pepatah itu seolah diamini dengan realita saat ini bahwa orang sukses dan pintar rata-rata membaca buku dalam jumlah banyak. Sebut saja Bill Gates, yang mengatakan ia membaca buku lebih sekitar 50 dalam waktu satu tahun. Kebiasaan itu dinilai salah satu orang sukses di dunia ini memberikan manfaat yang besar.

Semua jenis buku bermanfaat kok. Bill Gates, yang sudah berkali-kali menyandang predikat orang terkaya sejagat itu juga doyan melahap buku-buku fiksi. Tapi, buku favoritnya tetap persoalan-persoalan di dunia.

“Membaca masih merupakan cara utama saya mempelajari hal-hal baru dan menguji pemahaman saya,” kata Gates seperti dikutip dari Businessinsider.

Orang sukses di dunia lainnya seperti Elon Musk hingga pendiri Facebook Mark Zuckerberg juga sudah pernah mengumbar buku-buku favorit mereka.

Jadi kalau kamu rajin baca, kamu berpotensi lah jadi orang sukses mengikuti jejak Bill Gates dan lain-lain. Namun gak bisa jamin ya kamu bakalan sukses kedepannya. Karena nyatanya, ada orang sukses di dunia ini yang gak rajin baca buku.

Anggapan kalau gak baca buku gak pinter mungkin bakal terbantahkan setelah kamu melihat siapa saja mereka. Yuk kita intip orang sukses yang gak doyan baca buku seperti dikutip dari Businessinsider.  

Baca juga: Pernah Jadi Sales Hingga Awak Kapal, 3 Pengusaha Sukses Ini Pernah Jadi Duta Besar

1. Kanye West

Kanye West, orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@kanyewestt_official)
Kanye West, orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@kanyewestt_official)

Kamu tentu sudah tidak asing sama rapper yang satu ini. Kesuksesannya di dunia fashion gak perlu diragukan lagi. Berkat brand Yeezy sebagai brand mahal yang telah mendunia, ia menjadi salah satu seleb yang masuk kategori selebritis terkaya di dunia lho.

Dikutip dari capitalxtra, kekayaannya per November 2018 lalu mencapai US$ 160 juta atau sekitar Rp 2,2 triliun.

Meskipun sukses begini, ternyata Kanye gak doyan baca buku sama sekali. “Saya bukan penggemar buku. Saya tidak akan pernah menginginkan tanda tangan buku. Saya bangga bukan pembaca buku. Saya senang mendapatkan informasi dengan berbicara dengan orang dan menjalani kehidupan nyata,” terangnya seperti dikutip dari Reuters.

Baca juga: Mobil Pabrikan Ford Ini Dibanderol Rp 15 Miliar, Berminat Beli?

2. Fleur Pellerin

Fleur Pellerin, orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@fleurpellerin)
Fleur Pellerin, orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@fleurpellerin)

Tak semua pejabat negara senang membaca buku. Mungkin karena jadwal kegiatan yang padat kali ya. Tapi, mantan Menteri Kebudayaan Prancis, Fleur Pellerin ini gak pernah baca buku sama sekali selama dua tahun.

Ia lebih sering membaca informasi-informasi penting di berita harian. Karena bagaimanapun juga ia harus tetap memantau kondisi negara dan dunia luar. “Saya akui tanpa masalah bahwa saya tidak punya waktu untuk membaca selama dua tahun terakhir. Saya membaca banyak catatan dan dokumen legislatif. Saya membaca banyak berita,” Katanya seperti dikutip dari New York Times.

Baca juga: Pengin Kekayaan Bertambah Terus? Ikuti deh Rahasia Sukses Berikut Ini

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Donald Trump

Donald Trump, orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@realdonaldtrump)
Donald Trump, orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@realdonaldtrump)

Fakta ini mungkin sangat mencengangkan, bagaimana bisa Presiden Amerika Serikat, negara adidaya, dan juga orang sukses di bidang usaha sekaliber Donald Trump gak baca buku? Ya itulah kenyataannya.

Gak kayak presiden sebelumnya, Obama yang kemana-mana selalu membawa buku, Trump mengaku gak doyan sama sekali baca buku. Katanya sih gak ada waktu untuk membaca.

Meski gak baca buku, orang sukses yang satu ini rumornya doyan nonton TV sampai 8 jam per harinya. Gak lama, rumor tersebut dibantah olehnya, “Saya tahu orang sering bilang saya, orang yang tak kenal saya, mereka suka bilang saya menonton tv. Orang-orang dengan sumber palsu kau tahu, reporter palsu, sumber-sumber palsu. Tapi saya tidak banyak menonton tv, utamanya karena dokumen-dokumen. Saya banyak membaca dokumen,” bantahnya seperti dikutip dari Antara.

4. Meghan Trainor

Meghan Trainor, orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@meghan_trainor)
Meghan Trainor, orang sukses yang gak suka baca buku. (Instagram/@meghan_trainor)

Namanya juga penyanyi, kesuksesannya tentu diraih dengan talenta bernyanyinya. Jadi wajar aja kalau Meghan Trainor ini gak doyan baca buku.

Penyanyi yang telah mendunia ini mengatakan kepada Cosmopolitan melalui sebuah interview “Jangan baca buku.” Hmm, jangan-jangan dia emang benci buku.

5. Brian Krzanich

Brian Krzanich, orang sukses yang gak suka baca buku. (Twitter/@bkrunner)
Brian Krzanich, orang sukses yang gak suka baca buku. (Twitter/@bkrunner)

Brian Krzanich merupakan CEO perusahaan teknologi ternama di dunia Intel. Sebagai pemimpin perusahaan processor komputer ternama di dunia, ia justru gak tertarik untuk membaca buku.

Informasi aja nih, gajinya Krzanich sebagai CEO Intel sangat fantastis, dikutip dari salary.com gajinya sepanjang tahun 2017 saja mencapai US$ 21.527.700 atau sekitar Rp 306 miliar. Kurang sukses apa coba?

Sama kayak Trump, Krzanich juga berdalih gak ada waktu buat baca, “Saya tidak membaca. Saya tidak baca buku. Saya tidak memiliki waktu,” katanya seperti dikutip dari Businessinsider.

Itu tadi beberapa contoh orang sukses yang gak doyan baca buku. Hal itu membuktikan bahwa buku bukanlah syarat untuk sukses, tapi lebih tepatnya sebagai jembatan meraih kesuksesan.

Dengan banyak membaca buku, orang sukses bisa mendapatkan banyak ilmu yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari mereka! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →